Indodana Menambah 1 Bulan Tenor Saya

Kejadian ini bermula ketika saya bertransaksi di Tokopedia pada tanggal 28 Maret 2022. Saya membeli barang seharga Rp5.000.000. Metode pembayaran yang saya pilih Indodana, karena waktu itu sedang ada promo cicilan bunga 0% dan saya ambil tenor 3 bulan dengan angsuran Rp1.735.500/bulan.

Seiring berjalannya waktu, saya pun selalu tepat waktu membayar tagihannya, sehingga tidak terkena denda. Namun pada bulan angsuran kedua/Mei, Pembayaran saya sempat pending. Karena tanggal gajian jatuh setiap tanggal 28, dan ketentuannya jika tanggal 28 jatuh pada hari libur (Sabtu, Minggu) Maka gajian saya di-pending hingga hari kerjanya (Senin-Jumat).

Pada hari Senin, tanggal 30 Mei2022 saya berniat membayar angsuran kedua tersebut, dikarenakan sudah gajian dan saya sudah berjanji kepada debt collector akan bayar di hari tsb. Akan tetapi ketika melihat tagihan tersebut yang seharusnya 3x angsuran, bertambah 1x angsuran menjadi 4x angsuran dan membuat saya marah tidak ingin membayarnya.

Lalu dari pihak Indodana terus menagih dan lebih parahnya menghubungi keluarga yang membuat saya malu.

Akhirnya pada hari Kamis, tanggal 09 Juni 2022 setelah terjadi kesepakatan antara saya dengan DC. DC tersebut menjanjikan akan menghapus denda penambahan 1x angsuran tersebut. Lalu saya membayar tagihan bulan Mei dan beserta denda keterlambatan bulai Mei.

Namun pada saat mau bayar angsuran ke-3 (terakhir),  denda penambahan 1x angsuran masih ada dan belum terhapuskan tidak sesuai janji DC. Saya membayar lebih awal untuk angsuran ke-3/terakhir pada 22 Juni 2022, padahal jatuh tempo tanggal 28 Juni 2022, karena ditakutkan terulang lagi kejadian sebelumnya.

.

Setelah membayar angsuran ke-3, harusnya saya sudah lunas, akan tetapi sampai saat ini denda penambahan 1x angsuran saya masih ada dan belum hilang. Lalu saya menghubungi DC tersebut, tapi tidak ada tanggapan. Padahal dia yang berjanji akan menghapuskan denda 1x angsuran tersebut, tapi malah lari dari tanggung jawab. Setelah itu saya menghubungi call center Indodana, tapi tidak juga membantu perihal kendala masalah saya.

Jujur saja ini sangat berat bagi saya di masa setelah pandemi seperti ini, untuk membayar denda tersebut. Saya mohon pengertiannya untuk Indodana. Saya sudah beritikad baik ingin membayar, tapi kenapa seakan saya dijebak dan dibohongi seperti ini?

Semoga ada tindak lanjut dari pihak Indodana untuk kasus saya ini. Terima kasih.

Erlangga
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Indodana Atas Keluhan Bapak Erlangga

Menanggapi keluhan bapak Erlangga yang diterbitkan melalui surat pembaca Media Konsumen tanggal 21 Juli 2022 dengan judul “Indodana Menambah 1...
Baca Selengkapnya

188 komentar untuk “Indodana Menambah 1 Bulan Tenor Saya

  • 22 Juli 2022 - (14:12 WIB)
    Permalink

    Jdi gmn mas gak ada solusi sma sekali dri indodana ? Kasus saya sma seperti mas erlangga… Saya cuma telat 4hari byar denda 49.500 plus tambh tenor juga 1blan

  • 22 Juli 2022 - (15:09 WIB)
    Permalink

    Saya ada bukti kontraknya malah disitu d tuliskan jika terlambat 3hari kalender dikenakan denda keterlmbatan 10% dri angsuran perbulannya.. tidak ada tuh d tuliskan ada tmbhan 1blan tenor,,, sygnya gak bsa d upload dokumennya nih klo bisa udh kasih unjuk sma smuanya

    • 22 Juli 2022 - (15:13 WIB)
      Permalink

      Terima kasih ka astria, kalo masih ada buktinya bisa di blow up disini ka???

    • 23 Juli 2022 - (07:55 WIB)
      Permalink

      Transaksinya sama ga dgn si penulis? Dia pakai promo cicilan 0%, sdh pasti ada s&k yg tdk sama dgn kontrak.

