Transaksi Tokopedia Gagal Tapi Dana di Kartu Kredit Terposting

Pada tanggal 15 September saya melakukan pembelian di Tokopedia dan mengubah jadi cicilan. Akan tetapi sorenya transaksi dibatalkan oleh pembeli. Saya cek kartu kredit saya besoknya sudah berubah jadi cicilan transaksinya. Lah bagaimana ini main asal diubah cepat begitu?

Sekarang saya telepon ke BCA tidak ada solusi, mereka cuma bilang gak ada pengembalian dana dari Tokopedia. Tapi Tokopedia bilang sudah dikembalikan 17 September. Saya gak mau bayar tagihan yang dibatalkan dong, enak aja. Disuruh tunggu 7-14 hari lagi. Solusi pun tidak ada. Aneh banget Tokopedia ini seperti robot, mana gak ada call centre cuma lewat chat.

Tolong bantu lah kayaknya kejadian ini gak hanya saya aja tapi banyak orang juga kena.

Cindy
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:10    Rata-Rata: 1.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

30 komentar untuk “Transaksi Tokopedia Gagal Tapi Dana di Kartu Kredit Terposting

  • 18 September 2022 - (15:56 WIB)
    Permalink

    Ini Baru pakai kartu kredit atau gmn..nantang kaga bayar yg ntar berbunga2 tambah stress hahahah

    5
    1
    • 19 September 2022 - (08:16 WIB)
      Permalink

      Udah kena bunga, BI Checking jelek, lalu dioper ke pihak ke 3 mulai lah terima teror DC.

      Ampun-ampun dah kalau udah sampai tahap itu.

  • 18 September 2022 - (16:01 WIB)
    Permalink

    sory penulis kalau tersinggung
    saya pernah kasus gt di toped
    pembatalan transaksi di toped kartu kredit memang lama kembalinya
    dulu saya sudah mau masuk angsuran ke 2 (sudah saya bayar 1x angsuran)

    jadi penulis lapor toped minta nomor laporan, dikawal terus sampai dia bilang sudah dikembalikan. nanti minta buktinya (biasa kayak dikasih nomor rev bank pengembalian) untuk di tunjukkan ke BANK CC anda, nanti di buat laporan lg di bank CC anda.

    jadi saran kalau transaksi pakai CC jgn sampe batal, luar biasa repot ngurusnya. bs sampe 45 hari atau lebih

  • 18 September 2022 - (17:14 WIB)
    Permalink

    Anda baru pakai kartu kredit? Tidak tahu aturan refund kartu kredit? Yang namanya kartu kredit kalau refund memang lama, ditunggu saja nanti pasti kembali uangnya.
    Lain kalau transaksi pakai virtual account, kalau transaksi dibatalkan uangnya langsung masuk saldo refund tokopedia, dan bisa langsung ditarik ke BCA dalam hitungan detik.

    • 18 September 2022 - (18:08 WIB)
      Permalink

      Newbie ya?proses refund CC itu lama. Keuntungan pakai CC bisa dirubah cicilan tp jgn sampe batal krn prosesnya refund yg lama

      3
      1
  • 18 September 2022 - (18:43 WIB)
    Permalink

    Pernah juga kyak gitu.. Udah transaksi diubah k cicilan.. Eh di cancel sm sellernya. Tapi refund koq mesti agak lama. Di billing ntar keliatan, rutin cek aja d m banking, limit nya balik gknya

    • 20 September 2022 - (11:13 WIB)
      Permalink

      Thx ya atas jawabannya.. skg saya tinggal tunggu aja sambil cek. Ya agak kesel krn penjual udh bilang ok bisa sisa ditoped lah skg udh saya mau jadikan cicilan biar ga berat dia ga proses dan skg ribet di toped dan bank hikz..

  • 18 September 2022 - (19:03 WIB)
    Permalink

    “Pada tanggal 15 September saya melakukan pembelian di Tokopedia dan mengubah jadi cicilan. Akan tetapi sorenya transaksi dibatalkan oleh pembeli.”

    Jadi posisi anda ini sebagai penjual sekaligus pembeli?

    Reversal kartu kredit itu 14 hari kerja. Gak perlu dibayar atau bayarkan tagihan lain selain yang di tokped.

    3
    1
  • 18 September 2022 - (22:55 WIB)
    Permalink

    Pak Jokowi bilang, “ojo kesusu”, apalagi kalau baru pertama kali (bukan nyalon, tapi refund CC). Dimaklumi kalau baru tahu, namanya juga belajar tahu. 🙂

  • 19 September 2022 - (07:04 WIB)
    Permalink

    Btw emang bener apple watch jastip harga segitu? Murah bener, coba krosscek harga apple store singaporn. Mestinya dijual lebih tinggi lah, masak ngga ada fee jastipnya. Lagian review itu toko banyakan soal jastip duren, njir hahahaha…

  • 19 September 2022 - (08:54 WIB)
    Permalink

    Penulis panik benar,sptnya baru pakai cc, kalau dibatalkan maka limit cc akan balik lagi.maksimalnya 14 hari kerja,tapi biasanya sih 4 hari udah masuk limitnya ke cc anda.tidak usah panik

  • 19 September 2022 - (11:03 WIB)
    Permalink

    Emmmmm baru pakai CC kah, emmmm pakai uang cash aja deh lain kali, emmmmmmmm ya sudah lah

  • 19 September 2022 - (11:36 WIB)
    Permalink

    Sekedar saran buat penulis, anda bayar aja cicilan kartu KK anda karena Anda telah melakukan transaksi dan mengubahnya menjadi cicilan. Soal refund itu urusan lain, Anda harus bedakan antara refund dari Tokopedia dan kewajiban bayar cicilan KK Anda ke Bank. Kalau Anda gak mau bayar, justru Anda kena blacklist list, KK Anda akan diblokir Bank dan Anda akan ditagih dengan bunga yang mencekik leher Anda.

