Kurir SiCepat Tidak Bertanggung Jawab

Salam Media Konsumen,

Saya terdaftar sebagai seller di Tokopedia. Saya punya keluhan untuk pengiriman paket menggunakan jasa SiCepat Ekspres. Untuk kronologinya, berikut ini kami sampaikan datanya:

Pada tanggal 30 Januari 2022, pelanggan Tokopedia kami order 100 kaleng gel sterno seharga Rp350 ribu (belum termasuk ongkos kirim). Nomor resi SiCepat: 002797363294. Tanggal 31, pihak kami request pick up pengiriman lewat kurir SiCepat yang diambil langsung oleh kurir bernama Abdurrahman pukul 08.19 WIB untuk di-drop di SiCepat Ekspres Grogol Selatan Kebayoran lama.

Alur perjalanan paket selama 2 hari
Alur perjalanan paket selama 2 hari

Paket sterno 1 dus (100 kaleng sterno) dilapisi double kardus dan plastik hitam, dengan lakban merah fragile peringatan barang mudah pecah/ bocor/ jangan dibanting. Selama 2 hari (sejak pengambilan), paket dalam perjalanan ke pembeli, setelah melewati 3/4 drop point SiCepat.

Tanggal 1 Februari 2022, posisi paket terakhir di sortation Bodetabek. Kurir SiCepat info ke pembeli bahwa paket bocor/ rusak, disertai foto paket yang dalam posisi miring dan basah, serta menanyakan pembeli mau terima paket atau dikembalikan.

Selanjutnya pembeli info ke penjual untuk ditindak lanjuti. Oleh karenanya kami langsung hubungi Tokopedia Care untuk lapor masalah tersebut. Pihak Tokopedia menyarankan untuk menunggu konfirmasi dari pihak kurir.

Tanggal 1 Februari 2022, pembeli mengajukan komplain ke penjual untuk ditindaklanjuti lewat Tokopedia untuk pengembalian dananya. Jadi pembeli langsung buat laporan komplain dan klaim ke Tokopedia, disertai berkas data diri. Kemudian pihak Tokopedia masih menunggu BAP dari pihak kurir untuk menindaklanjuti masalah tersebut.

Tanggal 3 Februari 2022, pihak SiCepat Ekspres mengirimkan WhatsApp ke pembeli dan penjual. Infonya bahwa mereka tidak bertanggung jawab atas masalah paket yang rusak dan bocor tersebut, karena paket dengan berat di atas 17 Kg harus disertai paking kayu dan plastik wrap.

Pihak SiCepat kirim WA pemberitahuan hindari kewajiban
Pihak SiCepat kirim WA pemberitahuan hindari kewajiban

Alasan yang dicari-cari. Karena selama ini saya mengirim paket menggunakan jasa mereka di atas 18 Kg diterima dan aman-aman saja, gak ada masalah. Bisa dilihat gambar orderan ke Jawa Tengah pada tanggal 25 Januari lewat SiCepat juga gak bermasalah.

Paket lain yang dikirim kurir SiCepat ke Jawa Tengah
Paket lain yang dikirim kurir SiCepat ke Jawa Tengah

Kenapa sekarang bisa bermasalah? Untuk itu saya meminta pihak kurir SiCepat Ekspres untuk bertanggung jawab dan tidak lepas tangan seenaknya. Untuk Tokopedia juga, mohon bisa bersikap tegas terhadap kurir yang dipilih. Karena ini bisa merugikan seller yang mengirim paket, was-was dan khawatir. Semoga bisa ditindaklanjuti untuk kebaikan semua pihak. Terima kasih.

Wahidin
Jakarta Selatan


Catatan redaksi (diperbarui 7/2/2022): Penulis menyatakan masalah di atas telah diselesaikan dengan baik oleh pihak-pihak terkait.

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kurir SiCepat di Tokopedia:
[Total:123    Rata-Rata: 2.1/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

35 komentar untuk “Kurir SiCepat Tidak Bertanggung Jawab

      • 8 Februari 2022 - (06:53 WIB)
        Permalink

        Menurut saya salah kakak juga udah tau itu batang mudah pecah ngak di packing kayu , kalo gitu gak perlu salahin sana sini intropeksi dari apa yang kakak kerjakan , saya juga kurir pernah tuh edukasi setiap pelanggan cuman kaya gituh jawabanya asal janga di banting katanya ,lah di mobil kan barang di tumpuk ga mungkin kan kita bawa barang 1 biji dalam mobil demi keamananan pengiriman ,rugi bandar kak kalo gitu,.jadi intropeksi dan benahi dulu bagaimana caranya si barang aman ke tangan konsumen ,sudah tau cairan sudah tau barang pecah belah coba kakak packibg kayu .setiap ekspedisi juga banyak nerapin edukasi gitu cuman kadang pelangganya yang susah di kasih paham

        7
        1
    • 7 Februari 2022 - (11:38 WIB)
      Permalink

      Salah ekspedisinya dong klo sdh tau TDK proper jgn diterima dr seller tolak dong jgn mau enaknya aja terima uang pas ada masalah suruh tanggung jawab kabur.

