Pengalaman Tidak Menyenangkan dengan Event Cashback OVO

Sebelumnya saya sampaikan salam sejahtera untuk seluruh pembaca Media Konsumen. Pada hari saya mengetik pengaduan ini, yaitu tanggal 13 Agustus 2022, saya akan membahas mengenai salah satu aplikasi berbayar yaitu OVO, di mana saya mendapatkan pengalaman yang sangat tidak menyenangkan.

Pada tanggal 9 Agustus 2022, saya melakukan pembayaran listrik di aplikasi OVO, dengan nominal sebesar Rp332.778 pada pukul 15.00 WIB. Berikut saya sertakan bukti pembayaran listrik tersebut:


Saya memilih pembayaran melalui OVO dikarenakan ada event cashback sebesar 15% maksimal 50.000 untuk pengguna yang tidak melakukan pembayaran di merchant yang sama (untuk kasus ini yaitu PLN) pada bulan Juni dan Juli, jika pembayaran dilakukan antara tanggal 8 hingga 14 Agustus 2022 dan pada pukul 15.00 WIB – 21.00 WIB.

Detail Promo saya screenshot dan saya sertakan sebagai berikut:

Ketika saya telah selesai melakukan transfer, cashback dari promo tersebut tidak langsung masuk. Karena ada keterangan jika cashback akan masuk paling lama 3 x 24 jam, maka saya masih berpikir positif dan menunggu.

Akan tetapi di tanggal 12 Agustus 2022 pukul 15.00 WIB, cashback masih belum diterima. Sehingga dengan inisiatif saya langsung menghubungi OVO melalui e-mail cs@ovo.id. Karena sebelumnya jika saya menghubungi pihak OVO melalui e-mail akan mendapatkan respons yang cepat. Namun sayangnya saya tidak mendapatkan balasan sama sekali dari akun e-mail tersebut.

Maka dari itu, di hari berikutnya (hari Sabtu, 13 Agustus 2022) saya mencoba menghubungi pihak OVO melalui Instagram mereka, @ovo_id. OVO langsung memberikan respons beberapa menit kemudian melalui direct message Instagram, tapi jawaban yang saya dapatkan tidak terduga. Admin OVO saat itu mengatakan jika saya tidak mendapatkan cashback dikarenakan “Sudah mencapai limit harian promo dari merchant tersebut”.

Saya bertanya kembali kepada admin maksud dari limit harian itu detailnya seperti apa, akan tetapi saya mendapatkan balasan yang sama seperti ketikan sebelumnya.

Berdasarkan kejadian-kejadian di atas, beberapa hal yang menyebabkan saya kecewa dengan pelayanan OVO dari masalah ini antara lain:

  1. Event cashback yang diadakan tidak menjanjikan meski pembayaran sudah dilakukan di awal waktu promo dimulai (dalam hal ini pukul 15.00 WIB adalah waktu promo cashback dimulai).
  2. Customer Service OVO yang tidak bisa menjelaskan hal secara detail dan hanya mengulang/copy paste kalimat sebelumnya saja kepada customer, dalam hal ini Customer Service OVO juga kurang profesional.
  3. Pada aplikasi OVO tidak ada update atau keterangan jika kuota promo habis pada hari sebelumnya atau pada jam-jam tertentu, hal ini tentu merugikan customer yang telah melakukan pembayaran tagihan dan pastinya tidak bisa di-refund.

Setelah saya cek di seluruh media sosial, ternyata bukan hanya saya saja yang mengalami kendala seperti ini karena banyak pengguna yang membayar di waktu-waktu tertentu, tetapi cashback tetap tidak masuk dan komplain para pengguna tidak diindahkan oleh CS OVO itu sendiri. Hal ini membuktikan jika OVO tidak ada kemajuan dalam melayani customer dan tetap melakukan promosi seperti ini yang jatuhnya bagi saya hanya clickbait/scam.

