Shopee Membela Rating Buruk dari Pembeli, Tanpa Bukti Jelas Berupa Video Unboxing

Saya adalah penjual di Shopee dengan username: healthytree.id. Pada tanggal 27 Mei 2022, pembeli membeli satu set Singing Bowl di toko saya. Barang saya kirim melalui kurir SiCepat, pada hari yang sama saat barang itu dipesan oleh pembeli. Namun paket tak kunjung sampai dan pembeli menggunakan kata-kata kasar kepada kami, bahwa pengiriman lambat sekali.

Saat saya cek, paket tersebut tertukar saat proses pengiriman oleh pihak jasa kirim. Namun penjelasan kami tersebut tidak ditanggapi dengan manis oleh pembeli. Sesudah barang sampai, pembeli memberikan rating buruk dan menyatakan barang tidak lengkap dan pengiriman lambat.

Pembeli tidak mengajukan refund atau retur. Meski sebelum dia menerima paket, dia sudah kesal dan terus menerus menyalahkan kami, karena barang belum juga sampai akibat kendala di kurir pengiriman.

Dia komplain melalui rating yang menjatuhkan kami dan memfitnah kami tanpa bukti jelas. Saya sudah melaporkan hal tersebut kepada pihak Shopee. Atas tuduhan yang diutarakan oleh pembeli di rating (bahwa pesanan tidak lengkap dan pengiriman lambat), saya meminta untuk ditinjau ulang. Namun pihak Shopee menyatakan bahwa rating tidak dapat diganggu gugat. Pihak Shopee membenarkan pembeli dengan tuduhannya kepada kami, meski semua bukti telah kami berikan kepada kedua belah pihak, baik pembeli maupun Shopee.

Padahal sudah kami jelaskan juga melalui foto paking yang kami kirim, terdapat bukti bahwa foto tersebut sudah lengkap paket berisi Singing Bowl beserta stik dan bantalannya. Bukti foto paking yang kami berikan kepada tim Shopee, ternyata tidaklah digubris dan dianggap valid. Namun foto tidak jelas yang diunggah pembeli di rating kami (tidak menunjukkan keseluruhan isi paket maupun video unboxing) langsung dianggap valid, dan sanggahan saya pun ditolak mentah-mentah.

Di bawah ini foto screenshot dari pembeli:

Di bawah ini adalah foto paking beserta tanggal foto tersebut diambil:

Pihak Shopee mengatakan rating tidak bisa dihapus dengan alasan apa pun. Meski begitu, sebelum kasus ini terjadi, review dari pembeli lain atas tuduhan barang tidak sesuai dengan yang dia beli, melalui bukti foto kami bahwa barang sudah sesuai pesanan, dapat disetujui untuk dihapus. Ini merupakan sebuah hal yang lucu, karena terjadi perbedaan keputusan dari pihak Shopee.

Seharusnya ada penanganan yang baik dari tim Shopee dalam memberikan keputusan, dengan melihat bukti yang lebih real dibanding foto terpotong yang sama sekali tidak jelas yang diberikan pembeli pada saat rating. Di mana letak keadilan tim Shopee? Saya merasa dirugikan karena bukti paking yang sudah capek-capek kami lakukan setiap hari, tidaklah dianggap valid sama sekali.

Mohon agar tim Shopee dapat me-review kembali kasus ini, sehingga nama baik toko saya dapat dijaga, setelah kami bangun dengan susah payah.

Shierly Maria
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Jualan online di Shopee:
[Total:22    Rata-Rata: 1.7/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

23 komentar untuk “Shopee Membela Rating Buruk dari Pembeli, Tanpa Bukti Jelas Berupa Video Unboxing

  • 24 Juni 2022 - (11:09 WIB)
    Permalink

    Masih ajah ada yg jualan dishopee,ngeluh juga gak akan membuat mereka merubah cara dan aturan nya

    • 25 Juni 2022 - (07:08 WIB)
      Permalink

      Urusan sama team shopee emang tidak menyenangkan dan pada kurang pinter dalam menyelesaikan masalah. Kita ngmng apa jg kayak ga dibaca. Nanya ke kanan di jawab ke kiri. Liat di tiktok fasilitas di kantor ok tapi kualitas pegawe rendah

