Paket Hilang, Kompensasi Kerugian Tidak Senilai Barang yang Saya Kirim

Saya adalah penjual di Shopee, yang baru saja mengalami peristiwa yang tidak menyenangkan, sehubungan dengan kehilangan barang yang saya kirimkan. Saya mengirimkan paket Kawat Neklin Trolling Leader Wire 7×7 seharga Rp215.000 (2 unit), total Rp430.000, dari Pekalongan ke DI Yogyakarta, pada tanggal 05 September 2022. Nomor order paket: 2209051HN179W2 dan nomor resi Anteraja: 10005650346926.

Tanggal 17 September 2022, pembeli menanyakan paket yang belum sampai dan saya tindaklanjuti. Pada tanggal 19 September 2022 pihak pembeli melakukan pengajuan komplain dan tiba-tiba langsung disetujui oleh pihak Shopee: “Permintaan Diterima 19/09/2022 17:31”, yang artinya Pengembalian Dana Selesai.

Saya melakukan Permasalahan Diangkat ke Shopee 19/09/2022 09:48, melalui sistem Shopee. Namun statusnya dinyatakan selesai, padahal setelah saya cek, ternyata kompensasi untuk penjual hanya sejumlah 220 ribu rupiah. Saya dirugikan sebanyak 210 ribu rupiah.

Jumlah uang Rp210.000 ini sangat berarti bagi saya, karena di sini saya sebagai pihak penjual yang mencari penghasilan dari Shopee. Namun pihak Shopee malah tidak membantu saya, alasannya karena di Shopee saya tidak ada asuransi. Memang sejak kapan ada kolom pilihan asuransi di Shopee?

Anehnya pihak pembeli dapat uang ganti rugi full, padahal pembeli tidak ada ikut asuransi. Seharusnya saya sebagai seller juga mendapatkan hak yang sama. Memangnya saya yang mau barang saya hilang? Kan tidak! Saya tunggu konfirmasi dari pihak Shopee, supaya tidak ada kejadian serupa.

Siska Gunawan
Pekalongan, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • untuk masalah ini sudah clear ya , PIHAK SHOPEE SUDAH MEngganti rugi untuk sebagian uang kompensaasi nya , tgl 23 september 2022 pukul 14:19 sudah ditlp pihak shopee..
    untuk masalah ini sudah clear adanya ... mudh2an untuk kedepannya ini tidak ada permasalahan seperti ini ya dan pihak SHOPEE mohon melakukan peninjauan lebih lanjut enak nya bagaimana untuk kedepannya supaya untuk melakukan transaksi enak dan tidak ada yg dirugikan atas pihak ketiga, semoga ada SOLUSI TERBAIK KEDEPANNYA terima kasih banyak TEAM SHOPEE

    • @betet
      Justru itu mas, selalu terulang. Makanya sy dah males blanja di marketplace itu. Banyak "...... nya".

    • Yah anteraja lagi, terlalu kacau anteraja jika gk ilang ya return bisa jadi lambat jg, tergantung mood sikurir pokoknya

  • Ini lagu lama kasus non-asuransi di marketplace ini, diganti ala-kadarnya (biasanya 10x ongkir). Sudah bejibun komplain sejenis di MK ini. Paling nanti anda dihubungi (entah diganti penuh atau tidak) dan disuruh klarifikasi kembali ke MK.

    Tips:
    Pedagang "bejo" kalau mau dagang di marketplace ini nilai jual barangnya jangan lebih dari 10x ongkir terendah.

  • Kenapa sih gak kapok kapok beli barang mahal di E-commerce non asuransi, coba di toped, ada asuransi, kalau di BL kurang tw, tapi dulu Saya pernah kena phising, hilang 4 jutaan, lapor CS, uang dikembalikan, hanya kurang 200 ribuan...
    Kenapa pake E-commerce yang tidak ada asuransinya????...
    Saya sdh beli 600an item di toped, Alhamdulillah 99% aman...

    • BL kalo transaksi batal direfund full namun pake voucher dan itu ada batas waktunya harus dibelanjakan. Jika tidak ya hangus. Itu dulu ya ga tau sekarang.

  • Sekarang marak barang hilang oleh kurir/penyyedia jasa... Ditambah lagi sekarang banyak kurir di phk/ dijadikan mitra. Kekecewan kurir skrng banyak yg pd nakal .. Semua marketk