  • 22 Juli 2022 - (15:50 WIB)
    Permalink

    Sebelum transaksi pastikan dahulu kebijakannya tenor denda dan lain-lain kedua jangan sampai telat dan melanggar kesepakatan yang telah disepakati ketiga semoga cepat selesai masalah

  • 22 Juli 2022 - (16:20 WIB)
    Permalink

    Untuk kasus mas erlangga sendiri sudahkah ada solusi dri pihak indodana ? Sya sudah berusha email, kirim dm via Instagram, sudah tlpon cs juga, tapi blum ada tindkan apapun..

  • 22 Juli 2022 - (16:37 WIB)
    Permalink

    Sudah email dan telpom tidak membantu ka, makany saya blow up disini?? Semoga disni membantu?? Aamiin

  • 22 Juli 2022 - (16:48 WIB)
    Permalink

    Gila aja udah bayar bunga keterlambatan harus bayar denda penambahan 1x angsuran parah sih? lapor ojk aja mas

      • 26 Juli 2022 - (17:16 WIB)
        Permalink

        Saya sudah lapor ke OJK mas, berikut dgn bukti” terkait, surat pernytaan d atas materai juga, tapi smpai skrg pihak indodana masih mengelak karna mreka bilang sesuai dgn SK, pdhal di surat perjanjian jelas” di tulis hanya suruh bayar denda 10%… dri pihak OJK sndiri mreka hanya mmfasilitasi saja tdk bsa mmbantu mslah kita ini, jd apa yg harus d lakukan klo sudh kya gni lapor sana sini pun gak ada hasil nya ??? Tolong org baik yg memang ngerti mngkin bisa mmbantu ? Untuk org” yg hnya bisa memojokan tanpa memahami kasusnya tolong mnding diem aja, syg nmbah” dosa itu mulut ?

  • 22 Juli 2022 - (18:41 WIB)
    Permalink

    Memang ga bener la Indodana ini hapus kan pinjol di seluruh Indonesia? laporin ojk aja bang

  • 22 Juli 2022 - (18:56 WIB)
    Permalink

    Yang sabar yah bang pinjol ini makin meresahkan? semoga cepat ada tanggapan dari pihak indodana

  • 22 Juli 2022 - (20:29 WIB)
    Permalink

    Terlalu why??? e-commerce sebelah aja mau telat sebulan pun ga nambah 1x cicilan lebih kejam dari penjajah sih ini geram kali saya bacanya INDODANA laporkan aja bang ke OJK sama LKI

    • 23 Juli 2022 - (14:11 WIB)
      Permalink

      Peran OJK itu ga ada. Tiap ngirim komplenan soal kelakuan pinjol & dc yg melanggar SOP, OJK cuma ngebales soal pembayaran harus tepat waktu. Ga ada tuh dia ngomong bakal menindak si pinjol & DC nya

  • 22 Juli 2022 - (23:06 WIB)
    Permalink

    Ohhh harusnya sesuai dengan aturan perbankan pada umumnya, kalau tanggal pembayaran jatuh pada hari sabtu/minggu, maka due date nya diberikan sampai hari senin.

    Harusnya dianulir oleh pihak Indodana, harus ngikut aturan perbankan juga seharusnya. Coba deh konsultasikan ke OJK, pasti respon jawabannya sama.

    • 22 Juli 2022 - (23:15 WIB)
      Permalink

      Terima kasih mas dhani, ini baru nyambung dengan topik permasalahan ini yang saya harapkan pengertian dari indodana?? Terima kasih orang baik sehat selalu semoga panjang umur murah rezeki?

      1
      1
    • 23 Juli 2022 - (00:32 WIB)
      Permalink

      Eh ******, aturan mana klo jatuh tempo hari libur, ditagihnya hati berikutnya? Yang ada tuh sehari sebelum hari libur ditagih nya.

      Lu kalau gak tau aturan kredit, gak usah ngebacot buat ngibulin orang lain lu

    • 23 Juli 2022 - (00:33 WIB)
      Permalink

      Eh GOVBLOK, aturan mana klo jatuh tempo hari libur, ditagihnya hati berikutnya? Yang ada tuh sehari sebelum hari libur ditagih nya.

      Lu kalau gak tau aturan kredit, gak usah ngebacot buat ngibulin orang lain lu

      • 23 Juli 2022 - (00:45 WIB)
        Permalink

        Loh kok datang2 ngegas? emosi pulak fix dc nih? punya masalah hidup apa sih anda kok emosian????

