Kecewa dengan Layanan Kurir Rekomendasi Tokopedia

Pada tanggal 22 September 2022, saya melakukan pembelian 1 unit hp di Tokopedia. Setelah pembayaran berhasil, saya chat penjual agar bisa dikirim hari itu juga. Saya tidak terlalu perhatian dengan proses pengiriman yang menggunakan kurir rekomendasi. Karena selama checkout di Tokopedia, penjual selalu proses dengan resi reguler. Setelah resi diproses, keluarlah nomor resi: TKP01-K5TD2XF.

Hari itu juga barang dikirim oleh penjual, yang kebetulan kurir rekomendasinya adalah Anteraja. Awal perjalanan paket saya lancar di ekspedisi. Sampai pada tanggal 24 September 2022 pukul 00.02, paket saya berhenti di sorting center Jakarta Barat. Dari situ paket saya tidak bergerak sampai sekarang.

Saya sengaja menunggu kemungkinan resi akan update, ternyata sampai tanggal 25 paket saya tidak berubah posisinya, tetap di sorting center Jakarta Barat. Tanggal 25 malam saya chat penjual untuk minta bantuan follow up ke Anteraja, tetapi penjual sepertinya agak kurang tanggap dengan kendala saya.

Saya pun chat ke service center Tokopedia dan jawabannya disuruh menunggu sampai batas estimasi kedatangan, yaitu tanggal 26 September. Besoknya saya cek lagi resinya, dan posisinya tetap tidak berubah.

Akhirnya saya memutuskan untuk komplain di pusat resolusi Tokopedia. Setelah menunggu beberapa lama, ada balasan bahwa ekspedisi membutuhkan 4 hari kalender untuk investigasi internal. Berarti kalau dihitung dari tanggal 26 September, kita disuruh menunggu sampai tanggal 30 September.

Saya sangat menyayangkan dengan pelayanan Tokopedia yang tidak langsung tanggap dengan kendala saya. Padahal kurir rekomendasi juga bentukan Tokopedia, yang mana jika ada masalah harap langsung menghubungi Tokopedia, katanya begitu.

Perjuangan saya pun tidak berhenti sampai di situ. Saya langsung chat WhatsApp Anteraja, tetapi hanya dibalas oleh robot.

Kemudian komplain saya lanjutkan by phone ke CS Anteraja. Di sana saya diminta untuk menunggu hasil investigasi sampai tanggal 29 September, yang berarti saya tetap disuruh menunggu juga. Terakhir saya email ke Anteraja, dan jawabannya hanya disuruh menunggu tanpa ada estimasi waktu penyelesaian sama sekali, kesannya seperti tidak serius menangani masalah saya.

Sampai hari ini saya menulis surat ke Media Konsumen hasil tracking Anteraja tidak berubah sama sekali. Tetap di sorting center Jakarta Barat. Untuk Anteraja, mohon paket saya segera diproses dan segera dikirimkan ke alamat tujuan. Mengingat paket tersebut nominalnya sangat tinggi bagi saya dan akan segera dipakai adik saya untuk keperluan kuliah. Dan mohon diperbaiki sistemnya agar tidak terjadi kendala seperti ini lagi di kemudian hari.

Untuk Tokopedia mohon ditingkatkan lagi respons pelayanan CS dalam penyelesaian masalah. Untuk kurir rekomendasi juga harap dihapus saja, karena pembeli akhirnya tidak bisa memilih kurir yang efektif pengirimannya di daerah masing-masing.

Terima kasih untuk Media Konsumen yang sudah menjembatani saya untuk mengulas kekecewaan saya dengan pelayanan Anteraja.

Rara Galih Nirwana
Kota Pasuruan, Jawa Timur


Catatan redaksi (diperbarui 2/10/2022): Penulis menyatakan masalah di atas telah diselesaikan dengan baik oleh pihak-pihak terkait.

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

58 komentar untuk “Kecewa dengan Layanan Kurir Rekomendasi Tokopedia

  • 6 Oktober 2022 - (12:57 WIB)
    Permalink

    EntarAja emang gt, lemot banget, saya jg pernah hilang barang 3x pake entaraja, Ada jg yg terlambat seminggu

    • 21 Februari 2023 - (07:07 WIB)
      Permalink

      Kk, sya baru ngalami jg kejadian bgini, pesan dan pengiriman di daerah sumatera utara, malah larinya ke jakarta.. Saya bener2 pusing, gmna ni ya kk solusinya

  • 20 Oktober 2022 - (08:10 WIB)
    Permalink

    betul, saya juga mengalami hal seperti ini (status barang tidak bergerak), lebih baik kurir rekomedasi dihapus saja

  • 8 Januari 2023 - (13:36 WIB)
    Permalink

    Jangan!!! Jangan pernah milih kirim via Kurir Rekomendasi Tokped…bahkan kalo dia free ongkir , kalo ngga mau lemot dan barang kalian gak jelas. Tapi kalo kalian punya kesabaran setingkat nabi…coba aja pakai kurir itu.

    • 21 Februari 2023 - (07:09 WIB)
      Permalink

      Kak klo udah terlanjur, dan itupun awalnya gatau jg. Dan anehnya kk, pengiriman dari sumatera utara ke sumatera utara, jg, biasanya 1 hari nyampe, tapi malah nyasar ke jakarta. Itu gmna kk solusinya.. Pusing bener kk.

  • 6 Maret 2024 - (07:48 WIB)
    Permalink

    pelayanan tokopedia semakin hari semakin jelek, bukan hanya promonya sedikit, biaya aplikasi bertambah, kurir rekomendasinya yg bikin pusing. order baju tgl. 29/2/2024, barang sudah dikirim oleh pelapak seharusnya sampai tgl.5/3/2024, tapi sampai tgl.5/3/2024 status pengiriman tdk ada. setelah sy komplain ke tokopedia, baru ada perubahan status dan tgl.5/3/2024 barang baru dikirim dr jakarta. yg seharusnya dr jakarta ke surabaya 2 hari sampai, sekarang paling cepat 7 hari. semakin mngecewakan pelayanan tokopedia dg adanya kurir rekomendasi.

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir Anteraja di Tokopedia?

Ada 58 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan Layanan Kurir Rekomendasi Tokopedia

oleh Rara Galih Nirwana dibaca dalam: 2 menit
58