  • 24 Juni 2022 - (12:20 WIB)
    Permalink

    Sebagai sesama Seller, saya memahami perasaan kakak Shierly.
    dan kejadian serupa juga pernah menimpa saya dimana pembeli kasih bintang 1 dengan komplain harga kemahalan. Lha, barang di foto produk barang asli dan hasil jepretan sendiri, serta harga sudah kepampang jelas juga. Kalau kemahalan ngapain beli juga dari awal.

    Namanya bisnis ya kita tidak bisa menyenangkan semua orang, dan harus selalu siap dengan resiko:
    1. Pembeli yang tidak mau tahu alasan
    2. Kompetitor yang menyamar menjadi pembeli dan memberi rating jelek (kompetitor kayak gini saya yakin gak berkah hidupnya).
    3. Pembeli yang ngeyel.
    4. Pembeli yang berpikir kalau seller merangkap sebagai kurir pengiriman.
    5. dst… seller-seller lain juga pasti lah ada aja ketemu pembeli-pembeli yang aneh.

    Tapi yang perlu digarisbawahi adalah pembeli yang baik dan memberi review yang jujur juga jauh lebih banyak. kan bisa dilihat dari rating toko kita. kecuali nilai rata-rata dibawah 4 ya mungkin bukan pembelinya, tapi penjualnya yang bermasalah.

    Dibuat simple aja, kalau ada pembeli kasih bintang 1 dan komentarnya sampah / fitnah.
    Kita balas sesuai fakta saja, seperti kakak Shierly, setiap packing pesanan, saya juga membiasakan memvideo dari awal packing sampai akhir proses pengemasan, untuk menjaga diri kita sendiri dari fitnah seperti yang dilakukan pembeli diatas, atau bila ada barang rusak dijalan, untuk mempermudah proses klaim ganti ruginya.

    By the way, response kakak terhadap bintang satu sudah benar, dari situ kan calon pembeli lain bisa menilai kalau pembeli yang memberi nilai 1 itu yang tidak benar dan bermasalah.

    Ok Kak Shierly, semoga bisnisnya makin rame.

    • 24 Juni 2022 - (12:52 WIB)
      Permalink

      Terima kasih banyak atas penjelasan dan pemahamannya sebagai sesama seller. Mengenai masalah harga pun saya pernah dikomentari spt itu juga oleh pembeli. Wong kita kasih gbr dan harga yg terpampang jelas dan kemudian dia beli, lalu berkomentar spt itu bikin seller ketawa dan bertanya2 kenapa dia beli ya?

      Namun disini yg menjadi pertanyaan saya adalah pihak markerplace yg begitu melindungi pembeli dengan segala aturan nya “mengemis2” kepada pembeli yg ngeyel dan tdk bertanggung jawab tsb tanpa adanya penanganan yg baik. Dari pihak marketplace dgn adanya bukti2 foto maupun video sebagai bukti sanggahan apakah lebih baik bisa memberikan sebuah pertimbangan atas tindakan buruk pembeli yang merasa di atas angin karena yakin dirinya tidak akan diapa2kan/dihukum stlh berlaku buruk kpd seller bahkan stlh berkata2 kasar dan tindakan2 tidak terpuji lainnya.

      Dengan adanya bukti kuat dari seller, apa yg direview sebaiknya ditinjau ulang dengan meminta bukti lebih kepada pembeli, selain gbr sepotong-potong di rating yg dianggap lebih valid. Ulasan disini adalah ungkapan dr seller dan juga sebagian seller lainnya yg sering diperlakukan tidak adil oleh pihak marketplace untuk membenahi kembali sistem yg bobrok dan tidak mau tahu. Tanpa seller, tak akan ada pembeli. Jadi tolong hargailah seller selayaknya pembeli.

