Masalah Auto Debit Pembayaran Angsuran BRI Ceria

Saya mempunyai angsuran di aplikasi BRI Ceria, yang jatuh tempo setiap tanggal 25. Saya masukan dana di rekening BRI saya setiap tanggal 24. Bulan-bulan sebelumnya autod ebit berjalan lancar, tapi tidak dengan bulan Juni ini. Saldo saya sebesar angsuran sudah ter-hold, tapi tagihan BRI Ceria saya tidak terbayar.

Saya sudah telepon call center BRI berkali-kali dan yang terakhir saya dilayani oleh sdri. Tami, dia menjawab dengan kasar. Bahkan sekarang saldo saya di BRI minus sebesar Rp1.472.790. Di sini saya tidak terlambat menyetorkan dana dan juga dananya cukup untuk membayarkan angsuran, tapi mengapa malah dana saya di-hold dengan alasan karena tanggal 23 dana tidak tersedia full?

Menurut sdri. Tami itu konsekuensi saya, padahal jatuh tempo masih tanggal 25 dan dana sudah saya setorkan tanggal 24 seperti bulan-bulan sebelumnya. Mohon untuk tim terkait BRI Ceria agar tagihan Ceria saya dibayarkan dengan dana saya yang sudah di-hold, serta penjelasan mengenai saldo saya yang minus.

Untuk pihak manajemen, tolong agar diberikan lagi pengarahan kepada CS call center, agar lebih ramah lagi melayani pelanggan.

Evita Dewi Purwasetijawati
Tangerang Selatan, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan PT Bank Rakyat Indonesia Atas Surat Ibu Evita Dewi Purwasetijawati

Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat, Sebelumnya kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami Ibu Evita. Terkait dengan...
Baca Selengkapnya

33 komentar untuk “Masalah Auto Debit Pembayaran Angsuran BRI Ceria

    • 2 Juli 2022 - (23:31 WIB)
      Permalink

      Alah BRI urusan ceria ini kaya kurang serius.
      Saya pun sama bulan juni tagihan nya ga kepotong malah jadi telat tagihan, jatuh nya ya kena denda.
      Biasa tgl. 22 tiap bulan udah kepotong, ini baru kepotong tgl. 28 itupun ada wasap dari BRI nya.
      Ditambah masalah email, saya gabisa login dikarena kan email tdk dapat diakses, minta reset email untuk saat ini belum. Ribet BRI
      Yang serius NYUK

      • 12 Juli 2022 - (18:36 WIB)
        Permalink

        Saya pun dengan kasus yang sama seperti ibu evita, mohon untuk diperbaiki, status di tagihan masih belum terbayarkan, setiap saldo yang masuk selalu terpotong padahal bulan sebelum nya sudah dipotong, bulan juli ini belum masuk jatuh tempo tapi autodebet terpotong otomatis dan status malah jadi dalam perhatian khusus, saldo saya terus terusan dipotong

      • 2 November 2022 - (16:12 WIB)
        Permalink

        Masalah pembayaran sudah diselesaikan antara BRI dengan Ibu Evita Dewi, tapi masalah Customer Service BRI seperti Sdri Tami itu harus diajarkan cara bicara yang sopan & santun. Kalau BRI tidak bisa memberikan cara bicara yang baik kepada konsumen saya bisa mengajarkan cara bicara yang baik kepada Sdri Tami selaku Customer Service nya.

  • 29 Juni 2022 - (19:06 WIB)
    Permalink

    Terima kasih BRI, masalah sudah di selesaikan dengan baik, kedepan saya berharap tidak terjadi hal serupa, karena dalam hal ini customer yang di rugikan dalam hal pulsa dan juga waktu

    6
    5
    • 1 Juli 2022 - (07:29 WIB)
      Permalink

      Waduh, saya kira cuma saya yang dipersulit di BRI ceria. Ternyata masih ada yang lain rupanya. Oke sih ini, memang dari pihak sananya yang nyebelin. Pinjam paylater, bayarnya akhir bulan. 300K bayarnya 304K. Eh pas jatuh tempo, kok malah jadi 421K. Gue bingung, itu kenapa bisa ada penambahan tagihan.

