Bayar Tepat Waktu Tagihan Kartu Kredit Bank Danamon, tapi Dikenakan Bunga

Dear Media Konsumen,

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada Media Konsumen untuk terbitnya keluhan saya ini. Saya punya tagihan kartu kredit dari Bank Danamon, tanggal cetak Februari 2022 jatuh tempo tanggal 03 Maret 2022.

Tagihan sudah saya bayarkan secara Full Payment, melalui aplikasi D-Bank Danamon, tepat waktu pada tanggal 03 Maret 2022, kurang lebih pukul 10 malam. Dikarenakan tanggal 03 Maret 2022 jatuh pada hari libur, saya baru sempat bayar pada malam hari, tapi masih tanggal yang sama. Pembayaran melalui D-Bank Danamon pasti langsung masuk, karena dengan bank yang sama, seperti halnya bank lain.

Namun saya kaget, ternyata pada tagihan bulan Maret ini saya ditagihkan interest/bunga lumayan besar, sebesar Rp900 ribuan. Akhirnya saya telepon ke call center Danamon pada tanggal 14 Maret 2022, untuk minta dihapuskan bunga tersebut dan diberikan nomor laporan: 15221736.

Tanggal 18 Maret 2022 saya menanyakan hasilnya, ternyata pengajuan saya ditolak dengan alasan pembayaran saya baru masuk sistem Danamon tanggal 07 Maret 2022. Bagi saya ini hal yang aneh dan tidak masuk akal, atau sistemnya Danamon jelek sekali. Beda sekali dengan bank lain, saat pembayaran malam hari pun langsung masuk, jika dengan bank yang sama.

Lalu saya komplain lagi ke call center, diberikan nomor laporan baru yaitu: 15291754. Saya berharap Danamon bisa menghapus biaya bunga ini, karena ini murni bukan salah saya. Saya bayar tepat waktu sesuai tanggal jatuh tempo dan hari itu tepat tanggal merah libur nasional, yang mana jika di bank lain ada kebijakan jatuh temponya menjadi esok harinya.

Mohon bantuannya agar Bank Danamon bisa menghapuskan bunga tersebut dan memperbaiki sistemnya lebih baik lagi.

Terima kasih.

Moeziono Kaduarjo
Tangerang Selatan, Banten


Catatan redaksi: Surat ini mendapat tanggapan yang diperbarui pada 24/3/2022 sbb:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Bank Danamon atas Surat Bapak Moeziono Kaduarjo

Yth. Redaksi Media Konsumen di Tempat Perihal : Tanggapan Danamon Sehubungan dengan pengaduan yang disampaikan oleh Bapak Moeziono Kaduarjo melalui...
Baca Selengkapnya

16 komentar untuk “Bayar Tepat Waktu Tagihan Kartu Kredit Bank Danamon, tapi Dikenakan Bunga

  • 20 Maret 2022 - (13:31 WIB)
    Permalink

    Ada bbrpa bank yang Jika Tagihan KK/Pinjaman dibayarkan diatas jam 3 sore lgsg mengenakan denda

    7
    1
  • 20 Maret 2022 - (15:27 WIB)
    Permalink

    Mungkin lebih baik ke depannya dibayar lebih awal. Kalau saya selalu bayar pada saat tanggal cetak tagihan bukan pada waktu batas pembayaran jadi aman.

    8
    1
    • 21 Maret 2022 - (11:26 WIB)
      Permalink

      Dear Bank Danamon,

      Saya juga ucapkan Terima Kasih banyak Untuk Bank Danamon atas responnya, yang hari ini sudah menghubungi saya dimana Staff Bank Danamon menginfokan untuk biaya bunganya akan dihapuskan dan akan direfund pada billing tagihan bulan berikutnya. Saya percaya atas komitmen Bank Danamon yang terus melayani para nasabah setia Bank Danamon.

      Dan terima kasih untuk teman2 media konsumen yang sudah membantu saya menerbitkan keluhan saya ini. terima kasih juga untuk semua yang sudah komentar dan memberikan ilmu dan masukkan perihal keluhan saya ini.

      Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan.

      Best Regard,
      Moeziono

      2
      2
  • 20 Maret 2022 - (18:38 WIB)
    Permalink

    seharusnya dlm 1x pembayaran saja. jd bank ga ada alasan untuk posting di tanggal berbeda. Bank selalu beralasan “tanggal posting”.

    untuk saat ini sistem perbankan tidak mengenal tanggal merah atau hari libur. Bahkan 31 Desember pun tidak lagi ada istilah “tutup buku”

    Semoga perjuangannya berhasil.