  • 24 Juni 2022 - (13:24 WIB)
    Permalink

    Shopee ini udah sering sekali saya temukan diforum ini selalu bermasalah dengan penjual, sebagai marketplace harusnya Shopee lebih bijak dalam mengambil keputusan. Atau admin² mereka ini bukan orang Indonesia kali ya jadi tidak begitu faham bahasa Indonesia?? Terlalu aneh soalnya dibandingkan marketplace lokal. CMIIW

    1
    1
  • 24 Juni 2022 - (14:08 WIB)
    Permalink

    rating buruk pembeli tidak akan pernah/bisa diedit oleh shopee, satu-satunya cara adalah melakukan balasan di review tersebut . dan sudah tepat yang dilakukan seller.. move on aja gan..

  • 24 Juni 2022 - (14:43 WIB)
    Permalink

    Kalau toko kamu di Shopee “cuma” sebatas star / star+ jangan harap dibela sama adminnya, karena mereka pasti akan berpihak ke pembeli.

    Lain hal kalau toko kamu levelnya sudah ada di Shopee Mall / dikelola Shopee, mau kamu melakukan kesalahan gimana juga pasti dapat pembelaan dari tim adminnya.

    Saya sebagai pembeli sudah coba perbandingannya, dan yang saya bisa simpulkan dari Shopee, mereka akan melindungi kamu kalau kamu bisa kasih fee lebih besar ke mereka. Dimana ada cuan lebih, disitu ada perlindungan.

    Silahkan kalau ada yang mau coba, kamu bandingkan komplain di toko star / star+ dengan toko Shopee Mall. Lebih mudah yang mana, dan lebih sulit yang mana. Hehe

    • 24 Juni 2022 - (17:58 WIB)
      Permalink

      Sepertinya benar, saya seller biasa baru star doang. Kalo ada komplain, selalu aja disalahin, walaupun saya sudah memberi bukti foto dan video kondisi barang dan cara pengemasan, walau pake bubble wrap sampe 6 lapis pun kalo barang rusak gara” kurir tetap aja selalu seller disalahkan dan buyer yg dimenangkan. Padahal buyer gak kasih video unboxing lho, mana ekspedisi yg lama, saya juga yg disalahkan pdahal barang dikirim dihari yg sama. Kadang pembeli gak obyektif, barang bagus kurir lama, eh rating toko dijelekin. Saya cukup kasih penjelasan di ulasan tsb aja, saya yakin masih banyak buyer yg pintar dan obyektif

      • 25 Juni 2022 - (06:40 WIB)
        Permalink

        sama saya juga dpt pembeli yg ga melakukan video unboxing. saya kan jual hp second kondisi mulus dan bagus lah. sangat terawat. disayanya jg jelas ada bukti2 foto barang nyala dan mulus. pembeli ud tau barang second otomatis kan ga ada garansi…begitu terima ga di video unboxing giliran ada kenapa sama tuh barang nyahin penjual. padahal video unboxing bukti sangat kuat bisa ketahuan apakah rusak saat dari kurir. atau kah di pembeli, bisa saja barang dibuka terus jatoh di pembeli atau penggunaan yg salah di pembeli kemudian dia videoin semenit nunjukin barang sudah rusak. tnp video unboxing pun di benarkan sama pihak shopee…kapok jualan di shopee org2 tdk profesional, penanganan lambat, respon lambat dan keputusannya ngasal. rugi jualan dishopee

        • 25 Juni 2022 - (10:02 WIB)
          Permalink

          Saya juga pernah dapat kasus barang rusak saat pengiriman. Pembeli komplain barang sudah pecah saat diterima melalui foto tanpa video unboxing. Oleh shopee dana langsung dicairkan dalam waktu kurang dari 1×24 jam. Kami para seller tidak mendapatkan dana pengganti dr jasa kirim karena tidak ada video unboxing sebagai syarat utama klaim. Shopee angkat tangan thd kasus tsb dan tidak ada penerusan ke pihak jasa kirim untuk melakukan investigasi.