Jika teman-teman bertanya kepada saya “Mengapa tidak bayar pada tanggal 8 Agustus 2022 pukul 15.00 saja?”, Jawabannya ada pada postingan ini:

Saya juga mengikuti promo tersebut dan sudah membayar sesuai jam yang berlaku, akan tetapi pada hari H promo, OVO melakukan perubahan syarat dan ketentuan tanpa adanya update di jam 06.00 WIB sehingga saya tidak mendapatkan cashback.

Oleh karena itu, untuk promo Agustus 2022 ini saya mencoba mengikuti promo di hari kedua saja agar tidak ada perubahan syarat dan ketentuan sewenang-wenang OVO lagi, dan hasilnya sekarang sama saja dengan alasan klasik “Sudah mencapai limit harian promo dari merchant tersebut”.

Inti dari postingan ini, saya mengajak teman-teman pembaca dan saya sendiri untuk ke depannya mungkin tidak usah tergiur lagi dengan promo cashback dari aplikasi OVO, jika ke depannya pihak OVO tetap seperti ini dalam melaksanakan promosi yang hasilnya “suka-suka” mereka dan tidak bisa menjelaskan secara detail terkait promo yang berlangsung.

Untuk saya sendiri, bukan cashback lagi masalah utamanya. Postingan ini saya buat lebih mengutamakan untuk mewakili teman-teman lainnya yang merasa kecewa dengan promosi dari aplikasi OVO yang tidak sesuai dengan kenyataan dan belum menyampaikan keluhannya di Media Konsumen ini, dikarenakan saya memiliki waktu luang untuk menuliskan keluhan ini.

Dari postingan ini juga saya memohon kepada teman-teman untuk bijak dalam berkomentar, dikarenakan yang mengikuti event ini tidak hanya 1 atau 2 orang dan dipastikan melakukan pembayaran di aplikasi OVO karena adanya event cashback besar ini, yang belum tentu ada di metode pembayaran tagihan lainnya.

Jadi menurut saya adalah hal lumrah jika melakukan pembayaran tagihan di salah satu aplikasi karena ingin mengikuti promonya. Namun yang paling penting, saya harap kegiatan marketing dalam hal pembayaran lebih baik lagi ke depannya.

Ridhwan Rais
Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai OVO:
[Total:20    Rata-Rata: 1.9/5]
Tanggapan OVO atas Surat Pembaca Bapak Ridhwan Rais

Dengan hormat, Terima kasih atas kepercayaan Bapak Ridhwan Rais untuk terus menggunakan OVO sebagai platform pembayaran digital pilihan Anda dan...
Baca Selengkapnya

30 komentar untuk “Pengalaman Tidak Menyenangkan dengan Event Cashback OVO

    • 14 Agustus 2022 - (15:57 WIB)
      Permalink

      Kepada OVO Indonesia,
      Saya mendapatkan notifikasi jika akun saya telah menerima cashback pada hari Minggu, 14 Agustus 2022 pukul 12:34 WIB sebesar 49.916 OVO Points sesuai screenshot berikut:
      https://ibb.co/M7fm4KM
      Saya mengapresiasi tim pusat OVO yang langsung menangani kasus saya setelah saya follow up ke Media Konsumen, atas solusi rekan-rekan saya mengucapkan terima kasih.

      Namun sesuai artikel yang saya buat, dari tujuan utama penulisan artikel ini, saya memiliki berbagai masukan seperti berikut:
      1. Mohon untuk promo ke depannya, detail syarat dan ketentuan ditampilkan lebih terperinci dan lebih mutlak agar tidak ada customer yang kecewa jika tidak mendapatkan promo yang dimaksud. Sebagai contoh, bisa ditulis kuota dari promo tersebut pastinya ada berapa (bisa ditulis dengan angka misalkan 1,000 pengguna per hari) karena tidak masalah jika kuota sedikit namun ada kepastian yang dicantumkan di syarat dan ketentuan secara lengkap. Saya menyarankan hal ini karena bersangkutan dengan saran saya di nomor 2.

