Transaksi di Shopee Dibatalkan, Biaya Admin Paylater Tetap Ditagihkan ke Pembeli

Saya melakukan pembelian melalui Shopee dengan nomor pesanan 220113PT9GVTR2 dengan metode bayar spaylater. Saya mengajukan pengembalian dana karena barang yang dikirim hanya kardus kosong. Pengajuan pengembalian dana diterima, dana dikembalikan, namun ada tagihan biaya admin yang harus tetap saya bayarkan, sementara ordernya saja dibatalkan.

Di sini sebagai pihak pembeli merasa dirugikan, buang-buang waktu tenaga dan uang, walau nominal kecil, tapi menurut saya ini pelanggaran. Bagaimana jika nilai transaksinya besar lalu biaya admin-nya besar? Transaksinya dibatalkankan rugi harus bayar admin. Jelas-jelas pembatalan bukan kesalahan pembeli.

Sudah coba upayakan komplain ke cs Shopee, tapi tidak mendapatkan hasil yang baik. Bagi saya ini tetap pelanggaran yang semena-mena dilakukan oleh Shopee.

Semoga Shopee bisa mengkoreksi sistem yang salah ini. Dan semoga ada respon dari pihak Shopee terkait surat pembaca ini. Terima kasih.

Regards,

Roni Sukmana
Bandung Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:22    Rata-Rata: 2.6/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

23 komentar untuk “Transaksi di Shopee Dibatalkan, Biaya Admin Paylater Tetap Ditagihkan ke Pembeli

  • 27 Januari 2022 - (05:59 WIB)
    Permalink

    Kan itu total tagihan bulan depan (dibayar nanti), sudah dijelaskan shopeepaylater ada biaya admin 2,95 % setiap transaksi, sama halnya buku tabungan, kita akan tetap dikenai administrasi setiap bulan, ada biaya admin kartu ATM juga,

    1
    2
    • 27 Januari 2022 - (07:45 WIB)
      Permalink

      Spaylater klo dipakai baru dibayar kalau gak dipakai ya gak dibayar, sama aja kalau pesanan dibatalkan otomatis transaksi juga batal kenapa harus bayar biaya admi klo transaksinya batal

      1
      1
      • 28 Januari 2022 - (09:18 WIB)
        Permalink

        Jika barang sampai lalu dikembalikan itu namanya orderan return, beda sama orderan batal atau yang tidak diproses oleh seller. Jadi disini masalahnya adalah orderan sudah sampai tapi dibohongi seller jadi masih tetap ditagihkan biaya admin karena produk sudah dikirim baik real maupun fake.

    • 27 Januari 2022 - (08:14 WIB)
      Permalink

      Spaylater gada biaya admin bang, stiap transaksi masing² ada biaya layanan dari spaylater nya. Gada yg nma nya biaya admin, sy pengguna spaylater rutin utk pembayaran listrik, air, pulsa, wifi stiap bulannya, dan tidak ada yang nama nya biaya admin. Setiap transaksi ada biaya layanan masing masing.
      Dan saya juga pernah pesanan dibatalkan oleh penjual, limit saya kembali & tidak ada biaya layanan apapun yang harus saya bayarkan

      Namun untuk kasus barang sudah sampai, lalu komplain refund, saya belum pernah seperti itu

      Mgkn ada aturan tersendiri soal refund, coba di telepon saja soal biaya nya, karena yang setau saya. Kalau sudah refund dana 100% di kembalikan

      2
      1
          • 27 Januari 2022 - (09:05 WIB)
            Permalink

            hoax dong nih halaman bantuannya, anda pastinya lebih benar, karena pengguna rutin

        • 27 Januari 2022 - (09:09 WIB)
          Permalink

          Jelas, karena saya pakai 30 hari gak pernah kena biaya bunga !!! Saya bisa buktikan

          • 27 Januari 2022 - (09:29 WIB)
            Permalink

            iya bang saya percaya kok, anda paling benar sedunia masalah ini

          • 27 Januari 2022 - (09:37 WIB)
            Permalink

            punya ga punya saya percaya seratus persen sama abang yang pengguna rutin paylater

          • 27 Januari 2022 - (09:44 WIB)
            Permalink

            Dari jawabannya sih udh kliatan ga pernah punya cuma baca baca doang. Baiklah.

