Kirim Barang Mahal Menggunakan GrabExpress, Rusak Dalam Perjalanan, Pihak Grab dan Asuransi Hanya Minta Maaf!

Terima kasih sudah menjadi sarana bagi konsumen yang mencari keadilan. Kronologinya, pada tanggal 24 Juli 2021, saya mengirim dagangan seperti biasa (dengan paking bagus) berupa 5 pcs tas via GrabExpress, disertai asuransi.

Saya foto driver saat mengambil barang. Bagus semua paking saya, lengkap dengan dust bag, tidak terlihat warna tas yang dikirim. Namun foto sesudah diterima customer, paking sudah robek di bagian bawah, terlihat warna tas yang robek, tas tidak ada dust bag lagi dan dalam keadaan rusak robek. Tas yang rusak jadi terlihat di foto akhir penerimaan barang, karena dust bag yang tebal juga entah ke mana, pasti sudah hancur sampai bisa tembus dan mengoyak tas.

Ketika saya telepon, driver tidak mengaku. Saya percaya, sampai saya ribut dengan customer saya dan akhirnya customer saya meretur tas tersebut karena robek. Saya pun mengembalikan uang tas tersebut.

Karena saya gak terima driver tidak mengaku, saya telepon Grab pusat. Setelah diinvestigasi, akhirnya driver mengaku tas terseret di aspal. Kemudian driver dan Grab tidak ada tanggapan sama sekali, hanya membantu klaim ke pihak asuransi.

Namun pihak asuransi menolak klaim saya, alasannya karena driver tidak mengalami accident (kecelakaan) dan menimpakan kesalahan kepada driver. Setelah itu pihak Grab pada bulan Agustus mengirim email ke saya, yang isinya pihak grab sudah berusaha membantu untuk pengajuan klaim, tetapi ditolak juga.

Kemudian saya banding lagi ke pihak asuransi. Jawaban mereka silakan hubungi pihak Grab. Kemudian saya hubungi pihak Grab lagi, karena merasa kesal tanpa kepastian. Namun jawabannya tetap sama, “Maaf klaim ditolak”.

Untuk pihak Grab yang katanya perusahaan besar, di mana tanggung jawab kalian dengan kerusakan tas saya yang harganya jutaan? Sampai bulan Februari ini hanya kata maaf yang saya terima. Tidak ada yang peduli kerugian materi saya. Sungguh perusahaan yang tidak bertanggung jawab.

Apakah harus tunggu viral baru kalian ganti kerugian saya?! Barang saya tas Bonia original harga jutaan rupiah, makanya saya pakai asuransi. Sekarang cuma jadi sampah karna ulah Grab yang tidak bertanggung jawab.

Terima kasih Media Konsumen. Sukses terus! 🙏

Yuningsih Saputri
Medan, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Grab Indonesia:
[Total:1042    Rata-Rata: 1.8/5]
Tanggapan Grab Indonesia atas Surat Pembaca Ibu Yuningsih Saputri

Kepada Yth. Redaksi MediaKonsumen.com dan Ibu Yuningsih Saputri, Pertama-tama kami sangat berterima kasih atas kepercayaannya dalam menggunakan layanan GrabExpress Sameday...
Baca Selengkapnya

141 komentar untuk “Kirim Barang Mahal Menggunakan GrabExpress, Rusak Dalam Perjalanan, Pihak Grab dan Asuransi Hanya Minta Maaf!

    • 11 Februari 2022 - (17:15 WIB)
      Permalink

      Lagian pakai samday, udah tau barang mahal…. udh begini nyalahin driver. Pakai instan makanya

      27
      66
      • 11 Februari 2022 - (22:46 WIB)
        Permalink

        Grab memang seperti itu pelayanannya tidak ada tanggung jawabnya makanya kalau kirim barang jangan pernah pakai grab kalau ada pelanggan yg dirugikan grab lepas tangan

        13
        5
        • 11 Februari 2022 - (23:14 WIB)
          Permalink

          Jgn pake sameday gunakan instan . Udah kejadian grab di salahin,driver kena caci maki..pelajaran buat seller yg lain jgn pelit gunakan sameday kalo barang mahal lebih eksprees instan walaupun sedikit lebih mahal barang aman

          9
          6
          • 13 Februari 2022 - (17:34 WIB)
            Permalink

            Kl ini ky nya mmg seller sendiri yg pilih pengiriman smday bukan pilihan dr buyer…

      • 12 Februari 2022 - (02:26 WIB)
        Permalink

        DPR tolong kalian Bubarkan ANSURANSI di Indonesia ini, Mereka cuma ngambil untung uang, pas mau Penggantian Barang tdk mau sama sekali.

        Jadi buat apa Ansiransi Kerusakan dan Kehilangan Barang?

        Itu bkn salah Kurir, buat apa merek Ansuransimu masuk ke Merek Expedisi, apa mau ngumpulin uang, tdk mau tanggung jawab?

