Pasang Baru IndiHome, Belum Sehari Langsung Banyak Kendala dan Tidak Ada Tindak Lanjut dari IndiHome

Melalui surat ini, saya ingin mengungkapkan kekecewaan saya terhadap layanan IndiHome. Mulai dari pengajuan pasang baru hingga saat ini. Awalnya saya ingin memasang IndiHome untuk keperluan pekerjaan, yang membutuhkan koneksi stabil, sehingga saya memilih menggunakan IndiHome. Pada 25 Maret 2022, saya menghubungi salah satu sales IndiHome dan dibantu untuk pengajuan pemasangan.

Setelah berdiskusi dan memilih paket yang akan digunakan, saya mengisi data yang dibutuhkan dan diinformasikan akan dilakukan pemasangan dalam jangka waktu 3×24 jam setelah pengajuan, dengan biaya pemasangan Rp500.000 (belum termasuk PPN 10%) dan dibayarkan setelah pemasangan selesai. Setelah pengajuan, saya ditelepon pihak IndiHome untuk melakukan verifikasi data.

Pada saat closing, agen yang menelepon saya tersebut info bahwa biaya pasang sebesar Rp250.000 dan dibayarkan pada saat pemasangan telah selesai. Saya mengira bahwa saya mendapatkan diskon pemasangan baru, tapi ternyata agen tersebut memberikan info yang tidak sesuai. Saya cukup kecewa karena ada dua keterangan (dari pihak sales dan verifikator yang) berbeda.

Setelah proses verifikasi melalui telepon tersebut, saya diminta untuk mengisi kapan bisa dilakukan pemasangan. Pada saat itu saya minta untuk dilakukan pemasangan pagi hari agar bisa digunakan untuk bekerja. Seharusnya IndiHome saya dipasang dalam waktu 3×24 jam, sesuai dengan informasi sebelumnya. Namun dalam jangka waktu 3×24 jam teknisi tidak datang, sehingga saya harus follow up ke pihak sales agar dibantu untuk segera dilakukan pemasangan.

Pada 29 Maret 2022, sales menghubungi saya kembali untuk memastikan apakah teknisi sudah melakukan pemasangan atau belum. Pada saat itu teknisi belum datang, sehingga saya meminta bantuan kepada tim sales IndiHome untuk dilakukan follow up ke Team Leader teknisi agar bisa segera terpasang.

Akhirnya teknisi datang pada 30 Maret 2022 sore hari dan melakukan pemasangan, yang artinya pihak IndiHome sudah over deadline pemasangan. Seharusnya dilakukan pemasangan pada 28 Maret 2022, tapi baru dilakukan pemasangan pada 30 Maret 2022. Di sini, pelayanan IndiHome sudah mengecewakan, padahal belum menggunakan jasanya. Namun masih acceptable, karena hanya keterlambatan pemasangan.

Pada 30 Maret 2022 saat pemasangan dilakukan, teknisi info bahwa setelah pemasangan, koneksi akan dapat digunakan beberapa saat dan akan dimatikan sampai muncul tagihan. Benar saja, setelah pemasangan saya dapat menggunakan koneksi dengan baik dan cukup stabil dengan ping hanya 5 ms dan kecepatan mendekati 30 Mbps. Namun pada malam hari, koneksi terputus. Kemungkinan karena belum melakukan pembayaran pemasangan (PSB).

Setelah ditunggu 1×24 jam, tagihan tidak muncul dan saya harus telepon ke 147 dan menghabiskan pulsa Rp35.000. Namun saya belum mendapat solusi, karena hanya diminta menunggu. Kemudian muncul tagihan pada 31 Maret 2022 dan saya melakukan pembayaran tagihan tersebut.

Tagihan Indihome Lunas

Pada 31 Maret 2022, saya mendapatkan email dan konfirmasi melalui WhatsApp bahwa status pembayaran PSB sebesar Rp550.000 sudah diterima dan koneksi dapat digunakan. Saya menunggu 1 jam setelah pemberitahuan tersebut, kemudian melakukan restart modem, tapi masih belum dapat digunakan.

Saya langsung menghubungi customer service IndiHome via twitter @IndiHomeCare. Pertama saya terhubung dengan CS dengan nickname Chila dan menginformasikan bahwa internet yang tersambung terdapat indikasi down dan saya diminta untuk memastikan kembali kabel Patch Cord (kabel berwarna kuning/hitam dengan ujung berwarna biru) terpasang dengan benar, kemudian coba koneksikan kembali. Sebagai informasi, saya tidak pernah menyentuh modem beserta kabel sama sekali, sehingga indikasi tersebut sangat tidak masuk akal. Namun saya tetap mengikuti instruksi pihak IndiHome. Namun tetap saja kendala tetap terjadi.

