Kecewa dengan IndiHome yang Mempersulit PDA (Perpindahan Alamat)

Halo selamat pagi/siang/sore/malam semua.

Melalui surat pembaca ini saya ingin menyampaikan kekecewaan saya terhadap IndiHome, Sekitar awal bulan April 2022 saya mengajukan perpindahan alamat (PDA) karena baru serah terima rumah. Sebelumnya saya tinggal ngontrak di cluster dekat rumah saya, sekalian untuk memantau pembangunan. Di sana sudah terpasang IndiHome dari bulan April 2021, pas 1 tahun saya menggunakan Indihome, sebelum akhirnya pindah. Namun saya sangat kecewa atas proses PDA ini yang memakan waktu hampir 1 minggu tanpa ada progress sama sekali, alias 0 progress.

Sebelumnya saya chat teknisi yang bertanggung jawab mengurusi jaringan IndiHome di Citra Maja Raya 2. Saya bertanya berapa biaya pindah alamat? Si teknisi menjelaskan biaya pindah alamat PDA itu sebesar Rp250.000 (+PPN 11%) dan biaya kabel. Total panjang kabel dari ODP ke rumah saya sekitar 250 meter dan biaya kabel fiber optiknya sebesar Rp3.000/meter, kalau ditotal Rp750.000. Jika ditotal dengan biaya PDA itu sekitar Rp1 juta lebih (termasuk PPN).

Dari penjelasan chat tersebut tidak langsung saya balas, karena menurut saya itu tidak masuk akal. Pasang baru saja dengan biaya Rp500.000 sudah include kabel, uang deposit, dan biaya instalasi awal, Hmmmm aneh bukan?

Kemudian saya konfirmasi melalui Twitter di @IndihomeCare. Semua CS bilang hanya ada biaya PDA sebesar Rp250.000 (+PPN 11%). Saya coba konfirmasi ke teknisi. Teknisi menjelaskan bahwa yang membangun infrastruktur di CMR itu bukan dari pihak Telkom tetapi dari pihak CMR. Kalau memang Telkom dan CMR bekerja sama, seharusnya ada kejelasan terkait hal sepele seperti ini. Namun kalau tidak ada kerja sama, itu yang patut dipertanyakan.

Kemudian dari penjelasan teknisi saya konfirmasi lagi melalui DM Twitter terkait kerja sama atau semacamnya. Di sana masih saja si CS menjelaskan dengan template jawaban yang sudah disediakan, sama seperti sebelumnya.

Proses PDA Indihome dipersulit dan memakan waktu lama
Proses PDA Indihome dipersulit dan memakan waktu lama, sangat buruk pelayanannya tidak menyelesaikan masalah

Keesokan harinya, karena saya sudah begitu kesal dan capek ngurusin hal ini, saya jelaskan lagi ke teknisinya. Lalu teknisinya menyuruh saya beli kabel fiber optik sendiri nanti dipasangin. Well gak seharusnya dia bilang begitu menurut saya. Ini sama saja ibaratkan orang buka jasa potong rambut, tapi alat potongnya bawa sendiri dari rumah. :)) Lucu ya.

Saya bolak-balik debat sama CS via DM, dan CS IndiHome masih dengan jawaban template-nya. Itu bikin saya makin kesal, karena tidak menyelesaikan masalah. Yang saya inginkan itu mediasi telepon bertiga, biar jelas semuanya, dari pihak IndiHome, pihak teknisi dan saya! Karena teknisi tidak akan melakukan penarikan kabel jika belum ditransfer. Masih mending kalau nomor rekeningnya atas nama PT, ini atas nama pribadi, ya jelas saya tidak mau lah. Saya capek bolak-balik mengeluh via DM Twitter sama sekali tidak menyelesaikan masalah.

Jadi tolong batalkan saja proses PDA saya. Saya tidak mau menggunakan IndiHome lagi, sudah kecewa sangat dalam, 1 minggu tidak ada progress, cuma debat kusir saja. Nomor internet : 122434254277.

Yulius Ardhian Febriyanto
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Telkom IndiHome:
[Total:68    Rata-Rata: 2/5]
Konfirmasi dari Telkom terkait Pemberitaan “Kecewa dengan IndiHome yang Mempersulit PDA (Perpindahan Alamat)”

Kepada Yth. Redaksi mediakonsumen.com, Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah menayangkan surat keluhan pembaca Bapak Yulius pada tanggal 13 April...
Baca Selengkapnya

8 komentar untuk “Kecewa dengan IndiHome yang Mempersulit PDA (Perpindahan Alamat)

  • 13 April 2022 - (10:35 WIB)
    Permalink

    Terimakasih sudah diterbitkan, Saya update :

    Akhirnya ada teknisi yang datang kemudian memasang (Bukan Teknisi yang minta biaya kabel). Tak lama kemudian datanglah teknisi satu lagi(Yang minta biaya kabel). Setelah selesai proses pemasangan orang tua saya memberikan uang sebesar Rp. 350.000, Karena sebelumnya orang tua saya chat via WhatsApp kepada teknisi yang(Minta biaya kabel) Pada chat WhatsApp tersebut teknisi minta di transfer ke rekening BCA A/N Pribadi, Saya serahkan urusan ini ke orang tua saya karena saya sudah capek ngurusnya. Tapi mungkin karena orang tua saya mengerti keadaannya karena beberapa minggu lagi akan lebaran mungkin si teknisi perlu uang tambahan dan orang tua saya juga ikhlas ngasihnya… Ya walaupun dari saya pribadi setengah ikhlas karena dari Telkom saja bilang tidak ada biaya tambahan tapi daripada Rp. 750.000 mending Rp. 350.000 karena masih dalam range wajar menurut saya… Ya sudahlah jadinya saya ikutan ikhlas.

