Kecewa dengan JD.ID dan Buruknya Pelayanan Asuransi Qoala

Saya adalah pelanggan setia JD.ID, khususnya untuk pembelian barang elektronik. Setiap kali melakukan transaksi, selalu di-cover dengan asuransi yang disediakan oleh JD.ID, yaitu asuransi Qoala.

Karena satu dan lain hal, saya mengajukan klaim atas polis SFP12-006-031221-1D6D4 ke asuransi Qoala untuk TV yang saya beli di JD.ID (nomor pesanan 1078320917). Klaim diajukan karena kerusakan tidak disengaja yang menyebabkan kerusakan di atas 85%. Sehingga dari pihak asuransi Qoala solusinya dengan melalukan penggantian dengan cara reimbursement.

Klaim disetujui oleh pihak Asuransi Qoala pada tanggal 17 Maret 2022 dengan cara reimbursement/penggantian biaya, yaitu saya harus melakukan pembelian unit/TV baru tidak lebih dari 30 hari kalender melalui JD.ID dengan dana sendiri, untuk kemudian dananya diganti oleh pihak Asuransi Qoala (nomor klaim C-220308-SFP12006-DVEXU).

Saya pun bergegas melakukan pembelian unit/TV baru di JD id (nomor pesanan 1093485985), untuk kemudian hardcopy invoice pembelian TV tersebut diserahkan ke pihak Asuransi Qoala. Pada tanggal 5 April 2022 hardcopy invoice tersebut telah diterima pihak Asuransi Qoala dan saya pun dijanjikan bahwa prosedur pengembalian dana akan dilakukan dengan estimasi 14 hari kerja.

Namun sampai dengan surat ini dibuat dan setelah semua prosedur dijalani, dana reimbursement yang dijanjikan akan diterima pada tanggal 26 April 2022 belum saya terima sama sekali dari pihak Asuransi Qoala (malah telah lewat 30 hari kalender). CS Asuransi Qoala, tiap kali saya minta konfirmasi, selalu beralasan masih menunggu konfirmasi dari tim terkait (finance) dan terus meminta kesediaan saya untuk menunggu.

Karena Asuransi Qoala merupakan asuransi yang disediakan dan ditunjuk oleh pihak JD.ID, maka permasalahan ini pun saya sampaikan ke pihak JD.ID, pada tanggal 14 Mei 2022. Dengan harapan pihak JD.ID bisa meneruskan maupun menengahi permasalahan ini ke pihak Asuransi Qoala.

Namun nyatanya JD.ID pun seakan lepas tangan dan membuat saya kecewa, sama seperti halnya CS Asuransi Qoala. CS JD.ID juga meminta saya untuk menunggu sebagaimana konfirmasi dari pihak Asuransi Qoala, meskipun telah jatuh tempo. Selain kecewa, tentunya hal ini membuat saya sedikit banyak ragu untuk berbelanja kembali di JD.ID, bila di-cover asuransi yang disediakan JD.ID.

Demikian surat terbuka ini saya sampaikan, dengan harapan pihak Asuransi Qoala dapat segera mencairkan dana reimbursement yang menjadi hak saya dan pihak JD.ID pun ikut andil dalam membantu permasalahan ini.

Terima kasih Media Konsumen.

Mochamad Rafiuddin
Tasikmalaya, Jawa Barat


Update (1 Juni 2022): Surat pembaca di atas juga mendapat tanggapan dari pihak Qoala sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Asuransi Qoala:
[Total:4    Rata-Rata: 3.3/5]
Tanggapan JD.ID atas Surat Pembaca Rafi

Menanggapi surat keluhan yang ditujukan kepada kami oleh konsumen atas nama Rafi pada hari Kamis, 30 Mei 2022 lalu di...
Baca Selengkapnya

Satu komentar untuk “Kecewa dengan JD.ID dan Buruknya Pelayanan Asuransi Qoala

 Apa Komentar Anda mengenai Asuransi Qoala?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan JD.ID dan Buruknya Pelayanan Asuransi Qoala

oleh Rafi dibaca dalam: 2 menit
1