Setelah mengikuti instruksi, saya melakukan pelaporan kembali ke pihak IndiHome melalui Twitter, dengan nomor pelaporan: IN135210547. Estimasi perbaikan 3×24 jam atau akan selesai pada 3 April 2022 pukul 17.00 WIB. Ya, waktu yang cukup lama dan ini sangat mengecewakan karena dari proses awal sudah cukup membuat kecewa, tapi masih dapat diterima. Namun kali ini saya sudah habis kesabaran, karena berulang kali saya harus menghubungi IndiHome, kemudian baru dibantu follow up.

Setiap jam saya melakukan follow up dan push ke pihak Indihome, tapi jawaban yang diberi hanya diminta untuk menunggu. Karena saya tahu yang menjawab adalah agen dan tidak memiliki empowerment, maka saya meminta pihak Supervisor CS agar dapat menghubungi saya agar dapat saya jelaskan kendala secara detail secara langsung dan dapat dibantu follow up ke pihak Telkom secara langsung. Karena saya paham agent atau CS yang menangani saya bukan dari pihak Telkom, tapi dari pihak outsourcing.

Tuntutan saya untuk dihubungi Supervisor atau Team Leader sama sekali tidak diindahkan. Kemudian dari CS sempat meng-iya-kan saya saat saya minta dihubungi oleh Team Leader. Namun hingga detik ini, tidak ada satu pun dari pihak CS IndiHome yang menghubungi saya. Saya menulis artikel ini pada 3 April 2022 pukul 17.10, dimana itu sudah melebihi batas waktu penanganan.

Hingga batas waktu tersebut, saya meminta penjelasan IndiHome. Namun jawabannya hanya menunggu. Tidak ada satu pun pihak dari IndiHome yang maintenance atau memberikan update kepada saya. Saya sangat kecewa dengan Indihome. Mulai dari awal hingga saat ini pelayanan sangat buruk dan sama sekali tidak membantu.

Rahmad Novi Dwi Pradana
Kabupaten Sleman, D.I. Yogyakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Telkom IndiHome:
[Total:102    Rata-Rata: 1.8/5]
Tanggapan PT. Telkom atas surat Bapak Rahmad Novi

Kepada Yth. Redaksi mediakonsumen.com Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah menayangkan surat pembaca Bapak Rahmad Novi Dwi Pradana pada tanggal...
Baca Selengkapnya

20 komentar untuk “Pasang Baru IndiHome, Belum Sehari Langsung Banyak Kendala dan Tidak Ada Tindak Lanjut dari IndiHome

  • 5 April 2022 - (17:43 WIB)
    Permalink

    Sleman seabreg ISP fiber optik masih terayu bualan gombal indi?
    Pertimbangannya apa bisa memilih indi daripada isp yang lain?

    • 6 April 2022 - (12:26 WIB)
      Permalink

      Sebelumnya sudah menghubungi ISP, tapi layanan yg microfiber belum sampai di wilayah saya jadi “terpakasa”pakai yang tersedia

      • 7 April 2022 - (06:47 WIB)
        Permalink

        berarti itu ada ke keliruan seles kayanya saat input data . dsna ada pilihan non discon dan discon 50% saat pemasangan awal

  • 5 April 2022 - (22:53 WIB)
    Permalink

    Asli pak, di sleman seabreg ISP. Saya lihat di map ISP sleman ada Citranet, Indointernet, Jogjaringan, Centrin, T2Net, StarNet, U-Net, BizNet, UIINet, BIPNet, FoxLine, Relabs, dll.
    Wahhh ini sepertinya kemakan sales indi. Wah mimpi buruk, pak.. 😣

    • 10 April 2022 - (08:03 WIB)
      Permalink

      Lhah… Apa baru tau klo indihome itu jauh dr ekspektasi? Klo ada yg lainnya pake yg lainnya sj.

  • 6 April 2022 - (04:30 WIB)
    Permalink

    Keluhan indihome disini sangat banyak, tp kalau saya lihat, rata2 yg bermasalah yg pasang indihome melalui sales. Saya dulu dulu pasang datang langsung ke plasa telkom, cek langsung teknisi, konfirmasi ada slot, langsung pasang, tidak smp 3 jam selesai dan juga tidak dipalak. Dan waktu tidak ada namanya uang jaminan dll. Dan smp saat ini tidak ada masalah yg berarti.

    • 6 April 2022 - (12:28 WIB)
      Permalink

      Wah thank you sharingnya Pak. Semooga bisa jadi pertimbangan calon user lainnya.

    • 12 April 2022 - (09:48 WIB)
      Permalink

      Betul sepertinya begitu, saya pasang online melalui website indihome, malam saya registrasi siangnya sudah dipasang, tagihan PSB diskon 50%, dan tagihan langsung muncul begitu selesai pemasangan, setelah pembayaran pemakaian langsung lancar..