      • 1 Juli 2022 - (11:39 WIB)
        Permalink

        Waduh, serius tuh? Pinjem 300rb, bayar akhir bulan, pas jatuh tempo jadi 421rb???
        Bunga paylater sebulan 40% tuh??? Aje gile…
        Ga komplain k BRI gan? Biasanya paylater sebulan bunga sekitar 2-3%. Semoga bs ketemu solusi yg baik gan…

      • 22 Februari 2023 - (12:18 WIB)
        Permalink

        Ternyata saya juga mengakami hal serupa..apakah ceria belum stabil.ini sangat merugikan nasabah yg punya iktikad baik dalam menjaga tanggung jawabnya sebagai nasabah.
        Singkat cerita, pada tgl 19 januari 2023 saldo BRI saya terpotong sebesar jumlah pembayaran di ceria yg dimana jatuh tempo tgl 25 setiap bulan..akan tetapi di tanggal tersebut di ceria saya belom melakukan pembayaran,saya sudah hubungi via email,chat tapi di suruh menunggu..sampei hari ini tgl 21 februari 2023 ternyata di ceria saya di suruh membayar sebesar 2x lipat jumlah pembayaran di stiap bulanya,yg artinya bulan januari kemaren autodebet berhasil tetapi di ceria di anggap belom melakukan pembayaran…

    • 27 Oktober 2022 - (12:16 WIB)
      Permalink

      Saya skrg ngalamin hal serupa seperti ibu.. tlp call centre disuruh nunggu 10hari kerja.. apa yg ibu terselseaikan dalam waktu brp hari?

    • 5 Juni 2023 - (10:27 WIB)
      Permalink

      saya ada keterlambatan isi saldo karna kemarin liburb kerja dan baru sya isi saldo hri ini,, tp ke mutasi rekening saldo tidak minus malah msih sisa 50rb dan sya pakai sisa 25rb, tp kenapa di mutasi nya msih kosong ya tidak ada penarikan dana dr ceria pdhl udah terpotong saldonya. sy tkt ada org nagih kerumah karna ini pertama kalinya saya terlambat,

  • 1 Juli 2022 - (13:41 WIB)
    Permalink

    Saya nasabah BRI sampai saat ini saya nyatakan aman dan nyaman dipakai untuk transaksi slalu sukses dan penarikan lancar ??

  • 1 Juli 2022 - (14:07 WIB)
    Permalink

    Kirain saya saja yg bulan ini ngalamin masalah pada pembayaran ceria, ternyata ada jg yg lainnya. Biasanya kalo dana kita sdh di hold utk pembayaran ceria, bisa debit secara manual di apk ceria nya, pernah saya coba dan berhasil terbayarkan. Ya.. Smoga deh bank ini lbh maksimal lg dlm melayani nasabah nya..

  • 26 September 2022 - (09:57 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami hal yg serupa saldo sudah ter hold tapi tagihan masih tetap,tolong untuk pihak BRI bekerja lah sesuai prosedur saya merasa sangat dirugikan

  • 27 September 2022 - (20:59 WIB)
    Permalink

    Saya mau tanya, ini baru pertama kali nya nya saya memakai ceria BRI.. disini saya melakukan pinjaman di Ceria pd tgl 14 sept 2022, autodebet pd tgl 25 sept 22, tpi tdak tertagih, saya mencoba utk bayar melalui Briva tpi tdk bisa di refresh.. Jdi apakah disini jatuh tempo tagihan saya bulan september apa oktober ya? Terimakasih sebelumnya 🙂

    • 25 Mei 2023 - (23:34 WIB)
      Permalink

      Kendala saya pun sama mas..
      Kalau boleh tau jadinya gmn tuh mas?
      Tagihannya bulan september atau oktober ?

    • 1 Oktober 2023 - (06:22 WIB)
      Permalink

      Sama saya juga masih bingung tentang tagihan di apliksi ini.. setiap hari saya cek saldo saya ingin memastikan kapan tepatnya terpotongnya saldo untuk pmbayaran tagihan.. karna setiap kli dicek tombol pmbayaran tidak bisa terus.. saya takut jika sampai terlambat krna itu bnr2 merugikan saya..