    3
    1
    • 20 Maret 2022 - (21:57 WIB)
      Permalink

      Nampaknya ada kelemahan sistem danamon yang hanya bisa menerima pembayaran CC 1x per hari sehingga pembayaran kedua tidak dihitung

      • 24 Maret 2022 - (05:12 WIB)
        Permalink

        Itu pembayarannya sudah bukan jam kerja dan hari libur pula. Pembayaran kartu kredit gak real time kayak sistem transfer. Pihak bank perlu memeriksa pembayaran untuk kemudian masuk ke pembukuan. Jadi bisa jadi itu pembayarannya sudah masuk pembukuan keesokan harinya. Kalau pengguna kartu kredit sudah pasti paham pembayaran gak boleh tepat pas tanggal jatuh tempo. Padahal ada rentang 14 hingga 15 hari sejak tanggal cetak. Waktu itulah yang diberikan bank sebagai tempo pelunasan.

  • 21 Maret 2022 - (00:48 WIB)
    Permalink

    Jadi pelajaran kalau bayar tagihan jgn mepet2 jatuh tempo apalagi pas hari libur, karena bank libur tidak ada yang bekerja, namanya orang kerja bank senaunya. Seingatnya saja masukin dana tranferan kita. Dan itu tidak mau tahu.

    2
    1
    • 21 Maret 2022 - (07:39 WIB)
      Permalink

      Semua bank juga begitu. Kalau pembayaran lebih dari jam 6 sore, maka akan terhitung tanggal berikutnya tapi itu bisa pengajuan penghapusan. Standard Chartered Bank bisa penghapusan. Kalau Danamon saya tidak tahu. Jadi disini masalahnya bukan 2x kali pembayaran tapi sudah melewati jam 6 sore. Sebaiknya ajukan penghapusan.

  • 21 Maret 2022 - (07:21 WIB)
    Permalink

    Tidak hanya Danamon, semua bank sistemnya sama, untuk pembayaran KK perlu 2-5 hari untuk update (masuk pembayaran) di sistem (bukan tanggal transaksi pembayaran).
    Contohnya saya bayar KK Bank A dari rekening Tabungan Bank A, update nya 2 hari.
    Kemudian bayar KK Bank C dari rekening tabungan bank A, update nya 4-5 hari. Makanya saya selalu bayar 1 minggu sebelum tanggal jatuh tempo tagihan.
    Kalau Anda bayar di tanggal jatuh tempo tagihan sama aja bunuh diri.
    Di Era Digital sekarang masih aja alasan hari libur. Mobile banking kan gak kenal hari libur.
    Saya malah seringnya bayar tagihan KK full payment di hari libur, yang jumlahnya pun puluhan juta, memakai mobile banking.
    Ikhlaskan aja beban bunga yang timbul karena ketidapahaman. Hitung2 untuk biaya pembelajaran ke depannya.

    1
    3
  • 21 Maret 2022 - (11:29 WIB)
    Permalink

    Minta hapus denda harus nya bisa. Kedepannya jgn bayar pas tgl jatuh tempo. Apalagi hari libur. Ada baiknya jeda waktu 2-3 hari kerja sudah harus dibayar.

    2
    1
  • 21 Maret 2022 - (11:38 WIB)
    Permalink

    Dear Bank Danamon,

    Saya ucapkan Terima Kasih banyak Untuk Bank Danamon atas responnya, yang hari ini sudah menghubungi saya dimana Staff Bank Danamon menginfokan untuk biaya bunganya akan dihapuskan dan akan direfund pada billing tagihan bulan berikutnya. Saya percaya atas komitmen Bank Danamon yang terus melayani para nasabah setia Bank Danamon.

    Dan terima kasih untuk teman2 media konsumen yang sudah membantu saya menerbitkan keluhan saya ini. terima kasih juga untuk semua yang sudah komentar dan memberikan ilmu dan masukkan atas keluhan saya ini.

    Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan.

    Best Regard,
    Moeziono

    1
    2
  • 21 Maret 2022 - (11:53 WIB)
    Permalink

    Sekedar berbagi pengalaman, kalau Jenius BTPN bayar tagihan apa saja lewat smartphone kita akan langsung masuk detik itu juga. Saya mantan pegawai bank lain, tapi pengguna setia Jenius sdh 2 tahunan (iseng2 buka rekening Jenius wkt jalan2 ke mall) krn bayar tagihan dan trsf ke rekening bank lain cusss lgs masuk (bukan promosi, sekedar berbagi)

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit Bank Danamon?

Ada 16 komentar sampai saat ini..

Bayar Tepat Waktu Tagihan Kartu Kredit Bank Danamon, tapi Dikenakan Bu…

oleh MOEZIONO KADUARJO dibaca dalam: 1 menit
16