Pelayanan dan Penanganan Masalah Koneksi Internet MyRepublic Sangat Mengecewakan dan Merugikan Pelanggan

Saya Indrie Hapsari, dengan Nomor Pelanggan MyRepublic: C 1440932. Pada tanggal 2 Juli 2022 sekitar pukul 13.00-an, internet di rumah saya mati. Dengan kondisi power, LOS dan WLAN berwarna hijau, tapi tidak ada koneksi internet.

Sekitar pukul 13.00-an, saya langsung mengajukan laporan perihal kendala tersebut melalui telegram MyRepublic dan kami diberikan trouble ticket untuk keperluan pengecekan perangkat oleh teknisi, dengan nomor tiket: 3786119.

Tanggal 03 Juli 2022 sekitar pukul 12.00-an siang, 2 orang teknisi datang ke rumah saya untuk memeriksa koneksi internet pada modem dan box. Berdasarkan pemeriksaan teknisi tersebut, modem dalam kondisi baik. Namun lampu LOS pada modem yang sebelumnya berwarna hijau, berubah menjadi merah. Teknisi tersebut menginfokan kepada saya bahwa kendala terletak pada box FAT. Teknisi tersebut menginfokan bahwa yang bersangkutan akan melaporkan kerusakan box FAT ke pusat.

Pukul 12.51 saya menerima email dari MyRepublic yang menyatakan bahwa “Layanan sudah kami perbaiki dan sudah kembali normal”. Hal ini tentunya bertolak belakang dengan kenyataan, karena koneksi internet saya belum menyala. Sehingga saya menghubungi call center CS MyRepublik untuk memastikan bahwa informasi kerusakan Box FAT sudah mereka terima dari teknisi yang datang di tanggal 3 Juli 2022 tersebut.

Kemudian CS menjanjikan percepatan perbaikan di tanggal 4 Juli 2022 pukul 17.00 – 19.00, dan saya juga menerima email konfirmasi kedatangan teknisi di tanggal dan jam tersebut di atas. Namun pada kenyataan di tanggal 4 Juli 2022 setelah pukul 19.00, tidak ada perubahan pada koneksi internet saya dan lampu LOS tetap menyala merah. Juga tidak ada konfirmasi dari CS maupun teknisi, bahwa mereka telah melakukan perbaikan di tanggal 4 Juli 2022 pukul 17.00 – 19.00 seperti yang mereka janjikan baik melalui telepon dan di email yang kami terima.

Sekitar pukul 20.00 saya kembali menghubungi CS untuk menanyakan perihal janji perbaikan yang seharusnya dilakukan pukul 17.00 – 19.00. Berdasarkan info dari CS yang kami terima, bahwasanya memang belum terjadi perbaikan box FAT di tanggal 04 Juli 2022 pukul 17.00 – 19.00. Sehingga CS Kembali menjanjikan percepatan perbaikan di tanggal 5 Juli pukul 17.00 – 19.00.

Tanggal 5 Juli tersebut sekitar pukul 15.00 ada 2 teknisi yang datang ke rumah saya untuk melihat kondisi jaringan. Berdasarkan info dari teknisi ke 2 yang datang ke rumah saya, bahwa kerusakan berada pada box FAT, yang mana info mengenai kerusakan box FAT sudah kami terima dari teknisi yang pertama kali datang ke rumah kami di tanggal 3 Juli 2022. Teknisi tersebut menginfokan ke saya bahwa perbaikan box FAT bukan kapasitas mereka melainkan menjadi tanggung jawab teknisi FAT.

Sepulangnya teknisi yang datang hari itu, saya kembali menghubungi CS MyRepublic sekitar pukul 16.00. Saya mempertanyakan kepada CS perihal mengapa informasi kerusakan FAT sudah diterima sejak tanggal 3 Juli 2022, tapi teknisi yang di tugaskan ke rumah saya bukan teknisi untuk memperbaiki FAT. Mereka tidak bisa memberikan jawaban terkait pertanyaan saya tersebut, dan hanya mengulang-ulang permohonan maaf dan mengatakan bahwa untuk melakukan perbaikan FAT membutuhkan waktu 2 s.d .3 hari sejak tanggal tiket komplain diterbitkan, yang mereka anggap terhitung sejak tanggal 5 Juli 2022. Padahal sejak tanggal 3 Juli 2022 sudah jelas laporan kerusakan terjadi pada FAT.

Kemudian CS MyRepublic kembali menjanjikan percepatan perbaikan FAT di tanggal 6 Juli 2022. Dengan runtutan kronologi pelaporan yang kami lakukan via telepon ke CS MyRepublic, kami sudah sangat lelah dan kecewa dengan janji-janji percepatan perbaikan oleh MyRepublic. Dan benar saja, kami baru menerima jadwal kedatangan teknisi untuk kunjungan di tanggal 8 Juli pukul 17.00 – 19.00 melalui email yang kami terima pukul 16.44.

Namun kembali tidak terjadi laporan kedatangan serta perbaikan pada koneksi internet. Sehingga hingga detik ini internet kami tidak dapat menggunakan layanan internet My Republic. Sekitar pukul 19.00-an saya kembali menghubungi CS My Republic dengan jawaban yang templated seperti robot, janji percepatan perbaikan FAT di tanggal 09 Juli pukul 09.00.

Hal ini sangat mengecewakan. Setelah saya melakukan pembayaran tagihan MyRepublic saya tanggal 1 Juli 2022, koneksi internet saya mati hingga hari ini. Sungguh pelayanan yang sangat tidak profesional dan sangat merugikan waktu, uang dan tenaga saya sebagai konsumen. Tidak ada itikad baik dari pihak MyRepublic untuk menyelesaikan masalah komplain saya terkait putusnya koneksi internet di rumah saya sesegera mungkin. Bahkan, dari tanggal 02 Juli hingga hari ini tanggal 8 Juli, saya yang terus menerus aktif menghubungi CS MyRepublic untuk mencari tahu progress perbaikan yang tidak kunjung ada kemajuan.

Bahkan pihak MyRepublic tidak bisa memberikan kepastian kepada saya kapan koneksi internet di rumah saya akan kembali normal. Hal yang pasti kami terima dari pihak MyRepbublic yang diwakilkan oleh CS MyRepubic adalah janji-janji percepatan perbaikan FAT. Namun tidak kunjung dipenuhi hingga hari ini tanggal 08 Juli 2022.

Indrie Hapsari
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai MyRepublic:
[Total:3    Rata-Rata: 2.7/5]
Tanggapan MyRepublic atas Surat Ibu Indrie

Kepada Yth. Redaksi mediakonsumen.com Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah menayangkan surat keluhan pembaca Ibu Indrie pada tanggal 11 Juli...
Baca Selengkapnya

 Apa Komentar Anda mengenai MyRepublic?

Belum ada komentar.. Jadilah yang pertama!

Pelayanan dan Penanganan Masalah Koneksi Internet MyRepublic Sangat Me…

oleh Indrie Hapsari dibaca dalam: 3 menit
0