Kecewa dengan Samsung Seri S20+, Harga Mahal, Kualitas Tidak Sebanding

Setelah sekian lama menjadi pengguna Samsung, baru kali ini saya kecewa sekali dengan produk Samsung seri S yang notabene adalah seri termahal dari Samsung.

Saya membeli Samsung S20 plus dengan harapan bisa digunakan dalam waktu yang lama. Namun alangkah kecewanya saya ketika garansi habis tiba-tiba muncul garis hijau pada layar Samsung saya setelah dicharge. Padahal handphone tidak jatuh, tidak tertekan, dan tidak digunakan saat dicharge.

Saat ditanyakan ke Samsung Service Centre ternyata saya harus membayar sebesar Rp3,2 juta untuk ganti LCD nya, itu seharga handphone baru!!

Karena saya takut kejadian berulang apabila saya perbaiki, saya memutuskan untuk di-trade in saja, alangkah terkejutnya saya ketika mengetahui handphone saya dihargai lebih murah dari harga LCD nya!!!

Kapok sangat pake Samsung apalagi seri S yang terkenal mahal. Sekarang garis hijau di layar handphone saya sudah tambah jadi 3 hanya karena dicharge loh.

Samsung seharusnya mengutamakan kualitas apalagi dengan bandrol harga yang mahal. Masa cuma tahan 1 tahun??

Nirmala Swita
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

81 komentar untuk “Kecewa dengan Samsung Seri S20+, Harga Mahal, Kualitas Tidak Sebanding

  • 2 Mei 2022 - (11:07 WIB)
    Permalink

    Saya pun kapok pake Samsung, waktu itu beli tpi A51 setelah 13 bulan hp tau2 mati tanpa jatuh ataupun terkena air, dibawa ke SC divonis IC ram diminta 2,8jt (ganti mesin) WTF setengah harga hpnya, tanya sama temen yg punya counter ternyata sudah nemuin kejadian kaya gitu beberapa kali dengan tipe yg sama (rata2 IC ramnya rusak setelah masa garansi habis). Beli Vivo tipe V20 barengan sudah hampir 2 tahun masih aman2 saja.

    • 2 Mei 2022 - (11:24 WIB)
      Permalink

      karena saya kaum mendang mending.

      cukup dengah hp Xiaomi harga merakyat fitur ok.
      klo rusak ng nyesek banget.tinggal beli lagi.

      dr pada hp mahal dan g wort dlm situasi tertentu yg akhirnya malah repot

  • 2 Mei 2022 - (11:29 WIB)
    Permalink

    Makasi. Ini bikin saya fix untuk tidak bi samsung. Niat hati ingi beli s21 fe. Tapi pertimbangan tompel dan garis hijau bikin saya mengurungkan. Pilih vivo x70 pro aja dah. 🙂

  • 2 Mei 2022 - (11:55 WIB)
    Permalink

    S20 memang produk gagal. Saya juga punya s20 ultra. Garansi lewat 2 bulan. Lcd green screen. Dan check di Mr google. Memang kelemahan yg sudah diketahui Samsung. Kapok saya pake Samsung. Hp 20 juta cuman pake 14 bulan.ke servis center minta 4 juta ++ , padahal produk gagal. Kebetulan pas trade in abis di reset normal bentar. Dihargai 7,5 juta. Ganti merk buru” dech.

  • 2 Mei 2022 - (12:02 WIB)
    Permalink

    Tolong kalau mau beli hp, riset dlu di youtube ato tukang2 service hp. Dari s6, s7, s8, s9, s10, s20 Lcd lebgkung memang bermasalah. Problemnya selalu = shadow, black spot, garis, dan selalu kejadianya rata2 stelah 6 bulan keatas. Sedangkan s5 yang udah bertahun2 LCD nya tidak ada masalah apapun hingga sekarang. Seri samsung yamg lain juga sangat2 awet asal ga jatoh ato kdrt.

