Akun Shopee Dibatasi karena Tertaut dengan Akun Tidak Dikenal yang Menunggak SPayLater

Salam,

Terima kasih kepada Media Konsumen telah menerbitkan surat pembaca ini. Saya adalah pengguna Shopee, baik sebagai pembeli dan juga pedagang.

Pada tanggal 24 September 2022, saya hendak mengisi saldo iklan pedagang saya, tapi transaksi selalu gagal. Pertama saya mengira bahwa koneksi internet saya bermasalah, tapi setelah saya cek ternyata internet saya baik-baik saja. Akhirnya saya coba cek notifikasi akun Shopee saya dan di situ terdapat notifikasi bahwasanya akun saya dibatasi karena terdapat tunggakan SPayLater.
Yang membuat saya heran adalah, kenapa bisa ada tunggakan SPaylater sedangkan saya tidak menggunakan fitur tersebut?

Akhirnya saya hubungi CS Shopee perihal masalah yang saya alami dengan nomor aduan: 1573731261628203064. Dari jawaban CS dikatakan bahwa akun saya tertaut dengan akun penunggak SPaylater atas nama Qi** Wi*****, sedangkan saya tidak mempunyai kenalan dengan nama tersebut.

Dari situ pihak Shopee meminta saya melampirkan foto kartu keluarga saya. Saya kira bahwa setelah saya melampirkan data kartu keluarga masalah akan selesai dan akun saya akan dibuka kembali. Namun nyatanya sampai sekarang akun saya masih dibatasi.

Ketika saya coba chat kembali CS dari Shopee, jawabannya selalu saya disuruh menunggu sampai 3 hari kerja. Sekarang sudah lebih dari 3 hari kerja, tapi akun saya masih dibatasi. Dan juga di dalam akun pedagang saya masih terdapat saldo penjualan yang ditahan oleh pihak Shopee.

Yang menjadi pertanyaan adalah kenapa bisa platform sebesar Shopee bisa dengan mudah meloloskan seseorang menautkan akun orang lain tanpa melakukan verifikasi terlebih dahulu?

Di sini saya berharap kepada pihak Shopee supaya masalah saya segera diselesaikan, karena saya membutuhkan akun saya sebagai salah satu sumber mata pencaharian saya. Atau kalau memang Shopee mau menonaktifkan akun saya setidaknya kembalikan dahulu saldo penjualan saya.

Mungkin bagi Shopee nominalnya tidak seberapa, tapi bagaimanapun itu adalah hasil jerih payah dan keringat saya.

Terima kasih, wassalamualaikum.

Ananta
Lamongan, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Shopee:
[Total:51    Rata-Rata: 2/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

23 komentar untuk “Akun Shopee Dibatasi karena Tertaut dengan Akun Tidak Dikenal yang Menunggak SPayLater

  • 2 Oktober 2022 - (08:01 WIB)
    Permalink

    Eaaaa itu trik buat dapet KK anda. Masalah ga akan selesai. Kebocoran data d Shopee kan terkenal. Uda ga pake Shopee lg

    5
    4
    • 3 Oktober 2022 - (14:26 WIB)
      Permalink

      Paling males kalau chat sama cs shopee , ga pernah bisa kasih keputusan dan ga ada Power sama sekali.

      Bisanya minta maaf kek lagi lebaran.

      Skalian aja ga usah ada Cs , cs nya pecatin semua. Ga guna !

