Transaksi di Tokopedia yang Sudah Dibayar Hilang dan Tidak Tercatat di Sistem Tokopedia

Pada hari Rabu, 25 Mei 2022 pukul 06.05 WIB, saya mau membeli susu UHT mimi kids ultra coklat di Tokopedia. Semua proses saya sudah lakukan, sampai dengan pembayaran sebesar Rp219.000 (2 box susu mimi kids ultra coklat dan ongkir) via debit rekening Bank Muamalat dari HP. Sebelumnya saya telah menerima OTP dari bank untuk pembayaran transaksi saya via SMS HP dan saya dapat konfirmasi pembayaran berhasil.

Namun saya kaget, karena saat saya memantau status pesanan saya, transaksi yang sudah saya bayar tidak tercatat di sistem Tokopedia. Lalu saya cek di daftar transaksi juga tidak ada. Saya cek di pilihan menunggu pembayaran pun tidak ada. Bahkan barang-barang yang sudah dibayar kembali ke keranjang juga tidak ada. Sedangkan saat saya cek mutasi rekening saya via mobile banking, sudah terpotong sebesar Rp219.000.

Langkah yang sudah saya lakukan terkait permasalahan ini:

  1. Menghubungi call center Bank Muamalat untuk memastikan kembali apakah rekening saya sudah terdebit. Ternyata memang sudah terdebit masuk ke Tokopedia. Karena saya pakai debet rekening, jadi tidak ada nomor resi transaksi.
  2. Menghubungi Tokopedia Care terkait transaksi aneh saya ini. Namun pihak Tokopedia bilang uangnya belum masuk ke Tokopedia. Padahal sama seperti yang sudah-sudah, untuk pembelian di Tokopedia pembayarannya langsung masuk ke rekening Tokopedia.

Saya harap agar pihak Tokopedia diusut serius, apakah ada pihak/oknum yang menyalahgunakan akun Tokopedia? Karena kejadian ini juga sudah terjadi sebelumnya, tapi status yang saya lihat tidak ada tindak lanjut dari Tokopedia.

Mohon ini jadi masalah serius yang harus diperbaiki pihak Tokopedia, agar tidak ada lagi konsumen yang dirugikan dan menjaga agar konsumen tidak kapok belanja di Tokopedia.

Lerika Wizanna Sari
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Tokopedia:
[Total:24    Rata-Rata: 2.3/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

17 komentar untuk “Transaksi di Tokopedia yang Sudah Dibayar Hilang dan Tidak Tercatat di Sistem Tokopedia

  • 26 Mei 2022 - (13:04 WIB)
    Permalink

    Kok bisa yah, transaksi hilang tanpa jejak begitu? Apakah gak ada notifikasi email-nya juga? 🤔

      • 26 Mei 2022 - (19:17 WIB)
        Permalink

        Iya betul, aneh bngt. Tdk seperti biasanya, tp saya jg pernah baca di media konsumen kl tdk salah 1 atau 2 thn lalu kasusnya sama seperti saya di toko yg sama

        • 27 Mei 2022 - (10:08 WIB)
          Permalink

          saya pernah. tp dr jenius. udh terpotong tapi dr toped nya bmm masuk. Jadi kejadian pas isi jam 23.57 an. kaya pas pemeliharaan sistem gitu. skitar 3hari- 1mggu kemudian duitnya balik karna ada koreksi di jenius nya. sempet bolak balik email dr jenius dan bukti di toped belum terima uangnya sih.

    • 26 Mei 2022 - (19:14 WIB)
      Permalink

      Nah itu, biasanya sth kita selesai bayar khan ada emailnya. Ini tdk ada sama sekali konfirmasi pembayaran sukses via apa nya

    • 26 Mei 2022 - (21:50 WIB)
      Permalink

      Kl kita belanja online pd saat bayar khan ada pilihan cash, gopay, debet rekening, virtual bank atau kartu kredit. Nah masing2 toko online mereka sdh rancang di sistemnya spy otomatis masuk ke rekening toko online itu. Kmrn kebetulan sy pakai debet rekening, sblmnya sdh ada OTM dari bank utk nomor pembayarannya via SMS, dan di SMS itu jelas tertulis pembayaran ke Tokopedia

  • 26 Mei 2022 - (23:24 WIB)
    Permalink

    Kalo dari pengalaman saya pakai kartu debit sih ini kesalahan pihak bank, tp tenang aja sih pasti dalam waktu kurang dari 14hari dana bakal balik, dulu saya jg pernah kaya gitu, transaksi udah berhasil/udah kepotong saldo tapi status d tokped belum terbayar.. alhasil saya hubungi pihak bank untuk melakukan sanggahan transaksi, dan uang dikembalikan.

  • 27 Mei 2022 - (08:27 WIB)
    Permalink

    Yahh bank muamalat. Saya pake bca yg dah terkenal ga pernah bikin masalah dah 5 tahun sering belanja pernah pake transfer. Pake bank yg sudah benar2 bagus dan banyak nasabahnya. Pakai bank yg benar2 terbaik. Dan banyak atm nya

    • 27 Mei 2022 - (13:58 WIB)
      Permalink

      Oh gitu ya, sy jg sdh lapor ke pihak banknya. Katanya lg dilakukan pengecekan uangnya masuk kemananya. Semoga saja nanti ada solusi terbaik dari bank sama sprti pak Firman

  • 27 Mei 2022 - (08:51 WIB)
    Permalink

    Coba cek di Menu Saya letaknya ada di halaman home terus klik pojok kanan atas yg tiga garis apakah ada transaksi disitu.

  • 31 Mei 2022 - (02:12 WIB)
    Permalink

    Tolong toped jawab juga yang ini . Persis kejadiannya sama dengan saya 4 minggu lalu, ada transaksi tapi tidak ada di history transaksi yang berhasil (pembelanjaan), jadi ga bisa print untuk bukti di laporan keuangan. sudah dilaporkan juga masih tidak bisa kelar kelar. butuh waktu lebih dari 1 minggu baru bisa di recover. Kalo di ngomongin ke TopedCare, operartornya ngeyel, selalu minta di screenshot. Kesel kesel saya juga minta screnshot nya toped bahwa itu ada di system toped. Dan di katakan di system toped memang ada. Lha saya bilang berarti ada dua system yang ngatur dong. Di kantor toped bisa ada, di saya kenapa tidak ada. Ngeri belanja di Toped. Berarti bisa yang otomatis bisa dimanualkan oleh operator siapa saja.

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia?

Ada 17 komentar sampai saat ini..

Transaksi di Tokopedia yang Sudah Dibayar Hilang dan Tidak Tercatat di…

oleh lerika dibaca dalam: 1 menit
17