  • 2 Mei 2022 - (14:46 WIB)
    Permalink

    Sama saya juga setelah setahun lebih 2 bulan muncul garis ditengah, dan waktu datang ke CS hrg LCD nya 3.2, waktu mau di trade in hanya dihargai 2 juta..

  • 2 Mei 2022 - (15:57 WIB)
    Permalink

    Samsung mah mahal doang udah gitu aplikasi pre-install nya bejibun, yang enggak nisa uninstall banyak, rugi banyak kalo pake samsung pokoknya. Cukup sekali doang pake samsung, itu juga cuma 3 bulan setelah itu install AOSP.

    • 12 Agustus 2022 - (10:31 WIB)
      Permalink

      ane juga make s20plus… garis 1, 2 sampai 3 gatis abis itu blank putih.. padahal hp mulus, nggak pernah jatuh….
      pergi ke servis center , ane minta diajuin klaim ke pusat… eh ditolak… alasannya nggak waktu pertama garis dibawa.. bangsat, disuruh bayar 3,2 padahal bkn kesalahan pengguna, hpnya yg bodong..
      jgn pernah beli samsung flagship lagi..

  • 2 Mei 2022 - (16:11 WIB)
    Permalink

    untung bukan versi yg layar nya bisa di lipet. sodara saya langsung frustasi. karena di hargai trade in nya seharga hp 2-3jtan :v. padahalnudah saya wanti2. layar sangat riskan.

    saya pake dulu pake samsung jg yg s series tapi versi 8. build quality nya cakep. awet sampe sekarang. untuk yg serinke atas nya mulai dari seri 10. wah.. dah rada2 ringkih.

  • 2 Mei 2022 - (18:01 WIB)
    Permalink

    Kebetulan saya juga pengguna s20 plus.. Hp saya pegang ini lagi jalan tahun ke 2 beli di desember 2020. Di unit saya malah aneh, waktu garansi habis tiba² keluar juga garis, tp bukan garis hijau seperti post di atas. Garis di unit saya seperti hitam tipis letaknya di sebelah kanan kamera vertikal lurus ke bawah. Waktu coba ke ssc sama ya gitu d suruh ganti malah di daerah saya kena 3,4 jt buat lcd. Saya biarin aja akhirnya berdamai sama hp saya krn untung mesin, kamera, dll masih bagus. Nah 2 bulan kemudian tiba² sembuh dg sendirinya, garisnya hitam yg seperti dead pixel itu tidak ada lagi. Biasanya kalau layar lagi warna cerah atau putih keliatan banget tp ini tiba² gk ada. Tp waktu cek di *#0*# di bagian red green blue tetep ada. Tp kalau d gunakan sehari² tidak ada garis sama sekali, dr sini saya menyimpulkan QC samsung benar² aneh dan buruk. Bayangkan rugi berapa saya jika mengiyakan apa kata ssc yg servis langsung ganti lcd. Saran saya sih dipakai saja selama fungsi mesin dll nya tidak terganggu. Saya belum pernah coba produk apple jadi kemungkinan kalau upgrade saya akan coba apple, krn cukup kecewa sih dg kualitas unit yg katanya flagship kok seperti ini kualitas produk dan aftersalesnya.

  • 2 Mei 2022 - (18:19 WIB)
    Permalink

    @samsungID..
    Sy pengguna S20 ultra jg sangat kecewa, sy beli Samsung S20 Ultra pd awal tahun 2020 dan awal tahun 2022 lcd sy green screen, bintik bintik bgtu. Dan sering kali ngblank putih. sy bw ke ssc sy dikenai biaya 4,2jt untuk penggantian LCD. Sangat kecewa dgn samsung Seri S20 Ultra pdhal sy berharap bs dipake dlm jangka wkt yg lama mengingat harganya yg fantastis. Kalah sm hp yg harganya dibwh harga LCD tsb diatas.

