Tanggapan PermataBank atas Surat Ibu Irani Utamy

Berkenaan dengan Surat Pembaca yang ditulis oleh Ibu Irani Utamy, berjudul “Penyalahgunaan Data Pribadi di Aplikasi Pinjol Cairin, OJK Sebagai...
Baca Selengkapnya

49 komentar untuk “Penyalahgunaan Data Pribadi di Aplikasi Pinjol Cairin, OJK Sebagai Pengawas Tidak Memberikan Solusi

    • 22 April 2022 - (14:52 WIB)
      Permalink

      Ternyata didalam banyak malingnya kalau nggak ada kerjasama di pinjol nggak mungkin semudah data datanya didapat apalagi anda pernah mengajukan pinjaman datanya sudah ada didalam

    • 24 April 2022 - (05:13 WIB)
      Permalink

      OJK oh OJK?… males gue mbahasnya 😓
      Suatu saat juga akan di koreksi kinerjanya
      Keep silent please, let’s pray!

  • 21 April 2022 - (14:59 WIB)
    Permalink

    “Bank Permata menyatakan bahwa ada 3 nomor rekening yang dibuka atas nama saya, dan saya sudah urus untuk menutup rekening-rekening tersebut.”

    itu maksudnya gimana gan ?? ada oknum yg membuka rekening atas nama agan tanpa ijin agan ?

    Saran saya jangan sekali-kali install aplikasi sejenis pinjol entah untuk android ataupun apple, apalagi kasih ijin / permission untuk meng akses kontak dan media/storage.
    Bahkan kalo perlu app2 yg dianggap ga perlu akses kontak dan media di hapus permissionnya.

    12
    1
    • 21 April 2022 - (21:27 WIB)
      Permalink

      Iya betul, mereka membuka rekening atas nama saya tanpa izin dan sepengetahuan saya, di sinilah saya merasa penipuan dan pembobolan data.

      7
      1
      • 22 April 2022 - (10:50 WIB)
        Permalink

        kalo saya beda kasusnya.. saya ditagih dengan tagihan yg tidak pernah saya punya di applikasi ini dalam bulan ini saya sudah 2x di wa dengan nada ancaman untuk melunasi tagihan. tapi anehnya wa tagihan tidak mencantumkan data diri saya dan besaran tagihan nya. saat saya balas menanyakan data nasabahnya siapa mrk gak pernah membalas saya coba telpon ke no yg menangih tidak pernah dijawab.

      • 22 April 2022 - (21:53 WIB)
        Permalink

        Apa betul sampe buka rekening atas nama anda?, kalo memang benar klaim anda ini masalahnya bukan cuma di pinjol tapi juga bank bank yg anda sebut, bisa lolosin pendaftaran palsu. Buka rekening bank offline pake data palsu tanpa ktp asli hampir tidak mungkin, online juga sangat ketat harus ada foto dan video klaim daftar.. Dan kalo cuma di telpon dc itu banyak penipuan, selama anda ga di ancam sampe di samperin ke rumah itu masih sepele.. Install aplikasi getcontact, nyalakan fitur anti spam nya bisa mengurangi telpon2 dari nomor bermasalah

        11
        • 22 April 2022 - (23:27 WIB)
          Permalink

          Benar pak, itu saya lampirkan bukti pernyataan dari permata pembukaan rekening atas nama saya, padahal saya tidak pernah datang lgsg ke bank maupun membuka rekening di permata.

          • 24 April 2022 - (23:05 WIB)
            Permalink

            Kalau memang tdk pinjam.Tdk usah Takut.Pinjol Itu Tidak Punya Kekuatan Hukum.Beda Kalau Kita Pinjam Di Bank Harus Ada Fotokopi KTP,Materai ,Tanda Tangan Diatasnya Materai,Ada Surat Pengantar Dari Lurah Dll

        • 23 April 2022 - (10:24 WIB)
          Permalink

          Ya betul sy juga pernah ngalamin seperti itu, akhirnya sy blok2in aj. Selagi gak nlpn sy gk perduliin. Cape kita respon malah bahasa nya aneh2

      • 27 April 2022 - (20:38 WIB)
        Permalink

        Saya asumsikan bahwa:

