Transaksi Kartu Kredit untuk Pemesanan Hotel di Tokopedia Tanpa Kode OTP

Tanggal 6 Juli 2022 pukul 24.00 dini hari, saya coba-coba iseng melihat harga kamar hotel di Tokopedia, untuk rencana menginap tanggal 7 Juli 22 yang belum pasti. Tujuannya hanya membandingkan dengan aplikasi OTA lain.

Saya pilih Hotel Santika di kota saya, untuk melihat apakah ada voucher/promo di Tokopedia. Saya tidak men-scroll layar hp ke bawah, sehingga tidak melihat tombol tambahkan kode voucher. Langsung saja ke tombol lanjut dan setelah itu muncul laman metode pembayaran.

Saya melihat metode pembayaran di tempat, tidak ada metode bayar online, kecuali kartu kredit. Akhirnya saya coba mengisikan data karu kredit Tokopedia BRI saya, agar tombol proses pembayaran lanjut dan bisa melihat kode promo.

Saat itu saya berpikir transaksi belum akan terjadi tanpa mengisi kode OTP. Akhirnya saya klik lanjut. Namun apa yang terjadi? Ternyata pembayaran langsung diproses dan transaksi berhasil. Sungguh aneh, tanpa kode OTP sama sekali.

Di sini juga saya bingung, karena saya tidak menerima notifikasi transaksi berhasil dari BRI. Padahal selama ini yang saya ketahui seperti itu. Lalu saya mengira-ngira, apakah kartu kredit saya belum terdebet. Untuk memastikan, saya telepon call center BRI dan benar transaksi tidak ada.

Lalu saya hubungi pihak hotel apakah pesanan saya masuk. Pihal hotel bilang sudah masuk. Lalu saya tanya kembali apakah sudah menerima pembayaran kartu kredit. Mereka bilang belum. Mereka hanya menerima voucher booking. Lha ini sistim pembayaran aneh bagi saya. Mohon Tokopedia menjelaskan sistim pembayaran apa ini agar tidak membuat saya bingung.

Yang saya khawatirkan di sini bagaimana pesanan saya jika saya tidak datang check in. Apakah akan batal otomatis? Apakah pula tidak dilakukan pendebetan kartu kredit saya oleh sistim Tokopedia? Karena selama ini saya masih lega kartu kredit saya belum terdebet.

Munzir
Palu, Sulawesi Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Tokopedia:
[Total:8    Rata-Rata: 2.1/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

10 komentar untuk “Transaksi Kartu Kredit untuk Pemesanan Hotel di Tokopedia Tanpa Kode OTP

  • 8 Juli 2022 - (18:25 WIB)
    Permalink

    Halo bapak, sepertinya baru pertama kali pakai yah? Sistem hotel memang hanya booking saja. Dimanapun selalu begitu. Pembayaran akan terdebet saat transaksi atau saat check in. Kartu kredit dpakai sebagai jaminan sah atas booking-an yg ada. Jika pemesanan via travel online, pembayaran dilakukan by transfer maka uang akan ditahan oleh pihak travel online. Maka jangan kaget kalau kamar yg dpesan bisa saja dberikan ke org lain oleh pihak hotel (terutama hotel bintang 3 ke bawah). Untuk pembayaran kartu kredit biasanya hotel tdk mengenakan deposit krn kartu adlh sbg jaminan. Namun jika pembayaran cash maka pihak hotel meminta deposit yg akan dikembalikan saat check out.

    Demikian penjelasan yg bisa dberikan dan semoga memberi pencerahan.

    12
    • 9 Juli 2022 - (11:19 WIB)
      Permalink

      Nah betul, di A*oda juga seperti itu, kartu kredit hanya jadi jaminan untuk hotel/deal tertentu. Kartu kredit tidak terpotong tapi booking sudah masuk ke hotel sbagai jaminan aja kalau kita serius booking.

  • 9 Juli 2022 - (08:40 WIB)
    Permalink

    itu kan transaksinya belum terjadi memang tapi kartu anda istilahnya di “hold” anggepannya sama kayak anda nitip kartu kredit anda di lobby, jadi intinya memang tidak ada transaksi lah kenapa harus ada OTP? anda sendiri konfirm bahwa kartu kredit anda belum dipotong

    tidak ada yang aneh di sini, yang aneh hanyalah, anda menelpon bank anda dan hotel tapi kenapa anda tidak menghubungi tokopedia saja dari awal? kan tinggal contact customer service tokopedia, perlukah menulis surat pembaca?

