Penagihan Shopee SPayLater kepada Pihak Ketiga yang Bukan Kontak Darurat

Sebelumnya terima kasih kepada redaksi Media Konsumen yang telah mengizinkan saya menyampaikan keluhan perihal kekecewaan saya terhadap debt collector Shopee SPayLater. Sebelumnya saya adalah pengguna aktif Shopee dan menggunakan jasa Shopee SPayLater.

Pada bulan Agustus, saya mengalami kendala login ke akun Shopee dan tidak bisa masuk sama sekali. Sehingga saya tidak bisa melakukan pembayaran tagihan Shopee SPayLater dan saya mengalami kesulitan menghubungi Customer Service Shopee. Saya pernah menanyakan perihal tagihan saya, tapi tidak mendapatkan respon.

Pada tanggal 25 Januari 2022 beberapa teman saya dihubungi oleh debt collector Shopee SPayLater yang mengatakan agar saya dapat segera menyelesaikan yang tertunda. Yang membuat saya kecewa adalah DC Shopee mengirimkan pesan WhatsApp kepada kontak yang TIDAK PERNAH saya cantumkan sebagai emergency contact pada Shopee SPayLater.

Bisakah Shopee SPayLater mengkonfirmasi perihal WA yang ditujukan kepada beberapa kontak yang tidak saya cantumkan?

Ketika saya mencoba membuka aplikasi Shopee, ternyata sudah bisa login kembali dan saya sudah membayarkan tagihan berjalan.

Terima kasih.

Adnan Balfas
Yogyakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Shopee SPayLater:
[Total:201    Rata-Rata: 1.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

22 komentar untuk “Penagihan Shopee SPayLater kepada Pihak Ketiga yang Bukan Kontak Darurat

      • 27 Januari 2022 - (21:23 WIB)
        Permalink

        Kalau aplikasi sudah minta izin data kontak kamu itu artinya suatu saat ya data kontak kamu akan di gunakan sama mereka, susah juga si mas, soalnya anda juga telat bayar jadi ya resikonya mereka pakai cara tersebut , meskipun legalitasnya di pertanyakan juga

        17
        1
        • 27 Januari 2022 - (21:47 WIB)
          Permalink

          @munzir akhbarwan loe kerjanya DC ya..sewot amat lihat orang hutang telat bayar.
          Lebih parah loe kali,,,kerjanya malakin uang yg bukan milik loe sendiri.

          12
          6
          • 28 Januari 2022 - (06:29 WIB)
            Permalink

            Tukang ngutang ya.. Sewot amat di ingetin..

            7
            7
    • 28 Januari 2022 - (13:31 WIB)
      Permalink

      Lebih baik diselesaikan saja pak bila perlu gausah dipakai lagi agar hidup lebih tenang

      2
      2
    • 7 Februari 2022 - (06:42 WIB)
      Permalink

      Munzir Munzir jadi orang kok berlagu amat, hidup loe juga nggak bagus bagus amat suka nyinyirin orang giliran loe nyungsep ntar di ketawain orang banyak baru rasa loe

    • 7 Februari 2022 - (08:14 WIB)
      Permalink

      Jadi pt djarum ga punya hutang? Pt Indofood ga punya hutang? Klarifikasi coba. Ya pasti punya lah. Org sekelas elon musk aja berhutang kok. Buat luncurin soace X. Baca beritanya tu ada. Dan apakah mreka malas kerja?

      2
      3
  • 27 Januari 2022 - (22:38 WIB)
    Permalink

    Kalau kita sudah terjerat dengan pinjol atau kredit online siap siap saja kita akan dipermalukan sama dept kolektor kalau kita nunggak pembayaran, DC akan menghubungi bukan saja no tlp darurat tapi semuah no tlp yg ada di di kontak hp kita akan dihubungi dan dipermalukan bahkan dengan kata kata yang kasar dan ancaman hingga semuah teman sanak saudara jadi mengetahui kalau kita punya hutang dan semuah pinjol menggunakan cara cara seperti itu