        1. Pihak CAIRIN tidak memberikan pemberitahuan secara tertulis kepada Ibu Irani Utamy atas kebocoran data pribadi
        2. Persetujuan penggunaan data pribadi oleh pihak CAIRIN hanya sampai dengan bulan Desember 2019 (dikarenakan dikatakan bahwa pembayaran terakhir selesai setelah bulan Desember 2019), maka transaksi lewat dari bulan Desember 2019, penggunaan data pribadi Ibu Irani Utamy dilakukan dengan tanpa hak.
        3. Bahwa Ibu Irani Utamy sudah mengetahui kebocoran data tersebut lewat dari 30 hari
        4. Pihak CAIRIN gagal untuk memberikan pemberitahuan tertulis kepada Ibu Irani Utamy atas kegagalan perlindungan kerahasiaan data pribadi. (bertentangan dengan Pasal 14 ayat (5) PP 71/2019, Pasal 28 Permenkominfo 20/2016, Pasal 26 POJK 77/2016)
        5. Dengan adanya tagihan lewat dari bulan Desember, maka penggunaan data pribadi milik Ibu Irani Utamy adalah penggunaan data pribadi yang digunakan tanpa persetujuan Ibu Irani Utamy baik persetujuan tertulis ataupun lisan. (bertentangan dengan Pasal 26 ayat (1) UU ITE dan Pasal 14 ayat (1)huruf a PP 71/2019)

        Maka upaya hukum yang dapat dilakukan adalah:

        1. Pengaduan kepada Menteri Kominfo (terbatas 30 hari kerja setelah kebocoran data pribadi diketahui)
        2. Pengaduan kepada OJK
        3. Gugat ganti rugi PMH berdasarkan, dengan Perbuatan Melawan Hukum:
        – Pasal 26 ayat (1) UU ITE, Pasal 14 ayat (1) huruf a PP 71/2019, melakukan penggunaan data pribadi tanpa persetujuan pemilik data
        – Pasal 14 ayat (5) PP 71/2019, Pasal 28 Permenkominfo 20/2016, Pasal 26 POJK 77/2016, atas tindakan tidak memberitahukan pemberitahuan tertulis kepada Ibu Irani Utamy atas kegagalan perlindungan kerahasiaan data pribadi
        4. Laporan pidana atas pencurian data pribadi

    • 22 April 2022 - (05:16 WIB)
      Permalink

      Mba, ke polda bagian cyber crime, itu sudah masuk ke ranah illegal access, suamiku pernah juga sejenis ini, dikirim ke rekeningnya dia emang, abis tu ditagih sesuatu yang gak pernah kita lakukan. Laporkan, abis lapor redam sih, cuma emang masih suka ditelfonin gak jelas sama nomor nomor gak jelas

      10
    • 22 April 2022 - (06:06 WIB)
      Permalink

      Lapor polisi saja ini pencurian data pribadi.kalau lapor ojk percuma saja tidak pernah ada solusi.

    • 22 April 2022 - (08:33 WIB)
      Permalink

      Percuma ada OJK gak solusinya,saya ada kena yg bgtu dengan pinjaman now,data saya suda yg dusebarkan ,

  • 21 April 2022 - (18:58 WIB)
    Permalink

    Kalau informasi dari bank permata memang benar bahwa ada 3 rekening yg dibuka, maka ini sudah ada indikasi kebocoran data pribadi yg disalahgunakan. Mungkin tidak hanya cairin, tapi juga akan merembet ke pinjol dan perbankan lain, karena pasti orang yg menyalahgunakan data akan berusaha sebanyak mungkin mencoba mengajukan pinjaman ke tempat lain yng masih ada celah dalam verifikasi data. Mudahan mudahan cairin hanyalah satu satunya, dan tidak ada yg berikutnya.
    Sebagai korban memang hanya bisa melalukkan penyangkalan dan sanggahan, tetapi seharusnya pihak pinjol dan perbankan bisa melalukan pencegahan dengan melakukan prosedur verifikasi yg baik dan andal. Semoga masalahnya cepat selesai.

    10
  • 21 April 2022 - (19:01 WIB)
    Permalink

    kok bisa yaaa…
    dan sangat bingung lagi ko bisa buka trekening sampe 3 dan itu tanpa anda ketahui.
    semudah itukah buka rekening di bank permata.
    tanpa video call atau tanpa tatap muka bisa terbit pembuatan rekening.
    cxairin sangat bahay juga ternyata..