      2. Jika tim pusat OVO bisa bertindak lebih cepat, hal ini membuktikan bahwa customer service OVO perlu lebih mengembangkan lagi kinerjanya. Karena jika CS OVO bisa menjelaskan promo secara benar tanpa mengulang-ulang atau meng-copy paste pernyataan yang sudah dijelaskan sebelumnya, atau langsung menghubungi tim pusat OVO untuk menindak lanjuti suatu kasus, maka tidak perlu ada yang menuliskan keluhannya di Media Konsumen seperti ini.

      Saya paham jika target OVO adalah untuk menggaet pengguna sebanyak-banyaknya agar terus melakukan pembayaran di aplikasi OVO, akan tetapi jika tidak ada pemberitahuan promo sudah habis sebelum pembayaran dilakukan seperti pada e-commerce lain dan transaksi yang sudah dilakukan tidak bisa direfund, maka tidak heran juga banyak pengguna yang komplain tidak mendapatkan promo yang dijanjikan OVO itu sendiri. Untuk saat ini saya yang memuat komplain di Media Konsumen telah mendapatkan reward dari promo tersebut, namun harus dipikirkan juga pelanggan lain yang tidak memuat keluhannya seperti saya. Bagian yang saya tidak paham, apakah memang pihak OVO ingin namanya diiklankan dahulu di Media Konsumen ini agar kemudian pengguna segera diberikan cashback sesuai promo yang ada, atau memang tindak lanjutnya dipercepat jika ada keluhan di media online seperti ini. Terus terang saya sendiri tidak tahu untuk proses pelayanan OVO apakah seperti itu atau tidak.
      Secara jujur juga saya ungkapkan ke depannya saya masih ragu untuk mengikuti promo-promo yang ada pada OVO jika poin-poin di atas belum diimplementasikan, akan tetapi saya juga berharap semoga ke depannya OVO semakin baik lagi dari pelayanannya maupun sistem pembayarannya.

      Atas perhatian OVO Indonesia, saya mengucapkan terima kasih.

      1
      1
      • 14 Agustus 2022 - (19:25 WIB)
        Permalink

        Lah, jadi setelah sebelumnya dibilang bahwa kuota sudah habis, tapi setelah nulis SP di sini lalu kuota tidak jadi habis???
        Kocak ini mah.

        Sama, saya juga 1x kena prank, bayar tagihan, eh cashback tidak datang. Saya tungguin 3×24 jam supaya sesuai s & k (daripada langsung komplen & dijawab disuruh nunggu, seperti SP yang dikutip di atas wkwkwk).
        Setelah 3×24 jam, saya komplen, & dapat kalimat sakti: kuota terbatas.

        Sejak itu tidak pernah lagi saya tergoda iming2 cashback di app tersebut…

        • 14 Agustus 2022 - (19:33 WIB)
          Permalink

          Iya kak aku juga kurang paham kenapa ya seolah-olah harus buat thread dulu di Media Konsumen baru promo diterima juga keluhannya ditangani..
          Sama kak saya juga kedepannya ga akan terlalu mudah lagi tergoda sama event cashbacknya kalau masih ada kejadian kaya begini..

    • 15 Agustus 2022 - (15:04 WIB)
      Permalink

      gw baru kemarin bayar listrik 800 ribuan. gw tungguin sampai hari ini ga ada cashback ternyata PENIPUAN. apa gw harus kirim surat kesini supaya cashback gw cair. hahaha gila ini mah, ketauan BOHONG. kayak emak2 di Alfamart yg nyolong cokelat, pas ketahuan baru bayar.

      • 15 Agustus 2022 - (15:20 WIB)
        Permalink

        Emak2 alfamart dong🤣🤣
        Apakah sama juga kak bayar di jam 15.00? Kalau sama aku saranin kakak buat juga laporan kaya aku di Media Konsumen ya kak, karena kalau buat di Media Konsumen ternyata langsung dibaca tim pusat nya dan ga harus menghadap customer service nya dulu.

