Kakunya Matahari.com dalam Menangani Keluhan

Saya membeli 9 item (nomor pesanan : 000827851) dari situs Matahari.com, yang merupakan toko online-nya Matahari Dept. Store, yang sangat terkenal sebagai tempat belanja pakaian yang terpercaya.
Pesanan tertanggal 2 April 2022 dan saya terima 7 April 2022.

Kemudian  saya unboxing, seperti biasa cek merk, size, warna, jumlah dan setelah semua sesuai dengan pesanan, saya merasa tidak perlu menyimpan file unboxing-nya lagi. Memang tidak dilakukan penelitian secara centimeter per centimeter item, karena saya yakin sudah disortir ketat pihak Matahari.

Setelah saya cuci dan setrika, baru saya temukan 1 barang cacat (Men’s Top Baju Koko Droids), yaitu ada lubang kancing di bagian belakang baju. Ya, lubang kancing di bagian punggung. Pihak Matahari menyatakan tidak bisa menerima komplain karena tidak disertai unboxing atas item yang cacat itu.

Ok, kalau itu kebijakannya Matahari, tetapi saya jadi berpikir bahwa Matahari tidak melakukan pengecekan barang yang dikirim. Jadi saya sarankan untuk jauh lebih hati-hati dan pikir ulang lagi untuk beli di Matahari.com.

Chrisno Masudi
Pekanbaru, Riau

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Matahari.com atas surat pembaca Bapak Chrisno Masudi

Dengan Hormat, Menanggapi keluhan Bapak Chrisno Masudi pada Media konsumen tanggal 12 April 2022 dengan judul “Kakunya Matahari.com dalam Menangani...
Baca Selengkapnya

11 komentar untuk “Kakunya Matahari.com dalam Menangani Keluhan

  • 12 April 2022 - (11:33 WIB)
    Permalink

    lubang kancing di punggung itu fitur, anda menggendong anak anda pakai baju itu, kancing baju anak anda kancingkan di lubang tersebut

    sehingga anak anda kalau jatuh dari gendongan akan tertahan

    2
    12
  • 12 April 2022 - (15:53 WIB)
    Permalink

    Jk mau blnja, chatt ke Pihak matahari utk ngecek psann spy tdk dpt barg rijek. Biasanya barg2 rijek diksh discount bsr spy cpat laku.
    Jk tdk mau barg rijek, hrs datg ke Dep Store Matahari spy puas pilih pakaian.
    Jk Qt blnja Online & ada pakaian rijek, pihak Online Matahari banyak alasn jk di komplain. Bsk2 jgn blnja Online lg dr Matahari.
    Resiko blnja Online ada yg dpt barg2 rijek.

  • 12 April 2022 - (17:12 WIB)
    Permalink

    Ikhlaskan saja pak kalau memang benar pihak Matahari tidak mau mengganti, saya yakin kerugian mereka lebih besar dengan hilangnya kepercayaan konsumen kepada mereka.
    Video unboxing juga buat apa kalau pakaian? Apa tidak bisa dilihat itu item yang sama dari yang dibeli ?
    Dulu pengalaman saya di Zalora, dapat barang cacat, sepatu dekorasi mengelupas. Mereka cuma minta foto saja. Minta maaf trus dikirim barang baru dengan sepatu yang cacat TETAP saya simpan. Mereka ga mau retur barang cacat. Itu 5-6 tahun yang lalu sih.

    4
    2
    • 13 April 2022 - (13:33 WIB)
      Permalink

      Iya pak udah nyangka gak bakal diganti, cuman kesel ama ketidakberanian mereka mengakui tidak mengecek pakain yg dikirim dan cara ngelesssnya jelek banget.

  • 12 April 2022 - (20:55 WIB)
    Permalink

    Jangankan belanja online Matahari.com, belanja langsung aja itu Matahari mall udah mau kukut. Lebih baik datang langsung aja kalo belanja baju, bisa coba sendiri.

  • 13 April 2022 - (16:27 WIB)
    Permalink

    Perlindungan konsumen hrs ditingkatkan, seperti pada kasus ini terlihat sepertinya cacat produk, harusnya diganti. Kadang memang ada konsumen yg culas, tapi penjual harus punya pendekatan yg bisa diterima, itulah tantangan menjadi penjual yg bisa dipercaya.

  • 13 April 2022 - (17:19 WIB)
    Permalink

    Belanja dimana pun, walaupun udh lewat bnyk QC, tetap aja ada kemungkinan Human error.. Penjual olshop mutlak berhak menolak claim kalau gk ada video unboxing

  • 19 April 2022 - (15:11 WIB)
    Permalink

    Tapi susah juga ya kalau barangnya udah di cuci dan disetrika baru keliatan cacatnya. Dari sisi penjual buktiinnya susah kalau itu bukan karena kesalahan cuci atau setrika dari si pembeli. Beli di toko langsung juga, kalau tag udah lepas dan sudah dicuci, barang tidak bisa ditukar lagi. Emang kalau belanja online, kita sebagai pembeli juga harus lebih teliti sebelum tagnya kita cabut dan barang itu kita cuci atau pakai.

 Apa Komentar Anda mengenai Matahari.com?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

Kakunya Matahari.com dalam Menangani Keluhan

oleh Chrisno Masudi dibaca dalam: 1 menit
11