      8
      1
      • 7 Februari 2022 - (13:44 WIB)
        Permalink

        Terimakasih kak Untuk masukkan nya. Kita juga sudah memberi masukan ke market place untuk memberikan pilihan kepada pembeli agar bisa memutuskan saat check out pas pembayaran untuk pilih packing yang diinginkan dengan kewajiban dan hak hak dari konsumen dan seller. Disertai kewajiban kurir yang dipilih untuk berhati-hati dalam proses pengiriman dan pemindahan dari satu tempat ke tempat lain yang menggunakan moda transportasi mobil box dan lainnya

    • 7 Februari 2022 - (11:55 WIB)
      Permalink

      menurut saya salah judul artikel nya bang, seharus nya “pihak sicepat” bukan “kurir sicepat” karena barang tersebut rusak ketika masuk hub/sortation bukan rusak ketika sedang dilakukan proses pengantaran kurir.
      karena setahu saya memang prosedur nya seperti itu kalau ada paket rusak kurir/cs yang mengkonfirmasi dulu ke customer nya. bukan berarti barang rusak oleh yang mengkonfirmasi tersebut. sudah jelas kurir tersebut chat demikian “masuk ke dalam gudang transit” (hub/pusat sortir).
      FYI: curhatan mantan kurir

      1
      1
    • 7 Februari 2022 - (13:38 WIB)
      Permalink

      Salam untuk Suara konsumen.
      Untuk surat pembaca yang saya kirimkan ke media konsumen pada tgl 6 February kemaren. denah judul kurir si cepat tidak bertanggung jawab . Hari ini jam 13.00 wib Sudah mendapatkan solusi dari Tokopediacare melalui pusat resolusi untuk penyelesaian claim. Serta dana pembeli dan penjual sudah dikembalikan oleh pusat resolusi melalui rekening Tokopedia seller.
      Untuk itu saya mengucapkan terimakasih kepada media konsumen untuk rilis surat kami sebelumnya. Hingga kasus ini bisa diselesaikan dengan baik oleh Tokopedia care. Untuk itu dengan adanya surat pembaca ini sekaligus saya meminta untuk media konsumen untuk menutup kasus ini karna sudah diselesaikan secara baik. Dengan demikian berakhir sudah kasus ini. Dengan harapan semoga kedepannya pihak si cepat dan kurir lainnya bisa secara profesional menjalankan tugas pengiriman dengan baik dah penuh kehati-hatian untuk paket lainnya. Terimakasih

      • 7 Februari 2022 - (14:19 WIB)
        Permalink

        Salam untuk Suara konsumen.
        Untuk surat pembaca yang saya kirimkan ke media konsumen pada tgl 6 February kemaren. denah judul kurir si cepat tidak bertanggung jawab . Sudah mendapatkan solusi dari Tokopediacare melalui pusat resolusi untuk penyelesaian claim. Serta dana pembeli dan penjual sudah dikembalikan oleh pusat resolusi melalui rekening Tokopedia seller.
        Untuk itu saya mengucapkan terimakasih kepada media konsumen untuk rilis surat kami sebelumnya. Hingga kasus ini bisa diselesaikan dengan baik oleh Tokopedia care. Untuk itu dengan adanya surat pembaca ini sekaligus saya meminta untuk media konsumen untuk menutup kasus ini karna sudah diselesaikan secara baik. Dengan demikian berakhir sudah kasus ini. Denah harapan semoga pihak si cepat dan kurir lainnya bisa secara profesional menjalankan tugas pengiriman dengan baik dah penuh kehati-hatian untuk paket lainnya. Terimakasih

      • 7 Februari 2022 - (15:56 WIB)
        Permalink

        Bukan alasan dicari² pak memang sopnya begitu, kalau bilang kemarin kirim aman2 saja itu karena kebetulan beruntung tidak terjadi kerusakan, bukan buat patokan, semua barang resiko pecah dan cairan apa lagi berat harus packing kayu kalo cuma kardus dan fragile ya tidak menjamin, masalah cara memindahkan barang coba bapak main ke gudang eksepdisi manapun bongkar muat ribuan paket kalo satu2 pelan² sampai subuh pak gak selesai makanya dibkin sop packing harus kuat min kayu.