  • 21 April 2022 - (19:20 WIB)
    Permalink

    Setiap buat laporan di attach @jokowi,@bereskrim.pejabat yg berwenang,percuma lapor ke ojk.mererka ototitas jasa keuangan bukan pengawasan

    2
    3
  • 21 April 2022 - (19:43 WIB)
    Permalink

    Nah lemahnya bank permata, dgn mudah buka rek tanpa tatap muka, yg dimna disaat kita inggin melakukan pembukan rek bank di mna diwajibkan ktp untuk daerah t mpat tingal sesuai pembuatan KTP.
    Klo kita pendatang itu diwajibkan KTP, skck, surat keterangan kerja, apa lagi klo pendatang wajib domisli rt/rw yg ditmpatin skrng. Yg dimna sy pernah inggin buka rek mandiri dijkt bgtu ribet.
    Melihat permata ko gtuu… Tanpa tatap muka yea..

    Saran anda download lagi aplikasi pinjolnya trus cek kebenarannya apa ada tagihan

    • 21 April 2022 - (21:29 WIB)
      Permalink

      Nah iya betul ,di sini saya merasa kecewa sekali. Kok bisa buka rekening segampang itu

      • 22 April 2022 - (06:17 WIB)
        Permalink

        Kemungkinan bisa saja,karena ada bank yg dapt memberiksn pelYanan buka rek secara online,namun tetap harus menyertakan foto ktp dan no hp utk verifikasi .serta isian lainnya.

  • 21 April 2022 - (19:44 WIB)
    Permalink

    Coba lapor lewat Lapor.go.id karena di sana pengawasannya langsung staff presiden.
    Jangan berharap pada OJK. Itu lembaga mandul, lembek, isinya orang-orang tidak becus kerja kecuali gembar-gembor aturan teoritis dan suka lepas tangan kalau menghadapi komplain/masalah.

    17
    • 21 April 2022 - (21:34 WIB)
      Permalink

      Saya sudab menelpon ke 157, utk laporan ini tetapi dari ojk mengatakan sebaiknya urus ke bank terkait. Saya fikir trus setelah saya urus ke bank terkait terus gimana? Cuma utk tutup rekening lagi kan, tapi utk data yg di bobol di pinjol cairin tetep tidak ada solusi kan. Kecewa sekali dengan pelayanan OJK

    • 21 April 2022 - (21:37 WIB)
      Permalink

      Apakah di lapor.go.id juga melayani keluhan perihal pinjol? Tadi saya sudah mencoba wa ke @satgas_pinjol_ilegal tapi ternyata wa nya juga sudah tidak aktif, besok saya berencana utk urus ke polsek semoga ada solusi walau dengan harapan yg kecil.

      7
      1
      • 22 April 2022 - (03:00 WIB)
        Permalink

        Siap2 kecewa lagi klo lapor polisi mah, tapi semoga aja di bulan ramadhan ini polisinya bener, inget akhirat

      • 22 April 2022 - (21:41 WIB)
        Permalink

        Bismillah ..klo mba punya suami atau suadara..mba minta tolong anterin ke polisi.sekalian di vidion di polisi nya..jika pihak kepolisian membiarkan kasus mba..mba bisa viralkan di tiktok fb yotube twiter atau instagram.biar pak kapolri dan atau pak presiden nanti turun tangan..untuk membayar tagihan .mba bilang aja.kesemua nomor atau email..kasus ini saya laporkan ke pihak kepolisian.karna kalian mencuri data2 saya..untuk semua pembaca media..hentikanlah meminjam pinjol2.mau di awasi ojk atau enggak kalian akan paham ojk itu sendiri.jadi saran saya jauhkan pinjol2 yg ga jelas maupun jelas.karna apa KARNA RIBA INGAT RIBA RIBA RIBA RIBA RIBA.HIDUP ANDA TIDAK AKAN TENANG.JAUHIN PINJAMAN YG BERBUNGA.JIKA KALIAN BUTUH UANG COBA PINJEM KE TEMEN ATAU SAUDARA.TPI INGAT HIDUP KLO UDH MISKIN JANGAN SOK KAYA.BERSYUKUR AJA PEMBERIAN ALLAH AZZA WA JALLA.TABUNG PERLAHAN-LAHAN INSYA ALLAH .ALLAH MEMBERIKAN KALIAN REZEKI YG BANYAK..INGAT JAUHKAN YG NAMANYA RIBA RIBA.KLO GA TUA RIBA BUKA YOTUBE BIAR ANDA SEMUA PAHAM…SEMOGA ALLAH MEMBERIKAN KITA KESABARAN DAN MENJAUHKAN KITA KE DALAM RIBA.AAMIIN.UNTUK SARAN TS.LAPOR POLISI KLO GA DI PROSES VIRALKAN.INGAT PAS KEKANTOR POLISI ATAU MEMBUAT LAPORAN MBA VIDIOIN BIAR ADA BUKTI JIKA POLISI GA PROSES.NANTI MBA VIRALKAN.KLO MISAL VIRAL MBA TUNTUT CAIRIN.INI MBA BISA MENANG BANYAK KLO MBA TUNTUT CAIRIN 1MILIAR ATAU 100 MILIAR.KLO PENGACARA MBA MINTA AJUKAN KE BANTUAN LEMBAGA HUKUM.INSYA ALLAH PENGACARA AKAN MEMBANTU