            Bagi ts kalau bingung saya bs kasi bukti silahkan aja email ke sy. biar sy ss pembayaran spaylater saya, karena stiap bulan saya bayar spaylater tidak ada yang nama nya bunga. Kcuali pakai yang bukan pembayaran 30 hari

            Ini email saya
            Sleppinkcorp@gmail.com

          • 27 Januari 2022 - (12:01 WIB)
            Permalink

            wkwkwkwk.. ujung2nya ngmg bunga, biaya admin bang

          • 27 Januari 2022 - (12:58 WIB)
            Permalink

            Iya terserah dah, biaya admin atau bunga. Selama saya gunakan pembayaran 30 hari tidak ada biaya admin perbulan ataupun bunga. Hanya ada biaya layanan di setiap transaksi

  • 27 Januari 2022 - (10:55 WIB)
    Permalink

    Kalau aku perhatikan biaya layanan tsb terbit karena transaksi sukses dan terkirim.
    Misal Belanja 10,000, layanan 1,000.
    Lalu terjadi refund yang bukan pembatalan ketika pesanan masih dalam proses. Jadi pesanan sudah diterima pembeli dan dianggap sukses. Makanya refund tsb hanya mengembalikan nominal 10,000 dan tidak layanan 1,000.
    Beda cerita kalau pembatalan terjadi sebelum pesanan diterima pembeli. Seperti pesanan dibatalkan karena barang kosong, maka refund dikembalikan utuh termasuk biaya layanan.
    Mungkin seperti itu kali ya???

    • 27 Januari 2022 - (12:59 WIB)
      Permalink

      Ini yang saya maksud, tp banyak komentar diatas malah bilang ada biaya perbulan dipake atau engga. Ada ada aja dah

      • 21 Februari 2022 - (11:33 WIB)
        Permalink

        Shope Paylater beli sekarang bayar bulan depan (bkn nyicil) ada Biaya + Bunganya
        Penanganan 1% (Pra trx)
        Bunga 2.95% (Tag)

        silahkan masuk menu paylater, cek nominal transaksi di TRANSAKSI TERAKHIR, lalu cek juga transaksi tersebut di Menu TAGIHAN SAYA.
        cek Jumlahnya.. 🤣

    • 27 Januari 2022 - (16:55 WIB)
      Permalink

      Kalo keberatan gk usah dibayar.. Gk usah dipake jg spaylater, bikin susah aja, gk cocok tinggalin aja .

  • 28 Januari 2022 - (04:54 WIB)
    Permalink

    Memang di halaman rincian tertera uang yang dikembalikan adalah harga barang + biaya penanganan 1 %. Bunga yang 3 % masih terlihat. Tapi nanti bulan depan pas tagihan ditagih dan kita klik bayar, gak ada yang dibayar. Misalnya nich pesen barang lagi seharga 10 rb. Di dalam memang tagihannya jadi 14 rb. Tapi nanti pas klik bayar yang dibayar cuma 10 rb. Saya pernah mengalami. Dan itu bisa dilihat di riwayat Shopee Pay kalo bayarnya pakek Shopee Pay. Nggak usah khawatir. Tunggu aja tanggal 1 Feb nanti pas udah keluar klik bayar. Tapi saya sarankan coba pesan barang satu lagi, yang murah murah aja, untuk membuktikan, benar tidak yang ditagih hanya barang yang baru dipesan itu.

 Apa Komentar Anda?

Ada 23 komentar sampai saat ini..

Transaksi di Shopee Dibatalkan, Biaya Admin Paylater Tetap Ditagihkan …

oleh roni_sukmana dibaca dalam: 1 menit
23