Tagihan Terus Menerus dan Limit Tidak Bertambah, Akibat Sistem Bermasalah

Dear BRI Ceria,

Saya sudah mengirimkan pengaduan saya sejak bulan Mei 2022, tapi sampai saat ini tidak ada respons terkait solusi dari masalah yang saya ajukan. Total limit saya di aplikasi BRI Ceria saya adalah Rp500.000. Saya menggunakannya aplikasi BRI Ceria pada bulan November 2021, total limit yang saya gunakan terakhir berkisar Rp460.000.

Pada bulan Desember 2021, saya ganti hp dan baru login pada bulan April 2022. Jadi tagihan bulan Desember 2021 sampai Maret 2022 tidak terbayar. Pada bulan April 2022, saya melakukan pembayaran sejumlah Rp379.445, tapi limit tidak bertambah dan muncul tagihan baru.

Selanjutnya pada bulan Mei 2022, saya melakukan pembayaran sejumlah Rp433.778, tapi limit tidak juga bertambah. Pada tanggal 2 Juni 2022, saldo rekening saya malah ter-autodebit sejumlah Rp423.096.

Setelah saya ajukan pengaduan, ini adalah respons terakhir dari customer service BRI Ceria:

Dari respons CS BRI Ceria, sudah jelas ada yang tidak sinkron dalam sistem pembayaran tagihan BRI Ceria. Yang mana, sejak Desember 2021 sampai bulan Maret 2022, saya tidak melakukan pembayaran tagihan. Saya melakukan pembayaran tagihan pada bulan April sebesar Rp379.445, tapi di sistem hanya tercatat Rp23.355. Saya juga sudah membayar tagihan pada bulan Mei 2022 sebesar Rp433.778, tetapi di sistem tertulis yang terbayarkan hanya Rp10.682. Sehingga pada tanggal 2 Juni 2022, saldo rekening saya Rp423.096 langsung ter-autodebit.

Saya sudah mengeluarkan uang Rp1.236.319 untuk hutang Rp460 ribu, tapi limit di sistem tidak bertambah. Sekelas BUMN, tapi sistemnya amburadul dan solusi sangat lambat. Sudah 3 bulan, tidak ada respons dan solusi, terkait masalah sistem yang amburadul ini.

Rizky Dwi Pratiwi
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai BRI Ceria:
[Total:37    Rata-Rata: 1.7/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

26 komentar untuk “Tagihan Terus Menerus dan Limit Tidak Bertambah, Akibat Sistem Bermasalah

    • 22 Juli 2022 - (18:03 WIB)
      Permalink

      Sampai kapan yaa tindaklanjutnya. Saya sudah tidak pernah pakai pinjamam ceria. Lagi. Saya terakhir pakain dibuln novemebr 2021 total pinjaman yg saya gunakan 450rb. Di bulan april mei saya sdh melakukan pembayaran dan juni saldo rekening saya ke autodebet. Total uang yg saya keluarkan untuk membayar tagihan sekitar 1.236.000 tp limit didasboard tidak bertmabah dan tagihan trs menerus muncul.

      1
      2
      • 23 Juli 2022 - (02:46 WIB)
        Permalink

        sepertinya TS lupa sama bunga 4 bulan yg gak dibayar dan terus berjalan setiap harinya,

        desember-maret tidak ada pembayaran, coba liat s&k nya bunga perhari dikenakan brp duit, lalu dikalian selama 4 bulan

        • 23 Juli 2022 - (10:31 WIB)
          Permalink

          Denda untuk pembayaran bulam april hanya sekitar 10rb. Gk masuk akal sekali loh ini saya cuma hutang 450rb dan saya sudah keluar uang sekitar 1.250.000 tp tidak ada perubahan sama sekali disistem dan tagihan masih ada sampai saat ini

