Pesanan Sudah Diterima Pembeli, tapi Shopee Membatalkan Pesanan Secara Sepihak

Teruntuk Shopee Indonesia,

Nomor Pesanan: 220829E5V7AKRQ. Nomor Resi SiCepat REG: 004078849068. Pengiriman dari Tangerang ke Jakarta Selatan. Status terakhir:

Jumat 16 Sep 2022
22:18 Paket telah di terima di Jakarta Barat [Kantor Pusat 1]
23:01 Paket dibawa [SIGESIT – Ryan Hidayat]
23:15 Paket diterima oleh [ybs – (YBS) Yang Bersangkutan]

Jawaban dari CS Shopee:

Kami memahami kendala Kamu mengenai sudah kirimkan pesanan ke pembeli namun terbatalkan, berikut Kami informasikan:

Sebelumnya terdapat kendala pada pesanan Kamu dimana pesanan tidak terupdate
Berdasarkan informasi jasa kirim saat ini pesanan dinyatakan hilang
Pengembalian dana pesanan hilang dengan nominal Rp 200.000,- sudah masuk ke saldo penjual Kamu pada tanggal 15-09-2022
Silakan melakukan pengecekan pada riwayat saldo penjual Kamu
Terkait nominal pengembalian dana Kamu dapat menghubungi pihak jasa kirim melalui link berikut

Semoga kendalanya tidak terulang kembali.

Salam Hangat,

Nareswari

Nilai barang Rp396.000 tapi hanya diganti Rp200.000. Saya rugi Rp196.000. Pihak Shopee telah merugikan pihak SiCepat dan saya sebagai pihak penjual. Pesanan telah diterima oleh pembeli, seharusnya saya menerima hak saya sebesar Rp396.000.

Saya butuh tanggung jawab dari pihak Shopee untuk barang yang telah saya kirimkan dan pengembalian dana atas produk yang telah diterima pembeli. Mohon konfirmasinya dari pihak Shopee.

Terima kasih.

Sunarto
Tangerang Selatan, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Jualan online di Shopee:
[Total:34    Rata-Rata: 1.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

22 komentar untuk “Pesanan Sudah Diterima Pembeli, tapi Shopee Membatalkan Pesanan Secara Sepihak

  • 27 September 2022 - (14:46 WIB)
    Permalink

    Anda tunjukkan saja status terakhir pengiriman ke pihak marketplace, bahwa barang sudah diterima buyer dan seharusnya dana penjualan sepenuhnya masuk ke rekening anda.

    Saya sudah sering wanti-wanti di MK ini kalau jualan di kubu jeruk oranye nominal harga dagangan (atau total pesanan) jangan lebih dari 10x biaya ongkir. Kubu jeruk orange kayaknya musuhan sama asuransi.

    Kalau nanti masalah selesai, jangan mau disuruh supaya anda yang klarifikasi. Anda yang korban, anda yang lapor, anda juga yang bela? Itu sih sama aja anda belanja dagangan sendiri, anda jualan sendiri, anda juga yang beli dagangan sendiri. Cape dee… 🙂

    • 27 September 2022 - (21:21 WIB)
      Permalink

      Selamat malam Pak Teguh. Terima kasih atas informasinya. Saya sudah lapor via email & chat. No. Laporan1571784943947800580. Jawaban CS ada di deskripsi. Semua jawaban CS sama saja. Di Marketplace lain, Penjual bisa setting asuransi & otomatis paket tercover biaya asuransi. Seharusnya Shopee membuat sistem asuransi supaya proses transaksi di Marketplace menjadi lebih aman. Asuransi itu sangat berguna melindungi pihak Penjual, Pembeli, dan Expedisi

      • 28 September 2022 - (06:14 WIB)
        Permalink

        Jangan pernah jualan di shoppe ,kalau gw udah gak lagi dan tutup di situ ,ngeri dan capek pokok nya,itu bagi saya

  • 27 September 2022 - (19:45 WIB)
    Permalink

    Shopee lg Shopee lg. Tp malah makin rame herannya banding Shopee justru di media konsumen sepertinya 🤣🤣

    • 28 September 2022 - (05:20 WIB)
      Permalink

      Kalau shopee sudah gak heran. Kinerjanya buruk. Sistemnya yang bermasalah tapi gak mau disalahkan. Sangat otoriter. Shopee selalu benar.

