Banyaknya “Produk Dewasa” yang Dijual di Shopee, Melanggar S&K Shopee Sendiri

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Sebelumnya saya minta maaf jika nanti kata-kata atau tulisan yang akan saya sampaikan akan menyinggung atau menyakiti pihak tertentu.

Baiklah seperti judul yang saya samapaikan saya merasa bingung dengan SYARAT & KETENTUAN Shopee tentang barang/produk yang boleh dan tidak boleh dijual di shopee. S&K  tersebut diantaranya:

“Barang dewasa penunjang kegiatan seksual termasuk namun tidak terbatas pada alat bantu seks, pornografi, dan obat-obatan dewasa, kecuali barang yang termasuk alat kesehatan yang telah memiliki izin edar yang sah dan diizinkan untuk diperjualbelikan;”

Namun yang saya herankan kenapa masih banyak barang barang yang berbau pornografi yang tampil di shopee dan itu sangat meresahkan menurut saya karena sebagai orang normal dan beristri juga agama saya melarang barang-barang seperti itu tapi kok bisa barang-barang tersebut selalu tampil di beranda saya padahal saya tidak pernah melakukan pencarian/penelusuran barang-barang seperti itu.

Berikut saya lampirkan screenshot barang-barang yang saya maksud:

Lima (5) foto screenshot terlampir yang dikirim penulis menjadi arsip MediaKonsumen (tersedia jika dibutuhkan oleh pihak terkait). Kami tidak menayangkan secara publik karena melanggar norma kepatutan – red.

Dan untuk solusi dari tim Shopee terkait produk-produk tersebut yang tampil di beranda saya mereka menyuruh saya untuk melaporkan produk-produk tersebut yang mana solusi tersebut menurut saya bukanlah cara untuk menyelesaikan masalah ini. Sebab jika seandainya saya meng-klik produk-produk tersebut untuk dilaporkan maka nantinya produk-produk sejenis akan semakin banyak yang tampil di beranda saya.

Selain itu seharusnya tugas tersebut adalah tugas tim Shopee yang meloloskan produk-produk tersebut untuk bebas dijual di platformnya, karena yang saya tahu setiap ada orang/penjual yang menambahkan atau mengubah produknya maka akan melalui proses pemeriksaan sebelum barang tersebut ditampilkan, apakah produk tersebut layak atau tidak layak untuk dijual/ditampilkan.

Untuk itu saya mohon kepada tim shopee agar supaya menjalankan dan memfungsikan SYARAT dan KETENTUAN yang telah dibuat oleh kalian dijalankan sebagai semestinya bukan untuk dilanggar atau disalahgunakan, karena itu dapat merugikan banyak pihak atau kalangan seperti saya ini.

Mungkin awalnya ini bukan murni kesalahan shope tapi kesalahan para seller yang menjual produk-produk berbau pornografi tersbut namun menurut saya  semua kontrol ada di tangan tim shopee selaku pengontrol/peninjau, pemeriksa barang-barang yang akan beredar di platform mereka.

Jadi kepada tim shopee mohon agar laporan ini bisa diselesaikan karena disini saya merasa sangat dirugikan karena saya sampai bertengkar sama istri saya yang dapat mengakibatkan perceraian. Saya juga malu sama keluarga saya karena mungkin mereka akan menganggap laki-laki kotor.

Terima kasih.

Moh. Ridwan
Probolinggo, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:104    Rata-Rata: 3.3/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

109 komentar untuk “Banyaknya “Produk Dewasa” yang Dijual di Shopee, Melanggar S&K Shopee Sendiri

    • 20 Oktober 2022 - (12:03 WIB)
      Permalink

      Saya cuma pake shopee dan saya sudah membaca dan mematuhi syarat dan ketentuan shopee sebelum bergabung dan seperti di gambar yg saya lampirkan disana ada syarat dan ketentuan tentang produk² yg boleh dijual atau tidak boleh. Tapi kenapa pihak shopee bisa meloloskan.

