Akun Kredivo Diretas, tapi Kredivo Tetap Menuntut Pembayaran

Pada tanggal 11 April 2022, akun Kredivo saya diganti PIN oleh orang tidak dikenal dan orang tersebut langsung melakukan transaksi di Sepulsa sebesar Rp1,4 juta. Notifikasi masuk pukul 11 malam. Saya kaget karena merasa tidak melakukan transaksi tersebut.

Saya tidak pernah mendapat telepon, SMS,WA, ataupun link yang saya isi terkait pemberian data ke orang lain. Tentunya kronologi ini sudah saya sampaikan kepada pihak CS Kredivo.

Malam itu juga, saya langsung lapor ke CS Kredivo via online, tanpa ada respons. Besoknya saya langsung menuju kantor Kredivo dan melaporkan kejadian tersebut ke CS. Laporan masuk dan saya disuruh menunggu 6 hari. Selang beberapa hari, masuk email yang menyatakan bahwa saya membocorkan data pribadi dan tetap harus membayar tagihan tersebut.

Saya selalu berkomunikasi via email, tapi tampaknya hanya robot yang membalas. Tanggal 10 Mei 2022, saya datang lagi ke kantor Kredivo. Namun masih belum ada solusi dan saya diharuskan membayar.

Apakah begitu lemah keamanan dari pihak Kredivo? Setiap saya datang ke kantor Kredivo, banyak juga konsumen mengalami hal yang sama. Pada akhirnya saya berasumsi apakah ada keterlibatan pihak internal yang bisa dikatakan “oknum”? Mengingat begitu mudahnya keamanan akun Kredivo ini dibobol. Dengan banyaknya konsumen Kredivo yang mengalami masalah serupa, apakah Kredivo tetap tutup mata dan mengambil keputusan sepihak dengan membebankan transaksi fiktif tersebut ke konsumen?

Pihak Kredivo yang diwakili oleh CS sangat tidak membantu dalam menyelesaikan masalah saya. Saya tidak akan membayar sepeser pun atas transaksi yang tidak saya lakukan. Sebagai pengingat, saya sudah menyelesaikan transaksi real saya terdahulu sebesar Rp200 ribu sebelum jatuh tempo.

Mengingat ini berhubungan dengan BI checking (SLIK OJK) dan hutang, saya harap pihak Kredivo bisa melakukan komunikasi dua arah dengan saya sebagai konsumen dan menyelesaikan permasalahan ini. Saya tunggu itikad baik dari pihak Kredivo, yang dari awal tidak pernah mau menelepon untuk menyelesaikan masalah saya.

Terima kasih.

A. Indra Kurniawan
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Kredivo atas Surat Bapak A. Indra Kurniawan

Sehubungan dengan keluhan dari Bapak A Indra Kurniawan di Mediakonsumen.com tanggal 12 Mei 2022 yang berjudul “Akun Kredivo Diretas, tapi...
Baca Selengkapnya

40 komentar untuk “Akun Kredivo Diretas, tapi Kredivo Tetap Menuntut Pembayaran

  • 12 Mei 2022 - (15:53 WIB)
    Permalink

    “Saya tidak pernah mendapat telepon, SMS,WA, ataupun link yang saya isi terkait pemberian data ke orang lain. Tentunya kronologi ini sudah saya sampaikan kepada pihak CS Kredivo.”

    bukan tidak percaya, namun di dunia sekarang memang lebih mudah untuk membuktikan bahwa anda melakukan sesuatu, daripada membuktikan bahwa anda tidak melakukan sesuatu

    karena call log, sms, wa dan browser history tentunya bisa dihapus semua, bukti anda tidak melakukan hal itu sangat lah lemah

    disisi lain, bukti kredivo apa untuk anda melakukan pemberian data? ya bener nya pastinya tidak ada, tapi mereka tidak mungkin mengakui sistem mereka diretas(apabila memang terjadinya seperti itu), apalagi mengakui bahwa ada oknum internal,
    karena kepercayaan akan langsung turun, investor buru2 tarik uang, dan semua pengguna akan meninggalkan

    lebih mudah bagi kredivo untuk hanya menyatakan anda memberikan data pribadi(yang jelas anda akan sangat susah membuktikan anda “TIDAK” melakukan itu)

    pengamatan saya, selain kontak dari sms,wa, telp, link dll ada banyak cara untuk meretas sebuah akun, seperti intercept SMS yang masuk, social engineering dll

