Kecewa dengan Layanan Kurir Rekomendasi Tokopedia

Pada tanggal 22 September 2022, saya melakukan pembelian 1 unit hp di Tokopedia. Setelah pembayaran berhasil, saya chat penjual agar bisa dikirim hari itu juga. Saya tidak terlalu perhatian dengan proses pengiriman yang menggunakan kurir rekomendasi. Karena selama checkout di Tokopedia, penjual selalu proses dengan resi reguler. Setelah resi diproses, keluarlah nomor resi: TKP01-K5TD2XF.

Hari itu juga barang dikirim oleh penjual, yang kebetulan kurir rekomendasinya adalah Anteraja. Awal perjalanan paket saya lancar di ekspedisi. Sampai pada tanggal 24 September 2022 pukul 00.02, paket saya berhenti di sorting center Jakarta Barat. Dari situ paket saya tidak bergerak sampai sekarang.

Saya sengaja menunggu kemungkinan resi akan update, ternyata sampai tanggal 25 paket saya tidak berubah posisinya, tetap di sorting center Jakarta Barat. Tanggal 25 malam saya chat penjual untuk minta bantuan follow up ke Anteraja, tetapi penjual sepertinya agak kurang tanggap dengan kendala saya.

Saya pun chat ke service center Tokopedia dan jawabannya disuruh menunggu sampai batas estimasi kedatangan, yaitu tanggal 26 September. Besoknya saya cek lagi resinya, dan posisinya tetap tidak berubah.

Akhirnya saya memutuskan untuk komplain di pusat resolusi Tokopedia. Setelah menunggu beberapa lama, ada balasan bahwa ekspedisi membutuhkan 4 hari kalender untuk investigasi internal. Berarti kalau dihitung dari tanggal 26 September, kita disuruh menunggu sampai tanggal 30 September.

Saya sangat menyayangkan dengan pelayanan Tokopedia yang tidak langsung tanggap dengan kendala saya. Padahal kurir rekomendasi juga bentukan Tokopedia, yang mana jika ada masalah harap langsung menghubungi Tokopedia, katanya begitu.

Perjuangan saya pun tidak berhenti sampai di situ. Saya langsung chat WhatsApp Anteraja, tetapi hanya dibalas oleh robot.

Kemudian komplain saya lanjutkan by phone ke CS Anteraja. Di sana saya diminta untuk menunggu hasil investigasi sampai tanggal 29 September, yang berarti saya tetap disuruh menunggu juga. Terakhir saya email ke Anteraja, dan jawabannya hanya disuruh menunggu tanpa ada estimasi waktu penyelesaian sama sekali, kesannya seperti tidak serius menangani masalah saya.

Sampai hari ini saya menulis surat ke Media Konsumen hasil tracking Anteraja tidak berubah sama sekali. Tetap di sorting center Jakarta Barat. Untuk Anteraja, mohon paket saya segera diproses dan segera dikirimkan ke alamat tujuan. Mengingat paket tersebut nominalnya sangat tinggi bagi saya dan akan segera dipakai adik saya untuk keperluan kuliah. Dan mohon diperbaiki sistemnya agar tidak terjadi kendala seperti ini lagi di kemudian hari.

Untuk Tokopedia mohon ditingkatkan lagi respons pelayanan CS dalam penyelesaian masalah. Untuk kurir rekomendasi juga harap dihapus saja, karena pembeli akhirnya tidak bisa memilih kurir yang efektif pengirimannya di daerah masing-masing.

Terima kasih untuk Media Konsumen yang sudah menjembatani saya untuk mengulas kekecewaan saya dengan pelayanan Anteraja.

Rara Galih Nirwana
Kota Pasuruan, Jawa Timur


Catatan redaksi (diperbarui 2/10/2022): Penulis menyatakan masalah di atas telah diselesaikan dengan baik oleh pihak-pihak terkait.

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

58 komentar untuk “Kecewa dengan Layanan Kurir Rekomendasi Tokopedia

  • 30 September 2022 - (09:08 WIB)
    Permalink

    Tenangkan diri untungnya belanja di official store otomatis tercover asuransi. Ditunggu saja sampai investigasi internal selesai. Kalau misalkan belum ada tanggapan dari antar aja, tokopedia akan setuju untuk proses klaim asuransi karena sudab melewati SLA yang sudah disepakati.