      10
      24
      • 20 Oktober 2022 - (19:32 WIB)
        Permalink

        Saya sebagai software developer ketawa geli membaca artikel ini.
        Semoga shopee bisa membuat algoritma yg bagus, sehingga produk yg ditampilkan adalah produk yg bener-bener sedang dicari user yg sedang buka shopee.
        Kemudian buat bapak sebagai pengguna shopee, baiknya jangan mengetik di pencarian kata kunci yg menjerumus ke kata2 explisit porno. Karena itu algoritma shopee membaca sebagai trigger agar menampilkan produk yg sudah dicari pada pencarian yg mungkin sebelumnya bapak ketik.
        .
        Saya pengguna shopee tidak pernah menulis keyword aneh2 sehingga di shopee saya tidak pernah ada gambar produk dewasa.
        Bener saja setelah saya baca artikel bapak dan saya praktikkan mencari produk dewasa di shopee ternyata setelahnya muncul terus macam-macam produk dewasa padahal saya baru mencari satu doank.
        🤣🤣

        34
        2
      • 21 Oktober 2022 - (07:18 WIB)
        Permalink

        Biasanya aplikasi memasang filter secara sistem. Dan banyak penjual yang menyamarkan deskripsi untuk meloloskan barang dagangannya dari filter tsb. Memang butuh laporan dari pihak konsumen. Karena kalau sudah lolos sistem, penyedia tidak mungkin mengecek satu persatu dari jutaan barang. Bukan hanya masalah ketentuan, barang tipuanpun banyak yg muncul. Karena memang sulit memfilter “kelicikan” manusia secara sistem yg juga dibuat oleh manusia.

        Jadi sebagai pembeli memang harus bijak-bijak dalam memilih barang. Juga dalam menggunakan “kata” pencarian. Karena sistem akan memunculkan dan menyarankan apa yg pembeli pernah cari.

      • 21 Oktober 2022 - (08:56 WIB)
        Permalink

        Keluhan TS bisa jadi masukan buat team pengembang aplikasi Shopee untuk
        memperbaiki algoritma pencarian.

        Seperti halnya yang dilakukan bro @Setyo, saya mencoba melakukan pencarian (tanpa login Shopee) dengan keyword “alat bantu” (tanpa ada kata s*x), ternyata hasil pencarian di dominasi produk alat bantu s*x dan tampil di halaman pertama…. luar biasa!!
        Bahkan ada thumbnail produk dengan gambar yang sangat vulgar.

        Jika Shoppe ingin menargetkan pasar/market untuk keluarga (bukan hanya untuk orang dewasa), evaluasi ulang algoritma pencariannya.

        Sebagai alternatif, produk alat bantu s3x ditampilkan dalam urutan terakhir atau tidak ditampilkan sama sekali jika user nya tidak login.
        Produk alat bantu s3x ditampilkan hanya jika user login dengan validasi usia (misalnya).

        Karena jarang menggunakan Shopee, saya tidak tahu apakah ada setting untuk user jika
        ingin membatasi hasil pencarian (misalnya untuk produk alat bantu s3x).
        Kalau belum ada, alangkah indahnya jika ada setting opsi ini dan statusnya Non Aktif dari awal.
        Sehingga untuk user yang memang perlu mencari produk tsb, harus mengaktifkan opsi ini telebih dahulu.

        Terlepas dari semua itu… keluhan TS perlu ditindaklanjut LEBIH SERIUS oleh pihak Shopee.
        Karena apa yang dikeluhkan berkaitan dengan S&K Shopee sendiri yaitu point (xxxvi)

        Untuk TS thanks atas keluhan ini, jadi tahu apa yang terjadi di Shopee..
        Tetap semangat pak.

