Jenius Tidak Ada Empati ke Nasabah, “No Respond, No Solution” Saat Komplain!

Yth. Jenius,

Atas segala pertimbangan, saya akhirnya berkeluh kesah di sini. Saya memakai kartu Jenius yang berwarna orange untuk transaksi di merchant waralaba. Namun ketika transaksi, gagal di mesin EDC merchant tersebut. Lalu saya mencoba di mesin EDC yang lain dan berhasil. Ketika malamnya saya cek mutasi rekening, ternyata terpotong 2 kali dengan nominal yang sama.

Keesokan harinya saya komplain melalu live chat Jenius. Lalu mereka menanyakan apakah saya bersedia membayar Rp20.000 untuk “dibuatkan laporan”. Saya yang lagi kena musibah terpotong 2x, malah disuruh bayar Rp20.000. Lalu saya komplain ke call center Jenius, berharap dijelaskan Rp20.000 itu untuk apa, katanya untuk pengecekan jaringan.

Lalu call center tersebut, yang melihat riwayat saya yang tidak bersedia membayar Rp20.000, langsung memotong pembicaraan “Ibu kan kemarin tidak bersedia, jadi memang tidak dibuatkan laporan”. Lalu saya membalas “Ya kalau gitu sekarang, tolong dibuatkan laporan dan saya masih gak paham Rp20.000 itu untuk pengecekan jaringan apa?”.

Lalu kata call center tsb “Baik, kami akan membuatkan laporan dan untuk Rp20.000 itu, seperti yang sudah kami jelaskan biaya tersebut untuk pengecekan jaringan, mohon ditunggu sebentar ya bu, kami melakukan pengecekan terlebih dahulu ya bu”.

Namun setelah 17 menit percakapan kami, telepon tsb dimatikan sepihak, tanpa ada konfirmasi nomor pelaporan. Lalu saya lanjut ke live chat aplikasi Jenius, tetapi tidak ada respons. Dan itu semua saya lakukan secara berkala dalam beberapa hari.

Karena lelah menagih dan tidak mendapat respons, saya mencoba menghubungi pihak Jenius melalui email pada tanggal 21/04/2022. Dengan harapan akan direspons dengan jelas tanpa bertele-tele, saat saya mengadu lewat email. Balasan agen email tidak bisa menerima keluhan saya dikarenakan sudah lewat dari 7 hari transaksi.

Makin tidak jelas saya balas email tersebut dengan informasi kalau saya sudah beberapa kali menghubungi Jenius namun tidak direspons lalu saya membuat balasan ke pihak Jenius “apa saya perlu membuat keluhan di Media Konsumen? Agar kalian merespons keluhan saya?”

Lalu dalam 10 menit saya balasan untuk mengisi data kelengkapan untuk menindak lanjuti keluhan saya. Namun sangat disayangkan, saat saya telah mengisi kelengkapan data yang pihak Jenius minta, saya dilempar kembali untuk menindak lanjuti masalah tsb melalui live chat dan call center.

Akhirnya saya dengan berat hati menelepon kembali call center dan live chat Jenius. Seperti sebelumnya, live chat Jenius tidak membalas, dan telepon call center pun selalu menutup telepon secara sepihak.

Kesimpulan dari 4 April -22 April ini saya tak kunjung mendapatkan nomor pelaporan dari keluhan saya.

Marangin Rica Dortua Simatupang
Kabupaten Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Jenius BTPN:
[Total:167    Rata-Rata: 1.5/5]
Tanggapan Bank BTPN atas Surat Pembaca Ibu Marangin Rica Dortua Simatupang

Dengan hormat, Dalam rangka menanggapi surat pembaca dari Ibu Marangin Rica Dortua Simatupang berjudul “Jenius Tidak Ada Empati ke Nasabah,...
Baca Selengkapnya

17 komentar untuk “Jenius Tidak Ada Empati ke Nasabah, “No Respond, No Solution” Saat Komplain!

  • 23 April 2022 - (09:45 WIB)
    Permalink

    Untung aku sering2 baca media konsumen.Padahal ini sales nya sering banget ngerayu di mall2.fix layan an nya Buruk.Dikit2 kok pake uang.Pdhal ini bisnis perbankan lho.sistem kepercayaan.Klu bank nya matre kayak gini Apes.Ini masalah kecil pdhal apalagi yg sampe masalah saldo hilang.Malah tambah gede ngak tuh Biaya buat urus.Mending pake bank yg pasti2 saja.Aku jg bingung apa ke untungan pake produk bank ini?

    20
  • 23 April 2022 - (12:03 WIB)
    Permalink

    Jenius BTPN sudah tak sejenius yang dulu, semenjak memberlakukan biaya administrasi bulanan, banyak yang mundur. Saran saya beralih ke bank digital lain, contoh Bank Jago.

    10
  • 23 April 2022 - (14:26 WIB)
    Permalink

    Pembuatan laporan dikenakan 20rb ? mungkin karna beda jaringan provider banknya pas di edc merchant. Punya jenius hanya tuk bayar subscribe situs streaming, semoga ga ada masalah, wah ga bakal dijadikan pembayaran utama, ngeri kali klo ada masalah pembayaran seprti ini, cs-nya keliatan ga care

    • 23 April 2022 - (22:12 WIB)
      Permalink

      Iya, setelah saya cari tahu biaya itu dikarenakan pengecekan edc dari pihak bank lain jadi memerlukan biaya. Tapi sangat disayangkan csnya tidak dapat menjelaskan perihal itu agar pelanggan mengerti dan nyaman mencari solusi atau berpikir yg enggak enggak. Ini hanya menjawab biaya pengecekan jaringan tanpa penjelasan.