        26
        1
      • 12 Februari 2022 - (06:33 WIB)
        Permalink

        Hadeuh payah banget pikiranmu, mau paket instant atau sameday ya terserah konsumen, kalau paket sameday bakal rusak ngapain ada layanan sameday yg melayani barang tsb? Apakah harus ada kecelakaan baru percaya? Kalo paketnya jatuh terlindas kendaraan gmn?

        18
        4
        • 12 Februari 2022 - (10:10 WIB)
          Permalink

          Same day bawa byk paket bos. Klo instan sebiji. Rasional lo pikirnya. Cb itung dr sepuluh ke satu

          3
          4
          • 17 Februari 2022 - (11:51 WIB)
            Permalink

            Bukan masalah same day, atau instan bos.
            Apa gunanya asuransi booss..
            Emangnya kalau same day, barang kiriman dibiarin rusak tanpa ada tanggung jawab?..

          • 12 Februari 2022 - (20:16 WIB)
            Permalink

            Urusannya apa ongkir sama volum barang? Kalo sesuai aturan emang ada yang salah? Ente sekolah dimana bro?

            5
            1
      • 12 Februari 2022 - (10:24 WIB)
        Permalink

        hai hai.. saya ga kejar driver loh. yg saya pertanyakan dan bahas sistem perlindungan asuransi dan perusahaan .cb anda minum aqua dlu .. 😅. LUCU sya baca koment anda 🤭🤭

        14
        1
    • 11 Februari 2022 - (17:21 WIB)
      Permalink

      Ini mah kesalahan penjual/seller. Udh tau barang mahal, pakai samday, aturan instan, terus packing nya tidak aman. Terus melebihi ketentuan muatan samday. Makanya jadi seller jangan mikirin untung aja,aturan mikirin keselamatan sesama… kena getah nya kan lo.

      23
      61
      • 11 Februari 2022 - (23:16 WIB)
        Permalink

        tul, barang mahal mending instant. driver cuma bawa 1 barang. dan jg kok bisa sobek sobek ya digambar nya padahal cuma ketindih, apa barang yang dikirim masih baru?

        3
        9
      • 12 Februari 2022 - (01:30 WIB)
        Permalink

        Grabexpress apa gak instan kak?
        Dari baca kronologinya, seller kirim barang via grabexpress lewat aplikasi grab bukan via aplikasi marketplace.
        Semoga anda membaca dan memahami postingan tsb

        7
        1
        • 12 Februari 2022 - (11:23 WIB)
          Permalink

          Kalo gak paham gak usah posting.
          Layang Grab Express ada 2 boss.
          Express instant dan express sameday.
          Boss gak liat gambar barangnya di motor ada barang yg lain jg.
          Itu jelas banget boss layanannya EXPRESS SAMEDAY.
          KALO GAK TAU
          JANGAN SOTOY

          1
          4
      • 12 Februari 2022 - (01:45 WIB)
        Permalink

        Emang kalo ngirimnya pake sameday harus banget barangnya rusak ya? Pola fikir masnya aneh🤣
        Kalo emang dirasa kiriman sameday bakal ngerusak barang, toh disitu udah ada asuransinya mas.jelas2 dibilang paket terseret di aspal, bukan tertindih. Ini bukan masalah sameday atau instant tapi tentang bagaimana pertanggungjawaban pihak ASURANSInya.
        Mudah2an masnya bisa dikittt aja mengerti😅🙏

        35
        1
        • 12 Februari 2022 - (16:24 WIB)
          Permalink

          Apa yang terjadi sama driver di sini murni kelalaian bukan kecelakaan. Kalau kecelakaan si kurir itu tabrakan dengan pengemudi kendaraan lain secara tiba2 tanpa sengaja. DI sini kurir bekendara dg speed yg tinggi sehingga barang jatuh atau terseret di jalan mengakibatkan barang rusak. Ini logis kelalaian si kurir. Klw dia berhati2 gak akan mungkin bawaannya jatuh. Kelalaian gak akan ditanggung asuransi. .Tolong di mengerti definisi kata. Jngn seenaknya ngomong asuransi.

        • 14 Februari 2022 - (00:21 WIB)
          Permalink

          Hahahahaha. Padahal sudah jelas di foto, packing nya tidak aman. Cuma di bungkus plastik. Kata nya barang mahal. Kenapa packing nya seperti itu.
          Dan jelas seperti nya pakai layanan samday. Layanan samday tuh ada ketentuan besar dan berat nya. Karna seller/penjual. Suka bohong di keterangan berat dan ukuran barang…
          Mau bukti kalau seller/penjual suka bohong berat dan ukuran barang.

