Suspend Akun Driver ShopeeFood yang Tidak Berdasar

Saya driver ShopeeFood dengan nomor ID: 436607673. Pada tanggal 11 September 2022, saya mendapat order SPX instant dengan jarak pengantaran -/+ 12 Km. Order tersebut adalah riil, tetapi pihak Shopee menuduh saya telah melakukan manipulasi order tersebut, yang mengakibatkan akun saya di-suspend dan komisi tersebut diambil.

Saya telah melakukan banding, tapi hasilnya ditolak tanpa penjelasan rinci. Saya heran, bagaimana sistem ShopeeFood bekerja? Sehingga berakibat fitnah tanpa bisa ada penjelasan yang lebih rinci dan memberi saya kesempatan untuk membela diri.

Pihak Shopee tentu punya data lengkap siapa pemberi order tersebut (bisa dikroscek) dan bagaimana saya menjalankan order tersebut. Saya tunggu tanggapan dan klarifikasi pihak Shopee.

Gunarko Adji
Yogyakarta, DIY


Update (21 September 2022): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak Shopee sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai ShopeeFood:
[Total:105    Rata-Rata: 1.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

10 komentar untuk “Suspend Akun Driver ShopeeFood yang Tidak Berdasar

  • 18 September 2022 - (14:29 WIB)
    Permalink

    Laporan nya kurang lengkap om..
    Orderan apa?
    Nama toko/Resto?
    Detail yg lain2?

    3
    2
  • 18 September 2022 - (23:48 WIB)
    Permalink

    SS pertama (detail order) tidak mencantumkan tanggal, hanya nomor pesanan (1187..0586). SS kedua (chat dengan tim) tidak menyebutkan nomor pesanan, hanya tanggal (11 September 2022). Jadi kami (pembaca dan komentator yang budiman) tidak bisa memastikan apakah order tersebut terkait dengan tuduhan order fiktif.

    Pihak SoPeePud tentu punya data-data yang tidak dicantumkan di aplikasi driver. Tuduhan manipulasi mungkin terkait dengan data yang janggal misalnya GPS anda error/glitch atau tidak akurat, anda berhenti di titik yang sama terlalu lama (manipulasi jarak tempuh berdasarkan waktu), terdeteksi menggunakan aplikasi modifikasi atau ponsel dengan akses root, dsb.

    Karena banding anda ditolak, cobalah datang langsung ke kantor dengan disertai bukti-bukti kongkrit yang bisa mematahkan tuduhan manipulasi. Diskusikan dengan rekan sesama driver untuk langkah tepatnya. Semoga masalah anda bisa teratasi secepatnya.

    7
    1
  • 19 September 2022 - (01:49 WIB)
    Permalink

    Sama saja seperti akun sopifood ane. 3x suspen 7 hri dengan jeda 2 hari setiap abis aktif lagi. Sus pertama Hp baru beli 1bln dibilang pake tuyul. Padahal ada 3 aplikator di hp ane yg kemungkinan ane ga brani pake begituan banding ditolak. Sus yg ke 2 ane lupa masalahnya tapi banding di terima. Sus ke 3 lebih parah mau ambil paket karena kondisi hujan dan trnyata titik merchant tidak sesuai. Saya tanya warga sekitar dalam kondisi hujan tidak ada yg tau olshopnya banding ditolak..

  • 19 September 2022 - (08:54 WIB)
    Permalink

    Emang kagak jelas itu admin atau yg pegang shopeefood , akun ga aktif kok ke PM pada keterangan ga ada akun ke PM kalo lama ga aktif , gue gawe keluar Jabodetabek gimana mau sekalian cari order orang diluar zona area , edan di kejelasan kalo ke PM g ada keterangan akun ke pm kalo lama ga aktif , pasal2nya ga ada di table apk , kecewa bener

  • 19 September 2022 - (09:43 WIB)
    Permalink

    Saran saja, kalo mau banding harus menunjukkan bukti yg kuat dan detail yg lengkap, kalo perlu setiap ambil pesanan di toko atau olshop difoto tokonya bersama barang pesanannya dan jg ketika barang sudah diserahkan ke pembeli difoto barang & si penerimanya.

  • 19 September 2022 - (10:27 WIB)
    Permalink

    Pengen tahu sistem shopee bagaimana ? Ya kalau gak sesuai dengan Mereka ya OUT 😁 algoritmanya dibuat gitu 🤗 gak nurut ya maut , nurut ya digencet 😁 . . . Pegawai sampingan shopee tuh seperti di film one piece ” Budak Kaum Langit ”

    Ya sebenernya bukan cuma shopee sih aplikasi gojek dan grab juga sama .

  • 19 September 2022 - (13:43 WIB)
    Permalink

    Apa udah mau tutup kali bang shoppe, sudah mulai tanda tanda. Kalo rugi kasih promo ya sudah stop dulu promonya.

 Apa Komentar Anda mengenai ShopeeFood?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

Suspend Akun Driver ShopeeFood yang Tidak Berdasar

oleh Lazuardi dibaca dalam: 1 menit
10