          Bagi yg jualan gadget di shopee semua juga tahu bahwa tdk ada garansi bagi penjual jika terjadi kerusakan baik dr pihak jasa kirim maupun penerima. Yg bertahan berjualan gadget di shopee hanyalah official store atau shopee mall yg spt ditulis oleh kawan di atas pasti dapat perlindungan lebih dibanding seller star/star+ biasa.

          Bagi pihak shopee, jika anda membaca ini saya harap ini sudah bisa menjadi saluran menyampaikan isi hati kami sebagai seller untuk mulai “dibenahi kembali” semua sistem anda yang menyudutkan para seller. Sayang sekali padahal promo2 yg diberikan shopee jauh lebih oke ketimbang marketplace lainnya dan saya akui penjualan di shopee pun melebihi marketplace lainnya. Tapi jika anda masih tidak membenahi hal ini, perlahan seller pun akan angkat kaki juga. We don’t know until when we will stand for it.

          • 25 Juni 2022 - (10:29 WIB)
            Permalink

            Apa iya tiap ada penjualan selalu anda video proses packing nya? Kemudian anda arsipkan hingga transaksi selesai? Ya kl penjuan cuma bijian tdk masalah, tp jika hingga puluhan, bahkan ratusan, yakin anda video semua?

  • 24 Juni 2022 - (15:26 WIB)
    Permalink

    Saya kalau jadi pembeli, walau pengiriman lama tetap objektif, saya akan menilai sejak order diproses seller sampai order diteruskan ke ekspedisi, kalau di ekspedisi yg lama, saya ga akan menyalahkan seller…. Tapi ga semua org bisa objektif sih, ya sbg seller harus bisa lapang dada juga menerima hal itu, karena rating tiap order merupakan hak prerogatif buyer…..

  • 24 Juni 2022 - (17:41 WIB)
    Permalink

    Saya sebagai pembeli aja malas kalo ga terpaksa beli disana karena promo dan harga ok.
    Saya beli simcard dengan harapan sesuai dengan yang tertulis pada lapak, ternyata pas aktivasi berbeda dan penjual meminta maaf saja juga tidak dan tidak mau tau.
    Tentu saya berikan review bintang 1 beserta penjelasan.

    Dari penjual membalas memberikan saya review buruk padahal review tersebut sudah jelas hanya untuk balas dendam saja bukan karena profesionalitas. Tetapi pihak shopee hanya angkat tangan dan menyebutkan tidak bisa mengganggu gugat review yang telah diberikan

  • 24 Juni 2022 - (18:28 WIB)
    Permalink

    Mungkin buyer emosi karena banyak job ngusir hujan yg di cancel gara2 remote nya tidak datang2. 😀

    2
    1
  • 25 Juni 2022 - (06:32 WIB)
    Permalink

    shopee emang buruk sama penjual. saya juga penjual dapat pembeli pertama dengan komplain barang rusak saat diterima. padahal saya kirim dan bukti foto ada dimana barang berfungsi dengan baik dan tidak rusak fisik. tp jauh berbeda yg dikomplain oleh pembeli. pembeli mengancam akan kasi rating jelek jika tdk ada pengembalian dana. akhirnya pihak shopee menyetujui dari pihak pembeli pengembalian barang dan dana padahal pembeli tidak ada bukti kuat berupa video unboxing. akhir barang dikembalikan ke saya dalam kondisi rusak di pembeli. shopee lepas tangan ga bertanggung jawab dengan keputusannya hanya berpihak ke pembeli saja tanpa bukti video unboxing. disini saya benar2 kecewa terhadap shopee dan sekarang saya mending cabut dan hapus akun saya dishopee sangat menrugikan saya sebagai penjual. Saya lebih baik jualan di tokopedia yg tidak pernah bermasalah dan selalu dapat pelayanan yang memuaskan. saran saya bagi penjual yang masih memaksakan berjualan di shopee siap2 aja terima kondisi yang sama dengan saya dan penulis.

    1
    1
    • 25 Juni 2022 - (10:24 WIB)
      Permalink

      Barang bekas loe jual, ya resiko. Normal bagi anda belum tentu normal bagi buyer. Belum lagi rusak dlm perjalanan, dll.