      • 12 Februari 2022 - (14:53 WIB)
        Permalink

        Kok salahin konsumen ??? Lucu sekali pikiran anda , mau pake layanan apa kek mau di bilang pelit atau apa kan dia yang dagang , penjual kan nanya mau pake servis apa kurir apa ?? Kok goblok salahin seller ?? Lucu banget , pada intinya TS nanya klaim asuransi dah jelas dia pake asuransi tapi emang ASUransi nyuruh driver kecelakaan dulu baru diklaim bisa , setiap expedisi asuransi barang yaaa dari barang bukan kurir nya harus kecelakaan dulu baru bisa klaim di terima sama Grab

        • 13 Februari 2022 - (22:04 WIB)
          Permalink

          Makasih byak gan. Sangat mengerti apa yg saya alami. Sukses terus buat agan. SALAM FOKUS👍

      • 12 Februari 2022 - (21:33 WIB)
        Permalink

        Maksudnya gimana, koq jadi salahkan si penjual. Anda ini terlalu pintar atau gimana ya, jelas2 kesalahan ada di pihak driver, barang jatuh terseret. Dan driver sudah mengakui hal tersebut.

    • 11 Februari 2022 - (21:39 WIB)
      Permalink

      Jangan mengadu domba driver Grab dan Gojek, karena driver Grab banyak yang jadi Gojek juga, sebaliknya juga begitu, siapa tahu driver Grab itu punya akun Gojek juga..

      3
      8
    • 12 Februari 2022 - (10:24 WIB)
      Permalink

      Driver, grab, dan pihak asuransi harus tanggung jawab, mau instan, samday atw yg lain nya. Tanggung jawab driver hrs menjaga barang aman sampai ke pelanggan, grab sbg penyedia layanan hrs mau tanggung jawab jgn hanya ambil untungnya doang.

      8
      1
    • 12 Februari 2022 - (11:13 WIB)
      Permalink

      Ngirim Tas JUTAAN pake layanan Express SAMEDAY.
      NGIRIT BANGET NYARI ONGKIR MURAH.
      Pakenya GRAB EXPRESS INSTANT bu, biar barang langsung dikirim gak dicampur pengiriman dengan barang lain.
      BELAJAR DULU LAH CARI INFO jangan maen langsung pilih layanan aja.
      Mentang2 ongkir murah.

      2
      12
  • 10 Februari 2022 - (09:03 WIB)
    Permalink

    Kayanya kirimnya pakai sameday jadi kurir bawa banyak barang. Mungkin terjatuh di jalan karena bawaannya banyak dan tidak hati-hati. Sebaiknya lain kali bisa dimatikan pilihan samedaynya karena barang mahal.

    30
    14
    • 11 Februari 2022 - (07:13 WIB)
      Permalink

      Next time klo barang “mahal” pake kurirnya grab express instant. Mahal dikit tp aman. Sameday kurir bawa barang banyak, bisa 6-7barang. Paham kan??

      28
      22
        • 11 Februari 2022 - (20:47 WIB)
          Permalink

          Terima kasih bagi yg cara fikirnya ga fokuss ☺.. yg dibahas pertagung jawaban perusahaan donk. bukan urusi cara orang berniaga.. Unik yaa 😅

          26
          2
          • 12 Februari 2022 - (00:47 WIB)
            Permalink

            dimaklumi saja, kalau diindonesia, begitu ada masalah semua lepas tangan dan tak mau tanggung jawab. kalau belum ada masalah, semua bicara paling manis dan paling benar. ini semua terjadi karena perlindungan hukum tdk berjalan sesuai track nya. beda dg singapore. kalau di singapore sangat jelas hukumnya. siapa yg benar siapa yg salah, sangat jelas. hukum di singapore paham benar yg mana hitam yg mana putih. jadi pelaku usaha maupun konsumen, gak berani macam². kalau di indonesia, ya harus banyak elus dada. percuma lapor, mau lapor kemana gak bakal digubris. kecuali kalau sdh viral baru deh.

            12
          • 12 Februari 2022 - (03:31 WIB)
            Permalink

            Mereka “fokuss” kk, fokus bela grab. Maklum buzzer grab banyak berkeliaran disini😁.

            Tetap semangat kk memperjuangkannya.
            Coba konsultasi sama kolega mungkin ada yg bergerak di bidang hukum, sepertinya ini bisa dibawa keranah hukum.

            7
            1
          • 14 Februari 2022 - (00:25 WIB)
            Permalink

            Yang tidak fokus itu anda, kalau anda packing nya aman.walau pun jatuh pasti tidak bakal rusak… hadeh