    • 9 Juli 2022 - (15:36 WIB)
      Permalink

      Apakah ini berlaku untuk hotel? Saya juga baru tahu bisa booking hotel di Tokopedia, makin canggih aja. Kalau saya kendala justru OTP tidak pernah diterima akhir-akhir ini, entah problem di BRI atau Visa, atau nomer saya Indosat. Jadinya tidak bisa pakai Tokopedia Card.

      • 9 Juli 2022 - (17:30 WIB)
        Permalink

        direstart hp nya. pastikan nomor hp terdaftar sama dgn yg di bank. Khusus tokped card kalo sudah tersimpan tidak perlu OTP langsung sukses

      • 9 Juli 2022 - (18:26 WIB)
        Permalink

        Bisa mas. Tiket pesawat, kereta api dll.
        Transaksi di Toped menggunakan kartu kredit umumnya pake OTP. Kebetulan transaksi booking hotel yg saya pilih hanya menyediakan metode bayar tempat. Tak ada metode byr lain seperti transfer, VA, gopay, Kredifo, dll. Tetapi hotel lainya ada.

        Disini Tokopedia bekerjasama dg booking.com jadi voucher itu sbenarnya diterbitkan booking.com.

        Cuma di awalnya agak sulit bagi sy memahami metode bayar ditempat khususnya dalam sistim pemesanan hotel di tokopedia. Namun setelah ada penjelsan baru saya mengerti

        Sebab istilah bayar ditempat menurut saya berarti booking hotel nya bayarnya dilakukan dihotel saat cek in ataupun saat cek out nanti baik secara tunai maupun nontunai dg gesek kartu Debit/Kredit

        Dengan demikian kalau ada hotel yg di pesan lewat OTA hanya menyediakan metode bayar ditempat berarti tidak bisa dilakukan booking secara online. Harus datang ke tempat/hotel secara langsung

        Tetapi ternyata sekarang sudah bisa dilakukan secara online. Dimana voucher menginap sudah diterbitkan oleh pihak OTA dalam hal ini tokopedia dan booking.com Meskipun pembayaran belum diterima pihak hotel. dengan cara yang bisa hanya dengan kartu kredit. Dimana harus menginput kartu kredit pada laman sistim pembayaran. Dan pada saat menginput kode vcc kita tidak menerima kode OTP dan saldo kartu kredit pun belum terpotong. Namun akan didebet receptionis saat cek in atau cek out. Jika seandainya lupa bawa kartu kredit/debet dibayar dg tunai pun bisa. Disini kartu kredit hnya sebagaimana jaminan booking

        Kelebihannya di sini seandainya kita tidak datang KK kita pun tidak akan terdebet oleh sistim . Namun pesanan yg sudah berhasil khususnya di toped ini tidak bisa dibatalkan.

        • 9 Juli 2022 - (18:59 WIB)
          Permalink

          Iya kalau booking.com memang seperti itu, dana tidak akan didebet, tapi akan ditahan dulu, tapi memang ada beberapa kasus hotel nakal di luar negeri, dana yg ditahan nggak dikembalikan. Nah kita mau ngurus jg ribet kan. Tapi kalau di booking.com, kita bisa booking dulu aja bayar di tempat, booking pake virtual card aja jangan yg ada saldonya, biar kalau cancel dana nggak di-debet.

          • 10 Juli 2022 - (07:46 WIB)
            Permalink

            Dana ga ddebet, tp di luar hotel juga ga dapet. Karena pengalaman saya buruk sama booking.com. Akhirnya terlunta-lunta d negeri org saat high season. Dapet hotel lain seharga 4,5jt per malam dan booking.com cuma mw ngasi kompensasi $100. Setengahnya juga ga keganti. Niat liburan malah berantakan. Ga lagi2 pake booking.com.

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

Transaksi Kartu Kredit untuk Pemesanan Hotel di Tokopedia Tanpa Kode O…

oleh Munzir Akbarwan dibaca dalam: 1 menit
10