Selisih Kelebihan Pembayaran Ongkir SiCepat Seharusnya Dikembalikan atau Direlakan?

Mohon tanggapan dari pihak SiCepat, terkait selisih biaya kirim yang dibayarkan, seharusnya bisa di-refund, atau dianggap uang hilang? Karena kalau barang lebih berat, kurir pun akan menelepon untuk minta bayar kekurangan. Maka logikanya, kelebihan bayar harusnya juga dikembalikan.

Nomor resi kirim: 000834108571,  pengiriman dari Jakarta ke Surabaya, dengan sistem pengiriman order via SiCepat Klik, yaitu fitur dari SiCepat dimana kita bisa self service order dengan layanan via WhatsApp.

Order dilakukan oleh saya, dengan estimasi berat dan dimensi produk berdasarkan estimasi dari pengirim di Jakarta. Ketika produk diterima, label pengiriman barang menunjukkan terdapat biaya dan berat barang yang lebih kecil daripada yang saya bayarkan. Saya sudah berdiskusi dengan pihak SiCepat, tapi jawabannya selalu “akan diteruskan ke pihak terkait”.

Berikut saya lampirkan bukti pembayaran adalah sebesar 32 Kg, biaya pengiriman Rp160 ribu + asuransi Rp25 ribu, total pembayaran adalah Rp185 ribu + Rp20 ribu uang deposit melalui OVO.

Tulisan berat barang dan biaya paket dari si cepat

Berdasarkan pengecekan di website maupun stiker pada body barang, dinyatakan barang berat 26 Kg, dengan biaya Rp130 ribu + asuransi Rp25 ribu, total biaya Rp155 ribu. Sehingga ada selisih Rp30 ribu pada ongkos yang dibayarkan.

Mohon maaf saya harus membuka surat di Media Konsumen, karena saya kesulitan hubungi pihak SiCepat setelah beberapa lama kontak jawabannya muter-meter dan tidak ada solusi.

Budianto Liwang
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai SiCepat Ekspres:
[Total:49    Rata-Rata: 1.5/5]
Tanggapan SiCepat Ekspres atas Surat Bapak Budianto Liwang

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Budianto Liwang dengan judul “Selisih Kelebihan Pembayaran Ongkir SiCepat Seharusnya Dikembalikan atau Direlakan?“,  kami...
Baca Selengkapnya

19 komentar untuk “Selisih Kelebihan Pembayaran Ongkir SiCepat Seharusnya Dikembalikan atau Direlakan?

    • 15 Juni 2022 - (11:53 WIB)
      Permalink

      Kan sudah ditulis, berat yg dibayar 32kg, tp ternyata berdasarkan label hanya 26kg…
      Dibaca dulu atuh…

      • 15 Juni 2022 - (13:08 WIB)
        Permalink

        paket anda 32kg yg pasti bayar 32kg. soal resi 26/27kg itu internal sicepat. sy juga perna alami paket 40kg y bayar 40kg masuk resi 35kg buyer komplen ongkir sy suruh hitung berat kgnya. yg penting paket aman sape dgn selamat. jika anda sbgai expedisi berat 32kg byr 26kg mau gk? ni bukan cuman sicepat az. semua expedisi juga sprti itu. contoh cargo max 30kg paket anda berat 25kg pasti d masukan 30kg.

        2
        6
  • 15 Juni 2022 - (15:30 WIB)
    Permalink

    Bayarnya langsung ke si cepat? tagih kelebihan ke si cepat.
    kalau saya belanja di tokopedia jika ongkir yang saya bayar lebih banyak dari ongkir aktual, saya selalu menagih kelebihan ke CS tokopedia dan selalu dikembalikan meski nominal tidak sampai 5000.

    • 15 Juni 2022 - (18:43 WIB)
      Permalink

      bayarnya langsung ke si cepat kak, sdh coba kontak si cepat, susah banget. Mau tlp atau email semua jawabnya sama aja, diteruskan ke pihak terkait, thanks reply nya

      3
      1
  • 16 Juni 2022 - (00:48 WIB)
    Permalink

    semoga aja bisa balik ya pak, itu beneran 32kg di timbangya? ko bisa dr sicepat cuma 26kg saja.

    biasanya sih engga bisa balik karena harga sudah final internal yg biasanya cek ylang.