            1
            3
          • 12 Februari 2022 - (18:05 WIB)
            Permalink

            Punya hp smart tapi otak ga smart .. 😂

            4
            2
          • 13 Februari 2022 - (21:52 WIB)
            Permalink

            Hp jutaan tp otak receh

            1
            2
    • 11 Februari 2022 - (13:23 WIB)
      Permalink

      Ya disini kalau dilihat dan dicermati, awal kesalahan ada di seller karena tidak memberikan packing yg baik dan aman jika terjadi sesuatu dalam ekspedisi, karena TIDAK DAPAT DIPUNGKIRI bahwa ekspedisi suatu saat dapat terjadi kelalaian, oleh karena itu seller seharusnya sadar dan paham dan berinisiatif untuk memberikan packing yg tebal untuk menghindari kelalaian tersebut, apalagi notabenenya ini adalah SAMEDAY yg dimana barang akan bertumpuk, bahkan resiko terserempet dan hilang dalam perjalanan cukup tinggi, TIDAK DAPAT DIPUNGKIRI juga kesalahan selanjutnya terdapat pada Driver karena kurang menjaga paket, namun kembali pada poin atas, bahwa jika Paket dikemas dalam kondisi aman dan baik akan meminimalisir resiko kecelakaan dalam ekspedisi, dalam SAMEDAY Driver mendapatkan jatah sampai 7 Barang sekali jalan, cenderung driver tidak berani cancel karena butuh uang, dan dirasa masih bisa dibawa, dengarkan saran saran orang lain disini, jika pengiriman besar dan banyak dan berharga matikan layanan SAMEDAY, INSTANT adalah pilihan aman karena dapat di Tracking dari penjemputan hingga pengantaran, dan sudah pasti minim resiko gesekan, tekanan, karena driver hanya sekali Naik dan Turun barang

      31
      22
      • 12 Februari 2022 - (00:52 WIB)
        Permalink

        Kata y barang adalah merk brended…tp bungkus dan model pengiriman y sangat minimalis bgt.. lucu ajj kan.jadi yg tidak menghargai itu siapa????

        4
        5
        • 12 Februari 2022 - (10:30 WIB)
          Permalink

          Hai gan.. apa harus sya letak peti.. Toh yg dibahas cara penanganan asuransi dan tanggung jawab perusahaan. Okeeh bye

          3
          2
          • 14 Februari 2022 - (00:28 WIB)
            Permalink

            Lebih baik mencengah dari pada mengobati..
            Hadeh

      • 12 Februari 2022 - (03:37 WIB)
        Permalink

        Nyalahin seller sama driver aja bisanya Lo bambang, ketahuan bngt lo buzzernya grab. Emank ada ketentuan pas pake jasa grab itu barang harus di packing berlipat-lipat atau pake peti sekalian biar sangat aman.?

        9
        1
        • 12 Februari 2022 - (07:29 WIB)
          Permalink

          di grab ada ketentuan buat packing aman,biasanya sebelum pickup driver harus memastikan isi paket dan packing aman

          3
          1
      • 12 Februari 2022 - (11:21 WIB)
        Permalink

        Apapun jenis layanannnya
        Mau sameday atau instan, seharusnya harusnya tetap di jaga dgn sebaik2nya, bukan lihat soal harga murah di pengiriman, dan beliau sudah tetap pake asuransi, sebaiknya tetap di ganti dari pihak asuransi, percuma ada asuransi kalau hanya diam, dan enggak semata menyalahkan driver, drivernya udah ngakuin kesalahannya nya,
        Apapun yg terjadi seharusnya sikap asuransi nya yg harus hadir,

      • 12 Februari 2022 - (21:38 WIB)
        Permalink

        Jiakakakak, yang jatuhin siapa yang di salahkan siapa. Terus pihak yang harusnya bertanggung jawab jadi gak perlu tanggung jawab gitu?

        Pointnya gak sampe apa anda driver grab juga ya, sampe gak paham sama konteks yang ingin di sampaikan oleh penulis?

    • 11 Februari 2022 - (15:06 WIB)
      Permalink

      Kalau saya,,,pihak perusahaan grab!
      GRAB INDONESIA kebanyakan SELALU LEPAS TANGAN
      BAIK CUSTOMER ataupun Driver…
      Udah menyiksa driver sekalian menipu Customer
      Grab??? Aman sentosa…

      26
      1
    • 11 Februari 2022 - (06:49 WIB)
      Permalink

      Alangkah baiknya kalau barang mahal, ditambah dus aja kemasannya. Skr kita tau kalo paket rusak susah claim asuransi dan susah minta ganti rugi.

      19
      7
  • 10 Februari 2022 - (09:30 WIB)
    Permalink

    Saya tidak pernah percaya dengan yang namanya asuransi di Indonesia. Asuransi di sini tuh menggunakan terms yang benar-benar merugikan pelanggan, seolah-olah mereka cuma mau terima uang saja tapi selalu menolak claim dari pelanggan karena termsnya yang dibuat sangat ketat.

    127
    4
    • 10 Februari 2022 - (19:19 WIB)
      Permalink

      Seharusnya jadi tanggung jawab Driver melalui Grab sebab driver yang tdk Hati2 dan dia bernaung di bawah Grab.
      Asuransi memang merugikan di Indonesia sebab saya juga pengalaman susah ajukan claim asuransi tp dlm kasus ini memang kesalahan pihak Driver.
      Next mending pakai Gojek, karena kita orang Indonesia pakai lah karya anak bangsa. Bukannya saya anti Grab, saya juga pakai Grab tp kl terpaksa Gojek tdk bisa melayani. Saya Warga Negara Indonesia.

