Penarikan Saldo Akulaku Berbelit-belit, CS Tidak Memberikan Kepastian

Halo, saya ingin sharing pengalaman kedua kali saya menggunakan aplikasi pembayaran Akulaku, Yang mana pada saat saya melakukan penarikan saldo Akulaku, memerlukan waktu yang bertele-tele dan setiap customer service yang ditanya, jawabannya yang berbeda-beda,

Kronologinya saya melakukan pembayaran Tagihan BPJS Kesehatan melalui aplikasi Akulaku dengan metode pembayaran GoPay sebesar Rp3.181.900. 5 menit setelah itu, muncul notifikasi pembayaran GAGAL, kemudian dana saya dikembalikan ke saldo Akulaku, bukan ke saldo GoPay.

Setelah itu saya segera melakukan penarikan saldo Akulaku ke rekening saya pada hari itu juga (tanggal 26 Juli 2022). Namun terjadi keterlambatan yang tidak biasa. Karena di era sistem pembayaran yang canggih sekarang, namanya proses refund dana akibat kegagalan sistem itu sendiri, biasanya untuk penarikan dana langsung masuk pada waktu yang sama saat proses penarikan. Akan tetapi sudah lebih dari 3 jam, dana tidak juga masuk.

Akhirnya saya telepon customer service melalui telepon dan disuruh tunggu 1×24 jam. Saya tetap tidak puas, karena saya merasa itu uang saya yang saya bayar secara cash, yang seharusnya dikembalikan pada hari yang sama. Akhirnya saya chat live melalui aplikasi Akulaku, dan yang membuat saya kaget, saya diberitahukan bahwa untuk penarikan saldo di atas Rp300.000 memerlukan estimasi 7 hari kerja bahkan lebih. Sontak saya marah dengan informasi yang diberikan.

Saya kecewa, aplikasi berbasis finance digital di masa kini proses pencairan yang berbelit-belit. Bahkan aplikasi ini menurut saya sangat tidak kooperatif dalam menangani proses refund customer. Ini kali kedua saya bermasalah dengan aplikasi Akulaku, dengan masalah yang sama, yaitu proses refund yang bertele-tele. Apalagi kegagalan pembayaran bukan karena kesalahan dari saya, tetapi dari pihak Akulaku sendiri, kenapa lama sekali untuk proses transfer saldo saya? Berikut terlampir bukti pendukung artikel ini.

Rocky Waldy Saragih
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Akulaku Indonesia:
[Total:13    Rata-Rata: 1.2/5]
Tanggapan Akulaku terhadap Surat Saudara Rocky Waldy Saragih

Jakarta, 4 Agustus 2022 Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat, Terkait dengan surat pembaca konsumen dari Saudara Rocky...
Baca Selengkapnya

12 komentar untuk “Penarikan Saldo Akulaku Berbelit-belit, CS Tidak Memberikan Kepastian

  • 28 Juli 2022 - (10:26 WIB)
    Permalink

    Kenapa yah Media Konsumen kebanyakan dipenuhi dgn keluhan nama2 ecommerce dan dompet digital seperti AKULA** , KREDI**, D*NA.
    Mereka kok tidak pernah berbenah.
    Kominfo, BI, OJK, YLKI tolonglah para nasabah dan konsumen.

    5
    1
  • 28 Juli 2022 - (12:31 WIB)
    Permalink

    Kenapa nggak bayar tagihan BPJS langsung dari aplikasi GoJek menggunakan GoPay? Apa karena tergiur promo/cashback/diskon lantas terbiasa dengan pola pikir “kalau bisa cara sulit, kenapa harus lewat cara mudah”? Yang dipertaruhkan itu uang anda lho, bukan uang donasi atau santunan Boeing.

    5
    3
  • 28 Juli 2022 - (12:38 WIB)
    Permalink

    kmren no bpjsnya tdk bsa kebaca sma gopay/tokped, nah pakai akulaku dan aplikasi sejenisnya baru kebaca mas/muncul tagihannya

  • 29 Juli 2022 - (03:22 WIB)
    Permalink

    saya selalu bayar bpjs pake tokopedia , metode bayar menggunakan gopaylater by gojek …
    selama 2 tahun ga ada masalah , kak
    btw … bpjs kok sampe 3 juta lebih ? ini nungggak atau gimana ?? kok aneh ?

    • 29 Juli 2022 - (08:46 WIB)
      Permalink

      Nah kemren no id bpjsnya tidak kebaca di ijo mas, karena kita lupa no virtual account(kode depnnya) hanya kebaca diaplikasi sperti akulaku, makanya kamaren kita bayarnya melalui aplikasi itu. Ia seharusnya memang sperti si ijo kebanykan kalau gagal pembayaran saldo langsung balik pada saat itu juga, nah aplikasi yang satu ini berbelit-belit pakai verifikasi, tunggu 7 hari kerja, sedangkan pada saat pembayaran pakai saldo gopay tidak ada verifikasi yang berbelit-belit

  • 29 Juli 2022 - (08:30 WIB)
    Permalink

    ia tunggakan, tpi ga aneh lah, orang ada kok yg sampai 9jt juga tunggakannya

 Apa Komentar Anda mengenai Akulaku Indonesia?

Ada 12 komentar sampai saat ini..

Penarikan Saldo Akulaku Berbelit-belit, CS Tidak Memberikan Kepastian…

oleh ROCKY WALDY SARAGIH dibaca dalam: 1 menit
12