      • 23 April 2022 - (03:22 WIB)
        Permalink

        Mba coba lapor ke AFPI. Ga slalu ada solusi sih tp dicoba aja. Dl saya prnh lapor krn diteror sm pinjol juga. Akhirnya ada solusi dan stop teror dr mereka.

  • 22 April 2022 - (00:19 WIB)
    Permalink

    Coba install lg apknya dan dicek apakah ada history pencairan belakangan ini. Mungkin asa yang masuk menggunakan data kk dan mencairkan dana

  • 22 April 2022 - (00:31 WIB)
    Permalink

    @Irani,
    OJK tidak akan menyelesaikan masalah. Mbak harus menyelesaikan perkara ini di tingkat polrestabes atau lebih tinggi ke polda. Karena ini menyangkut tindak pidana penyalahgunaan data pribadi. Ini kejahatan serius lho.

  • 22 April 2022 - (05:26 WIB)
    Permalink

    Kalau menurut saya,setiap data yang masuk ke aplikasi pinjol itu mereka tidak kerja sendiri artinya pemilik aplikasi dg pemberi pinjaman tidak sama dan mereka menggunakan jasa penagih ato DC yang sudah bekerja sama dengan peminjam dan pasilitas itu di sediakan oleh aplikasi pinjol ,ketika mereka melakukan penagihan rentan waktu kurang dari 5 hari secara otomatis masuk ke jasa penagihan ,nah di sini yg harus kita waspadai adalah si jasa penagihan ini bisa mengambil data kita atas izin aplikasi,untuk melakukan penagihan karena mereka di bayar kadang mereka mengintimidasi korbannya dan mengancam akan menyebar luaskan data pribadi kita..itu upaya mrk supaya kita segera membayar tagihan dg begitu mrk dapat bayaran dg komisi atau target,saran saya abaikan jika kita menerima pesan penagihan bisa jadi itu penipuan yg di lakukan agen penagih ato DC,karena no TLP kita sudah masuk pada data mrk,ato ganti no hp blok no yg tidak kenal karena setiap pinjol ada aturan maksimal berjalan 3 bulan penagihan tidak di respon setelah 3 bulan ada pemutihan,dg otomatis data kita hilang.

    • 22 April 2022 - (09:37 WIB)
      Permalink

      Tapi ini yang di tagih adalah tagihan juni, juli 2021 pak, itu sudah lama sekali.

      • 22 April 2022 - (21:46 WIB)
        Permalink

        Ga usah dibayar.bilang ke email dan nomor tlpon nya.kasus ini saya lapor kepolisi.klo udh lapor jika ada wa.ibu kirim poto kertas pelaporan itu.dan ibu jangan takut sama penagih melalui telpon.

  • 23 April 2022 - (00:09 WIB)
    Permalink

    Kalau pinjamam onlineny benar di awasi OJK sbrnny OJK bs memberikan sanksi ya krn proses pencairan kreditny tidak ada prinsip kehati hatian, it’s mean tnpa konfirmasi ke pemilik rekening dan main cairin aja, lalu untuk bank permata apakah bisa semudah itu untuk pembuatan rekening? Sebagai bank bukankah hrs ada proses know your customer ya? Kalau bs d buat bnyk rekening gini tp pemilik identitasny aja ga pernah mengajukan pembukaan rekening saya jd bertanya2 gimana proses KYC nya?? Apakah sudah menerapkan prinsip kehati hatian?