        5
        2
    • 20 Oktober 2022 - (19:58 WIB)
      Permalink

      Ini kan Media konsumen.. yg sedang dijadikan objek keluhan penulis itu shopee ngapa malah suruh ke yg lain2.. kenapa ga anda cek dan laporkan sendiri kalau punya masalah ditempat lain.. ko malah nyuruh.. 😅

      10
      6
    • 20 Oktober 2022 - (12:04 WIB)
      Permalink

      Saya cuma pake shopee dan saya sudah membaca dan mematuhi syarat dan ketentuan shopee sebelum bergabung dan seperti di gambar yg saya lampirkan disana ada syarat dan ketentuan tentang produk² yg boleh dijual atau tidak boleh. Tapi kenapa pihak shopee bisa meloloskan.

      Marketplace lain bukan urusan saya dan bukan masalah saya.

      4
      22
      • 20 Oktober 2022 - (13:41 WIB)
        Permalink

        Iya pak, tapi sebenarnya memang aneh soalnya saya tahu harusnya shopee marketplace yang besar dengan QC harusnya bisa dipilah mana yg melanggar / tidak. Tapi klo sampai lolos berarti QC nya masih menggunakan robot/ai atau entah mungkin juga human.

        Semoga masalah ini cepat kelar ya Pak.

        6
        1
      • 20 Oktober 2022 - (19:20 WIB)
        Permalink

        Yailah om..biarin aja sih kalo ga suka ya jgn diliat atau dibeli..pusing amattt ngurusin urusan orang..hadehhhh

        18
        6
          • 21 Oktober 2022 - (12:50 WIB)
            Permalink

            Pemersatu Bangsa 😆😆😆

          • 21 Oktober 2022 - (16:48 WIB)
            Permalink

            Biarkan aja pak,orang juga perlu makan,bentengi diri bapak dan keluarga bapak aja.

      • 20 Oktober 2022 - (20:22 WIB)
        Permalink

        wkwkwk… biasanya sih awalnya nyari di search engine nya dulu, abis itu ma sistem trus direkomendasiin. sangat jarang klo tiba² nongol..

        10
        1
        • 20 Oktober 2022 - (20:46 WIB)
          Permalink

          Di saya juga tiba2 nongol, pdhl itu akun baru belum pernah search apapun😂 di akun yg lama emg ga pernah muncul sih, cuma di yang baru tetiba muncul rekomendasi produk dewasa. Kyknya algoritma nya lagi mencari jati diri si pengguna baru, jadi semuanya direkomendasikan wkwkw

          3
          1
        • 21 Oktober 2022 - (12:52 WIB)
          Permalink

          Yang nulis itu kemungkinan konsumen yang kecewa dengan ukuran dildo yg gak sesuai..

          5
          3
          • 21 Oktober 2022 - (18:48 WIB)
            Permalink

            Maaf jika anda tersinggung, dan metasa dirugikan sebagai penjual.

            2
            1
      • 24 Oktober 2022 - (07:26 WIB)
        Permalink

        Saya juga heran , akhir-akhir ini banyak “itu” yang bermunculan. Padahal selama ini gak pernah mencari/mengetik ke arah sana, apalagi yang berbau seperti “itu”. Karena saya cewek, kebiasaan search body care, pakaian, dll. Gak pernah mencari hal-hal “itu”,dan gak kepikiran kalau bakal muncul diberanda ,jujur gak nyaman banget rasanya. Menurut saya mengganggu, cara mensortir juga gak ada. Sudah diupdate, dg pemikiran gak muncul lagi diberanda, malah makin banyak. Kalo ada opsi blokir pasti saya blokir tapi gak tau caranya. Dibuka gambar yg berkaitan juga enggak, takut kalo dibuka malah makin banyak. Tapi gak dibuka pun udah makin banyak, saya coba alihkan dengan melihat produk lain, tetap nambah banyak. Baru sekali ini selama saya punya shopee hampir 2 tahun ini, hal “itu” bermunculan diberanda. Sekedar info, saya pakai kuota pribadi, bukan wifi. Jujur kecewa banget, jdi takut scroll beranda Shopee. Saya bukan sok suci atau bagaimana, tapi pure gak nyaman banget lihatnya. Semoga cepat teratasi. Pengen lihat tampilan yang bersih lagi.
        .