    • 1 Oktober 2022 - (03:35 WIB)
      Permalink

      Sama.
      Saya Selaku Penjual Udah Ada Beberapa yg Tidak Update Kurir Rekomendasinya.
      Yang Pick up Sicepat tp yg Kirim JNE.
      Anehnya Semua Orderan Tersebut Sampai Sekarang Tidak Update, Tetap di Jakarta. Total Sudah Ada Lebih Dari 5 Orderan Begitu Semua. Belum Lagi yg di Pick Up Sicepat di Kirim Lion Parcel, sm aja Bgtu jg.
      Lebih Baik Tidak Usah Adanya Kurir Rekomendasi Dari Pada Lama Sampai Tujuan Bahkan Tidak Jelas Kapan Sampai Tujuan.

    • 2 Oktober 2022 - (12:32 WIB)
      Permalink

      Bukannya mau membela pihak manapun.. Sebaiknya kalau barangnya mahal lebih baik pakai layanan instan atau sameday..

        • 2 Oktober 2022 - (13:19 WIB)
          Permalink

          Oalah.. Kalau gitu ya layanan semalam sampai kali ya Kak biar cepat, sebab daripada hilang atau rusak di jalan lebih pusing lagi proses komplainnya..

    • 2 Oktober 2022 - (13:17 WIB)
      Permalink

      Betul kak, alangkah baiknya memang menunggu investigasi Tokopedia selesai. Alhamdulillah kasusnya sudah terselesaikan dg baik oleh Tokopedia dg klaim asuransi.

      • 3 Oktober 2022 - (11:25 WIB)
        Permalink

        kejadian juga saya alami saat ini,..saya pesan barang Ipad Air 5 dengan waktu pengiriman akan tiba di solo pada rentang 26-27 Sept 2022 kemarin dengan kurir rekomendasi Tokpe*, cukup sabar menunggu sambil pantau tracking resi yang tidak kunjung update,.dan pada akhirnya saya memutuskan untuk menanyakan kepada Toko penjual untuk minta bantu follow up, selang sehari saya menanyakan kembali kepastian barang kapan akan tiba dan penjual mencoba mengarahkan untuk komplain saja terkait barang tersebut ke Tokpe*, akhirnya saya memutuskan untuk komplain..dengan waktu tunggu 4 hari terhitung pengajuan komplain saya pada 30 September 2022, dan hari ini masih menunggu pihak Tokpe* dalam penyelesaian masalah ini,..cukup kecewa dengan pelayanan kurir rekomendasi dan harapannya dapat memperbaiki sistem pengiriman tersebut agar kehilangan/miss produk dapat di antisipasi

    • 2 Oktober 2022 - (14:05 WIB)
      Permalink

      Alhamdulillah kasusnya sudah diselesaikan oleh Tokopedia kak, barang saya dinyatakan hilang & dana saya sudah direfund 100% oleh Tokopedia.

    • 6 Oktober 2022 - (17:22 WIB)
      Permalink

      Saya sbg seller aja mematikan layanan kurir rekomendasi, pickup lama. Dan sejauh yg saya baca banyak problem jg.

  • 30 September 2022 - (10:03 WIB)
    Permalink

    Anteraja dan sicepat, pengiriman rekomendasi dari tokopedia banyak keluhan. Menurut saya tokopedianya cukup baik untuk berbelanja, tetapi disaat dihadapkan pada pengiriman anteraja dan sicepat, pembeli berfikir 2 kali untuk membeli, mau gunakan J&T atau JNE di tokopedia tidak rekomendasi untuk bebas ongkir, bahkan tidak ada saat chek out. Pada hal J&T dan JNE pengiriman yg bagus.
    TAPI,, kenapa yah tokopedia tidak rekomendasikan kedua expedisi itu, lebih fokus pada anteraja dan sicepat, pada hal kedua expedisi itu menurut saya expedisi terburuk dalam menangani paket kiriman, kalau bukan lama yah hilang atau retur tidak jelas….

    11
    • 30 September 2022 - (12:17 WIB)
      Permalink

      @Fadel Indra
      Karena kata “rekomendasi” disitu adalah bahasa halus marketing. Artinya ada ekspedisi yang sedang terpuruk dan ingin mendongkrak kembali reputasi (tetapi tidak mau meningkatkan kinerja internal).

      Untuk ekspedisi yang kinerja dan layanannya sudah bagus, tidak ada alasan untuk menjalin deal bisnis dengan marketplace lewat “program rekomendasi blah blah”.