  • 6 April 2022 - (16:05 WIB)
    Permalink

    Kalau pasang di bulan maret, masih dapat diskon. Tuntut aja, saya juga gtu. Dikenakan 500 biaya pasang belum PPN 10%, adu mulut donk dengan petugas 147 dan direvisi. Soal teknisi pasang di bulan april, itu bukan kesalahan saya, intinya saya pengajuan tanggal 20 maret 2022 dan promo pasang baru untuk biaya pasang masih berlaku. Ngotot trus saya di plaza telkom, dan di revisi la itu tagihan pasang baru.

    Setelah pasang, di kasi router ZTE, yg tidak stabil signal wifinya. Saya komplain minta ganti router huawei masalah kelar, muncul lagi masalah internet putus2 dan harus tiap hari refresh jaringan. Akhirnya saya komplain trus, ngamuk2 ama 147, sampai teknisi yang masang bilang jgn lapor ke 147 karna masi garansi slama 2 bulan. Gak peduli saya, lapor trus ke 147, akhirnya internet kami lancar jaya.

    Intinya ketika paket internet dan telepon, kualitas internet nya kacau balau. Begitu pindah paket ke 3P, mulai mendingan kualitas internet nya.

    Bahkan diawal pemasangan kami minta internet only, yang di pasang internet dan telepon. Itupun teknisi yang masang gak infokan bahwa yg di pasang bukan internet only, melainkan internet dan telepon, untung aja saya kroscek ke 147 jadi tau yg sebenarnya. sayangkan dibayar paket 2P bonus telepon tdk digunakan, itulah jahatnya teknisi yang datang masang instalasi wifi kamu saat itu.

  • 6 April 2022 - (17:53 WIB)
    Permalink

    Indhm kl di kota jgj udah ga terlalu laku, kalah sama lifemdia, dll, udah harganya setengah dr indhm tp g pernah eror, bahkan di gunakan oleh pemkot untuk internet free wifi kampung” Bagian kota

  • 7 April 2022 - (00:33 WIB)
    Permalink

    Daripada terjadi kaya gini lg, yg mau pasang mending langsung dtg ke telkom dan minta kepastian. Percuma komplain lewat cs or sales/agen, buang2 uang dan waktu. Mending lgsg marah2 ke telkom biar sekalian pimpinannya tau

  • 7 April 2022 - (10:48 WIB)
    Permalink

    mau gimana lagi ibarat makanan cuma ada singkong (IndiHome) ywdh makan aja singkongnya dr pd maksa beli nasi padang ( paket data ) tekor,, setau saya sih jika ada kendala hubungi cs dan minta no tiket gangguan keluar yg depannya IN, itu katanya wajib di close apa lg masih pasang baru, ada denda buat teknisi katanya kalau g di close, abis kluar tiket tunggu aja yg sabar karena pengguna IndiHome lebih bnyk dr isp2 baru jd butuh waktu buat memproses.. harus di analisa dulu perlu di datengin atau bisa dr pusat, kalau kasusnya gangguan masal contoh kabel utamanya putus kena galian pertamina atau ketimpa pohon nah itu bisa lebih lama lagi nyambungnya, pokoknya sabar aja pasti ditanganin

    • 7 April 2022 - (17:17 WIB)
      Permalink

      Saya pakai indihome sejak pertamakali diluncurkan sampai saat ini baik2 aja , kalau terkadang down ya wajar blm tentu dalam 3 bulan down, mau pakai operator apapun pasti juga ada down. Yg penting sabar dan kalau trouble ya dilaporkan tidak perlu marah2 … kabel optic saya pernah putus kena layang layang… saya laporkan lewat chat indi pagi hari , siangnya sudah ada tehnisi dan kabel fiber diganti, intinya kita harus lebih sabar dan tidak dikurangi marah2nya… coba kalau complain pakai nada yg tenag dan santai..

      • 10 April 2022 - (09:35 WIB)
        Permalink

        Sama pak saya jg pake indi masih mesra2 aja.komplain jg lgsg di garap.tp mgkn beda daerah beda lg sih.

  • 9 April 2022 - (10:49 WIB)
    Permalink

    Jika tidak dapat mengatasi masalah pelanggan dengan responsif maka akan ditinggalkan pelanggan…media konsumen memang wadah yg tepat untuk curhat permasalahan pelanggan….
    Saya sungguh sangat mengapresiasi ada wadah seperti ini……#media konsumen is the best#

  • 10 April 2022 - (14:09 WIB)
    Permalink

    Kok kayanya sering denger bermasalah yg pakai provider ya…mending pakai reuter GSM aja yg ada slot kartu GSMnya….jadi bisa tentukan sendiri kartu apa yg sinyalnya bagus dan mau berapa kuotanya…sy dipakai 4 orang….300rb udah puas banget yutupan ga abis2….modal awal paling reuter GSM 500-600ribuan…tp jadi milik sendiri

 Apa Komentar Anda mengenai Telkom IndiHome?

Ada 20 komentar sampai saat ini..

Pasang Baru IndiHome, Belum Sehari Langsung Banyak Kendala dan Tidak A…

oleh Rahmad Novi dibaca dalam: 3 menit
20