  • 16 Juni 2022 - (04:52 WIB)
    Permalink

    Sy msh agak tdk mengerti dgn sistem yg begini. Bukannya kalau berat suatu paket itu yg nentuin penjual ya? Apa penjualnya sicepat?

    • 16 Juni 2022 - (08:11 WIB)
      Permalink

      Begini, kalau kirim paket itu ada 2 berat yang dipakai:

      1. Berat yang diinput penjual (masih estimasi) belum final dalam hal ini 32kg
      2. Berat yang diinput di gerai ekspedisi (sudah ditimbang ulang) berat final dalam hal ini 26kg

      Jadi kasus ts ini berat estimasi yang dia input > berat aktual dari paket yang udah ditimbang ulang. Nah itu yang diminta ts untuk kembalikan selisihnya.

      • 16 Juni 2022 - (08:21 WIB)
        Permalink

        Kalau gitu berarti hrsnya minta ke pengirim/MP karena berat yg di ajukan ga sesuai berat aslinya. Kalau si penulis adalah pengirim, mgkn sy tdk akan bingung dia minta kelebihan ongkir.

  • 16 Juni 2022 - (07:55 WIB)
    Permalink

    Relakan aja sesuai judul, yang bikin hoax 32kg kan pengirimnya bukan pihak sicepat.

    Lebih baik sicepat ngurusin pengiriman barang sesuai alamat dan estimasi drpd ngurusin ginian

    • 16 Juni 2022 - (08:13 WIB)
      Permalink

      Ya nggak salah dong minta selisih ongkirnya. Karena itu bukan berat hoax tapi masih estimasi. Andaikan itu paket berat aktual nya lebih besar dari berat estimasi juga pasti Sicepat minta tambah ongkir, mana ada proses gitu aja tanpa minta bayaran lagi. Jadi biar adil wajar aja ts minta kembalikan selisihnya.

      Lagian kalau semua ekspedisi ikut saran Anda, ga bakalan ada yang pakai, karena dari komentar aja udah terlihat anti kritik. Ngeri kalau Anda sampai punya perusahaan atau kelola perusahaan itu.

  • 16 Juni 2022 - (10:00 WIB)
    Permalink

    Kalau beli online ya penjualnya yg tanggung jawab karn adia yg input beratnya. Di ekspedisi ada 2 perhitungan. Berat riil dan berat volume. Entah yg dipakai di atas itu berat yg mana

    1
    1
  • 16 Juni 2022 - (12:01 WIB)
    Permalink

    terima kasih untuk komen dan reply dari teman2 sekalian semua jadi masukan yang berarti. Saya sendiri sebenarnya lbh tanya ke sistem aturan aja sih, kl memang dianggap kesalahan input dan uang hilang ya saya relakan, kalau memang bisa dikembali kelebihannya saya jg akan terima. Ditunggu kontak dari team sicepat aja, sejauh ini blm diskusi dengan mereka karena jawabannya selalu diteruskan ke pihak terkait
    thanks ya

    1
    2
  • 16 Juni 2022 - (20:01 WIB)
    Permalink

    jualannya dimana ? kalau di tokopedia otomatis refund jadi cashback ke salso toko anda kelebihannya

  • 16 Juni 2022 - (20:55 WIB)
    Permalink

    Terima kasih atas bantuan media konsumen, dan rekan2 sekalian yang sdh komentar. Si cepat sdh kontak saya dan refund biaya ke saya sebesar 30rb, dengan ini sy sendiri menyatakan case ini sdh selesai. thanks

 Apa Komentar Anda mengenai SiCepat Ekspres?

Ada 19 komentar sampai saat ini..

Selisih Kelebihan Pembayaran Ongkir SiCepat Seharusnya Dikembalikan at…

oleh Buddy05 dibaca dalam: 1 menit
19