    • 14 Agustus 2022 - (15:59 WIB)
      Permalink

      Terima kasih banyak ya kak udah bantu sampaikan sebagian keluhanku juga.

      3
      1
    • 14 Agustus 2022 - (16:05 WIB)
      Permalink

      Kalau dilihat dari screenshot kaka, di situ tertera pembayarannya jam 15:34 WIB ya kak? Kemungkinan besar kalau pembayarannya sudah telat 1 menit dari jam promo dimulai, kuota nya sudah langsung habis kak. Karena saya pun yang bayar di jam 15.00 WIB dijawab oleh CS OVO “Sudah mencapai limit harian promo dari merchant tersebut” yang memang membingungkan saya juga.
      Betul kak untuk kedepannya mungkin lebih baik bayar di tempat yang bisa kita cek dulu apakah kuota promonya masih ada sebelum pembayaran supaya kita gak kecewa meskipun reward promonya sedikit.

      1
      1
    • 15 Agustus 2022 - (15:06 WIB)
      Permalink

      aku juga kena PRANK bbrp kali, kirain benaran habis kuotanya ternyata cuma modus. juli kemarin ikut promo beli tiket pesawat juga seperti ini ZONK.

  • 14 Agustus 2022 - (12:02 WIB)
    Permalink

    OVO emang parah.. sejak awal s&k promonya sering berubah2, pihak merchant sendiri sampai tidak tahu s&k yg terbaru bagaimana.
    anyway, promo yg sifatnya cashback dan kuotanya tdk transparan macam OVO mending dihindari deh, kecuali cuma iseng untung2an saja =)

    • 14 Agustus 2022 - (14:51 WIB)
      Permalink

      Betul kak, jadi pelajaran juga buat aku kedepannya supaya ikut event cashback lebih baik yang ada pemberitahuan di awal dulu kalau pembayaran ada potensi dapet cashback seperti di toko ijo atau toko oren.

  • 14 Agustus 2022 - (12:04 WIB)
    Permalink

    iya saya jg beberapa kali ga dapat promo seperti yg dijanjikan. pengen uninstall aja dah

    • 14 Agustus 2022 - (14:50 WIB)
      Permalink

      Sama juga kak kasusnya bayar pas tepat waktu promonya dimulai? Atau telat beberapa menit?

  • 14 Agustus 2022 - (12:26 WIB)
    Permalink

    OVO, Dana, Gopay bakar duit lagi ya pasti boncos standard pembayaran sudah sama semua qris yang artinya mereka bunuh diri buang duit mengedukasi orang2 menggunakan QRIS dimana semua aplikasi bank sudah bisa QRIS yang gak perlu topup dan dikenakan admin kenapa harus pindahin duit kalau ga ada promo?

    saya juga pernah ovo masih pasang baner cashback tapi ga dapat cashback, mau komplain kok rasanya segan cuma cashback 10rb waktu itu

    akhirnya kapok deh gak mau top up emoney kalau SK dari merchant gak jelas bahkan gak ngerti syarat ketentuanya

    mending bayar debit/qris bank langsung palah beres gak kena admin topup lagi kan?

    kalau promo cashback tagihan biasanya ngecek2 di marketplace , kalau ga ada ya langsung pake aplikasi pln gak kena admin pake VA Mandiri

    • 14 Agustus 2022 - (14:48 WIB)
      Permalink

      Iya kak, sebenernya promo cashback OVO seperti itu juga salah satu strategi mereka supaya ga kalah sama pembayaran debit atau qris dengan kasih cashback setiap bayar tagihan atau belanja, tapi sama saya juga seperti kaka jadi ragu lagi buat top up e-wallet kalau promonya belum jelas.
      Betul juga kok buat selanjutnya lebih baik cek promo marketplace atau langsung di aplikasi tagihannya seperti PLN Mobile saja.