        1
        2
  • 22 Juli 2022 - (23:17 WIB)
    Permalink

    Mau itu syarat dan ketentuan apapun ya tetep aja ga wajar dan keterlaluan ketika harus bayar plus 1x cicilan.. 30% lebih berarti itu.. lapor aja.. Indodana ya? Pelajaran buat semuanya, jangan pake dan hati2 untuk pinjol yg 1 ini.

    • 22 Juli 2022 - (23:24 WIB)
      Permalink

      Iyah mas saya sudah bayar denda keterlambatan di suruh bayar tambahan 1x angsuran pulak? akan saya laporkan ke pihak ojk

  • 23 Juli 2022 - (00:30 WIB)
    Permalink

    MISKIN berlagak sok kaya di depan temen nya pakai sepatu 5 juta.

    Lu nyumpahin gw agar senasib kayak lu? Gak akan, gw udah kaya raya, gak bakalan telat bayar walaupun gw ngutang. Kecil kemungkinan sih gw ngutang. Wkwkwkk….

    1
    1
  • 23 Juli 2022 - (00:43 WIB)
    Permalink

    Lah siapa yang nyumpahin situ? Situ aja baru komen? Mabok yah? Di jaga mas ucapannya ingat mulutmu harimaumu? terima kasih sudah menghina semoga anda panjang umur & sehat selalu

  • 23 Juli 2022 - (07:08 WIB)
    Permalink

    Yang utama skrg
    Bayar denda 1x cicilan nya, anggap sebagai pembelajaran
    Usia masih muda, duit bisa dicari. Nama baik tidak bisa.
    Karena berhubungan dengan perbankan SLIK jadi taruhan nya.
    Ga lucu kedepan nya gegara 1x cicilan ga di bayar tidak bisa ajukan pembiayaan di bank lain ( KPR, kendaraan dll )
    Ente bisa menang argumentasi dengan DC, tapi akan kalah dengan data, bahwa ente masih nunggak. sesimple itu.

    • 23 Juli 2022 - (16:20 WIB)
      Permalink

      Lumayan juga bang bayar 1× cicilan tambahan 1,7jt belom lagi dia udwh bayar denda keterlambatan juga?

  • 23 Juli 2022 - (14:08 WIB)
    Permalink

    Oh indodana emang licik nih. DC nya trnyata sama aja semua. Saya baru ngalamin kmrn. Dijanjiin disc bunga, begitu saya bayar eh dia baru bilang kenapa ga ngabarin dulu biar dia ganti setting supaya disc. Pdhl uda jelas” saya nanya berulang & bilang mau bayar saat itu juga. Trus ngilang aja ga bales” saya uda komplen.
    Sampe saya harus email ke AFPI & Indodana, trus komen di komen di IG nya baru direspon. Itu pun ttp disc nya ga sesuai janji DC di awal. Trus komen saya di IG Indodana dihapus haha

  • 23 Juli 2022 - (16:19 WIB)
    Permalink

    Udah 2 hari belum ada tanggapan dari INDODANA yah? Kalo tidak ada tanggapan berarti memang sengaja di jebak bang sabarin aja semoga banyak rejeki?

  • 25 Juli 2022 - (14:15 WIB)
    Permalink

    Sudah 4 hari belum ada kejelasan dari INDODANA yah mas? Blacklist aja lah menjebak custumer ini, ga usah bayar mas percuman kalo cuman 1 pihak ada itikad baiknya?

    • 27 Juli 2022 - (20:52 WIB)
      Permalink

      Parah emang sii, udah lapor ojk d suruhnya selesaikan dgn pihak terkait, email indodana suruh datengin salles dn pihak merchant, udh d datengin ttep mereka mengelak sesuai S&K… Pdhal jelas” dlam kontrak hanya di tuliskan denda 10% dri harga cicilan perbulan, bner” telat 4hari trus kita suruh bayar 1blan lagi… 494.500 bagi kita mah gede ini !

  • 29 Juli 2022 - (17:38 WIB)
    Permalink

    Dari pidak Indodana sudah bertanggung jawab & menyelesaikan masalah saya?? Terima kasih atas pengertiannya

 Apa Komentar Anda mengenai Indodana?

Ada 188 komentar sampai saat ini..

Indodana Menambah 1 Bulan Tenor Saya

oleh Erlangga Erlangga dibaca dalam: 1 menit
188