Refund-nya Masuk ke Mana, Kak?

Pada tanggal 17 Februari 2022, saya membeli sebuah RAM dari satu toko di Tokopedia. Beberapa hari kemudian barang tersebut sampai di tangan saya. Namun sayang beribu sayang, ternyata itu tidak cocok dengan laptop saya. Saya pun mengajukan komplain untuk retur dan refund barang. Komplain saya disetujui pada tanggal 27 Februari 2022.

Sebelumnya kalau ada transaksi dibatalkan, biasanya dana akan dikembalikan ke saldo Tokopedia. Namun saya baru tahu kalau untuk transaksi refund, ternyata dana dikembalikan langsung ke rekening yang digunakan untuk membayar. Saya pun ingat kalau rekening beserta kartu debit Jenius, yang saya pakai untuk bayar transaksi pada tanggal 17 Februari 2022, sudah saya nonaktifkan karena saya sudah beralih ke Bank Jago.

Pada tanggal 27 Februari 2022 itu juga, saya langsung menghubungi pihak Tokopedia untuk memberitahukan masalah ini. Sehingga nantinya mereka tidak akan mentransfer dana refund ke rekening itu. Karena kalau itu terjadi, pasti masalahnya tambah rumit. Namun sayang sekali waktu saya chat (dengan yang katanya manusia), jawabannya malah kayak robot. Sudah sedari awal saya jelaskan baik-baik, kalau rekening yang saya gunakan untuk membayar sudah dinonaktifkan.

Hari ini saya coba lagi menghubungi mereka. Namun katanya uangnya sudah masuk ke rekening tanggal 27 Februari 2022. Pertanyaannya, bagaimana bisa dana masuk ke rekening yang sudah tidak aktif sejak tanggal 23 Februari 2022? Berikut chat dengan Tokopedia, beserta bukti kalau rekeningnya sudah tidak aktif karena sudah tidak bisa login.

Saya bosan harus chat dengan robot lagi. Bikin emosi saja! Chat apa, balasannya apa. Tidak jelas sama sekali. Mungkin bagi Tokopedia Rp230.000 itu hanya debu di atas meja. tapi bagi saya itu berarti. Mohon segera kasih kejelasan, saya tidak mau masalah ini menggantung seperti ini.

Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang selalu memberikan ruang bagi para pelanggan untuk menyampaikan keluhan. Sukses selalu!

Meiyergri Tempone
Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Tokopedia:
[Total:41    Rata-Rata: 1.5/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

23 komentar untuk “Refund-nya Masuk ke Mana, Kak?

    • 2 Maret 2022 - (15:23 WIB)
      Permalink

      CS, DM nenek moyangmu . Konsumen ngeluh disini ya jawab disini.!
      230rb kalau dikumpul jadi milyaran dalam setahun. Gak tokopedia gak sopi kalau bagian balikin duit ke pengguna jasa itu bertele2

      10
      5
    • 2 Maret 2022 - (15:35 WIB)
      Permalink

      Iya sih tapi bikin kesel lho. Udah dijelaskan panjang lebar ternyata yg jawab mesin 😭

      2
      1
  • 2 Maret 2022 - (11:59 WIB)
    Permalink

    Kalau debit online sama dengan kartu kredit, refund dibalikin ke kartu. Ga pernah dibalikin ke saldo Tokped. Harusnya tanya ke bank BTPN nya yng punya Jenius, karena memang udah masuk ke rekening ybs. Walaupun sudah tidak aktif rekening tetap bisa ditransfer ya. Saran saya tanya ke Jeniusnya, gimana cara supaya duit refund bisa ditarik atau transfer ke rekening lain

    11
    • 2 Maret 2022 - (12:44 WIB)
      Permalink

      Gak bisa. Kartu debit sistemnya beda dengan kartu kredit. Kalau pengembalian tetap ke saldo refund. Sistem tidak bisa mendeteksi nomor rekening bank dari nomor kartu debit. Karena untuk transfer ke bank butuh nomor rekening. Beda dengan transaksi kartu kredit yang tidak perlu nomor rekening. Bahkan yang gak punya rekening di bank penerbit bisa transaksi. Tapi kalau kartu debit gak bisa.