      47
      41
      • 11 Februari 2022 - (10:34 WIB)
        Permalink

        Wahai bapak … Jgn sepenuh menyalahkan driver pak ..saya merasa tersinggung…karena custemerlah yang selama ini banyak menipu berat dan besar barang yang akan d mereka kirim …mungkin ingin untung lebih besar …dan mengabaikan nyawa atau keselamatan driver itu sendiri….kalau pun ia mau kirim barang mahal seharus kan sudah ada pilihan pengiriman berserta nilai ongkos yg d keluarkan ….Untuk ojol sama aja pak baik grab mau Go-Jek ….harap d mengerti juga pak … Driver juga manusia pak ….

        46
        20
        • 11 Februari 2022 - (15:59 WIB)
          Permalink

          nanti driver ganti mesin aja, karena manusia pake hati ya gitu, kalo mesin gk punya hati, suruh kerjain langsung kerjain langsung start, tidak ngeluh hal apapun, kan udh ada autopilot contohnya, tinggal tunggu waktu.

          6
          2
        • 11 Februari 2022 - (18:16 WIB)
          Permalink

          kalau beda berat dan dimensi. tolak aja bro. JANGAN PERNAH MAU TERIMA.

          kalau sudah terima, jangan complaint.

          dan hati-hati di jalan.

          16
      • 11 Februari 2022 - (11:16 WIB)
        Permalink

        Enggak salah tuh karya anak bangsa? haha karya anak BANGALORE INDIA kali maksudnya. Tidak ada hubungannya dengan karya anak mana, ini bisa menimpa siapa saja, semua tergantung rasa tanggung jawab Driver yg bersangkutan, driver yang sangat bertanggung jawab akan TERAMAT SANGAT BERHATI-HATI SECARA EKSTREEM jika tahu barang yang diantar mahal. Salah satunya driver tidak akan mau menerima barang tersebut jika menggunakan layanan SAMEDAY apalagi sudah jadi rahasia umum penjual nakal berkongsi dengan customer kirim barang yang melebihi aturan baik ukuran barang maupun berat barang yang seharusnya TIDAK BOLEH diangkut dengan motor karena saya sering melihat driver mengangkut barang yang gak layak diangkut seperti bubble wrap gulungan besar, kasur busa, akuarium ikan, barang yang panjang seperti pipa, dll.

        Bagi penjual jika merasa barangnya mahal jangan aktifkan opsi SAMEDAY, pastikan hanya EXPRESS INSTANT. Asuransi itu BULLSHIT gak guna jadi jangan diharapkan.

        24
        2
    • 11 Februari 2022 - (09:33 WIB)
      Permalink

      Kelalaian Seller & driver!
      Seller seharusnya lebih bisa mengantisipasi jika memang barang yg dikirim branded/mahal gak sekedar pake asuransi, packing harusnya lebih yg baik, aman & kuat, jangan pake jasa sameday demi mengejar ongkos murah & komunikasikan kpd driver yg ambil barang klo itu barang mahal harus perlakuan khusus biar driver ngerti resiko klo maksa bawa kirim barang tsb…lah ini mah pake kantong kresek bungkusnya, pengiriman pake sameday pula yg notabene banyak barang yg dibawa…
      Driver harusnya jujur, selektif & hati2 bawa/kirim barang karena semua barang yg dibawa adalah tanggung jawabnya walau pun pelanggan (seller/penerima barang) belum tentu bijaksana menghargai tugas tanggung jawab driver
      Nextnya lebih baik seller menonaktifkan layanan sameday, gokilat ato sejenisnya jika memang barang yg dijual adalah barang istimewa, lebih baik alokasikan ke pengiriman pribadi, ato jika terpaksa gunakan express instant/ Gosend yg pengirimannya hanya 1 barang serta dg packing yg lebih baik & kuat, mahal sedikit tp InsyaAllah aman juga komunikasikan ke driver jgn takut barang dibawa kabur driver dg bahasa tolong bawanya hati2 ato semacamnya, kalo driver keberatan/terkendala resiko ketika akan membawa barang maka bisa membatalkannya…

      18
      3
    • 12 Februari 2022 - (00:50 WIB)
      Permalink

      betul sekali, asuransi di indonesia memang meragukan. mereka suka berkelit saat ada masalah. tapi kalau saat belum ada masalah, ngomongannya semanis madu.

  • 10 Februari 2022 - (11:11 WIB)
    Permalink

    Percuma juga pakai asuransi ,yg ada puyeng dan diputar putar ,kecuali viral banget baru di pikirin Ama mereka ,dan blum tentu diganti full ya

    27
  • 10 Februari 2022 - (11:21 WIB)
    Permalink

    Sudah saatnya motret barang yang dikirim, saat diterima oleh depot expedisi, atau pickup. Untuk penguatan bukti saat diterima kurir itu bahwa kondisi luar bagus, tidak cacat. Sekarang main tendang tendangan, lihat tendangan siapa yang terkuat. Terms nya Asuransi, atau kurir itu, mereka tidak ada yang mewajibkan seperti itu. Mereka tau, tapi mereka sengaja tidak memasukan terms itu sebagai hal yang wajib. Kalau di belanja online, Mereka membuat terms untuk pembeli harus memuat video penerimaan , pembukaan paket segala.