      Disini dibutuhkan kejelian dan pengalaman dari buyer. Buyer cerdas yang puas dengan ekspedisi tertentu tidak akan terbujuk dengan iming-iming rekomendasi atau apalah. TS adalah salah satu contoh buyer yang kurang jeli dengan tidak melakukan cek dan recek sebelum checkout, atau tergiur program ini-itu.

      8
      1
      • 1 Oktober 2022 - (16:04 WIB)
        Permalink

        Ts tidak bisa disalahkan karena waktu itu dia pasti pilih free ongkir yg sudah diacak kurirnya oleh toped yg kebetulan dapat kurir rekomendasi disini letak busuknya toped sudah tahu kurir rekomendasi banyak masalah masih aja dipakai barang yang harusnya dikirim oleh satu kurir harus dilempar lagi ke kurir lain saya juga pernah punya pengalaman kurang baik dengan kurir rekomendasi

  • 30 September 2022 - (10:10 WIB)
    Permalink

    Saya juga sedang belanja pakai kurir rekomendasi Tokopedia, dan kurir perngirimannya berganti dari SiCepat ke Anteraja. Yang jadi masalah adalah resi yang dari Tokopedia tidak bisa ditrack di Anteraja, hanya bisa ditrack lewat Tokopedia saja.
    Andaikan di Tokopedia juga memberikan info pergantian resi sesuai dengan jasa kurir yang sedang berjalan, pasti lebih baik.

  • 30 September 2022 - (11:34 WIB)
    Permalink

    Untuk Tokopedia mohon ditingkatkan lagi respons pelayanan CS dalam penyelesaian masalah. Untuk kurir rekomendasi juga harap dihapus saja, karena pembeli akhirnya tidak bisa memilih kurir yang efektif pengirimannya di daerah masing-masing.

    kurir rekomendasi itu kan termasuk free ongkir ya artinya tetap saja meski dihapus pembeli tidak bisa pilih kurir yang dikehendaki kecuali bayar ongkirnya..

    ini murni ada kendala di Anteraja bukan kendala di fitur kurir rekomendasinya. kemungkinan besar paketnya hilang.

    dan sekedar info sekarang JNE sudah termasuk kurir free ongkir bersama dengan Sicepat dan Anteraja

    1
    1
  • 30 September 2022 - (12:13 WIB)
    Permalink

    Iya, memang betul parah ini Kurir Rekomendasi nya Tokopedia, sama sekali tidak recomended! lebih baik tidak pakai fitur ini, pakai kurir pengiriman biasa saja.
    Paket pesanan saya juga perlu 2 hari – ya, 2 hari!! – buat hanya pindah dari SiCepat sebagai pickup ke JNE sebagai pengirim, dan di kota yang sama!
    tracking nya juga sangat ga update, lebih baik pilih kurir biasa saja.

    2
    1
    • 1 Oktober 2022 - (03:34 WIB)
      Permalink

      Sama.
      Saya Selaku Penjual Udah Ada Beberapa yg Tidak Update Kurir Rekomendasinya.
      Yang Pick up Sicepat tp yg Kirim JNE.
      Anehnya Semua Orderan Tersebut Sampai Sekarang Tidak Update, Tetap di Jakarta. Total Sudah Ada Lebih Dari 5 Orderan Begitu Semua. Belum Lagi yg di Pick Up Sicepat di Kirim Lion Parcel, sm aja Bgtu jg.
      Lebih Baik Tidak Usah Adanya Kurir Rekomendasi Dari Pada Lama Sampai Tujuan Bahkan Tidak Jelas Kapan Sampai Tujuan.

      1
      1
    • 2 Oktober 2022 - (18:02 WIB)
      Permalink

      Pengalaman saya kemarin juga gitu pas pake kurir rekomendasi,barang dikirim tgl 20 nyampe nya tgl 28 , dari bogor ke bandung

  • 30 September 2022 - (12:44 WIB)
    Permalink

    Sebagai seller, saya ngga centang pilihan kurir rekomendasi… (tapi kudu cek berkala, kadang tau2 bisa ON sendirinya). Tujuan nya ya biar ngga ribet begini, bisa seenaknya berganti ekspedisi di tengah proses, kendala tracking dan kalau stuck/hilang, bisa2 saling lempar tanggung jawab antara yg satu dgn laennya. Tapi fitur bebas ongkirnya tetap aktif krn layanan anteraja dan sicepatnya tercentang. Banyak keluhan yg saya baca di media ini ttg layanan mereka, namun sekian lama saya ngga pernah ada kendala berarti, paling sesekali aja sicepat wilayah saya kadang suka ganti kurir baru dan males pickup.