    • 2 Maret 2022 - (12:52 WIB)
      Permalink

      Sebelum tulis artikel ini saya sudah tanya kok langsung ke Banknya dan memang akun saya sudah tidak aktif. Jadi katanya transaksi tidak mungkin masuk. Dari BTPN bilang tanya saja ke Tokopedianya. Omong-omong terima kasih balasannya ya 🙂

      2
      1
      • 2 Maret 2022 - (12:55 WIB)
        Permalink

        Tes aja gan, transfer 10ribu ke rek yang sudah tidak aktif. Pasti masuk, bnyk kasus disini juga salah transfer ke rek yang tidak aktif. Jadi BTPN nya yang kurang jujur 🤭
        Semoga cepat selesai masalahnya.

        • 2 Maret 2022 - (13:10 WIB)
          Permalink

          wah kalo begitu apa bedanya close sama tidak, kalo sama2 msh bs transfer dana.
          kalo pengalaman sy urus penutupan BCA, begitu udah close otomatis udah ga bs transfer kesana

          1
          1
  • 2 Maret 2022 - (12:40 WIB)
    Permalink

    Kyaknya bakal kena potong sm BTPN jenius krn doorman… Skrg kan gk gratis 10rb/bln selama ada dana, kalo gk y berlaku kelipatan..

    2
    2
    • 2 Maret 2022 - (13:07 WIB)
      Permalink

      kena dorman gimana, dia kan udah ditutup kartunya.

      kalo jenius sy sih ak biarin aja gitu, kemarin sempet masuk msh lancar, entah brp hutang feesible wkwkwk.. ampe brp lama sih kartu autoclosed? gpp kan ya kalo digantungin gini?

      2
      1
      • 2 Maret 2022 - (14:07 WIB)
        Permalink

        Kayaknya 6 bulan sih sampai ditutup sistem. Saya kemarin langsung telepon CS Jenius buat tutup karena sudah pindah ke Bank Jago yang gak ada biaya bulanan sama biaya² lain. Pas selesai telepon CS Jenius, sepertinya rekening langsung mati karena saya sudah gak bisa login.

        • 2 Maret 2022 - (14:19 WIB)
          Permalink

          ga bs login tp msh bs terima transfer, ya sama aja bohong sih, justru nasabah rugi kalo mengalami demikian.
          coba aja saran dr pengguna lain, tes transfer 10rb, kl sukses terkirim berarti rekening blm benar2 close, msh bs tuntut BTPN utk aktivasi kembali, good luck

          3
          1
          • 2 Maret 2022 - (14:21 WIB)
            Permalink

            kalo sukses transfer 10rb ke rek yg sudah ditutup, bikin lg media konsumen yg mengatasnamakan BTPN, ini letak salahnya ada di BTPN kalo begitu caranya

          • 2 Maret 2022 - (15:34 WIB)
            Permalink

            Itu kata Tokopedianya sih sudah masuk. Tapi ternyata tadi pas terima DM Tokopedia. Dananya masih proses kirim. Jadi belum dikirim. Bank BTPN gak salah apa-apa

            1
            1
  • 3 Maret 2022 - (08:42 WIB)
    Permalink

    saya pernah mengalami hal yang sama, dua kali terjadi. yang pertama saya transaksi dengan kartu kredit, kedua dengan debit BCA. namun ki kasus saya keduanya masuk di saldo Tokopedia, tidak ada yang kembali limit maupun ditransfer kembali ke rekening BCA.

  • 3 Maret 2022 - (09:30 WIB)
    Permalink

    Untuk jenius yg pakai kartu atm ada biaya perbulan rp 10.000 dan akan terus ditagihkan ,kalau tidak ada dana maka akan menjadi hutang,begitu ada dana masuk akan di potong.karena saya juga pakai jenius.

  • 3 Maret 2022 - (10:59 WIB)
    Permalink

    Pernah waktu itu belanja ditokped seharga hampir 1juta. Bayar via virtual account transfer via bca mobile. Trus dibatalin sepihak sama seller. Tapi uangnya bisa direfund kok. Langsung ada pilihan mau direfund via apa. Trus masuk lagi uangnya ke rekening bcaku. Gak tau ya kalau misalnya transfernya pakai metode lain.

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia?

Ada 23 komentar sampai saat ini..

Refund-nya Masuk ke Mana, Kak?

oleh Meiyergri Tempone dibaca dalam: 1 menit
23