    • 24 Juli 2022 - (18:22 WIB)
      Permalink

      sama , saya pakai samsul s20 belum 2 tahun sudah greenscreen full sampe ga bisa lihat menu lg.. pakainya disayang2 masi mulus percuma klo ujung2nya greenscreen.. pergi ke service center biayanya 4jt kwkwk , hpnya d jual cm 7jt ganti layarnya 4jt.. akhirnya drpd sy perbaikin malah saya bakar di depan tokonya. hp gblok mending beli epon guys hati2 sama si samsul ini

  • 3 Mei 2022 - (00:10 WIB)
    Permalink

    Saya pernah pake Samsung Galaxy A7 2018 juga dan pernah ngalamin kejadian kekgini, saya pake A7 2018 itu dari tahun 2020 dan akhirnya rusak di tahun 2021. Emang barang yang saya beli sih seken tapi yaa itu pun rusak dilayar setelah update patch security di November 2021, abis di up tiba-tiba hape saya layarnya kek TV rusak terus kadang” Adaptive Brightness tidak bekerja dengan responsif (Padahal sebelum update patch security hapenya ga bermasalah kekgitu) terakhir datang ke tempat servis hape (bukan official service centre) terus mereka diagnosa kalo hape saya layarnya rusak, oke kemudian layarnya saya ganti dan saya habis 1,1 juta hanya untuk layar OLED tapi setelah layar diganti, tetap aja penyakit nya masih ada yaitu layar kek TV rusak dan Adaptive Brightness tidak bekerja secara optimal, terakhir saking palak nya saya akhirnya saya banting itu hape sampek hancur dan sekarang beralih ke hp Sony Xperia XZ2 Compact dan alhamdulillah walaupun hapenya seken eks Internasional tapi selama pemakaian ini gak ada kendala permasalahan seperti yang saya alami di Samsung.
    Setelah membaca thread yang ditulis inu, akhirnya saya udah mengurungkan niat lagi untuk membeli produk Samsung yang seri S diatas S10 series.
    Buat yang baca komenan saya ini, udahlah yang paling bener itu emang hape Internasional yang emang barangnya gak ada masuk di Indonesia kek Google Pixel, Sony Xperia, Oneplus dan Sharp Aquos. Hape yang jarang ada masalahnya, jarang ada penyakitnya, daripada beli Samsung dengan harga yang ga jauh beda dari empat merek yang udah saya sebutkan, lebih baik ambil merk yang saya sebutkan itu, lebih terjamin lagi kualitasnya daripada Samsung.

  • 3 Mei 2022 - (01:40 WIB)
    Permalink

    Pakai ASUS Zen 2 Laser masih awet dari 2016 masih lancar sampe sekarang cuma kendala spek udah ketingalan faktor usia jadi terpaksa ganti ke Realme 8 5G. 8 bulanan masih lancar sih penggunaan normal buat main genshin. Untuk samsung udah lama gak pakek sih, terakhir samsung adek cuma masalah gak dapet sinyal tapi disuruh ganti mesin keseluruhan dong sm SCnya, yawes habis itu aku suruh ganti hp lain merek aja yang aftersalesnya lebih bagus.

  • 3 Mei 2022 - (03:18 WIB)
    Permalink

    Saya hanya kerja jadi kang servis ada kerjaan ya kerjain ngga ada ya nyari kerjaan, tapi bener Samsung itu amolednya lebay terlalu sensitif, hp lain pake amoled, aman aja…ya minimal shadow ngga kaya Samsung, saran si hp Samsung mendingan buat review di YouTube aja wkwkwk
    @samsung harga lcd tolong di kondisikan karena penguna itu mau merasakan kehebatan teknologimu

  • 3 Mei 2022 - (04:06 WIB)
    Permalink

    Saya pengguna S21 ultra secara hrganya lebih mahal dri yg S20 ultra (dlu punya trus hilang dicuri) yg sya anggap kualitas dan mutunya lebih bagus S21, ternyata mengecewakan hsil kameranya msih lebih bgus S20 ultra.. slah sya jga sich tidak browsing dlu..!! Hehehe..
    Tpi setelah sya baca komentarnya ngeri jga ya klo pake S20 ultra