    13
    3
    • 12 Mei 2022 - (16:46 WIB)
      Permalink

      lebih mudah bagi kredivo untuk hanya menyatakan anda memberikan data pribadi(yang jelas anda akan sangat susah membuktikan anda “TIDAK” melakukan itu)

      ya ini memang statement yang dikemukakan. tapi yang terjadi pada saya adalah hal pertama adalah pergantian PIN dan setau saya kalo ingin berpindah device maka device yg lama harus di unlinked, sementara saya tidak pernah melakukan unliked device sama sekali.
      Tentunya kalo membahas hal teknis pasti akan timbul perdebatan, maka dari itu saya dan beberapa pengguna kredivo yang mengalami nasib yang sama ingin membuka komunikasi dua arah apalagi tagihan dan denda terus berjalan karena keputusan sepihak dari pihak kredivo yang tetap ingin tagihan dibayarkan

      7
      1
      • 26 Agustus 2022 - (21:51 WIB)
        Permalink

        Jd gimna keadaan skrng bg?, Apkah dituntut ke pengadilan atau gmna bg?, Dan solusinya bgaimna bg yg sama nasibnya bgtu?

        • 15 Februari 2023 - (23:32 WIB)
          Permalink

          Saya juga kejadian baru kemarin ada wa masuk tanya bagaiman ini pertanggung jawaban nya selama 4 bulan tidak bayar tagihan nya.tidak saya respon dong karna saya tidak tahu itu dari siapa.lalu dia ada wa lagi tadi malam saya tanya lagi siapa masih tidak dijawab dia siapa? Kata nya saya bakal tahu kalau sudah dapat surat panggilan sidang.saya tanya sidang apa? Malah dijawab saya pura pura lupa hutang saya.dn kebetulan tadi buka email.di email ada rincian tagihan kredivo saya tidak merasa melakukan transaksi pas mau masuk ke akun kredivo saya malah tidak bisa.

    • 14 Mei 2022 - (17:46 WIB)
      Permalink

      Saya pun selaku nasabah mengalaminya sudah hampir setahun kejadiannya dan keamanan akun nasabah di kredivo mudah di bobol oleh pelaku yang tak bertanggung jawab

      • 17 Mei 2022 - (14:13 WIB)
        Permalink

        terima kasih komentarnya pak, semoga masalah yang terjadi dengan banyak orang ini bisa selesai

  • 12 Mei 2022 - (16:44 WIB)
    Permalink

    Selalu ada sebab & akibat. Coba ingat-ingat apa yang anda lakukan sebelum akun anda diretas? Kalau memang anda tidak melakukan hal aneh, coba telusuri data akun kredivo anda pernah disimpan dimana, pastikan anda tidak menginstall aplikasi mencurigakan di hp anda. Semoga masalah ini cepat selesai.

  • 12 Mei 2022 - (17:15 WIB)
    Permalink

    Luar biasa akun kredivo dibobol
    — padahal keamanan kredivo berlapis
    — biasanya pergantian no telp pasti SMS
    Terlebih dahulu kenoterdaptar
    — dan kalaupun pindah device akan ada pemberitahuan SMS atau Gmail
    — buat laporan pak kepihak berwajib pk
    Ini sudah kriminal pak
    Semoga bisa terselesaikan masalah ini

    14
    • 13 Mei 2022 - (18:51 WIB)
      Permalink

      ya saya menceritakan kronologi apa yg saya alami dan memang tidak semua kasus saya bisa share disini mengingat saya lebih fokus ke permasalahan saya sendiri.mudah2an jika bapak memiliki akun, bapak jangan sampai mengalami masalah seperti itu.

  • 12 Mei 2022 - (20:42 WIB)
    Permalink

    Laporkan ke kepolisian pak.. Biasanya jika sudah ranah hukum, akan jadi perhatian untuk kredivo nya. Mengenai Tuntutannya serahkan ke kepolisian saja, karena mereka yg mengerti. Saya juga pengguna kredivo lama, sangat jadi perhatian buat saya dan pengguna yg lain. Mohon di share jika ada tindak lanjutnya yah pak. Biar saya sebagai penggunapun akan sangat berhati-hati di kemudian hari. Btw, alamatnya kredivo dmn pak? Salam sehat selalu untuk Bapak dan keluarga yah.. Semoga masalahnya cepat terselesaikan..