    4
    1
  • 30 September 2022 - (13:26 WIB)
    Permalink

    Kalau beli handphone di market place manapun saya tidak berani pengiriman reguler, semua tidak bisa di percaya. Kalau tidak instant ya sameday itu pun saya masih was-was. Kurir jaman sekarang yg penting mau di gaji kecil, antitude no sekian

    3
    1
    • 30 September 2022 - (14:02 WIB)
      Permalink

      Saya beli di Shopee menggunakan kurir J&T, Shopee Xpress dan JNE oke oke oke saja. Malah cuma 3 hari dari Jakarta Utara/Tangerang/Bekasi ke Jawa Timur ???
      Khawatir belanja di Tokopedia

      2
      2
    • 30 September 2022 - (14:03 WIB)
      Permalink

      Saya beli di Shopee menggunakan kurir J&T, Shopee Xpress dan JNE oke oke oke saja. Malah cuma 3 hari dari Jakarta Utara/Tangerang/Bekasi ke Jawa Timur ???
      Khawatir belanja di Tokopedia.

  • 30 September 2022 - (15:09 WIB)
    Permalink

    Ini contoh buyer tidak pakai akal. Beli HP untuk keperluan mendesak di toko online. Sudah tahu ribet, bnyak proses dan buang2 waktu nunggu barang . Knapa gak beli di toko conter hp langsung saja. Datang, bayar, ambil. Selesai.

    4
    6
    • 1 Oktober 2022 - (10:27 WIB)
      Permalink

      Sepertinya anda menyalahkan buyer. Pintarlah dikit bang, jangan apa2 disalahkan buyer. Buyer membeli online kan pasti ada pertimbangan, dan anda harus paham, jangan semuanya disamakan dengan kamu.
      Sistem atau kurir harusnya yang perlu pembenahan, biar penjualan online menjadi lebih bagus dan aman.
      Pintarlah berkomentar, jangan keliatan picik.

      2
      1
  • 30 September 2022 - (15:39 WIB)
    Permalink

    Kalo gw udh gw matiin kurir rekomendasi..kaga ada yg bagus..lama pick up jg..pengiriman parah…

    • 1 Oktober 2022 - (22:40 WIB)
      Permalink

      Kalo gue sih punya was kurir yg biasa pickup jd gampang ya tinggal wa. Bilang ini Blum loe pickup … Hihi. Biasakan itu save no hp kurir ygbiasa pickup loe

  • 30 September 2022 - (16:51 WIB)
    Permalink

    Sebenernya mgkn bukan penjual tidak mau memfollow up sih. Sy juga sebagai penjual VGA pernah kejadian kayak gini.. hampir 2 minggu barang sampenya.. dan sebagai seller ga bs apa apa kecuali chat tokopedia care.. disuruh menunggu juga sama.. dalam e-commerce kayak toped/shopee dll tanggung jawab seller hanya sampai barang di ekspedisi.. lalu garansi kepada pembeli saat brg sampai.. selama proses pengiriman.. seller sama seperti pembeli.. ditanya juga jawabnya “menunggy 3x24jam” atau “silahkan tunggu sesuai estimasi” bla bla bla.. semoga cepat selesai ya masalahnya

  • 30 September 2022 - (20:02 WIB)
    Permalink

    Itu mah permainan marketplace jg. Semakin lama barang dikirim semakin lama duit nyangkut di mereka?

  • 30 September 2022 - (22:38 WIB)
    Permalink

    ternyata banyak korbannya kurir rekomendasi ini. dan cs tokped resolusinya hanya mengulur waktu.
    parah..