      • 28 September 2022 - (10:04 WIB)
        Permalink

        Kalo soal terbaik masih Tokopedia ya.
        Shopee ini masih rame nya karena semakin banyak masuk media konsumen. Makin pada penasaran sepertinya. Netizen indo rada aneh jg 😂.

        Tp kita, akuin Shopee itu kan masuk di target market menengah kebawah ya. Jd otomatis dari jumlah penduduk di indo yg level menengah kebawah sangat banyak sekali. Jd ya begitu deh… Tp ga tau deh kalo ongkir dan segala promo berhenti apakah akan menarik bagi mereka lg? Secara selalu muncul serupa marketplace baru setelahnya yaitu tik tok. Walau tiktok saya pun blum tau cara gapai market nya. Cara cara strategi nya.

  • 27 September 2022 - (20:15 WIB)
    Permalink

    Kejar terus, Pak Sunarto.

    Inilah ajaibnya coding team IT mereka (entah memang standar SG atau karena standar negara kita, sehingga kena *sunat*).

    Dimana bila pengiriman berjalan melebihi estimasi waktu yang ditentukan mereka = langsung auto cancel dari sistem. Tanpa masuk ke dispute atau apapun. Coding yang sangat ajaib & tidak pernah ditemukan pada marketplace lokal lainnya.

    Terakhir kena kasus begitu di 2019.
    Alurnya:
    -Pesanan auto cancel by system.
    -Diminta menghubungi kurir.
    -Kurir tidak mau cancel atau mengirimkan kembali barang yg sedang dalam perjalanan dengan alasan apapun.
    -Paket tetap diantar & sampai ke alamat tujuan.
    -*Menyuruh* meminta dana langsung kepada pembeli. Benar-benar ajaib, sementara jargonnya kepada pembeli “Jangan pernah meladeni transaksi & mentransfer di luar xxx”.
    -Setelah berdebat baru akhirnya diganti full.

    • 27 September 2022 - (21:39 WIB)
      Permalink

      Selamat malam Pak Sendi. Terima kasih atas informasinya.

      Sesuai screen shot hasil tracking paket di web SiCepat, paket sudah diterima YBS, status DELIVERED. Ada nama kurir yang mengirimkan. Pihak SiCepat & Shopee bisa investigasi lebih lanjut dengan menghubungi nama kurir tersebut. Dari HP kurir itu nanti ada foto Penerima Paket. Sampai sekarang, buktinya tidak dikirimkan ke saya.

      Prinsip saya, berjualan dengan cara yang benar. Selama saya benar, saya akan proses Laporan nya terus. Saya akan tetap menuntut hak saya. Kewajiban Shopee menciptakan Marketplace yang aman dan nyaman untuk semua pihak (Penjual, Pembeli, Expedisi).

  • 28 September 2022 - (06:57 WIB)
    Permalink

    Ini seperti yang pernah saya alami. Kirim kue berhias butter cream pakai jasa blu*eb*rd dan tidak terupdate statusnya. Stuck di menunggu penjual menyerahkan product ke kurir. Esok harinya hampir 1x24jam tidak terupdate juga saya tanya CS kayak tanya sama anak TK, susah pahamnya. Kronologis dll sudah saya sertakan sampai jengkel disuruh nunggu 3x24jam padahal di sistem tertera jika tidak terupdate statusnya pada hari itu maka akan otomatis tercancel. Wft, kue udah sampai disuruh nunggu 3hari mana dari sistem mau langsung di cancel, ajaib sekali pokoknya kalo ada keluhan ke cs dan cara penanganannya. Sampai saking jengkelnya saya bilang “perlu kah mengirim bukti cctv driver sudah ambil kuenya ke pihak shopee agar masalah selesai?” Baru disitu sistemnya diupdate 😮‍💨 nunggu 3 hari posisi sudah mau dicancel dari sistem ya keburu kuenya busuk kalo ngga ada bukti tanda terimanya, capek ngobrol keluhan sama CS shopee, pemecahan masalah tanpa solusi👍mending cs si hijau, selama kronologi jelas disertakan bukti, masalah terselesaikan

    • 29 September 2022 - (06:43 WIB)
      Permalink

      Betul…toko ijo cs nya lebih baik, melihat dari sisi yang punya bukti baru eksekusi. Toko orange sudah lama saya tutup…sasaran pembelinya dah beda kelas.