  • 26 Oktober 2022 - (13:50 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami hal serupa, tanggal 23 Okt pagi, saya cek saldo BRI saya minus sebesar tagihan di ceria, di tanggal yg sama saat sore hari sudah saya isi lebih dari tagihan, sehingga saldo BRI saya sudah tidak minus, tapi di aplikasi Ceria belum update dan sekarang sudah lebih dari tgl autodebet jadi warna merah dikolom nominal tagihan, kalo dikira terlambat gimana dong..

    Padahal BRI hanya untuk autodebet Ceria saja

    • 27 Oktober 2022 - (06:42 WIB)
      Permalink

      Kalo sdh dihold di rekening BRI, diinput manual lagi di aplikasi cerianya sebesar jumlah autodebet nya.
      Saya coba berhasil.

      • 27 Oktober 2022 - (18:31 WIB)
        Permalink

        Mohon informasi karena saya juga mengalami hal yang sama, apakah input manual ini dengan menggunakan BRIVA ? saldo yg tersisa tdk kepotong kan? di luar yang dihold ?
        Terima kasih

      • 5 Juni 2023 - (11:05 WIB)
        Permalink

        saya sudah lakukan ini tapi tulisannya dana belum diterima, dan pdahal saldo sudah terpotong, dan sudah tidak minus malah msih ada sisa 50rb.

    • 1 Oktober 2023 - (06:24 WIB)
      Permalink

      Terus bagaimana apa sudah mendapatkan solusinya?? Sepertinya apa yang anda alami sama dengan saya

  • 25 Desember 2022 - (16:54 WIB)
    Permalink

    Nemu juga nih kasus yang sama.saldo di rekening autodebet tgl22 trus ada kurang² sedikit,langsung sy transfer dari rekening berbeda pada tgl24,Alhamdulillah terpotong kan,cek di aplikasi ceria ternyata kok belum terbayar dengan jumlah yang sama pada waktu kekurangan.trus ini gimana cerita ahir nya?kena denda kah ujung² nya?

  • 22 Januari 2023 - (20:41 WIB)
    Permalink

    saya punya cicilan di BRI ceria.

    baru bulan januari 2023 ini iseng saya cek. ternyata ada autodebet saldo saya terpotong 2x di tanggal 19 dan 21 januari 20233

  • 25 Januari 2023 - (06:03 WIB)
    Permalink

    Saya juga nyesel pake pinjaman bri ceria. Minjem 915k, bayar di bulan berikutnya. Pas mau minjem katanya bunga 0%, gitu muncul tagihannya, eh tiba-tiba jadi 971k, udah gitu rinciannya ga jelas, entah darimana bisa 971k, padahal bunga 0%. Saldo di rekening juga dipotong otomatis sampe minus, giliran udah diisi, malah tagihan di bri cerianya gak berubah, masih tetap 971k.
    Lain kali ga lagi deh, parah emang bri ceria.

    • 5 Juni 2023 - (11:08 WIB)
      Permalink

      sekarang udah kebayar belum statusnya
      saya tagihan bulan juni baru prtama kali telat karna biasanya tidak pernah telat,tp saldo di rek udah dipotong dan di mutasi malah gk ada bukti pemotongan sedangkan saldo sudah dipotong sesuai tagihan ceria.

  • 9 September 2023 - (02:11 WIB)
    Permalink

    Saya mengalami hal yang serupa, saldo terpotong tanpa konfirmasi dengan kronologi tagihan pinjaman jatuh tempo tanggal 7 dan sudah dibayar dan saya tidak pernah telat membayar, tanggal 8 ada dana masuk langsung terpotong senilai angsuran bulanan, padahal dana tersebut dialokasikan bukan untuk bayar angsuran, kesannya jadi lucu, BRI sebesar itu masih amburadul dalam pelayanan.

  • 3 Maret 2024 - (13:58 WIB)
    Permalink

    Sya jg baru mengalami kmren autodebet sesuai tagihan di ceria
    Saldo kepotong tp tagihan masih ad udah buat laporan sana SNI tp g da kejelasan malahan denda yg bertambah awal ny 70 lbh skrg jdi 140 lbh dlm waktu 2 hari
    Tlg @bri tidak lanjut ny jgn smpe uang saldo yg terpotong hilang g da jenjak

 Apa Komentar Anda mengenai BRI Ceria?

Ada 33 komentar sampai saat ini..

Masalah Auto Debit Pembayaran Angsuran BRI Ceria

oleh Evita dibaca dalam: 1 menit
33