Surat Pembaca

Adidas Official Store Shopee Menolak Retur/Tukar Meskipun Pesanan Tidak Sesuai

Saya membeli sepatu di Adidas Official Store Shopee dengan nomor pesanan 220610ECNNPP96 dan kemudian mengajukan retur order dengan nomor pengajuan 220612204672861. Barang dikirimkan ke gudang Shopee dan setelah menunggu proses validasi 3 hari ternyata pengajuan retur ditolak dan dana diteruskan ke penjual.

Pihak Shopee secara sepihak menyatakan hasil validasi bahwa produk yang diterima sudah sesuai dengan pesanan pembeli. Tanpa konfirmasi apapun ke pembeli. Padahal kenyataannya deskripsi ukuran di keterangan produk tidak sesuai.

Sepatu yang saya pesan ukuran UK 9 dan menurut tabel panduan ukuran di keterangan produk UK 9 = 10.5″
Karena tidak ada keterangan ukuran milimeter di tabel tersebut maka saya hitung sendiri 10.5″ x 2.54 = 266.7mm

Pada kenyataannya ukuran sepatu yang saya terima adalah UK 9 -275mm. Mungkin Adidas Shopee menggunakan rumus yang berbeda sehingga ukuran 10.5″ = 275mm.

Pihak Shopee melempar tanggung jawab dengan menyatakan pesanan sudah selesai dan penukaran barang harus hubungi langsung Adidas Shopee. Pihak Adidas Shopee juga melempar tanggung jawab dengan menyatakan retur dan penukaran diproses oleh Shopee dan sesuai dengan kebijakan Shopee.

Kenapa hanya barang di Adidas Shopee yang tidak bisa diretur/tukar? Sedangkan pembelian melalui website Adidas Indonesia atau Adidas Official Store Blibli bisa retur/tukar.

Bryant Rudy
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • berati di official store adidas di shopee kurang memberikan panduan ukuran, padahal di official store adidas di blibli panduan ukurannya jelas sampai ke ukuran cm pun ada.

  • baiknya kedepannya ditanya juga agar bisa memastikan dan bisa jadi bukti klaim penukaran kedepannya.

    saya kadang walaupun dideskripsi udah jelas, saya tanya lagi di chat sesuai atau tidak. kalo tidak saya return gitu.

  • Masih bnyk ajah beli di shopee,ywdh derita lah kalau gitu ,sering baca baca komplainan di shopee boss,yg ga ada asuransi dan lain nya,makanya penjual ramai ramai mulai meninggalkan shopee dan berjualan offline

  • salah ukuran itu bukan itu artinya.. kebijakan salah ukuran adalah ketika anda pesan 9 dikirim 8/10 atau ukuran lainnya pokok nya, nyatanya adalah anda pesan ukuran 9, dikirim ukuran 9

  • Anda pesan ukuran UK 9 yang dikirim UK 9, yah gak ada yg salah. Kalau ukuran 9 nya beda yah itu derita anda.

    • Kalo belum pernah pake merek tsb, jangan beli secara online (terlebih yg tidak ada kesepakatan jika ga cocok bisa ganti size/refund). Karena kenyataan nya beda merek itu bisa beda. Setidaknya itu pengalaman sy beli baju dan sepatu adidas, nike, dan puma. Jika anda cerdas dikit, ga perlu pake sistem ukur kalkulator, google image find aja byk tuh foto2 box sepatu yg jelas terlihat tabel ukuran nya.