  • 3 Mei 2022 - (05:37 WIB)
    Permalink

    Lah lah lah baru tau apa gimana yak? Gw pas awal pindah make Amoled Note 8 Samsung Gitu Juga, Awalnya Dibilang Abis Kena Nyemplung Kolam Renang Ganti LCD Abis 3.2jt yang “KATANYA” Udah Punya Sertifikat IP67 atau berapa gitu, eh Gk Lama Selang Berapa Bulan Muncul Masalah Baru Ada Bayangan alias Shadow, Gw Baca2 Ternyata Memang Penyakitnya Amoled Begitu, Abis Itu Udah Kapok Mending Make Layar IPS Xiaomi atau Retina Display Iphone.

  • 3 Mei 2022 - (06:01 WIB)
    Permalink

    Samsung seri S20 sepertinya memang ada masalah layarnya dari pabrik, maklum generasi awal layar amoled 120 Hz. Kebanyakan keluar garis hijau setelah update OS, dan ini banyak yang kena bukan hanya 1-2 orang, silakan cek grup samsung S20. Servis Center dengan gampangnya bilang ini kesalahan user dan meminta ganti layar (plus baterai juga) yg harganya 3 jutaan keatas. Setahu saya samsung tidak pernah mengakui defect di kualitas layarnya. Saran saya buka PETISI saja, kumpulkan korban yg bernasib sama dan himpun kekuatan, buat viral biar samsung buka mata. Jengah jg saya lihat seri flagship diperlakukan kayak gini, harganya pas beli diatas 10jt an. Tapi kualitasnya payah. Produsen mobil kalau menemukan masalah pada produknya pasti melakukan recall untuk menjaga nama baik brandnya.

  • 3 Mei 2022 - (08:43 WIB)
    Permalink

    Pengalaman d bulan april 2022 ini produk s21+ saya padam tanpa sebab lalu complaint ke samsung service center, kenapa layarnya padam dan harus ganti 2jtaan setelah di terima complaint saya, dari pusat samsungnya mau mengganti lcd yg 1 paket dengan batrynya dan hanya membayar 200rbuan sebagai tanggung jawab mereka, dan sebelum d post bagusnya langsung complaint ke service samsungnya, semoga membantu ?

  • 3 Mei 2022 - (11:12 WIB)
    Permalink

    Itu juga terjadi pada s20 plus saya. Saya harap Samsung bisa kasih potongan harga buat ganti LCD khusus buat s20 plus. Saya sangat kecewa . Harap pihak samsung berikan tanggapan !!!

  • 3 Mei 2022 - (14:41 WIB)
    Permalink

    Saya sdh lama menggunakan samsung, dari note 1 sampai note 20, blm pernah ada masalah layar, memang gak bisa disamaratakan, semua tergantung pemakaian, misal apakah dicharge dgn charge resmi?, apakah dicharge sambil hidup hpnya, apakah sering tertekan seperti masuk kantong atau masuk tas dan terhimpit benda lain, mungkin samsung lbh ringkih dibanding hp lain, namun kualitas layarnya jg lbh bagus dr hp lain. Semua tergantung pilihan dan cara pemakaian. Kalo mau awet ya hati2 makainya. Dan disarankan kalo beli samsung beli dr baru di samsung center …

  • 4 Mei 2022 - (13:46 WIB)
    Permalink

    Udah lah lupain ponsel besutan samsung. Saya bukan pengguna samsung tapi sering beli buat sekedar test aja.

    Dari pengalaman dan test saya, Performa Ponsel android terburuk yang saya alami hanya brand samsung. Di banding seperti xiaomi urusan performa samsung kalah jauh meskipun sama-sama snapdragon.

    S20+ sama mi10 saya performa mi10 jauh di atas angin lebih tahan buat game.

    Produk ponsel android dari samsung ibarat hanya cocok buat foto saja. Karena dari performa tidak sebanding dengan harga menurut saya.