  • 28 Januari 2022 - (19:58 WIB)
    Permalink

    Hmmm…. Ini kok kasusnya udah melanggar perihal privasi yg saya dapet di kampus ya tentang privacy policy yg diterapkan sama IEEE sebagai lembaga internasional yg mengurus semua regulasi internet dan aplikasi online….. Kalau memang kontak yg diberikan cuma beberapa seharusnya yg dikontak adalah nomor kontak yg dicantumkan…. Kalau sampai pihak aplikasi/badan yg bersangkutan membaca semua isi kontak yg ada di hp, ini udah termasuk hacking & breaching privacy…. Karena nomor kontak, lokasi gps, nomor telpon pengguna itu termasuk ke jenis data yg sensitif dalam hal data security….. Saya gak peduli mau user aplikasi bermasalah dalam login aplikasi atau pembayaran… Tapi kalau sampai pihak aplikasi/badan penyedia layanan mengakses data yg seharusnya tidak dicantumkan berarti sudah menyalahi regulasi dari IEEE….

    7
    1
  • 28 Januari 2022 - (22:18 WIB)
    Permalink

    Jadi agak kecewa sama shopee. Stop deh gua gunain jasa spinjam/spaylater dia. Padahal itu sangat membantu gua dalam bisnis gua,, maklum masih jd guru honorer jadi gaji dkit n trpaksa minjem dlu d shopee.

    1
    1
  • 28 Januari 2022 - (23:03 WIB)
    Permalink

    Saya juga korba dari temen bgsd , org lain yg telat bayar tetapi saya yg selalu di teror padahal record pembayaran saya gak pernah jatuh tempo , suka kesel sama org mau minjem di aplikasi tapi bingung ngembaliin nya , kalo memang kesulitan ekonomi yaa jgn pinjol lah kan yg di rugiin org lain , memang gak puyeng apa setiap hari 10 mnt sekali dapet robot calling . Tolong lah bijak dalam ke uangan n jgn mau berhutang tapi org lain yg di rugikan .

  • 29 Januari 2022 - (08:40 WIB)
    Permalink

    Setau sya emg bgtu pinjol paylater dll sejenisnya itu nyedot data kontak sama gallery cam qta buat kepentingan data mereka.
    Dan tmn IT sya blg sbnrnya peraturan privacy gak boleh..

    Better sih jgn deh pke2 bgtuan yg jelas aja CC dr dulu asal bijak pakainya..

  • 7 Februari 2022 - (16:36 WIB)
    Permalink

    Ciee yang NGUTANG, Alibi ga bisa LOGIN gilian perusahaan susah hubungin lu dan sistem hub ke kontak yg ada di HP lu ciee ciee. GA BISA BAYAR jgn NGUTANG BOS.
    Gw sebagai penghuna SPL ketika akun hakbisa login LU niat BAYAR HP selalu aktif ada yg tlp JAWAB.
    MANA Bukti USAHA lu hubungi SHOPEE sebelum Kontak lu di teror. Untuk BAYAR
    #MirisOtakNUTANGgakNIATbyr

    1
    5
  • 9 Februari 2022 - (08:02 WIB)
    Permalink

    Shopee payletter emang brengsek DCnya , sy pernah kejadian utang udah sy bayar lunas , eh selang sehari sy di telpon , mertua jg di telpon. Apa masih dalam batas kewajaran klo kyk yg sy alami? DCnya makannya taik keknya

    1
    1
  • 10 Februari 2022 - (10:24 WIB)
    Permalink

    Been there done that, dengan kendala yang sama, (lagi nunggu orang2 suci yang bales komen, piss ^^), tanya ke shopee platinum chat, tanya via email, tapi tanggapannya kata mereka sudah sesuai prosedur, padahal orang2nya yg mereka hubungi bukan KERABAT.. sehari telp puluhan kali ke kontak2 yang ada di handphone, yang sekali lagi BUKAN KONTAK DARURAT atau KERABAT.. Salahnya dimana? Salahnya kita pake aplikasinya, pake kesempatan paylaternya, membiarkan aplikasi tersebut mengakses data di handphone kita secara membabi buta.. Thats why pelajarannya, lunasi lalu tidak menggunakan lagi, atau bayar pada saat tagihan muncul hari itu juga..

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee SPayLater?

Ada 22 komentar sampai saat ini..

Penagihan Shopee SPayLater kepada Pihak Ketiga yang Bukan Kontak Darur…

oleh Adnan dibaca dalam: 1 menit
22