    3
    1
  • 30 September 2022 - (23:04 WIB)
    Permalink

    Hello… Saya jg saat ini sedang kejadian seperti kaka. Sedang harap2 cemas menunggu. Ini pembelian HP kedua sy secara Online, yg pertama aman. Semoga kabar baik datang

  • 30 September 2022 - (23:50 WIB)
    Permalink

    Senasib…estimasi sampai tgl 28-29 tapi paket tidak sampai.dari tgl 27 sept 22 status keluar gudang jakarta stuck.. Eh giliran komplen,tgl 30 pembaharuan status tapi tetap status keluar gudang jkt.. Pick up awal sicepat.. Kurir rekomendasi JNE… arghhh buang2 waktu pesanan ga datang2 jadi membuat toko mode libur…

  • 1 Oktober 2022 - (03:36 WIB)
    Permalink

    Sama.
    Saya Selaku Penjual Udah Ada Beberapa yg Tidak Update Kurir Rekomendasinya.
    Yang Pick up Sicepat tp yg Kirim JNE.
    Anehnya Semua Orderan Tersebut Sampai Sekarang Tidak Update, Tetap di Jakarta. Total Sudah Ada Lebih Dari 5 Orderan Begitu Semua. Belum Lagi yg di Pick Up Sicepat di Kirim Lion Parcel, sm aja Bgtu jg.
    Lebih Baik Tidak Usah Adanya Kurir Rekomendasi Dari Pada Lama Sampai Tujuan Bahkan Tidak Jelas Kapan Sampai Tujuan.

    1
    1
  • 1 Oktober 2022 - (10:33 WIB)
    Permalink

    Sama saya juga pake kurir rekomendasi beli console ps4, dari tanggal 28 september,, seharusnya sampai pada tnggal 30 septembr,, tapi sampai hari ini tnggal 1oktober paket belum juga dataang,, trus saya ajuin komplain, di suruh tunggu sampai 4oktober.. kalo paketnya ga datang, otomatis uang balik lagi ke saya,,

  • 1 Oktober 2022 - (16:03 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami hal yang sama terkait kurir rekomendasi tokopedia, paket mandek di jakarta tidak bergerak sama sekali. Paket di pickup sicepat, tapi yang kirim JNE. ada 2 paket saya yang mengalami kasus serupa, bedanya yang 1 paket di pickup anteraja, tapi yang kirim JNE. status sama – sama mandek di jakarta tidak bergerak. bahkan sudah melebihi batas estimasi pengiriman 27-28 September, padahal sekarang sudah 1 oktober hehe..

    Parah memang tokopedia kalau memang program belum siap, harusnya jangan di test langsung ke pengguna. Test internal dulu, apalagi resiko paket mandek lama gitu sangat rawan kerusakan karena terlalu lama berhenti di gudang!

    TKP01-HRY8NNN

  • 2 Oktober 2022 - (18:37 WIB)
    Permalink

    Sama seperti 2 paket saya dengan sicepat, waktu estimasi tiba 26-27 September , 2paket saya bulak balik gudang itu itu juga sama kurir nya dibawa paket baru 4 menit dibalikin ke gudang itu lagi, saya komplen Toped care dan minta bantuan ke seller pada siap bantu komplen, kata Toped tunggu investigasi dari kurir dulu, sampai sekarang ga jelas 2 paket saya per 2 Oktober..

  • 3 Oktober 2022 - (00:26 WIB)
    Permalink

    Waduh ,saya jadi ketar ketir juga.
    Sekarang lg pake kurir rekomendasi.
    3hari belum di pick up juga.
    Giliran udah di pickup,stuck di sorting center.
    Malah berubah dari Sicepat ke JNE.
    Apakah bakal sampe tuh paket?
    Atau di nyatakan hilang ya?

  • 3 Oktober 2022 - (16:50 WIB)
    Permalink

    ampun dah..hilangkan aja kurir rekomendasi tkpodia…7 hari blm sampe…kapok.aneh2 aja bikin aturan

  • 3 Oktober 2022 - (17:59 WIB)
    Permalink

    Banyak jg ya keluhan ttg kurir, baik di marketplace si hijau maupun si oranye, saya pribadi sering beli OL, dan sering pakai kurir paling murah yg direkomendasikan, paling sering dpt dicepat halu, bahkan yg gratis ongkir, tapi selalu smp. Sehari sebelum batas waktu, Misal estimasi smp tgl 3-5, baru tgl 2 atau maksimal tgl 3 sudah sampai. Chat ke admin marketplace pun selalu diberi solusi, krnnya sy jarang komen di kasus spt ini krn ga pernah ngerasain.

    Btw, turut prihatin atas kejadiannya, alhamdulillah kl kasusnya sdh selesai ya

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir Anteraja di Tokopedia?

Ada 58 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan Layanan Kurir Rekomendasi Tokopedia

oleh Rara Galih Nirwana dibaca dalam: 2 menit
58