    16
  • 10 Februari 2022 - (15:01 WIB)
    Permalink

    Kalau dilihat fotonya sepertinya bukan tas branded. Di pasar tradisional offline banyak tas seperti itu yg harganya seratus duaratus.

    5
    87
    • 10 Februari 2022 - (15:25 WIB)
      Permalink

      HALO PAK MUNZIR. SEBAIKNYA ANDA JANGAN BERKOMENTAR JIKA TIDAK MENGERTI AKAN SUATU PRODUK. GRAB JUGA SUDAH TAU KALAU TAS TERSEBUT BONIA AUTHENTIC LIMITED EDITION . KRN RINCIAN PRODUK TAS SUDAH MEREKA TERIMA. TERIMA KASIH YA PAK KOMENTARNYA🙏

      40
      4
      • 10 Februari 2022 - (19:21 WIB)
        Permalink

        Jenengan temannya siapa?
        Komentarlah secara bijak dan objektif, jangan komentar secara subjektif.

        5
        1
      • 11 Februari 2022 - (17:24 WIB)
        Permalink

        Ini mah kesalahan penjual/seller. Udh tau barang mahal, pakai samday, aturan instan, terus packing nya tidak aman. Terus melebihi ketentuan muatan samday. Makanya jadi seller jangan mikirin untung aja,aturan mikirin keselamatan sesama… kena getah nya kan lo.

        6
        8
    • 10 Februari 2022 - (22:46 WIB)
      Permalink

      Yahaha pemakai produk KW
      diam saja, klo gak tau apa2

      Sepatu adidas juga byk noh dipasar harga 100rban
      Tau adidas kan ? Pasti taunya yg kw aja hahaha

      9
      4
    • 11 Februari 2022 - (00:59 WIB)
      Permalink

      Udah komentar asal bunyi, isinya gak ada. Itu tas, mau harganya 100-200ribu, nominal sekecil itu aja GRAB/Asuransi gak bisa cover. Apalagi 10juta, 20juta dst.

      Semua asuransi, mau buat badan/barang, itu sampah semua.

      Buat penulis, udah ikhlasin aja. Besok2 gak usah pakai asuransi, kirim kirim aja. Daripada udah buang waktu, tenaga… Klaim gak tembus juga. Cuma bikin nyesek doang.

      13
      2
      • 11 Februari 2022 - (07:40 WIB)
        Permalink

        > kalo dilihat dari foto ,layanan yang dipilih memang sameday, driver terlalu memaksa ambil semua order dan jika barang yang dimaksud adalah yang memakai dustBag warna biru, itu terlalu besar untuk ukuran sameday,
        > Untuk driver : jika dirasa barang sudah terlalu besar lebih baik cancel, performa aman tp tarif memang berkurang
        > Untuk penulis : semoga tulisan ini direspon positif oleh pihak grab/asuransi, kedepannya lebih baik gunakan packing yang lebih tebal seperti dus, dan gunakan layanan instant (gojek/grab) dan berikan tips untuk driver itung2 sedekah penolak bala dan dengan ukuran segitu sebenarnya masih melebihi ketentuan pengiriman instant(semua pengiriman baik ojol, sameday antaraja ,si cepat,lalamove dll) karena setahu saya , paling besar itu 1 dus indomie

        24
    • 11 Februari 2022 - (06:39 WIB)
      Permalink

      Viral in aja di medsos.. biar semua masyarakat pd tahu.. dan tidak terulang lagi kejadian seperti lg.. bahwa pelayanan itu penting.. jgn dianggap remeh 😏

      15
      2
  • 10 Februari 2022 - (15:07 WIB)
    Permalink

    langsung telepon driver grabnya lah ganti, salah driver keseret aspal, pertama driver gk mau ngaku udh jelas nih lempar tanggung jawab jelas driver salah bawa barang gak bener

    17
    5
    • 11 Februari 2022 - (07:54 WIB)
      Permalink

      untuk masih satu daerah lebih baik aktifkan kurir pribadi untuk pengiriman barang mahal 😁 dalam dan luar kota jangan lupa di bungkus dus tebal lalu di pake in bubblewrap ,untuk biaya pake kurir pribadi saya naikin harga barang nya lalu di buat promo gratis ongkir 😁 kalau saya sih begitu

      4
      1
    • 11 Februari 2022 - (23:21 WIB)
      Permalink

      mba yg jd kurirnya kah?? kok tau bgd detail driver ga bener bawa barangnya?? asal elu tau, ga ada 1 orang pun yg mau kena masalah, tp kalau musibah itu udh dtg, kita sbgai manusia bisa apa??
      bisa aja driver nya kena musibah kesenggol pengendara lain sehingga paketnya jatuh dan terseret. dan banyak hal lainnya yg bisa terjadi, yg pasti driver ga mungkin dengan sengaja merusak paket, krn dia tau konsekuensi dr perbuatan nya jika itu terjadi.. kenapa saya bilang driver tsb ga sengaja ngerusakin paket, ya dr cara dia berbohong dengan tidak mengaku, artinya dia sadar ada resiko hukuman jika paket rusak.. kalau orang sadar atau mengerti akan resiko jika berbuat salah, mungkin ga dia sengaja berbuat salah biar dia kena hukum? saya pikir hanya orang gila yg sengaja.. salam dr saya driver ekspress mba yg bijaksana

      1
      2
      • 12 Februari 2022 - (07:15 WIB)
        Permalink

        berarti apa artinya, tidak punya rasa tanggung jawab, sudah tanya pertama tidak ngaku, terus investigasi baru ngaku.

        kalo tanggung jawab, seharunya bilang, maaf pak atau bu tadi saya ada merusak paket anda sebagai gantinya saya ganti atau saya harus lakukan apa, begitu……………………………………………………..