          • 24 Juli 2022 - (22:21 WIB)
            Permalink

            denda sama bunga beda ya gan

            kalo denda fee itu = biaya admin
            nah kalo bunga itu di itung perhari

            contoh denda keterlambatan 1% dr tagihan,

            nah disini agan ngutang 67rb, jadi 1% nya adalah 670rupiah

            TS nunggak des-maret berarti 4bulan, jadi TS kena bunga 670*120 hari (4bln) = 80.500 + denda fee 10rb /bulan = 40.000

            nah jd TS masih pny utagg 67rb di bulan april (cicilan Ts) +bunga+denda fee ( dari des-maret)

            jd kalo TS udah merasa bayar tp kok gak malah nambah terus,, nah balik lagi kerumus atas.

            jadi bank Bri ngebaca Ts bayar ciclan bulan des- maret, wlpn bayarnya di bulan april

            btw des-apr kan jauh ya, kok bisa²nya baru login, emang gak minjem hp saudara dulu buat login.

    • 22 Juli 2022 - (17:54 WIB)
      Permalink

      Kenapa? Emang masalahnya kaya gitu. Saya sudah bayar tagihan tp limitnya tidak bertambah malah ada tagihan baru.

    • 23 Juli 2022 - (07:47 WIB)
      Permalink

      Kunci jawaban nya adalah dari bulan Desember sampe Maret ngga bayar tagihan,jadi bunga ber bunga.kalo alesan ganti hape,saya bolak balik ganti hape,aplikasi lama saya instal ulang di hape baru & login pake id lama,fine2 aja.jd sebenernya ganti hp bukan alasan untuk ngga bayar utang.

      • 23 Juli 2022 - (10:28 WIB)
        Permalink

        Hp saya rusak mati total. Dan sudah jels denda bri ceria gk besar. Intinya limit saya cuma 500rb dan saya pakai 450r semisal itu denda kok bri gk kasih rincian tagihan dan dendanya. Saya sdh keluar uang sekitar 1.250.000 untuk hutang saya 450.000 tp disistem tidak ada perubahan. Tagihan sdh dibayar tp limit tidak bertambah. Dan cs bls sprt itu untuk rinciannya yg mana jls” saya sdh bayar

  • 22 Juli 2022 - (20:53 WIB)
    Permalink

    Sy juga pengguna BRI ceria. Awal sr pencairan limit ke saldo rekening saya tidak ada biaya pencairan. Yg ada hnya biaya layanan 1% untuk bayar nanti atau paylater. Ttpi untk ke 2 kali minjam udah tmbul biaya penvairan. Ini kok sdh sama dengan pinjol bnyk biaya2 ribanya. Ngeri2 sedap ini bank.

    • 23 Juli 2022 - (15:11 WIB)
      Permalink

      Intinya, kalo ga butuh² amat gausah kredit. Apalagi cuma bbrp ratus ribu, kita sabar nabung jg kekejar segitu mah.
      Jauhi riba 😁

    • 23 Juli 2022 - (20:25 WIB)
      Permalink

      Pada initi nya Nama cuman di jadikan alat dan alat akan di bayarkan inti nya wk wk wk

      Se ande nya Kejadian 90an terulang kembali madepp wk wk wk

      Pada inti nya banyak duit itu berkuasa bahkan kalo kamu banyak duit mungkin dunia akan di beli

  • 23 Juli 2022 - (05:18 WIB)
    Permalink

    Bri ceria udh kek pinjol bunga berbunga my flenndd
    Bkn bukit berbunga tmp yg indah tmp memadu cinta hahaaa
    Jauhi riba agar hidup bahagia kawan

    • 23 Juli 2022 - (10:37 WIB)
      Permalink

      Bunga bri ceria kecil setau saya tidak lebih dari 3%. Semisal itu denda itu sangat tidak masuk akal. Saya terakhir cuma pakai 450 rb di bulan November 2021. Dan saya sudah mengeluarkan uang sekitar 1.250.000 untk bayar tagihan, tp tetap tdk ada perubahan limit sama Sekali meskipun saya sdh bayar tagihn. Kenapa saya bilang sistem bri ceria tidak sinkron? Krn menurut bls cs bri ceria pembayaran yg tercatat oleh sistem tidak sesuai dg tagihan yg sudah saya bayarkan.

