Kebijakan Aneh Lazada Mengenai Pelanggaran Pemenuhan Pesanan

Saya sebagai penjual di Lazada, merasa dirugikan oleh keputusan sepihak Lazada. Di mana dalam sebulan terakhir tidak pernah membatalkan pesanan COD lebih dari 10% sejak awal bergabung dengan Lazada. Namun per hari ini tercatat 16% (PAGI 15%) dan dikenakan penalti hanya dapat menerima pesanan 1/hari.

Pihak CS malah menjawab pembatalan pesanan sebanyak 59% sesuai yang tampil di seller center (yang katanya 14 hari terakhir). Saat ditanya bukti malah hendak kabur mengakhiri percakapan. 2 pesanan yang dibatalkan 2 minggu terakhir juga tidak mencapai 50% dari total pesanan. Itu pun karena COD senilai jutaan dengan alamat mencurigakan dan tidak ada tanggapan pembeli saat dimintai konfirmasi.

Beberapa pesanan juga dibatalkan sendiri oleh pembeli (yang katanya tidak akan mempengaruhi tingkat pembatalan). Saya selalu mengirimkan pesanan tepat waktu (meski di sistem tercatat tidak 100%). Karena semua paket dijemput oleh pihak LEX (Lazada Express), dan tidak pernah ada pelanggaran PNR (Package Not Ready).

Namun di sistem tercatat DROP OFF dan selalu tidak 100%. Semua paket selalu SIAP DIKIRIM kurang dari 24jam. Dan selalu 100% diserahkan ke LEX setiap penjemputan.

Boedi Widjaja
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Lazada Perihal Kebijakan Aneh Lazada Mengenai Pelanggaran Pemenuhan Pesanan

Redaksi yang terhormat, Menanggapi surat pembaca di Media Konsumen tertanggal 12 Oktober 2022 mengenai “Kebijakan Aneh Lazada Mengenai Pelanggaran Pemenuhan...
Baca Selengkapnya

3 komentar untuk “Kebijakan Aneh Lazada Mengenai Pelanggaran Pemenuhan Pesanan

  • 13 Oktober 2022 - (11:49 WIB)
    Permalink

    Lazada memang agak gimna gitu soal klausa kerjasamanya. Yg agen pun demikian. Agen gak boleh pick up sblum lex pick up, dijam yg udh ditentuin nnti bisa kena pinalti gak boleh pick up selama 4 minggu rata-ratanya kalau ngelanggar itu. Padahal kebutuhan seller & konsumen bisa beda-beda, tergantung situasi & kondisi. Mana per bulan paket yg dipick up oleh agen juga dibatasi. Jdi event atau gak event gak ngaruh bagi agen. Agak aneh aja, kesannya mau memonopoli perdagangan online. Wajar sih tpi agak aneh, makanya agen lazada gak banyak dan pasti mereka pikir2 kalau mau jadi agen lazada.

    • 13 Oktober 2022 - (12:24 WIB)
      Permalink

      agan LEX MDOP? yg aneh disini jumlah order ditentukan oleh jumlah banyaknya items yg dipesan. jadi jika 1 order 19pcs barang[seperti kasus saya], ada kemungkinan itu dianggap 19 order dan menyebabkan penalty. serem juga kalo ada yg iseng order 50pcs pakai alamat palsu COD.

      5
      1
  • 13 Oktober 2022 - (22:06 WIB)
    Permalink

    Uang saya hilang gara2 kasus yang sama. Ada lebih dari 3jt. Dan akun saya di hapus permanen. Hati2 seller lain. Jualan di lazada memang ngeri soal pelanggaran. Ga pandang bulu. Harusnya kalau memang melanggar dan akun dihapus uang tetap jadi haknya seller. Tapi ini uang di tilep ga dikembalikan.

 Apa Komentar Anda mengenai Jualan online di Lazada?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Kebijakan Aneh Lazada Mengenai Pelanggaran Pemenuhan Pesanan

oleh Boedi dibaca dalam: 1 menit
3