Penarikan Saldo Lalamove yang Tidak Jelas

Sedikit mau komentar semoga saja pihak Lalamove baca. Saya bekerja sebagai driver Lalamove. Pada tanggal 11 Maret 2022, saya menarik dana saldo saya ke rekening BCA. Sementara di aplikasi Lalamove sendiri, hanya ada CIMB Niaga, bukan BCA. Jadi nomor rekening saya di aplikasi BCA, tapi banknya CIMB.

Saya menarik dengan nominal Rp300rb dan di aplikasi tertulis statusnya berhasil. Saat saya lihat saldo di rekening BCA saya, ternyata dana tidak masuk. Saya coba tanyakan kepada pihak Lalamove melalui chat, karena katanya memang hanya ada layanan chat, tidak ada telepon atau email.

Setelah saya tanyakan mengenai transaksi saya, pihak Lalamove mengatakan dalam waktu 10 hari dana akan kembali ke saldo saya di aplikasi Lalamove karena nomor rekening dan nama tidak sama (anehnya kok transaksi berhasil ya?). Namun setelah dari tanggal 11 (penarikan saya) sampai tanggal 23 Maret 2022 ini, saldo saya tidak berubah dan dana belum juga kembali ke saldo.

Saya tanyakan lagi melalui layanan chat dan kembali pihak Lalamove menyuruh saya menunggu. Oke saya tunggu. Tanggal 21 Maret 2022, saya ada lagi penarikan dana sebesar Rp50 ribu. Tanggal 22 saya lihat di aplikasi tertulis berhasil. Langsung saya cek rekening BCA saya (untuk yang kali ini nama bank dan nomor rekening sama, yaitu BCA), tapi hasilnya duit juga gak ada di rekening BCA saya.

Saya kembali tanyakan ke pihak Lalamove melalui layanan chat seperti yang sudah-sudah dan dijawab dana baru akan masuk nanti pukul 21 malam, mohon ditunggu. Ok saya tunggu. Namun pukul 22 saya cek lagi, tetap sama tidak ada dana masuk. Pertanyaan saya:

  1. Penarikan dana akan diproses 1 hari setelah pengajuan dan akan ditransfer keesokan harinya. Kenyataannya saya tarik dana tanggal 21 Maret sampai tanggal 23 ini belum ada dana masuk. Hanya di aplikasi saja tertulis berhasil. Bagaimana ini Lalamove?
  2. Kok bisa ya di aplikasi ini tarik dana, sedangkan nama bank dan nomor rekening tidak sama dan transaksi berhasil. Halo Lalamove, bagaimana sistim aplikasimu yang carut marut. Bahaya nih aplikasi.
  3. Layanan chat yang Anda miliki sangat tidak membantu. Bahkan sepertinya meremehkan masalah yang dihadapi driver-nya. Kenapa? Karena saat saya sedang chat meminta penjelasan terhadap permasalahan saya, tiba-tiba saja layanan chat terputus, dengan kata-kata: “Jika sudah tidak ada lagi pertanyaan kami akan menutup layanan ini. Terima kasih”. Kurang ajar, saya lagi ngetik, permasalahan kok dianggap selesai? Saya tanyakan nomor telepon yang bisa dihubungi agar bisa beri penjelasan lebih, tetapi dikatakan hanya melalui layanan chat. Beginikah pihak Lalamove memperlakukan permasalahan dengan driver yang menanyakan haknya yang gak jelas ke mana itu larinya??

Semoga pihak Lalamove membaca ini dan menghubungi saya, menjawab pertanyaan saya mengenai sistem transfer yang nomor rekening tidak sesuai nama tapi bisa berhasil. Sedangkan duit tidak ada di rekening saya sampai 10 hari lebih dan layanan chat yang sangat-sangat mengecewakan.

Sekian terima kasih.

Bambang Sulistianto
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

8 komentar untuk “Penarikan Saldo Lalamove yang Tidak Jelas

  • 11 April 2023 - (12:28 WIB)
    Permalink

    saya Annisa sebagai customer LALAMOVE juga tidak dapat melakukan withdrawal dari e-wallet lalamove saya. alasannya belum tersedia fitur tersebut. saya cari regulasi terkait uang elektronik, ketemulah peraturan PBI Nomor 20/6/PBI/2018 tentang Uang Elektronik. disitu ada pasak 46 yang mengatur kewajiban penerbit uang elektronik salah atunya dalah menyediakan fitur withdrawal dan tidak menahan saldo customer atau mitra. saya sedang mengajukan konsultasi ke Bank Indonesia terkait pelanggaran ini oleh LALAMOVE saya juga berniat ke kantornya untuk mendapat solusi dan titik tengah apabila tidak mendapat solusi maka saya akan mengajukan pengaduan konsumen terkait uang elektronik ini kepada BI, OJK, dan YLKI. semoga usaha saya ini bisa membawa kabarg gembiran untuk saya dan customer lain maupun mitra lalamove lain yang sudah dirugikan.

    • 23 Oktober 2023 - (15:04 WIB)
      Permalink

      ka maaf apakh uangnya sudah ditransfer ke rek kaka? soalnya minggu lalu saya isi ewallet trs sy minta kembalikan dana karna susah cari drivernya ka. saya disuruh hapous akun dan sampapi sekarang gaada info apa2, sy wa cs nya gaada jawaban sy tlpn ga aktif rencana sy jg mau ke kantornya ka…

  • 11 April 2023 - (15:11 WIB)
    Permalink

    halo pak bambang, saya mau informasikan bahwa email saya sudah dibalas oleh CS Bank Indonesia. dan mereka memberi tahu bahwa LalaMove belum terdaftar sebagai penyelenggara PJP berizin di Bank Indonesia. akan saya follow up terus

  • 2 Juli 2023 - (07:31 WIB)
    Permalink

    Halo, saya jg kemarin top up saldo di wallet lalamove 300rb. Tetapi ketika saya ingin wd tdk ada pilihannya. Bagaimana ini?apa sudah ada yg bs utk wd?
    Trimakasih.

    • 10 Juli 2023 - (13:31 WIB)
      Permalink

      saya abis top up 550rb ,trus mau withdraw tidak ada pilihan penarikan dana.. ini lalamove sengaja mau nipu ya? nahan duit customer tidak bisa di tarik

  • 8 Agustus 2023 - (17:31 WIB)
    Permalink

    Wow .. saya hanya topup 50K saja .. padahal ada bukti kuat dari payment gateway dmana lalamove MOU .. mereka tetep gak akui. Aneh ya cara kerja dbelakang meja mereka. dan jawaban setiap CS mereka seperti sekongkol dan seenaknya spt makan “Gaji Buta”. Awal nya dkasih angin manis bakal masuk 1*24 jam .. lalu angin 30menit lagi dan akhir nya dicuekin dgn alasan kita yang hrs hubungi pihak bank. yg notabene itu topup dari aplikasi mereka sendiri. Masa kita yang hubungi bank .. ???

 Apa Komentar Anda mengenai Lalamove?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Penarikan Saldo Lalamove yang Tidak Jelas

oleh bambang dibaca dalam: 2 menit
8