  • 28 September 2022 - (08:23 WIB)
    Permalink

    Dulu sy pernah kena kasus begini 2020.. jualan VGA, nominal 3.8jt.. barang divideokan saat dikirim bahkan saat pengetesan. Sampai no seri VGA sudah masuk ke dalam video. Barang sampai di pembeli tanpa video unboxing, pembeli hanya kirim video layar monitornya bergaris.. katanya sih bergaris karena VGA saya. Ngk di msk dlk video saat monitor bergaris pake VGA apa atau no seri dll nya gimana..
    Eng ing eng.. shopee memenangkan pembeli hahaha… Di kasus sy barang di kembalikan, untungnya bergaransi resmi.. bawa ke SC lalu diganti baru… Habis itu sy tutup akun toko di shopee… Selesai perkara, ga akan berurusan lagi dengan shopee
    2hari yg lalu “Gan bs lewat shopee?” Ane jawab “GA BISA” dia jawab lagi “saya ga nawar gan, mau pake paylater soalnya” saya lgs “No, sy udah ga berurusan dengan shopee sebagai penjual”
    Logikanya “mending barang blm laku tp ada di saya tinggal nunggu pembeli aja. Drpd dijual di shopee.. dana dibalikan ke pembeli trus barang yg dikembalikan hilang di ekspedisi trus diganti shopee 200rb.. enggak usah aja, kamsiah shopee.. gw simpen aja stok vga nya jualan di toped” ngeriiii

  • 28 September 2022 - (10:32 WIB)
    Permalink

    Kubu tim orange si sopi lagi kasus
    Lapak saya dah saya tutup juga perkara kasus jual hp poco X3 pro 2.8jt sblm dikirim dah di buat rekaman tes produk QC hingga no seri imei dan packing tanpa jeda dg durasinya video 37menit trs saya antar langsung ke gerai sicepat nya, lwt dr estimasi tgl penerima di shopee nya transaksi dibatalkan dan dana kembali ke akun yg beli trs pas dicek kurirnya ga krm Krn alasan overload….

    Cmn dikembalikan 500k ganti rugi 10x biaya ongkos kirim yg 50k/kg nya terus saya kejar saya cecer sampai makan waktu 15hari baru duit saya diganti Krn resi sicepat nya dah sampai ke yg beli Krn kurirnya lama krm, dr kejadian ini saya matikan pengiriman anteraja, shopee express, id express, sicepat, jnt cmn aktifkan JNE itu klu org nya order wajib TF ke saya biaya packing kayu untuk asuransi saya yg byr ke JNE ngalah dikit saya demi keamanan produk nya, beda dg tokped yg ada asuransi pengiriman include dg penjualan produk

  • 29 September 2022 - (12:34 WIB)
    Permalink

    Ini kasusnya tapi di batalin sistem Shopee nya ya kak bukan dibatalkan pembeli? Kok bisa ya dibatalkan sistem tapi barang sudah diterima pembeli dan dinyatakan hilang? Jadi ini langsung dibatalkan tanpa ada mediasi dengan pembeli dan admin Shopee ya kak?

  • 29 September 2022 - (17:03 WIB)
    Permalink

    Pantas banyak karyawan shopee di Indonesia yang di lay off.

    Masalah saya saja dari bulan Mei 2022 sampai detik ini juga belum selesai,
    Padahal saya sudah inisiatif tlp ke cs shopee terakhir dua minggu yang lalu tapi tetap tidak ada yang menghubungi saya kembali.

    Memang saya rasakan pelayanan purna jual cs shopee saat ini kualitasnya jauh menurun,
    Apalagi jk jawabnya pakai template spt ngechat dgn robot.

    Semoga masalah ini didengar oleh shopee…..

  • 29 September 2022 - (17:33 WIB)
    Permalink

    Sy udh lama ga jualan lg di shoppee
    Sngat merugikan seller
    Berbahaya klo jual barang yg mahal di shoppee

 Apa Komentar Anda mengenai Jualan online di Shopee?

Ada 22 komentar sampai saat ini..

Pesanan Sudah Diterima Pembeli, tapi Shopee Membatalkan Pesanan Secara…

oleh Sunarto dibaca dalam: 1 menit
22