  • 23 April 2022 - (07:46 WIB)
    Permalink

    Menurut saya data anda sudah bocor dan di salah gunakan oleh oknum. Modusnya cukup dengan fotokopi ktp korban, maka oknum bisa membuat akun di aplikasi wallet atau dompet digital seperti doku, briva, digibank bank bjb. Dari aplikasi2 wallet tersebut memang bisa membuat akun virtual akun untuk menerima pembayaran dari bank apapun. Krna banyak bank2 yang kerjasama dgn aplikasi dompet digital atau payment gateway untuk menerima dana. Solusi yg menurut saya cukup ampuh, tutup nomor rekening utama anda yang pernah anda daptarkan di pinjol. Kemudian laporkan kasus anda ke polres terdekat karena kasus cybercrime minimal di tingkat polres. Kemudian bukti laporan anda ke polres anda kirimkan ke pihak cairin. Hal ini untuk membuat pihak cairin lebih prioritas dalam menangani masalah anda karena terkait masalah hukum. Kasus penyalahgunaan data jg pernah saya alami. Saya sudah berusaha melacak lokasi dari oknum yang memakai data saya melalui pendaftar rekening va dan nomor pendaftar, namun wewenang dari operator berdasarkan nomor aktif terakhir dari BTS terdekat dari nomor sinyal tersebut butuh surat permintaan dari kepolisian. Karena data yg terdaftar dari wallet kita itu adalah nama kita sendiri berdasarkan fotokopi ktp yang di salahgunakan. Sedangkan identitas pemilik nomor kita bisa aja dapatkan dr operator berdasarkan surat laporan kita ke kepolisian, namun biasanya oknum2 tersebut menggunakan nomor hp refurbished atau nomor second yang masih aktif sehingga data pemilik nomor belum tentu pelakunya. (di pusat perdagangan HP seperti roxy anda bisa beli hape bekas beserta nomornya). Semoga masalah anda lekas selesai.

  • 27 April 2022 - (07:19 WIB)
    Permalink

    Pada intinya, institusi apapun (apalagi BUMN dan jajarannya) kalau gak ada “jangkrik” gak akan kerja. Ampas!

  • 1 Mei 2022 - (18:19 WIB)
    Permalink

    hati2 ya mba kalau sudah data bocor kemana2 rawan penipuan… semoga cepat selesai masalahnya…

  • 2 Mei 2022 - (12:14 WIB)
    Permalink

    Ojk mah jgn di harapkan.kasus2 begini mah kalo mau ada tanggapan hanya 2 pilihan

    1.kalo presiden sdh intruksikan brantas maka akan jalan inget bbrapa bulan lalu kan kalo bok presiden sdh ngomong maka rame di berita grabak grebek kantornya pinjol tp ya gitu yg penting ada dokumentasi dan laporan progres aman stelahnya mah angot lagi wkwkwkwk keceplosan sy

    2.harus viral dulu atau para korban nagis2 dulu smpai guling2 masuk TIPI dl atau menempati.posisi tranding di twet.yutub baru ada tindak lanjut tp kalo media sdh sibuk lagi memberitakan lain yg tindak lanjut juga ngilang lagi

    Stelah itu balik lg ke no 1 dan ngilang di no 1 ya kembali ke no 2 sterusnya aja begitu lama2 kan para korban makin tua makin kecapean stelah itu meninggal dan kalo meninggal masuk tipi gara kasus ini kembali lg ke no 1 ngilang di no 1 lanjut ke mal 2

    Nah yg heran lg sy nulis begini juga pasti ada yg bilang sy anti NKRI anti pancasila.blm move on ,rasis dan lain2 jadi ya rakyat wajib nerima apah adanya aja ga boleh ngeluh kalo dapat kesusahan dan wajib nurut kalo ada berita2 yg baik2 walaupun berita setingan

    Indah kan indonesia makanya saya mah betah di indonesia sejahtera aman adil makmur

    Wkwkwkwkwk gubrak

 Apa Komentar Anda mengenai Pinjol Cairin?

Ada 49 komentar sampai saat ini..

Penyalahgunaan Data Pribadi di Aplikasi Pinjol Cairin, OJK Sebagai Pen…

oleh Irani dibaca dalam: 2 menit
49