        3
        1
  • 10 Februari 2022 - (18:25 WIB)
    Permalink

    Bilang suruh tanggung jwab driver nya atau bilang akan tempuh jalur hukum driver nya, biar driver nya ga se enak nya aja. Perusahaannya gaj guna itu. Emang ampas

    10
    5
  • 10 Februari 2022 - (18:56 WIB)
    Permalink

    Apa GK konfirmasi saat paket d serahkan k drivernya?

    Klu pribadi ada orderan yg pake grab pasti yg ambil driver baru. Hrus konfirmasi dulu.

    Perusahaan sekelas @Grab lari dri tanggung jawab. (drivernya paling baru)

    5
    2
  • 10 Februari 2022 - (19:41 WIB)
    Permalink

    Memang kita harus detail baca klausul penjaminan asuransi…
    Apakah hanya jika kecelakaan baru bs diganti ataukah terjatuh saja bs diganti…pilih asuransi yg cakupannya luas

    Lain kali untuk barang mahal, misal tas mahal. Kemas satu persatu, harus dus kotak tebal, bagian dalam kotak dan luar harus ada pelindung… jd meminimalisir resiko rusak tanpa kecelakaan. Dan jangan aktifkan kurir sameday, krn sameday, kurir juga bawa barang yg lain.. tidak eksklusif, kurir tdk fokus…bisa berakibat.. tertukar, tertindih barang lain, terjatuh tidak disadari kurir.

    Saya aja pernah beli iphone diatas 12jt ditokped pakai gojek instan.. eh kurir hilang dalam pelacakan.. pada menit ke 40.. barang hilang akhirnya…. stl komplain ke gojek, dpt penggantian cuma 10jt… rugi saya, pdhl saya bayarnya diatas 10jt. Krn dalam klausul begitu… skrg udh beda, diganti sesuai harga barang.

    Be a smart seller and bayar.

    12
    3
  • 10 Februari 2022 - (20:10 WIB)
    Permalink

    Harus grab ikut tanggung jwb lah selaku atasan dr driver masa mau untung doang mungkin penghasilan driver dipotong buat ganti rugi itu juga klo msh mau narik

    6
    1
    • 12 Februari 2022 - (18:17 WIB)
      Permalink

      Banyak driver ojol yang komen karena memang ntar larinya ke driver yang ganti. Grab ga bakal mau ganti. Dulu juga ada kasus barang hilang ,sameday juga jadi barang banyak. Waktu ngirim yang 1 yang 1 dimotor dicuri orang, walau udah dititipin satpam. Akhirnya urunan paguyuban driver karena diancam lapor polisi.
      Memang benar sameday harusnya untuk barang murah dan ringan. Packing juga harus extra aman karena driver bawa barang banyak. Semoga jadi pelajaran buat yang lain, lebih memikirkan driver ojol,bagaimana supaya kita memudahkan pekerjaan driver.Serba salah posisi mereka, sering ditolak juga ntar orderan sepi/dpt sanksi.
      Saya bukan driver ya, saya pemilik resto yang sering berhubungan dengan driver ojol. Sering pakai jasa mereka juga pribadi maupun di marketplace.

    • 11 Februari 2022 - (23:07 WIB)
      Permalink

      ga liat berita yg kurir gojek bawa kabur ipad 64jt.. mikir dong pake dengkul 🤣🤣

  • 10 Februari 2022 - (21:55 WIB)
    Permalink

    Mestinya sih pihak grab selaku ekspedisi nya mesti bertanggung jawab akan insiden ini, terlebih merek sudah di percaya seller sebagai pengantar barang, mau driver atau grab harus profesional, kalau soal pihak asuransi emng begitu, ga mau rugi pasti, banyak persyaratan yg mengecoh dan berbelit Belit, jadi *S&K se-enak mereka jadi mikir mikir untuk pertimbangkan lagi aja sih kalau emng kejadiannya begini

    • 11 Februari 2022 - (08:21 WIB)
      Permalink

      Pihak expedisi sewajarnya sudah mengecek packingan barang dalam keadaan bagus, konfirmasi packingan bagus, baru bisa diregistrasi. Kalau dalam keadaan sobek sobek kan pihak ekspedisi juga berani menolak saat mau diregistrasi.
      Tapi mengapa packingan hanya menggunakan plastik warna biru, tidak memakai kardus tebal. Pihak ekspedisi juga ada kelalaian saat melakukan registrasi tidak mengecek layak tidaknya untuk dikirim. Dan tidak memvideokan saat melakukan registrasi.
      Pihak expedisi wajib juga untuk mengganti, karena kelalaian, walau tidak sepenuhnya.