  • 23 Juli 2022 - (07:41 WIB)
    Permalink

    Masa pake pinjeman november, desember ganti HP trus login lg april 2022 haha.. Ini mah sengaja, emang abis ganti hp desember baru kebeli kuota sehingga baru login lagi april wkwkwk

    Tp emang sy akui BRI Ceria sistemnya perlu banyak perbaikan.. Ke depannya perlu peningkatan lebih lanjut. Suka susab masuk dan e-maul otomatisnya suka ga sinkron.

    1
    2
  • 23 Juli 2022 - (22:30 WIB)
    Permalink

    Yang jelas TS udah salah karna sengaja gak bayar. Dia coba ganti nomer supaya gak dihubungi tapi begitu masuk ke hari telat 90 yang DCnya makin galak ternyata TS kelacak dan mau bayar. Hahahhaha…
    Lu kira biaya penagihan gratis? Makanya jangan coba² lari. Berani berhutang ya harus bayar dong, jangan lari.
    Beli pemutih udah putih belum???

    • 24 Juli 2022 - (22:36 WIB)
      Permalink

      Saya sudah menekannkan bahwa hp saya rusak. Dan bri ceria tidak ada tagiahn sama sekali dari dcnya. Baru setelah dpt info dari dc saya login trs saya bayar sampai 2x pembayaran dan saldo saya juga ke autodebet. Tp pembayaran saya tidak masuk di sistem.

      • 24 Juli 2022 - (22:39 WIB)
        Permalink

        Udah tau minjam kok gak dibayar malah nunggu dicari dc. Nda udah bohong, smakin berbohong, makin banyak juga kebohongan baru yang harus dibuat

        1
        2
        • 24 Juli 2022 - (22:48 WIB)
          Permalink

          Urusan anda apa bisa menilai org sprt itu. Kebutuhan org beda”. Dan hp saya yg lama rusak. Saya bikin surat ini tujuannya mau didengar pihak bri ceria. Saya gk keberatan kalau bayar denda. Tp ini masalahnya ada di sistem. Pembayaran saya gk masuk di sistem. Terbukti tidak ada notifikasi pembayaran di aplikasi setelah tagihan saya bayar dan sdh di bls sama cs bahwa pembayran di sistem yg masuk tidak sesuai dengan pembayaran yg sdh saya lakukan. Kalau tidak bisa membantu memberikan solusi lebih baik diam jgn asal bicara

  • 24 Juli 2022 - (12:28 WIB)
    Permalink

    Kayaknya ada kesalahan di sistem bri ceria deh.. Itu jelas tertulis late fee nya 10rb saja per bulan.. Dan gk masuk akal kalau telat 90hari tagihan jadi 1jt lebih..

    Dan Dari user juga teledor atau sengaja, dari november smpe april kok gk dibayar hutangnya..

    Lebih baik datang aja ke kantor bri, jelaskan kronologi nya.. Semoga bisa membantu

    • 24 Juli 2022 - (22:33 WIB)
      Permalink

      Saya sudah datang kak. Cuman kantor cabang gk bisa menangani masalah bri ceria. Intinya ini bermaksud disistem soalnya biasanya kalau sudah bayar tagihan terctat dinotifikasi sedangkan pembayaran 3 bulan terakhir saya tidak tercatat di notifikasi

 Apa Komentar Anda mengenai BRI Ceria?

Ada 26 komentar sampai saat ini..

Tagihan Terus Menerus dan Limit Tidak Bertambah, Akibat Sistem Bermasa…

oleh rizky dibaca dalam: 1 menit
26