Status Paket COD JNE Tidak Jelas, CS Tidak Sigap Merespons Keluhan Pelanggan

Melalui surat ini saya ingin membagikan keluhan saya atas pelayanan customer service JNE. Pada tanggal 22 Agustus 2022, saya mengirim paket COD melalui JNE Kediri dengan service JNE OKE. Estimasi pengiriman 8-10 hari kerja, tujuan ke Air Upas, Ketapang, Kalimantan Barat, dengan nomor resi: 3508582200439741.

Pada tanggal 29 Agustus 2022, saya menanyakan status paket melalui CS JNE di Twitter karena paket belum juga tiba di kota tujuan. Jawaban CS hanya disuruh menunggu, karena paket masih dalam estimasi kiriman.

Pada tanggal 31 Agustus 2022 saya dihubungi oleh penerima, bahwa ada WA dari pihak JNE yang akan melakukan pengantaran paket, dimohon menyiapkan dana COD. Namun hingga sore hari tidak ada kurir yang datang.

Pada tanggal 1 September 2022 pukul 12 siang, saya dihubungi pembeli terkait nominal COD yang lebih banyak. Memang ada kesalahan saya, tapi sudah ada kesepakatan saya dan penerima. Yang berarti penerima sudah mengambil paket dan membayar nominal COD barang tersebut.

Kemudian pada tanggal 8 September 2022, saya menghubungi JNE konter Kediri perihal pencairan dana COD. Alangkah kagetnya saya, ketika diinfokan bahwa dana belum cair karena barang belum terkirim dan belum ada persetujuan dari pihak JNE Air Upas Ketapang. Padahal pencairan setiap hari Selasa, setelah barang diterima, yang berarti tanggal 6 September 3022.

Sejak saat itu saya menghubungi CS JNE melalui Twitter, perihal status tracking paket yang tidak berubah sejak tanggal 31 Agustus 2022 dengan status “With delivery courier Pontianak“. Karena status tracking tersebut untuk bukti pencairan dana COD. Nomor laporan: 510102124266.

Jawaban CS, laporan akan dikoordinasikan dan diteruskan kepada pihak terkait dengan estimasi laporan 5 hari kerja. Hingga pada tanggal 10 September 2022, karena tidak ada perkembangan laporan, saya kembali menghubungi CS JNE melalui telepon. Saya sampaikan bahwa paket sudah diambil tanggal tersebut, dan tidak mungkin penerima tidak menerima paket, karena sudah ada DP dari harga barang, sebagai syarat pengiriman COD dari saya. Kemudian saya disuruh menunggu, laporan akan diinvestigasi.

Hingga hari Senin tanggal 12 September 2022 saya cek tracking paket status berubah: Alamat tidak lengkap. Saya heran dengan pihak JNE, mengapa status tracking bisa berubah seperti itu padahal paket sudah diterima oleh penerima? Seharusnya masalah seperti ini bisa diselesaikan dalam hitungan jam. Konfirmasi ke penerima, konfirmasi ke JNE konter setempat.

Kemudian saya dihubungi oleh CS JNE pada 12 September 2022 pukul 12.31 perihal laporan paket saya. Kembali saya sampaikan kronologi, bahwa paket sudah diambil. Namun CS mengatakan belum ada laporan dari pengirim bahwa paket sudah diambil. Yang berarti CS pada tanggal 10 tidak memproses laporan saya.

Di sini saya merasa sebagai pelanggan JNE sangat tidak dihargai, terkait keluhan saya oleh CS JNE. Bahkan laporan perihal paket yang sudah 1 bulan belum ada kejelasan pun tidak ditanggapi oleh JNE dengan cepat dan efektif. Berkali-kali jawaban CS hanya maaf dan laporan akan diteruskan dan dikoordinasikan pihak terkait.

Saya merasa sebagai pengguna layanan COD JNE tidak dihargai atas masalah yang saya alami. Bahkan JNE Air Upas pun hingga hari ini tidak ada kroscek ke pembeli. Justru pihak JNE Kediri yang menghubungi penerima perihal paket tersebut.

Besar harapan saya agar pihak JNE bisa segera menyelesaikan masalah ini. Karena seharusnya dengan nama besar JNE, untuk menyelesaikan masalah seperti ini bisa hanya dalam hitungan jam. Tidak sampai berhari-hari tanpa kepastian. Semoga para pembaca bisa mengambil pelajaran atas apa yang saya alami. Karena kejadian seperti ini sudah 2 kali saya alami di JNE Ketapang.

Achmad Syarifudin
Kediri, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai JNE Express:
[Total:2    Rata-Rata: 1.5/5]
Tanggapan JNE untuk Keluhan Sdr. Achmad Syarifudin

Sehubungan dengan surat pembaca yang telah dimuat di Media Konsumen pada tanggal 15 September 2022 berjudul “Status Paket COD JNE...
Baca Selengkapnya

Satu komentar untuk “Status Paket COD JNE Tidak Jelas, CS Tidak Sigap Merespons Keluhan Pelanggan

 Apa Komentar Anda mengenai JNE Express?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Status Paket COD JNE Tidak Jelas, CS Tidak Sigap Merespons Keluhan Pel…

oleh Achmad Syarifudin dibaca dalam: 2 menit
1