  • 23 April 2022 - (15:34 WIB)
    Permalink

    untung saldo gw udah gw tarik semua… Ud e. Bank nya di buka lemot… Bunga gak seberapa.. Sebulan gw tarik… Katanya ambil di manapun bisa.. Nyatanya ga bisa.. Ud gitu lemot pula

  • 23 April 2022 - (17:10 WIB)
    Permalink

    Saran sih jgn pake jenius lgi, memang bgitu saya dngr dri tmn dan disini jg bnyk yg sudah komplain.

  • 23 April 2022 - (17:49 WIB)
    Permalink

    Pengalaman saya dikartu orange didebit secara berulang trx absbdUBERbxcjc.com sampai habis tabungan. Saya komplain disuruh buat pengecekan jaringan sama seperti ini kasus, seharusnya menurut saya kerja di kartu kredit disuruh buat surat penyanggahan trx atau dispute form. Setelah beberapa Minggu ada tlp dari jenius menginfokan untuk trx tersebut di luar negri dengan kendaran online uber nama suku kedua saya terdaftar di trx dgn trx unsecure berarti merchant bisa debit lgs tanpa vbv/verified by visa atau kode otp. Saya bilang itu bukan trx saya, saya di Indonesia dan jenius tanya apa pernah input data kartu. Saya ingat pernah daftar kartu di web Paypal Indonesia dan itu pakai nama kedua saya cantumkan diweb tersebut. Dari kasus ini Jenius tidak bisa dispute trx yg tidak saya lakukan hanya bisa menginfokan dan membebankan biaya ke nasabah. Seharusnya jenius bisa dispute langsung cepat trx ke visa dan info klo merchant masuk ke parameter yg suka duplikat data nasabah. Bukan pengecekan jaringan saja. Karena kalau merchant kurang lebih 2 hari sudah tagih pembayaran ke bank penerbit kartu apalagi ini debit nasabah yg rugi tabungan lgs didebit. Jenius tidak kuat untuk sistem trx jaringan untuk dispute atau pengecekan jaringan hanya bisa cek dan info jadinya nasabah yg dibebankan biaya. Seharusnya dimana2 biaya dibebankan apabila trx tersebut terbukti benar dilakukan oleh nasabah baru dikenakan biaya kalau tidak dilakukan jgn kena biaya. Nasabah sudah rugi hilang uang ditambah bayar biaya lagi.

    • 23 April 2022 - (18:36 WIB)
      Permalink

      Sebenarnya untuk transaksi tanpa harus secured by Visa bagus karena kebanyakan web tidak mendukung itu. Contoh saat mau subscribe Amazon Aws ga bisa dengan kartu yang mengharuskan secured by bisa atau mastercard.

      Tapi iya sih pelaporan dispute harusnya ga mengenakan biaya.

      Tapi it

    • 23 April 2022 - (18:57 WIB)
      Permalink

      Saya pengguna Jenius sejak 2017, memang harus diakui semakin kesini kualitas layanan yang diberikan semakin buruk, seperti: aplikasi yang sering kali tidak responsif, Jenius versi web yang entah sampai kapan bisa diakses lagi, hingga penyelesaian case yang sering kali memakan waktu sangat lama.

      Untuk transaksi di mesin EDC, biasanya saya tes login ke aplikasi dahulu. Apabila tidak bisa login, hampir bisa dipastikan Jenius sedang maintenance/kartu tidak akan bisa digunakan. Parahnya, maintenance yang dilakukan semakin kesini semakin sering dilakukan di jam2 sibuk (seperti jam 7 pagi, jam 8 malam, jam 1 siang, dll)

      Bagi saya, saat ini Jenius tidak cukup reliable untuk dipakai sebagai kartu utama/lebih sebagai kartu cadangan saja. Selain itu, alasan kuat saya masih bertahan memakai Jenius hingga saat ini hanya karena kemudahannya untuk transaksi2 ecommerce yang tidak mendukung vbv/3dsecure seperti bulanan Netflix, Youtube, dll (yang pada umumnya di bank lain hanya bisa menggunakan kartu kredit). Kalau ada bank lain yang menawarkan kemudahan serupa mungkin saya sudah beralih dari Jenius.

      5
      1
  • 23 April 2022 - (21:04 WIB)
    Permalink

    baru tau kl nasabah komplain malah kena charge 20ribu utk follow up nya. Gak rekomen kl gitu bank ini

  • 23 April 2022 - (22:18 WIB)
    Permalink

    jangan pake jenius bro klo ga mau nyesal seumur hidup,, unlink device ja ga mau dibantu… sekarang saya udah ganti keblubca klo buat deposit ja,, debitcard nyusul

  • 24 April 2022 - (04:01 WIB)
    Permalink

    Saya sendiri udh berhenti pake layanan jenius,berawal dari denda ketika saldo kosong/kurang(yg awalnya jika kurang gk ada denda)sampe pemberlakuan fee perbulan mungkin karena blm ada yang bisa nyaingin fiturnya jadi seenaknya

 Apa Komentar Anda mengenai Jenius BTPN?

Ada 17 komentar sampai saat ini..

Jenius Tidak Ada Empati ke Nasabah, “No Respond, No SolutionR…

oleh RICA dibaca dalam: 2 menit
17