    Sebenarnya percuma juga ngeluh di forum maupun media, samsung indonesia tidak mungkin bisa menyalurkan ke samsung pusat untuk memperbaiki kualitas.

    Saran brand dengan performa bagus terjangkau

    – Xiaomi
    – Oppo
    – Next nokia

  • 6 Mei 2022 - (01:07 WIB)
    Permalink

    Saya user samsung S series sejak 2013 menggunakan s3 mini, upgrade terus tiap tahun sampe detik ini masih di s21u akan berniat ganti ke s22u, sejauh yang saya gunakan, aman selalu tidak pernah ada masalah.

    saran dari saya jika ingin beli bekas. Sebelum membayar.tekan pakai tenaga seluruh bagian atas layar kiri kanan tengah. Jika ada yg mencurigakan. Jangan dibeli.
    Sebenernya beli bekas ataupun baru itu sama saja, karena jika barang bekas yg dibeli sudah dalam keadaan rusak ( minus ) biasanya waktu pengecekan detail pasti akan kliatan. Ada hal² mencurigakan yang sebenarnya gampang bisa diliat. Entah itu dari bacdoor yg mulai terbuka atau hal hal mencurigakan lainnya. Jadi jika ingin membeli samsung atau apapun hp nya.

    Jika merasa ada yang ganjil atau kurang meyakinkan atau kondisi lecet yg cukup parah
    Mending gak usah jadi dibeli, daripada beresiko

  • 7 Mei 2022 - (04:25 WIB)
    Permalink

    Saran saya, dengan tidak mengurangi rasa hormat, sesuaikan harga gadget yg ingin di beli dengan kantong…jangan memaksakan.

    HP adalah barang produksi masal, yg meskipun ada QC, tidak mungkin 100% dilakukan…biasanya hanya sample dari tiap batch produksi. Jadi tingkat kesalahan QC kurang lebih 1% -10%…..
    Jadi jika misalkan Samsung memproduksi 10jt S20 series, kemungkinannya 100rb – 1jt unit ada kerusakan…biasanya jauh lebih rendah, Ini hanya perkiraan ekstrim. Cacat produksi selalu ada di proses manufacturing produk apapun.

    Nah, saya pengguna produk Samsung juga & saya menggunakan Galaxy Note 4 selama 6 tahun tanpa masalah…cuma paling tambah lemot saja (apps di upgrade makin berat, hardware tetap), penyakit Amoled ada…Screen Burnout level menengah. Tapi unitnya masih berfungsi hingga skrg. Saat ini saya pakai Galaxy Note 20 Ultra & juga tanpa masalah.

    Point nya, mungkin saja produk yg kita beli cacat produksi, karena itu sesuaikan kemampuan kantong dengan gadget yg diinginkan. Jika kita memaksakan & dapat yg cacat produksi akan membuat rasa kecewa makin berat…

  • 9 Mei 2022 - (09:43 WIB)
    Permalink

    Setau saya, penyakit di galaxy S series itu emang dilayar amoled nya kebanyakan, tapi anehnya pengguna galaxy A series/J series yang sama² pakai layar amoled malah jarang terdengar kalau ada masalah dilayarnya

  • 7 Oktober 2022 - (17:09 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami layar hijau vertikal di Samsung S20+, setelah update software muncul garis hijau terang di layar. Unit tidak pernah jatuh atau terbentur. Kebetulan garansi baru habis 1 bulan. Setelah browsing di forum komunitas samsung, baru tahu kalau ternyata serie S 20 ini penyakitnya di garis hijau dan kebanyakan setelah proses update software.

    Sudah kontak SSC, garansi habis 3 bulan lalu, dan solusi dari SSC hanya sebatas ganti LCD.

 Apa Komentar Anda mengenai Samsung S20+?

Ada 81 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan Samsung Seri S20+, Harga Mahal, Kualitas Tidak Sebanding…

oleh Nirmala dibaca dalam: 1 menit
81