        • 27 Oktober 2022 - (06:47 WIB)
          Permalink

          Gini aja pak. Gunakan tombol report. Biar mereka tau yang mana yang dimaksud. Ada kan tombol reportnya?

  • 20 Oktober 2022 - (12:35 WIB)
    Permalink

    Ya baguslah pengguna menginginkan perbaikan dari platform yang dipakai. Untuk platform lain ya mungkin pengguna yang lain bisa melaporkan. Demi kebaikan marketplace nya juga.
    Di mana² ada memang penjualan produk terlarang, tapi memang di Shopee yang paling banyak. Ya selain karena memang manajemen Shopee aga “lumayan” . Juga karena banyak pemakainya, dan mohon maaf untuk pengguna Shopee mayoritas juga kalangan menengah ke bawah. Yang mayoritas juga di negara ini.

    8
    5
      • 20 Oktober 2022 - (16:37 WIB)
        Permalink

        Ada aja ni orang orang yang cari sensasi di media seperti si kapten terbang yg cari sensasi di media. Urus saja diri sendiri pak perkawinan bapak tangung jawab sendiri jangan salahkana atau bawa bawa2 alasan ” saya merasa sangat dirugikan karena saya sampai bertengkar sama istri saya yang dapat mengakibatkan perceraian” kalau komplain harus ke pihaknya langsung jangan cari sensasi demi kepentingan pribadi. Kalau tidak suka dengan apk tingal uninstal jangan bawa alasan a+b+c apalagi keranah yg menyingung sara. Kalau mau meberikan masukan berikan masukan yang benar untuk membangun bukan untuk menyingung a+b+c dll apalagi perkawinan bapak urusan bapak sendiri. Itu artinya ada kepentingan bapak pribadi. Ya jangan suka mengiring opini masyarakat untuk kepentingan bapak sendiri.

        30
        6
      • 21 Oktober 2022 - (12:18 WIB)
        Permalink

        Kalau yang pernah sekolah bisnis bisa cukup berasumsi dgn melihat iklan Shopee, yang disasar kalangan apa. Ini asumsi saja. Berhubung saya juga jualan di Shopee juga, walaupun food. Tergabung juga dgn komunitas seller, di tiap kota pasti ada. Saya berani berkata,ya cuma pelanggan Shopee yang paling ajaib. To put it nicely, they are very meme worthy.
        Banyak juga sodara dan teman yang jual di Shopee, senada komentarnya. Pelanggan Shopee is the worst.

    • 21 Oktober 2022 - (13:28 WIB)
      Permalink

      Kirain shopee sy doang yg selalu menampilkan barang 18+ ternyata banyak sampe selesai belanja langsung di logout takut di buka putra sy yg masih sekolah dasar, gambarnya terlalu vurgar

  • 20 Oktober 2022 - (13:11 WIB)
    Permalink

    kalau yang biasa buka aplikasi shopee hanya bapak sendiri, mungkin bisa diabaikan saja.
    kecuali kalo anggota keluarga yang lain juga ikut menggunakan aplikasi tersebut, tentu tidak ingin mereka melihat hal-hal yang kurang pantas untuk dilihat. jadi wajar aja sih kalo komplain…

    3
    7
    • 20 Oktober 2022 - (13:29 WIB)
      Permalink

      Nah iya pak, justru karena istri saya yang juga shopee saya, kemarin-kemarin sampe bertengkar sama istri saya gara-gara dia liat produk gituan di shopee saya. Padahal saya tidak pernah membuka/menelusuri produk-produk seperti itu. Dan malunya sampai sekarang sih sama istri dan keluarga saya.