    10
    • 13 Mei 2022 - (06:12 WIB)
      Permalink

      saya juga sudah lumayan lama menggunakan kredivon dan memang baru sekarang saja ada masalah seperti ini.terima kasih sarannya pak dan semoga masalah ini bisa cepat selesai

    • 13 Mei 2022 - (06:15 WIB)
      Permalink

      hak masing masing orang untuk percaya atau tidak pak. saya pun tidak mau menggiring opini negatif..tapi ada beberapa orang mengalami masalah yang sama. Komentar ibu yanti dibawah pun mengalami hal yang sama.

      2
      2
  • 12 Mei 2022 - (22:10 WIB)
    Permalink

    Saya pengguna kredivo, mau ganti pin untuk jaga2 malah gak pernah berhasil terus padahal semua data sudah terisi dengan benar, mungkin ini salah satu perlindungan kredivo terhadap penggunanya.

    2
    1
  • 12 Mei 2022 - (22:39 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah mengalami hal yg sama..tiba² ada sms dari kredivo ganti pin pas saya ganti ternyata pin saya di ganti melalui hp vivo..dan menurut saya pasti ada oknum atau mgkn bisa saja ada unsur pembiaran..sudah banyak akun yg kena tapi kredivo tdk berbenah..untung limit nya kecil,..dan pas saya komplain no respon,..dan si bang..t kolektor meneror dgn bahasa yg kurang ajar..minta dibayar..dgn tdk ikhlas saya bayar dan akhirnya saya tutup dari pada mendatangkan masalah lagi..dgn sekian banyak kasus sudah waktu kredivo di laporkan kredibilitas nya kalau tidak akan banyak lagi korban²..dan sebenarnya pelaku² yg meretas bisa dilacak kepolisian karna mereka isi pulsa dari e-commerce..

  • 12 Mei 2022 - (23:22 WIB)
    Permalink

    Jalan satu2nya biar ini tdk terjadi lg terhadap yg lainnya, uninstal aplikasi2 pinjol dan hapus data2 kalian.

  • 13 Mei 2022 - (04:05 WIB)
    Permalink

    Kalau belum ada laporan polisi mah tetep kita yg bayar bro, lapor ke polisi baru ke kredivo nanti akun di non aktifkan permanen, terus di selidiki sama pihak kredivo, tapi hati2 kalau di cek ip ternyata teman atau keluarga yg nyuri, kita harus yg bayar

  • 13 Mei 2022 - (07:39 WIB)
    Permalink

    Pelajarannya… gak usah pojok lagi dan hapus pinjol dari negeri ini… begitu banyak perampok yang bersembunyi di balik pinjol…..

  • 13 Mei 2022 - (09:35 WIB)
    Permalink

    Bnyk oknum orang dalam yg bermain di pinjaman online,jadi siapa yg baru minjam juga tau dan ada pesan melalui email kalau pinjaman yg baru di pinjam sebesar sekian dia tau dan suruh transfer balik ke rekening pribadi karena double transfer alasan nya,jadi oknum penjahat itu lah yg membocorkan data data nasabah ,gak mungkin gak ada orang dalam data bisa bocor,karena kasus oknum yg kerja di Telkomsel juga membocorkan data seseorang ke orang lain dan dikasuskan,karena kecurigaan orang dalam dan ternyata terbukti!!

    • 14 Mei 2022 - (16:40 WIB)
      Permalink

      semua hal bisa jadi mungkin pak..makanya perlu ada investigasi lebih dalam mengenai kasus yang terjadi ke pengguna fintech apalagi kasus yang terjadi bersamaan dengan modus yang sama

    • 13 Mei 2022 - (18:57 WIB)
      Permalink

      Makanya di surat yang saya tulis saya gunakan kata “oknum” yang tentunya luas definisinya. terima kasih atas komentarnya pak

  • 13 Mei 2022 - (14:07 WIB)
    Permalink

    Banyak orang yg lapor ke mediakonsumen bahwa akun Kredivo/Akulaku/dll mereka di blokir sepihak, dan pengguna complain marah2 ke pihak Kredivo/Akulaku/dll… Padahal itu salah satu tindakan pencegahan diretasnya akun pengguna.. Kasus di atas ini lah salah satunya yg lolos dari sistem blokir Kredivo dan akhirnya terjadi peretasan..