    • 7 Februari 2022 - (17:17 WIB)
      Permalink

      Saya! Juga pernah menerima barang dalam keadaan kemasan sudah terbongkar, dan ada beberapa barang yg tidak ada.
      Lantas Saya refund barangnya, kemudian Saya hubungi CS Sicepat dipusat, alasannya berat barang dipengiriman dengan berat barang dipenerimaan sama.
      Jadi seolah2 seller yang tidak ada mengirimkan barang. Namun Sampai sekarang, barang yg di refund tidak ada ditangan Saya selaku pembeli, dan tidak juga kembali ke tangan Seller.
      Itu sudah 1/2 tahun lebih, sampai saat ini tidak ada kabarnya. Itulah cara nakal mereka. Ini Perusahaan baru, tapi sudah berani main2 (Insya’Allah) umur Perusahaan kaya’ begini nggak akan lama.

      2
      1
  • 6 Februari 2022 - (19:11 WIB)
    Permalink

    Klw menurut saya, pihak expedisi juga tidak salah2 amat, udah tau barang mudah pecah yg sifat benda cair Dan sebagai nya, harus nya barang2 sejenis itu packing kayu biar aman, bukan hanya bauble, karena paket klw dah di perjalanan nyatu sama paket yg lain yg pasti berdempatan atw tumpang tindih, dari chat kan udah langsung kompirmasi pihak expedisi nya, saran aja next klw menggunakan jasa expedisi apapun, klw ngirim paket pecah belah yg sipat nya benda cair atw kental, pake packing kayu😁

    16
    1
    • 6 Februari 2022 - (19:32 WIB)
      Permalink

      Halo pak, itu saya lihat ada bea asuransi nya. Seharusnya pihak tokped bereaksi bahwa ada cover asuransi.
      Kejer aja ke tokpednya, pak.

      2
      2
    • 6 Februari 2022 - (23:24 WIB)
      Permalink

      Wah tokopedia dan sicepat. Kebetulan juga lagi ada masalah sama kedua pihak tersebut, sampai sekarang belum selesai. Total sejak order hingga sekarang dah 10 hari lebih. Ngeri-ngeri sedap belanja ditokopedia kalau ketemu expedisi sicepat, agak trauma jadinya.

      2
      1
      • 7 Februari 2022 - (09:22 WIB)
        Permalink

        Ini juga dah lebih dari seminggu blm kelar kak. Semoga aja cepat diselesaikan

  • 6 Februari 2022 - (21:28 WIB)
    Permalink

    Pasti di banting2 tuh kalo kaleng sampe pecah…. Ya yang dulu mungkin juga di lempar2 tp beruntung aja tidak pecah…

    • 7 Februari 2022 - (09:23 WIB)
      Permalink

      Kita sebagai selller di Tokopedia dah sering banget juga pakai mereka . Karna pilihan kurir dari Tokopedia. Selama ini dah berapa puluh kali pakai jasa mereka

  • 7 Februari 2022 - (00:31 WIB)
    Permalink

    Ini transaksinya pakai asuransi tidak?
    Kalau pakai, klaim aja pakai asuransi, bilang ke cs Tokopedia.
    Jadi ga perlu klaim dari Sicepat. Pihak kurir sih emang jarang mau ganti rugi, sejauh ini saya selama pakai asuransi selalu diganti kok.

    • 7 Februari 2022 - (09:18 WIB)
      Permalink

      Pakai asuransi kak. Ini saya sebagai selller wajibkan asuransi untuk setiap paket yang dijual

      • 15 Februari 2022 - (01:12 WIB)
        Permalink

        Sedikit sentilan saja,
        Tulisan saya bukan soal barang atau pun packing_an..