      2
      13
      • 20 Oktober 2022 - (13:43 WIB)
        Permalink

        Sebelumnya pernah bukan atau browsing hal” yang berbau dewasa tidak? 😉 Karena bisa jadi produk tersebut muncul karena alogaritma dari shopee yg membaca karakter browsing di hp. Karena so far di shopee saya gk pernah muncul produk tersebut, dan biasa yg muncul memang bbrapa produk yg saya suka browsing.

        18
        1
        • 20 Oktober 2022 - (13:48 WIB)
          Permalink

          Ga pernah pak, karena ini hp ga ada privasinya jadi pemakainya cuma saya dan istri saya. Saya ga ada google adanya cuma chrome dan chrome itu cuma kalo buka RDM sama aplikasi² sekolahan. Kalo browsing-browsing sih ga pernah mencari hal² aneh pak…

          • 20 Oktober 2022 - (13:58 WIB)
            Permalink

            Bapak nyari apa? Alat bantu pasutri? Lagi nakal²nya kayaknya yaaa… TnC sudah jelas ada pengecualian. Marketplace pun banyak tinggal pilih, jangan ngotot cuma mau pake satu aja. Kalau mau yg dipengenin ya bikin aja sendiri

            9
            7
  • 20 Oktober 2022 - (14:13 WIB)
    Permalink

    Alat bantu pasutri??? Maksudnya apa ya??? Silahkan baca artikelnya pak. Sayang screenshoot yg saya bagikan disensor sama MK.

    Marketplace memang banyak sih tapi itu kan terserah saya mau pake yang mana. Masalahnya di sini pihak shopeenya yang seenaknya melanggar S&K yang berlaku. Dan setiap konsumen&produsen punya hak dan kewajiban yg harus dijalankan masing².

    4
    7
    • 20 Oktober 2022 - (20:17 WIB)
      Permalink

      Shopee ga dbangun demi memuaskan kepentingan elu. Ga suka ya uninstall tutup, ganti marketplace lain. Mw lebih aman? Ga usa pake HP pak. InsyaAllah terhindar dr dosa wkwkwk. Cape deh kl ada customer rebek begini, ngatur2 bisnis gede. Situ sape atuh. 😂😂😂

      11
      6
    • 20 Oktober 2022 - (15:49 WIB)
      Permalink

      Maaf ini bukan solusi dan cara penyelesaian menurut saya min, karena bisa jadi jika saya klik produk yg dimaksud untuk dilaporkan nanti malah semakin banyak produk sejenis yg direkomendasikan ke saya..pertanyaan saya kenapa produk² seperti itu bisa lolos seleksi di shopee. Mengingat S&K yang berlaku melarang keras terkait produk² tersebut untuk dijual di shopee.

      Gatau juga sih kalo CS&tim shopee semuanya robot..

      4
      14
    • 21 Oktober 2022 - (09:20 WIB)
      Permalink

      Halo Shopee yang baik dan budiman 🙂

      Keluhan TS bisa jadi masukan buat team pengembang aplikasi Shopee untuk memperbaiki algoritma pencarian.

      Seperti halnya yang dilakukan bro @Setyo, saya mencoba melakukan pencarian (tanpa login Shopee) dengan keyword “alat bantu” (tanpa ada kata s*x), ternyata hasil pencarian di dominasi produk alat bantu s*x dan tampil di halaman pertama…. luar biasa!!
      Bahkan ada thumbnail produk dengan gambar yang sangat vulgar.

      Jika Shoppe ingin menargetkan pasar/market untuk keluarga (bukan hanya untuk orang dewasa), evaluasi ulang algoritma pencariannya.

      Sebagai alternatif, produk alat bantu s3x ditampilkan dalam urutan terakhir atau tidak ditampilkan sama sekali jika user nya tidak login.
      Produk alat bantu s3x ditampilkan hanya jika user login dengan validasi usia (misalnya).