    Saya berharap untuk kejadian seperti ini kedepannya akan lebih baik sebelum melakukan aktifitas pemasangan baik itu pasang baru atau pemasangan karena pindah ada konfirmasi atau group call antara customer, teknisi, dan dari pihak Indihome untuk menghindari hal-hal seperti ini. Jadi dibuatkan group WhatsApp berisi 3 orang ini lalu pihak CS langsung bilang semua ketentuan, biaya, dll. Supaya tidak ada ” biaya lain”. Kalau dari pihak user/customer mau memberikan diluar ini ya gapapa itu mungkin sebagai tanda terima kasih tapi kan tidak semua customer sama.

    • 13 April 2022 - (16:24 WIB)
      Permalink

      seingat saya Telkom selalu mengingatkan tidak boleh ada transaksi pribadi antara petugas telkom dengan konsumen, semua biaya harus bayar di tagihan resmi atau di plasa telkom.
      Kalau saya dulu pasang baru, teknisi bilang kabelnya kurang jadi harus menambah biaya, saya jawab ok tapi masukkan ke tagihan bulanan (sesuai instruksi CS plasa telkom). Sebenarnya teknisi minta tunai tapi saya tidak mau, saya bilang akan saya laporkan ke plasa, akhirnya tetap diapsang tanpa ada biaya tambahan apapun.
      Beda dengan teknisi ketika ada gangguan, saya beri uang lelah pun selalu ditolak, mereka bilang ini sudah tugasnya.
      Kesimpulan saya teknisi bagian pasang baru dan teknisi gangguan dari grup yang berbeda dengan pola pikir yang berbeda. Prinsip saya jika ada teknisi yang tidak minta malah saya kasih, kalau terang2an minta akan saya laporkan jika memang pungli.

      • 13 April 2022 - (16:40 WIB)
        Permalink

        Nah prinsip saya juga seperti itu makanya saya debat sana sini gak ada titik temu sampai akhirnya sudah capek ngurusnya, Saya juga tidak mau membayar kok, Yang jadi masalah adalah kalau belum transfer itu tidak segera di pasang, itu yang jadi masalah… Ya jelas saya tidak mau membayar KECUALI ke Rekening Atas Nama PT., dan kalau memang dari teknisinya tidak bilang apa-apa diawal pasti akan saya kasih uang lelah. Tetapi saya orang tua saya tetap dikasih. Jadi ya sudahlah menurut saya ikhlaskan saja.

        • 15 April 2022 - (10:29 WIB)
          Permalink

          Saya juga ada keluhan terkait langganan yg ingin saya tutup karena rumah sdh tidak ditinggali,. Sesuai ketentuan saya diminta ke plaza telkom, bisa gak kalah saya ajukan via aplikasi plaz telkom di android.. Karena sampai saat ini tagihan masib terus jalan,.. Saran saya, apabila daftar bisa online, maka tutup juga bisa online,.. Yg penting kedua pihak tidak dirugikan. Kalau saat ini, selama saya tidak menuju plaza telkom, tagihan terus jalan,.. Mohon disesuaikan kebijakan dengan kondisi teknologi sekarang.

  • 13 April 2022 - (16:41 WIB)
    Permalink

    *Tetapi karena orang tua saya tetap dikasih. Jadi ya sudahlah menurut saya ikhlaskan saja.

    • 15 April 2022 - (04:14 WIB)
      Permalink

      Wah,Telkom makin nglunjak nih, jadi merasa seolah paling dibutuhkan,apakah mereka tutup mata dengan banyaknya provider baru ? Kbtulan saya tinggal diBalikpapan dan baru pasang indihome karena pindah gedung (hanya beda blok) dan sebelumnya pakai indihome Corporate (lebih mahal), sempat kaget dengan aturan baru yg mewajibkan pelanggan membayar biaya pendaftaran 250rb (dari 500rb normalnya), dari postingan ini saya ada gambaran bagaimana Telkom tidak berubah dalam memberikan pelayanan pasca pemasangan internetnya meskipun selama ini banyak keluhan pelanggan🤦🏻🤔 jadi tau klau utk PDA dikenakan biaya tambahan🤔

  • 15 April 2022 - (04:21 WIB)
    Permalink

    Sangat merugikan pelanggan dihampir seluruh layanan servis, dari laporan kerusakan,pasang baru (aturan baru),berhenti langganan yg dipersulit dan harus bayar tagihan meski sudah tidak menggunakan indihome (diluar tagihan pemakaian bulan berjalan) 🤦🏻
    Mohon tanggapannya dari PT.Telkom Indonesia🙏🏻

  • 15 April 2022 - (11:36 WIB)
    Permalink

    Halo selamat siang saya mau klarifikasi kemarin dari pihak Telkom datang ke rumah untuk mediasi bertemu oleh orang tua saya, dan masalah sudah selesai uang yang sebelumnya diberikan sudah dikembalikan padahal kita sudah ikhlas tapi dari pihak Telkom tetap ingin mengembalikan karena sesuai prosedur mereka.

    Terimakasih Telkom semoga saran saya diatas kedepannya bisa menjadi SOP Telkom untuk kenyamanan customer.

    Case closed.

 Apa Komentar Anda mengenai Telkom IndiHome?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan IndiHome yang Mempersulit PDA (Perpindahan Alamat)

oleh Yulius dibaca dalam: 2 menit
8