    Lain kali, pertimbangkan dengan baik sebelum menggunakan metode pembayaran via KK, setiap transaksi yang Anda lakukan via KK akan menjadi tanggung jawab Anda ke Bank, bukan pihak lain.

  • 19 September 2022 - (12:12 WIB)
    Permalink

    Baiknya duitnya dipake buat cek minus mata beli kacamata ya dek. Sudah jelas tertulis di status pembatalan: dana dikembalikan max 14 hari kerja. Tagihan yang sudah tercatat dan akan jatuh tempo harus dibayar dulu jika tidak mau dikenakan denda, sambil tunggu pengkreditan yg mungkin baru akan masuk ke statement berikutnya.

  • 19 September 2022 - (12:20 WIB)
    Permalink

    Memang lama.
    Saya juga pernah kejadian seperti itu di Tokopedia, nominalnya cukup besar buat saya, jadi saya harus effort bolak balik ke KC BRI. Intinya kalo transaksi pakai CC harus di pastikan jangan sampai ke cancel, wasting time.

  • 19 September 2022 - (12:37 WIB)
    Permalink

    Jangankan trx yg sukses. Sy pernah trx di toped pas bayar pake CC lama loading trus di apps tulisannya pembayaran gagal, jd sy coba lg dengan CC lain, baru sukses. Ternyata di CC pertama terposting jg, lalu sy telp bank minta refund krn trx sukses dgn CC lain. Setelah bukti dikasih, diproses, lalu sy dpt refund. Memang agak lama proses refund nya, jd sabar aja. Kl ud terlanjur cetak tagihan, bayar aja dl drpd resiko kena bunga. Toh nanti kl sdh refund bs dipake lg.
    Kalau tidak mau repot dgn proses yg lama spt ini, jangan pake CC, atau sebelum trx chat dl dgn penjual utk memastikan produknya benar ready

  • 19 September 2022 - (16:07 WIB)
    Permalink

    Apa susahnya menunggu proses 7-14 hari? Lagipula itu kan di rincian transaksi CC nya sudah diposting Reversal untuk nominal utuhnya. Tinggal nunggu reversal transaksi cicilan ke-1.
    Aku beberapa kali transaksi dibatalkan di marketplace termasuk transaksi pembelian HP dengan cicilan pakai CC, tapi tenang2 aja nunggu proses reversal maksimal 14 hari.

  • 20 September 2022 - (10:55 WIB)
    Permalink

    Kalo bayar nyicil pake CC emang gitu,meski trx batal, namun proses cicilannya langsung terproses di cc. Jalan satu2nya ya harus dibayar dulu, toh bulan depan tagihan akan dikembalikan. Saya udah ngalamin 2x cicilan pake CC tapi trxnya batal

  • 20 September 2022 - (11:15 WIB)
    Permalink

    Bijak lah komentar dear netizen, yg aneh2 saya hapus dna lbh baik ga usah komen skip aja😅 heran deh

    • 20 September 2022 - (17:50 WIB)
      Permalink

      Sebelum menuliskan ‘bijaklah’ bagi netizen, ada baikny anda jg bijak dlm menuliskan sesuatu…

  • 20 September 2022 - (11:40 WIB)
    Permalink

    Kalau sudah jadi tagihan ya tetap wajib dibayar. Kalau dana reversal transaksi batal nanti sudah dikembalikan, akan menambah saldo kredit. Yang perlu dipahami adalah proses reversal ini tidak serta merta cepat, bahkan bisa berhari-hari, bahkan harus lapor untuk diinvestigasi jika sudah lewat SLA dan dana tidak kunjung juga dikembalikan.

    Semoga ini hanyalah permasalahan sepele karena awam dalam penggunaan kartu kredit.

  • 20 September 2022 - (11:49 WIB)
    Permalink

    Proses pembalikan limit max 14 hari namun aktualnya bisa dibawah 7 hari. Kalau hitungan dalam 14 hari itu belum kena tanggal tutup buku KKnya, Masih aman karena tidak masuk tagihan. Jika masuk tagihan dibayarkan saja nanti akan dikreditkan kembali ke limit KKnya. Jangan sampai tidak dibayarkan selain kena bunga juga skor kredibilitas jadi jelek dan berakibat kesulitan nantinya jika membutuhkan pinjaman ke bank.

  • 21 September 2022 - (09:20 WIB)
    Permalink

    Tunggu aja Ka 7-14 hari kerja dan pengalaman saya sblmnya pasti dibalikkan kalau sudsh jatuh tempo, bayar aja tagihannya lain dl karena prosesnya butuh waktu soalnya Ka.

    Cuman klo lgsg masuk MK spt ini rasa2nya berlebihan sich, jd spt ajanh curhat 😅

 Apa Komentar Anda?

Ada 30 komentar sampai saat ini..

Transaksi Tokopedia Gagal Tapi Dana di Kartu Kredit Terposting

oleh Cindy Laynardi dibaca dalam: <1 menit
30