      Karena jarang menggunakan Shopee, saya tidak tahu apakah ada setting untuk user jika
      ingin membatasi hasil pencarian (misalnya untuk produk alat bantu s3x).
      Kalau belum ada, alangkah indahnya jika ada setting opsi ini dan statusnya Non Aktif dari awal.
      Sehingga untuk user yang memang perlu mencari produk tsb, harus mengaktifkan opsi ini telebih dahulu.

      Terlepas dari semua itu… keluhan TS perlu ditindaklanjut LEBIH SERIUS oleh pihak Shopee.
      Karena apa yang dikeluhkan berkaitan dengan S&K Shopee sendiri yaitu point (xxxvi)

      Untuk TS thanks atas keluhan ini, jadi tahu apa yang terjadi di Shopee..
      Tetap semangat pak.

  • 20 Oktober 2022 - (15:21 WIB)
    Permalink

    ngakak sih, tapi buat pelajaran aja itu namanya pemograman otomatis dia akan selalu relevan dengan keyword yang kita cari contoh saja saya hobi liat liat hp atau modifikasi kendaraan di marketplace, otomatis buka sope pertama kali direkomendasikan produk produk hp ataupun produk produk aftermarket automotif, jadi saran saya bijak lah dengan keyword yang sering diketik

    16
    • 20 Oktober 2022 - (15:44 WIB)
      Permalink

      Ya, biasanya barang yg tampil adalah hp dan laptop dan juga kaos yg biasanya direkomendasikan ke saya karena barang² tersebut yg slalu saya telusuri. Untuk barang² tak senonoh itu sih saya ga pernah mencarinya, lagian buat apa sih,,,,sudah punya pasangan juga ngapain cari² yg aneh…

      1
      14
  • 20 Oktober 2022 - (15:31 WIB)
    Permalink

    Bot shoppe ngasih lampu hijau kalo alat kesehatan, jadi pada ngasih judul alat kesehatan pria, alat pijat getar, dll

    Kalo ane malah risih sama toko yang jual alat pesugihan

    8
    1
    • 20 Oktober 2022 - (23:47 WIB)
      Permalink

      Bener, padahal ada juga berbagai pelanggaran lain seperti penjualan jimat, mata uang, buku-buku terorisme, jihad ala Al Qaeda, senjata tajam dan alat-alat untuk rakit bo*. Tidak percaya? Silahkan dicoba search, kan keluar semua.

  • 20 Oktober 2022 - (15:41 WIB)
    Permalink

    biasanya algoritma shopee sesuai apa produk yang dicari terakhir, sehingga barang2 yg muncul di beranda antara akun yg satu akan berbeda dengan akun lain.
    saran saya, coba bapak mencari satu atau beberapa produk, dalam beberapa hari sehingga produk yg muncul di beranda akan mengikuti produk tsb.
    semoga membantu, dan saya juga berharap tulisan ini akan menjadi evaluasi bagi Shopee untuk lebih selektif dalam memfilter seller dan jualan apa yang boleh ada di Shopee.

    • 20 Oktober 2022 - (15:46 WIB)
      Permalink

      Produk yg sering dan biasa cari adalah, hp, kaos, komputer atau laptop. Untuk selain itu ga pernah karena saya sudah punya pasangan asli berupa wanita yg cantik yg sudah halal….

      14
    • 20 Oktober 2022 - (16:12 WIB)
      Permalink

      Bisa jadi berbagi wifi, misalnya dirumah anda sendiri. Jika beberapa orang pakai aplikasi shopee, bisa jadi salah satu anggota keluarga anda iseng2 cari alat bantu yg berhubungan dgn seksual. 😀

      Seperti dirumah saya, anak2 saya sering buka yutube, carinya tayo, didi n friends, upin ipin, larva, baby shark dll. Meskipun beda perangkat tp masih satu jaringan, maka jika saya buka youtube di halamn depan isinya ya sama seperti yg dicari anak saya.

