Hati-hati dengan Kebijakan Penggunaan Traveloka Poin

Saya melakukan pemesanan hotel di Traveloka sebesar Rp873.000, yang policy-nya adalah free cancelation until 29 April 2022. Kemudian saya melakukan pembayaran penuh dengan metode Traveloka Poin.

Pada tanggal 23 April 2022, saya melakukan pembatalan dan mengajukan refund. Ketika refund sudah berhasil, hotel sudah dibatalkan, tapi kok poin Traveloka saya tidak kembali? Kemudian saya telepon ke CS Traveloka untuk menanyakan kenapa poin tidak kembali sedangkan proses refund sudah berhasil. Lalu CS menjawab transaksi yang menggunakan Traveloka poin, tidak bisa dikembalikan poinnya.

Yang menjadi kebingungan saya adalah:

  1. Di dalam policy free cancelation, tidak dicantumkan mengenai metode pembayaran, hanya tercantum tanggal “cancelation until“.
  2. Ketika proses refund, tidak ada keterangan mengenai “jika pembayaran menggunakan poin, maka tidak bisa dikembalikan”.
  3. Bukankan refund artinya pengembalian dana?? Jika saya menggunakan pembayaran dengan Traveloka poin, artinya Traveloka poin tersebut adalah dana saya. Jadi seharusnya poin tersebut dikembalikan.
  4. Saya punya contoh, ada teman booking hotel di Traveloka yang “non refundable”. Ketika dites mengajukan untuk refund, tidak ada pilihan apa-apa, karena memang tidak bisa di-refund. Sedangkan booking-an saya itu ada pilihannya untuk di-refund, jadi seharusnya bisa di-refund.
    Bagaimana caranya hotel bisa diklik refund, tapi saya tidak menerima refund-nya?
  5. Informasi dari CS mengenai poin yang tidak bisa dikembalikan ada di help center, itu pun carinya susah sekali karena terselubung. Masa orang harus baca semua peraturan yang terselubung letaknya di dalam dan terpisah sendiri.

Saya coba hubungi CS Traveloka sampai 3x, dan terakhir saya berbicara dengan Ibu Sabilah. Saya telepon untuk mencari solusi. Bahkan saya sudah menawarkan poin tidak kembali, tapi pengajuan refund dibatalkan, yaitu booking hotel saya dikembalikan seperti semula. Namun tetap tidak bisa. CS pun tidak menawarkan solusi apa pun juga, dicatat laporannya pun tidak, hanya bilang poin tidak bisa dikembalikan dan hotel juga sudah ter-cancel.

Kalau begini caranya, sebagai customer saya merasa dirugikan dan diabaikan. Karena poin diambil, hotel juga tidak bisa kembali karena itu kebijakan dari Traveloka yang tersembunyi. Sangat tidak adil! Karena jumlah poin yang terpotong dan tidak dikembalikan cukup besar, yaitu Rp873.000.

Hanya info saja, di platform lain jika menggunakan pembayaran melalui poin, setelah di-refund poin langsung dikembalikan saat itu juga.

Dengan pengalaman saya ini, semoga orang-orang lebih berhati-hati dalam menggunakan Traveloka poin dalam bertransaksi. Jika perlu telepon dulu ke CS mengenai kelengkapan syarat dan ketentuan, jangan sampai ada yang tertinggal. Bahkan kalau perlu direkam saja untuk jaga-jaga.

Sianly
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Traveloka:
[Total:19    Rata-Rata: 1.3/5]
Surat Tanggapan Traveloka untuk Sianly

Kepada Yth., Bapak/Ibu Sianly, Terima kasih telah menjadi pengguna setia Traveloka. Menanggapi surat terbuka yang Bapak/Ibu Sianly tujukan kepada Traveloka...
Baca Selengkapnya

5 komentar untuk “Hati-hati dengan Kebijakan Penggunaan Traveloka Poin

  • 26 April 2022 - (20:02 WIB)
    Permalink

    Setau Saya traveloka point cm bisa d redeem voucher disc sebesar 100rb..kog bisa d tukar 873000 point ke harga booking hotel 873.000

    • 27 April 2022 - (07:22 WIB)
      Permalink

      Dulu bisa, kurang tau kalau sekarang, sudah jarang pakai Traveloka.
      Dulu All poin bisa langsung ditukar di kolom pembayaran sebesar nominal.
      Bisa di Mix pakai poin or gift card & kekurangan payment bs dengan lainnya transfer/debit card dll.
      Cuman rugi besar kalau terjadi refund, yang dikembalikan hanya nominal uang yang dibayarkan, penggunaan gift card & poin tidak dapat dikembalikan, sekalipun nominalnya jutaan. Zonk maximal 🙁

  • 27 April 2022 - (07:09 WIB)
    Permalink

    Iya, Saya sudah tidak tertarik Traveloka Poin, Traveloka Gift Card dll.
    Saya pernah case buat booking flight ke Tokyo, karena pandemi harus dibatalkan.
    Karena bila ada force cancelled sekalipun yang direfund tetap hanya nominal uang yang kita transfer, penggunaan gift card & poin tidak bisa dikembalikan. Padahal nominalnya tinggi.
    Sangat disayangkan.
    Sekarang saya sangat jarang pesan di Traveloka.
    Lupakan Traveloka, masih banyak OTA lainnya baik local App maupun internasional App yang lebih baik.

  • 27 April 2022 - (09:49 WIB)
    Permalink

    Utk kendala ini sudah di selesaikan oleh pihak Traveloka per tanggal 26 April 2022.

    Terima kasih untuk respon dari Traveloka.

 Apa Komentar Anda mengenai Traveloka?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Hati-hati dengan Kebijakan Penggunaan Traveloka Poin

oleh Dede Sian dibaca dalam: 2 menit
5