      • 25 Juni 2022 - (10:30 WIB)
        Permalink

        loe klo ga tau kondisi barang ga usah comment. lagian baru tau di shopee, tokped atau di tempat2 lain juga banyak seller yg menjual barang second. pembelinya aja ky loe jg… ga dibiasain video unboxing bisanya salahin seller. orang jualan kan ada bukti jelas…kecuali beli kucing dalam karung ga keliatan tuh barang apa yg dijual.

        • 25 Juni 2022 - (10:42 WIB)
          Permalink

          Lah ngapain beli bekas, kurang gawean. Apalagi hp, video packing dr seller kadang jg tdk bs dipercaya, kecuali diperlihatkan imei, itu mungkin br bs dipercaya. Kan bisa saja yg di video yg bagus, nanti yg riil dikirim yg lain, dll.

          • 25 Juni 2022 - (11:03 WIB)
            Permalink

            bedalah loe emang banyak duit tp bagi sebagian org kan msh butuh barang2 second. kalau loe berfikiran semua seller seperti itu sorry boss mending ga usah beli online. kan situ kaya ke mall lah. saya sebagai penjual ga mungkin jual barang palsu, rusak atau bermasalah, saya tau resikonya. dr pada hadapin resiko dan ujung2nya bermasalah mending ga dijual. terserah anda percaya apa ga itu urusan anda. kan situ org kaya

  • 25 Juni 2022 - (19:46 WIB)
    Permalink

    Saya setuju….untuk pihak shopee tolong jika ada yang ngasih bintang 1 atau 2 minta video UNBOXING nya dari awal paket datang sampai akhir,…biar reseller tidak di rugikan karna konsumen,…yg dotan fitnah dan membalikan fakta, karna saya juga pernah mengalami dapat bintang 1dengan alesan barang nya mati, Saya chat orang nya maksud nya apa dan ada masalah apa dengan toko kami, ada video unboxing tidak dia tidak bisa ngasih bukti, saya jelasin ke pembeli barang sebelum kita kirim kita tes jika mati tidak kita kirim, tau” nya dari konsumen itu sudah merubah jalur kabel nya, ke bakar ngasih bintang 1 ke kita, saya jawab kk punya toko mudah” an itu segera terjadi sama toko kk, tidak beberapa lama pembeli langsung minta maaf kesalahpahaman nya dan langsung merubah bintang 1 jadi 5 siapa yang SALAH PIHAK SHOPEE karna tidak bisa membuktikan bukti VIDEO UNBOXING….Sekarang saya males melayani konsumen yang bawel” sudah di jelaskan semua di diskripsi dan video,…karna apa buntut-buntut nya toko kita yang jelek barang sudah sampai tidak langsung klik barang sampai nunggu dulu 3hari baru cair dana nya,…lebih baik fokus di toko jelas semua nya.

    • 25 Juni 2022 - (21:21 WIB)
      Permalink

      Beruntung sekali agan, pembeli masih baik dan sadar diri itu. Pembeli2 saya dong, kl bintang 1 itu rata2 karena kesalahan dia sendiri, biasanya males baca : baik judul, deskripsi bahkan di gambar uda ditulis ukuran berapa, sampe tulis nota kasih detil barang, ukuran dan harga, kita ttp dikasih bintang 1 alasannya gak sesuai pesanan. Begitu dihubungi, lari seribu langkah ga perna balas komen ataupun buka message, sampai saya whatsapp ke no nya, juga cuma diread doang, ditelp ga diangkat. Nih customer model bgini tuh buanyaaakkk bgt sy uda kenyang ngalamin. Heran saya sama orang model kayak gitu. Mana pihak shopee ttp kekeuh ga bs ubah penilaian ” tdk bisa hapus rating tanpa persetujuan pembeli” kitanya disuruh ngejer2 customer model bgitu?!

 Apa Komentar Anda mengenai Jualan online di Shopee?

Ada 23 komentar sampai saat ini..

Shopee Membela Rating Buruk dari Pembeli, Tanpa Bukti Jelas Berupa Vid…

oleh Shierilla Eliza dibaca dalam: 2 menit
23