      10
      1
    • 4 Oktober 2022 - (01:16 WIB)
      Permalink

      Akun shopeepaylater saya jg dibatasi padahal tidak ada tunggakan dan sudah cek data semua valid tidak ada masalah kata cs chat dan email,, tapi masih aja dibatasin padahal berguna bgt buat belanja lagi,, shopeee payah berbulan” permasalahan ga selesai

    • 4 Oktober 2022 - (14:26 WIB)
      Permalink

      akun sudah diaktifkan kembali min, tapi kenapa saldo penjual saya masih ditahan tidak segera dilepaskan ke saya ? Apakah saya harus komplain lagi ke cs… Tapi ujung-ujungnya pasti cuma disuruh menunggu…. Lagu lama

  • 2 Oktober 2022 - (11:46 WIB)
    Permalink

    Lah kho bisa kejadian seperti itu ya.. Akun kita dibatasi hanya gara gara terhubung dengan akun Shopee seseorang yang punya tunggakan hutang. Sungguh ajaib

    8
    1
  • 2 Oktober 2022 - (19:13 WIB)
    Permalink

    Dan terjadi lagi…. Dulu juga pernah kejadian dan di muat di MK ini, nggak tahu solusinya apa… Mungkin anda mau dijadikan DC gratisan… Menagih hutang tanpa bayaran…
    Mungkin jika anda nggak punya Saldo hasil penjualan, Akun anda nggak akan di batasi. Apa ini hanya alasan SH…E aja untuk menahan saldo anda sementara waktu..??? Kan lumayan jika ada ratusan AKUN yg dibatasi dan masih mempunyai Saldo.
    Semoga masalahnya cepat selesai dan terselesaikan dg baik.

    • 3 Oktober 2022 - (09:03 WIB)
      Permalink

      Sh0pee itu cuma kantor representatif di indo, kebijakan dll ga berani ambil dia, ngikut sama holding. Akun saya jg dibatasi udh dispute dan jelasin berkali2, tetep aja ya csnya gabisa apa2, karena dr company holding yg di singapore ga kasih akses.

      1
      1
  • 2 Oktober 2022 - (21:28 WIB)
    Permalink

    Kayak nya itu si penunggak tagihan spaylater pas ngisi no kontak darurat nya asal-asalan… Pas kebetulan no yg di tautkan punya akun shopee malah seller shope lagi… ..

  • 3 Oktober 2022 - (01:30 WIB)
    Permalink

    “Dari situ pihak Shopee meminta saya melampirkan foto kartu keluarga saya’

    Indikasi modus baru si Shopee, collecting citizen data ‘bedol desa’ . Di KK kan ada data satu keluarga tuh 😁. Dia dpt gratis

  • 3 Oktober 2022 - (10:46 WIB)
    Permalink

    Denger denger shopee emang lagi kelabakan manajemennya, bahkan beberapa shopee luar negeri pun bangkrut, gosip nya dari temen ane yang kerja dimarketplace juga shopee lagi kelabakan gara2 banyak yang gagal bayar shopeepaylater, makanya salah satu opsi biar pada bayar yah yang ada dikontak kita yang nomor nya tercantum ID shopee dan punya limit shopeepaylater dan ke detek gagal bayar yang kena nya yang 1 kontak dengan oknum galbay nya ini. Semoga cepat temu jalan keluar gan

  • 3 Oktober 2022 - (13:33 WIB)
    Permalink

    Saya juga ada spaylater 500ribu dipake beli kaos kaki 12ribu seminggu kemudian dibayar ga lama saya mao ambil mesin cuci malah gabisa lapor cs bilang ada tungakan gua ss tungakan darimana Cs liat pake mata sampe detik ini spaylater gabisa digunakan anggap aja HANYA PEMANIS 😂 denger” Dari driver Shopee mao bangkrut biarin saya ga rugi

  • 3 Oktober 2022 - (17:27 WIB)
    Permalink

    Mereka begitu ,kita juga harus begitu ,ambil aja limitnya ,ngga usah di bayar deh ,biar bangkrut skalian

  • 4 Oktober 2022 - (16:41 WIB)
    Permalink

    Seharusnya tdk perlu sampai kasih KK. buat apa shopee? pantas saja banyak data bocor dari shopee ini. semoga perlindungan data udah resmi jadi UU. Biar jera itu shopee

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Ada 23 komentar sampai saat ini..

Akun Shopee Dibatasi karena Tertaut dengan Akun Tidak Dikenal yang Men…

oleh Ananta dibaca dalam: 1 menit
23