Indihome ‘Bohong’ dalam Proses Mutasi Alamat

Melalui Media Honsumen ini, saya bermaksud membagikan pengalaman saya yang merasa ‘dibohongi’ oleh Indihome.

Saat ini saya sudah tinggal di rumah sendiri, agar memudahkan pekerjaan yang mana saya masih WFH. Saya ingin mutasi alamat pemasangan Indihome yang sebelumnya beralamat di rumah orang tua saya. Sebelum melakukan laporan ke pihak Indihome saya terlebih dulu mengecek ketersediaan jaringan di alamat baru saya dan hasilnya sudah tercover.

Mendapatkan hasil yang baik karena sudah tercover saya akhirnya melakukan laporan ke pihak Indihome (CS sosmed). Mereka mengatakan jika saya harus melakukan pelunasan tagihan bulan Maret 2022 terlebih dulu dan akhirnya saya membayarkan tagihan tersebut.

Lalu, setelah melakukan pembayaran saya mendapatkan informasi dari pihak Indihome kalau alamat baru saya sudah tercover jaringan Indihome.

info dari CS sosmed sudah tercover

Karena, prosesnya bertele-tele akhirnya saya memutuskan untuk menelepon 147 agar segera dibuatkan laporan mutasi alamat pemasangan Indhome, akhirnya mereka informasikan sudah dibuatkan laporan dan meminta saya untuk menunggu 2×2 jam untuk proses, mereka juga meminta saya untuk mengunggah berkas yang dibutuhkan melalui link yang dikirimkan melalui SMS/Email.

Setelah 2×24 jam tidak ada kabar dari pihak Indihome, baik teknisi maupun CS, saya memutuskan menelepon 147 untuk mengetahui hasil laporannya, namun hal mengecewakan terjadi, mereka menginformasikan bahwa laporan di-cancel tanpa pemberitahuan dengan alasan alamat saya belum tercover jaringan Indihome.

Saya merasa dibohongi oleh sistem dan juga CS Indihome, bagaimana bisa terdapat perbedaan informasi antara sistem dengan di lapangan. Saya merasa dirugikan waktu karena sudah menunggu tanpa kabar dan juga materi yang mana saya harus membayarkan tagihan terlebih dulu agar diproses mutasi alamatnya, namun hasilnya nihil.

Saya berharap pihak Indihome bisa memperbaiki layanan dari segi CS dan juga sistem agar lebih sinkron ke depannya.

Sekian pengalaman dari saya, semoga kendala yang saya alami tidak teman-teman alami.

Terima kasih.

Ikhsan Akmal Maulana
Kab. Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Telkom IndiHome:
[Total:2    Rata-Rata: 1.5/5]
Konfirmasi dari Telkom terkait Pemberitaan “Indihome ‘Bohong’ dalam Proses Mutasi Alamat”

Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah menayangkan surat keluhan pembaca pembaca Bapak Ikhsan pada tanggal 22 Maret 2022 terkait keluhan...
Baca Selengkapnya

5 komentar untuk “Indihome ‘Bohong’ dalam Proses Mutasi Alamat

  • 11 Maret 2022 - (11:27 WIB)
    Permalink

    kalo saya sih mending pengajuan pasang baru di lokasi baru, kalo sudah terpasang dan bisa digunakan baru pengajuan putus di lokasi lama sehingga tidak menggangu konektivitas dalam bekerja.
    gitu aja kok repot, mewek2 di sosmed

    • 11 Maret 2022 - (13:41 WIB)
      Permalink

      Kalo saya sih ada layanan mutasi alamat dengan biaya lebih murah mending mutasi ya mba/mas, mungkin rezeki mba/mas nya lebih ya Alhamdulillah, sehat selalu mba/mas

      • 13 Maret 2022 - (00:36 WIB)
        Permalink

        kalo yang jadi pertimbangan biaya sih mungkin memang lebih hemat ajukan pindah alamat. tapi ya itu resikonya seperti itu. semoga lekas ada solusi dan bisa diselesaikan
        mohon maaf kalo kata2 saya kurang berkenan👃

  • 11 Maret 2022 - (13:08 WIB)
    Permalink

    Saya jg ngurus pindah alamat baru, tp baru diproses pemasangannya 2minggu kemudian stlah berkas saya upload. Ditelpon dr pihak telkom katanya 2x24jam ada teknisi datang, tp nyatanya baru 1minggu lebih dan itupun akhirnya datang karena saya komplain lwt semua medsos mereka (FB, IG, jg whatsapp CS kota saya). Setelah teknisi datangpun, internet masih belum aktif. Ditanya ke CS katanya ga ada listrik tersambung ke modem, padahal saya selalu pastiin lampu indikator nyala(kecuali internet karena memang belum aktif). Saya sendiri sampe malu berkali2 kontak CS mereka, bahkan ada CS yg agak nyolot dalam memberikan jawaban. Di sisi lain, hak saya sebagai pengguna terabaikan selama 2mingguan. Padahal billing jalan terus. Kenapa saya ga pasang baru aja di alamat baru? Karena masih ada sisa kontrak di bawah 1tahun yang mana klo mau mutusin langganan indihome, harus kena denda 1juta. Saya masih berpikir positif karena sewaktu dulu pengajuan pertama kali (secara online), dalam 2x24jam langsung didatangi teknisi dan besoknya bisa langsung terkoneksi internet. Tapi sekarang kayaknya nyesel klo pake indihome lagi. Kualitas maintenancenya buruk. Selalu jawabannya “sedang proses koordinasi”, tanpa ada progress apapun sampai 2 minggu. Tapi untunglah sekarang mulai muncul banyak provider baru. Klo telkom masih ga bisa memperbaiki kualitas layanannya ya siap2 aja kalah saing dan produknya makin dijauhi pelanggan.

    • 17 Maret 2022 - (11:14 WIB)
      Permalink

      saya setuju. saya juga pernah mencoba proses mutasi alamat dan kontak dengan Indihome via 147, medsos dan bahkan datang ke kantor langsung. prosesnya saya sampai 3 bulan diulur2 dan ternyata proses mutasi alamat saya tidak bisa dilakukan karena belum tercover juga sehingga akhirnya saya cabut saja dan tidak berlangganan indihome kembali. sebelumnya juga saat saya menghubungi pihak indihome melalui 147, pihak cs nya selalu konfirmasi ulang laporan saya dan akan ditelusuri lebih lanjut. padahal seharusnya ada koordinasi dan laporan saya dalam status follow up tapi seakan tiap saya kontak cs seperti laporan baru terus

      yang lucunya adalah pada saat saya berhenti berlangganan, saya dihubungi teknisi pengambilan alat dalam waktu 5 hari. setelah itu saya menjalani hari2 seperti biasa, eh tiba2 2 bulan kemudian saya di WA akan ada pengambilan alat dan saya sampe dihubungi 3 nomor berbeda mengenai pengambilan alat dan saya selalu membalas bahwa alat sudah diambil. lucu sekali seperti tidak ada sinkronisasi data atau koordinasi antar petugas indihome atau apa gitu

      bahkan seringkali saya dapat notif segera bayar tagihan padahal saya sudah tidak berlangganan

      padahal termasuk BUMN tapi SOP nya seperti tidak profesional hahaha

 Apa Komentar Anda mengenai Telkom IndiHome?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Indihome ‘Bohong’ dalam Proses Mutasi Alamat

oleh Ikhsan Akmal Maulana dibaca dalam: 1 menit
5