  • 13 Mei 2022 - (14:48 WIB)
    Permalink

    Mungkin ada perangkat yang belum ke unlink kak,,sebab saya pernah tapi begitu masuk notif kredivo langsung saya blok via CS walaupun biaya telp sedikit lebih mahal.semoga segera terselesaikan dengan baik.

  • 13 Mei 2022 - (17:32 WIB)
    Permalink

    Coba bapak buka web ojk,disitu ada menu laporan,dan juga ada kontak email untuk pelaporan. Saya pernah melakukan pelaporan ke Akulaku melalui menu tersebut+saya kirim email juga ke kontak email pengaduan ojk (saya cc juga ke kontak email pengaduan kemenkeu,bisa lihat di web kemenkeu), dijamin mereka akan bergerak cepat karena langsung dipantau,dan jangan lupa cek juga SLIK OJK dan minta penyelesaian ke OJK jika ternyata nyangkut di SLIK OJK. Kalo memang oknum yang bermain,mudah-mudahan ketauan dan ada tindakan tegas karena melalui pelaporan resmi via ojk+kemenkeu.

    • 14 Mei 2022 - (07:24 WIB)
      Permalink

      Memang gitu pak kredivo, say jg jd korban, pdhl saya setiap bln byr lancar gk pernah telat, eh ada yg bobol buat beli pulsa hampir 1 jt, hebat nya dia bisa bobol via email, sms, hp jg saya terus yg bawa, ktk saya komplain ke kredivo mereka lepas tangan, dan ini sdh saya duga sebelumnya, sdh saya niat in buat gk byr krn saya tdk merasa melakukan transaksi, eh ditagih terus sama collector sambil nada keras pdhl sdh sy sampaikan klo bkn sy yg melakukan transaksi, malah tlpn keluarga jg, ywdah malah dibyr sama istri saya ??‍♂️

      • 14 Mei 2022 - (16:42 WIB)
        Permalink

        ya trima kasih udh share pengalaman yg sama pak, memang korban seperti ini sudah sangay banyak pak

  • 15 Mei 2022 - (11:52 WIB)
    Permalink

    saya juga pengguna kredivo, kalo menurut saya keamanan nya cukup ketat. soalnya hanya bisa di gunakan di 1 perangkat saja. dulu teman saya kena retas saat dia di tipu oleh orang yg mengaku dari akulaku. klo akulaku masih bisa di buka lebih dari 1 perangkat. artinya keamanannya lebih lemah lagi. tapi semoga kasusnya cepat clear ya.

    • 15 Mei 2022 - (23:05 WIB)
      Permalink

      Saya juga pernah mengalami hal seperti itu limit 1jt lebih abis diambil buat beli pulsa. Trus langsung saya call customer servicenya suruh nunggu 7hari kerja, dan akan diinfokan lewat email, dan ternyata saya tetep harus bayar. Dan sampai sekarang saya gak bayar bodo amat, datang ia datang aja kalo ada kolektor nya tetep saya ga bayar. Akhirnya mereka capek sendiri dan blok akun kreditvo saya. Paling wa n call terus menerus selama 2 / 3 bulan saya abaikan aja. Capek sendiri ntr. Ga usah dibayar bodo amat..

      • 16 Mei 2022 - (05:33 WIB)
        Permalink

        ya terima kasih komentarnya pak, bertambah bukti bahwa saya tidak sendiri mengalami kejadian ini

      • 5 Juli 2022 - (15:16 WIB)
        Permalink

        Ini terjadi juga kepada saya, baru daftar akun kredivo, baru download belum sehari tiba² ada notif transaksi berhasil melalui tokopedia, perasaan aku g punya akun tokped, auto panik dan kaget lah. Gmana g kaget perasaan g transaksi apapun tiba² ada notif, apalagi jumlahnya sekutar 3jt, transaksi berhasil tanpa ada kode OTP. Udh laporan tapi hasilnya nihil, dari pihak CS g bertindak apa² hanya ngirim gmail yg isinya sama sperti korban² sebelumnya, mau g mau tetep aja g bakal aku bayar, siapapun yg akan datang tetep aja aku lawan. Dasar akun sampah. Untuk kawan² yg lain, jauh² dah dgn akun² pinjol, lebih baik hati-hati.

 Apa Komentar Anda mengenai Kredivo?

Ada 40 komentar sampai saat ini..

Akun Kredivo Diretas, tapi Kredivo Tetap Menuntut Pembayaran

oleh damhca dibaca dalam: 1 menit
40