  • 14 Agustus 2022 - (13:30 WIB)
    Permalink

    Saya dapat koq kemaren cash back ovo points sebesar 30 ribu. Beli token listrik 202 ribu, bonus ovo points langsung masuk seketika. Lihat syarat dan ketentuan promo tsb. Promo yang saya dapat, hanya berlaku di hari Selasa dan Sabtu mulai pukul 15.00 WIB – 21.00 WIB.

    • 14 Agustus 2022 - (14:44 WIB)
      Permalink

      Beda promo sebenernya kak kalau token listrik sama tagihan listrik, buat tagihan listrik itu tanggal 8 – 14 Agustus 2022 jam 15.00 WIB – 21.00 WIB tanpa ada tambahan keterangan hari apa, sesuai yang saya cantumin di post ya.

  • 14 Agustus 2022 - (14:44 WIB)
    Permalink

    Beda promo sebenernya kak kalau token listrik sama tagihan listrik, buat tagihan listrik itu tanggal 8 – 14 Agustus 2022 jam 15.00 WIB – 21.00 WIB tanpa ada tambahan keterangan hari apa, sesuai yang saya cantumin di post ya.

    • 14 Agustus 2022 - (18:50 WIB)
      Permalink

      Apakah kejadiannya sama persis kak, sudah bayar di waktu yang tepat? Kalau kasusnya sama aku saranin kakak buat juga thread seperti ini supaya saran pelanggan didengarkan oleh pihak OVO nya.

  • 14 Agustus 2022 - (23:30 WIB)
    Permalink

    Memang promo ovo menipu. Saya coba coba bayar bpjs, dan hasil nya gak dapat cashback. Setelah itu saya gak mau bayar tagihan dari ovo. Langsung saya bayar pakai Tokopedia aja. Cashback nya pasti

    • 14 Agustus 2022 - (23:43 WIB)
      Permalink

      Iya kak selanjutnya lebih baik kalau mau ikut promo yang udah pasti ada konfirmasinya di awal sebelum pembayaran aja ya.

  • 15 Agustus 2022 - (00:25 WIB)
    Permalink

    Itu kan kuota terbatas makanya pake limit jumlah pengguna .
    Jadi siapa cepat dia dapat..
    Tapi nampaknya ovo_id males berurusan sama mediakonsumen. com makanya dia kasih cashback tersebut..

    • 15 Agustus 2022 - (02:08 WIB)
      Permalink

      Iya kak pasti yang namanya promo pake limit, tapi di sini OVO juga ga ada transparansi berapa limit atau kuota dari setiap promo yang ada. Bahkan saya yang bayar di jam promo teng dimulai, malah dapat balesan sudah mencapai limit kuota harian. Ditambah balasan customer service nya yang cuma mengulang-ulang, wajar bagi saya kalau sebagian besar pengguna OVO merasa setiap mengadu ke CS perihal cashback tidak masuk, mereka tinggal bilang “kuota sudah habis” padahal sebenarnya cashback tersebut tidak ada atau sudah diklaim oleh oknum tertentu sebelum waktu promo dimulai.

  • 15 Agustus 2022 - (15:36 WIB)
    Permalink

    kalo sy sih udah blacklist ovo, sama linkaja. mereka berdua kalo selenggarain cashback, kalo ga kita terima pasti alasannya kuota sudah full jd kita ga berhak lg cashback. itu permainan mereka. yg penting pajang dulu promosi gede2an, ga dpt cashback tinggal bilang kuota sudah penuh. sy sih udah males pake ovo/linkaja. promonya pada ga niat

    • 15 Agustus 2022 - (15:39 WIB)
      Permalink

      Iya kak saya juga sama kedepannya ga akan mudah lagi buat tergiur promo cashback kalau sistemnya bayar duluan tanpa dikasih keterangan promo masih ada atau engga.

 Apa Komentar Anda mengenai OVO?

Ada 30 komentar sampai saat ini..

Pengalaman Tidak Menyenangkan dengan Event Cashback OVO

oleh Wan dibaca dalam: 3 menit
30