  • 10 Februari 2022 - (22:24 WIB)
    Permalink

    Tas berjutajuta limited edition dibungkus dust bag trus masuk kantong plastik. Ngirim pake sameday bukan instant. Jangan pelit bangat makanya.
    Btw pasalnya siasuransi kok nggak nanggung kalo driver kecelakaan, lha terus risiko apa yang ditanggung???

    15
    4
  • 11 Februari 2022 - (03:49 WIB)
    Permalink

    Buktinya sudah jelas barang rusak, pas order juga udh pilih asuransi. Tapi kerusakan responnya seperti itu. Mmmmm….. Mending dibikin viral dulu mas. Biar bisa dilihat respon berikutnya.

  • 11 Februari 2022 - (06:53 WIB)
    Permalink

    Gaya elit ekonomi sulit, udah tau barang bgitu pakai sameday ketauan bnget pengen hemat ongkir. Lain kali pakai instan ya,

    9
    4
  • 11 Februari 2022 - (08:28 WIB)
    Permalink

    Nah ini nih, perusahasn bonafit ga akan merasa rugi ngeluarin duit jutaan ampe puluhan juta, apalagi jelas keasalahan di dianya, mereka akan mikir ketimbanga lebih besar ngeluarin biaya buat memperbaiki nama baik, kesalahan sekecil apapun gak akan di tolelir klo berakibat nama perusahaan jelek, apalagi tersebar masif, mungkin perwakilan yg di indo ni emang ya sekelas perusahaan kelas start up.

  • 11 Februari 2022 - (08:35 WIB)
    Permalink

    Pihak asuransi tidak bisa mengcover kerusakan karena kerusakan di lakukan oleh pengemudi, dan pengemudi mengkonfirmasi bahwa saat pengiriman dimungkinkan adanya kejadian terseret (kelalaian pengemudi). Tinggal minta pertanggung jawaban ke pihak ekspedisi. Pihak ekspedisi wajib menangani hingga tuntas, tidak bisa mengabaikan begitu saja dengan memberikan msalah ini ke pihak asuransi. Pihak Expedisi wajib mengganti sesuai dengan S&K yang berlaku.

    • 11 Februari 2022 - (09:06 WIB)
      Permalink

      hmmm tidak semudah itu

      yang di garansikan oleh grab express, hanya 2 alasan
      -kerusakan karena driver’s accident
      -kehilangan karena pencurian oleh driver, atau dicuri dari driver yang di buktikan dengan kerusakan motor/luka pada driver nya

      jadi kalau dicuri dari driver pun, kalau tidak ada bukti yang sesuai, ya sama tidak dapat diklaim

      dan sudah jelas juga di poin nomor 2 hal yang tidak dapat digaransikan
      2. Losses due to errors/ negligence of the consumer and / or driver.

      S&K yang berlaku sudah betul, cm memang tidak menguntungkan konsumen

      • 12 Februari 2022 - (17:01 WIB)
        Permalink

        Hemat saya, tetap saja, kerugian material harus ditanggung oleh pihak ekspedisi. Sanksi kepada pengedara pengantar juga harus ada. Karena kerusakan berada di instansi expedisi, ( surat dari asuransi sudah menulis hasil investigasinya). Walaupun S&K yang disebutkan memang demikian adanya, silahkan direvisi lagi. Kalau tidak direvisi, diadakan pengecekan ganda oleh kepala regu di depot/kios expedisi, bahwa barang bawaan sudah layak untuk dikirim dan tanda tangan antara depot/kios expedisi dengan si pembawa barang (cek kondisi, besarnya barang, packingan, ikatan, dsb). Dan sangat layak saat instansi ekspedisi menerima barang dari sipengirim harus ada S&K yang lebih detail, barang bawaan harganya berapa, wajib pakai packingan seperti apa. Dan tinjau ulang lagi kesepakatan bersama kerjasama ekspedisi dengan instansi asuransi. Memang tidak gampang, dan membutuhkan waktu.

  • 11 Februari 2022 - (10:02 WIB)
    Permalink

    Saya driver gojek bali , sering ngirim barang barang orderan OL , dan di gosend nya gojek daerah bali . Belum ada orderan yang sampai doble orderan .

  • 11 Februari 2022 - (12:13 WIB)
    Permalink

    karena support grab yg normalnya mengalami jalan buntu, saya sarankan minta diekskalasikan ke managernya biar dicarikan solusinya. Jangan sampai nomor tiketnya ter-close ya…

 Apa Komentar Anda mengenai Grab Indonesia?

Ada 141 komentar sampai saat ini..

Kirim Barang Mahal Menggunakan GrabExpress, Rusak Dalam Perjalanan, Pi…

oleh putri dibaca dalam: 1 menit
141