        Menulis judul, menulis bungkus sebuah kabar atau protes.. entah kita pribadi atau atas nama apapun, sebaiknya tidak dengan kata yang bernilai tuduhan, atau pemaksaan terhadap publik untuk memberi sebuah penilaian buruk… Yang dalam hal ini.. secara hukum bisa saja dianggap penghasutan atau ujaran kebencian titik titik, atau perusak nama baik. Akang akang sudah tercerdaskan kok jaman sekarang apa apa bisa dikasuskan, salah ujar sedikit dikasuskan, demi point rank, demi kenaikan pangkat demi popularitas ataupun demi cuan. Sudah terlalu banyak kasus saudara kita yang karena emosi malah kata kata yang tulis justru menjadi masalah baru. Misal, mungkin saya akan menulis “barang saya remuk, pihak ekspedisi titik titik harus bertanggungjawab” atau “ekspedisi titik titik mana tanggungjawabnya”
        Disini, demi rasa persahabatan, baik kedua belah pihak, maupun publik bisa sama sama memaklumi. Bahwa sebuah kejadian terjadi PASTI karena byk faktor. Masing masing punya andil.

        Adapun kerugian finansial, bisa dicari solusi yg terbaik.. monggo pihak ekspedisi bisa dijadikan issue penting untuk peningkatan ke depan. Pihak tokopedia, makasih sudah memberi kemudahan bagi semua pihak,

        Hal ini juga sentilan bagi Media Konsumen, agar tidak menjadi media tempat kita saling hujat dengan saudara sendiri, “podo podo nggolek urip, ojo digawe angel”. Mungkin butuh pengawasan internal lebih inten. Apalagi media konsumen ratingnya makin tinggi ini kalo saya perhatikan dari waktu ke waktu. Salut lah ya.. buat kawan kawan media konsumen.

        Inti pesan saya: “Eling lan waspodo, sing setiti ngati ati bakal bejo”
        (Boleh di translate)
        Yang ingin obrol lebih lanjut bisa email.
        Suwun.

    • 7 Februari 2022 - (09:33 WIB)
      Permalink

      Sudah pakai asuransi kak. Karna kita wajibkan asuransi untuk setiap barang yang dijual

  • 7 Februari 2022 - (07:00 WIB)
    Permalink

    Alasan yang dicari-cari. Karena selama ini saya mengirim paket menggunakan jasa mereka di atas 18 Kg diterima dan aman-aman saja, gak ada masalah.
    —-
    Siapa yang cari cari alasan. Cek dulu ketentuannya gimana pak?

    2
    2
  • 7 Februari 2022 - (07:59 WIB)
    Permalink

    Kalau setau saya ada beberapa ekspedisi yg ga brani ngirim cairan/gel/lotion/cream/dan pecah belah. Apalagi packing nya barang berat tanpa packing kayu. Ngeri lah. Kalau dulu ngirim ga ada masalah, itu pas beruntung aja. Kalau sekarang ada masalah ya wajar aja. Emang ga proper itu. Dan biasanya ketika barang diterima oleh ekspedisi, ada ekspedisi yg nanyain isi paketnya dulu. Kalau emang isi beresiko, bisa aja ditolak meski di packing seaman apapun. Atau biasanya si pihak ekspedisi akan memberikan keterangan kalau ada kerusakan ditanggung pengirim, karena dari awal udah diinfo isi paket nya beresiko rusak (broken). Kalau temen temen pernah kerja di ekspedisi pasti tau lah. Intinya sebagai penjual /pengirim harus lebih hati hati dalam packingnya. Dan ingat, asuransi itu memang ketentuannya dilihat dulu dari packingnya.

    • 7 Februari 2022 - (09:25 WIB)
      Permalink

      Paket sudah dia asuransi kan kak. Karna setiap paket sudah diwajibkan untuk bayar asuransi

    • 7 Februari 2022 - (09:28 WIB)
      Permalink

      Kita juga pakai JNE . Anter aja dan ninja ekspres untuk paket yang dikirim selain mereka. Dan setiap paket yg dikirim selalu kita wajibkan untuk asuransi

    • 7 Februari 2022 - (09:19 WIB)
      Permalink

      Sudah di claim kak Lewat Tokopedia. Karna kita juga wajibkan asuransi untuk setiap paket

  • 7 Februari 2022 - (15:28 WIB)
    Permalink

    Sdh di atur dalam ketentuan jasa pengiriman bahwa ada beberapa barang yg dilarang dikirim yaitu barang2 berbahaya, pecah bela,bahan kimis, cairan yv mudah meledak dll. Kenapa seller menjual barang berbahaya di kirim

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir SiCepat di Tokopedia?

Ada 35 komentar sampai saat ini..

Kurir SiCepat Tidak Bertanggung Jawab

oleh Arnes dibaca dalam: 2 menit
35