      Coba cek lemari istri anda ada tdk alat bantu seksual, atau mungkin anak anda yg beranjak dewasa iseng cari yg sesksuil 😀

      10
      • 20 Oktober 2022 - (16:15 WIB)
        Permalink

        Saya ga punya wifi dirumah, dan ga pernah wifian, saya pake kartu indosat

        • 20 Oktober 2022 - (17:27 WIB)
          Permalink

          Agak aneh sih gara² gitu aja bisa bertengkar dan hampir bercerai. Maaf bukan menghakimi cuma aneh aja yah kalo orang dewasa liat² barang² khusus dewasa juga wajar² aja sih.
          Tinggal di jelaskan baik² sama istri nya,inti nya komunikasi aja.
          Sekali lagi maaf jika ada komen saya yg salah atau menyinggung

          16
          • 20 Oktober 2022 - (17:31 WIB)
            Permalink

            Yah begitulah perempuan, mungkin pikirnya saya ini menyimpang atau mungkin anggapannya aku suami yg ga normal

            10
        • 20 Oktober 2022 - (20:45 WIB)
          Permalink

          bisa jdi anda pernah nyari alat2 bantu s*x tersebut makanya muncul terus diberanda wkwkwkwk…

  • 20 Oktober 2022 - (16:32 WIB)
    Permalink

    kalo gak boleh jual langsung aja gugat tutup pabrik yang produksi barang terlarang “menurut anda”, sama kayak rokok, rokok berbahaya bisa membunuh anda, tapi sampe sekarang masih beroperasi, maka sah sah saja. ada juga produk dihapus masuk kategori BENDA TAJAM, astaga jual pisau (pisau dapur) masuk kategori benda tajam, PISAU MANA ADA TUMPUL, kalo tumpul mainan dong, atau ada yang sirik udah itu aja.

    5
    1
    • 20 Oktober 2022 - (18:45 WIB)
      Permalink

      Baca, pahami, dan resapi maksud tulisan saya diatas. Itulah pentingnya literasi pak…

      Rokok??? Kalo rokok sih menurut saya ga illegal selama ada pita cukainya ..

    • 20 Oktober 2022 - (23:52 WIB)
      Permalink

      Kok pisau mbak, yg benar-benar sajam seperti katana/samurai, wedung, panah saja ada kok di sana.

      1
      2
  • 20 Oktober 2022 - (17:30 WIB)
    Permalink

    cara kerja algoritma pada iklan2 memang seperti itu. google, facebook dl akan menampilkan iklan berdasarkan pencarian2 yang dilakukan user pada browser. sepertinya ada yang pernah cari begituan menggunakan hp/laptop anda.

    8
    1
  • 20 Oktober 2022 - (17:44 WIB)
    Permalink

    Gini aja .. sekarang bapak cari barang di aplikasi shopee, berupa baju muslim, atau sajadah, pilih yg terbaik dan masukkan kedalam keranjang…soal jadi checkout atau ngga urusan belakangan… setelah itu close aplikasi shopee, brp jam kemudian buka lagi shopee…nanti yg muncul biasanya yg terakhir di cari…. selamat mencoba…
    Semoga tidak muncul gambar alat bantu dewasa

    13
    1
  • 20 Oktober 2022 - (18:28 WIB)
    Permalink

    Iklan gituan itu maksudnya gmn ya? Klo alat bantu pasutri kayak dil*o atau vibrator dll biasanya masuk kategori kesehatan reproduksi bisa lolos memang. Yg dimaksud pornografi dll itu biasanya video/film XXX.. open BO di shopee dll

  • 20 Oktober 2022 - (19:01 WIB)
    Permalink

    Emang yg dilihat apa? Sy search alat bantu xxx kagak muncul tuh. Kalau iklan pop up itu gak musti dari buka di hape. Mungkin anda pernah log in email gmail pakai komputer lain dan dipakai orang lain untuk search itu bakal muncul pop up di perangkat yg pakai email itu. Karna google ads pakai mesin learning

    • 20 Oktober 2022 - (20:00 WIB)
      Permalink

      Produk2 itu yg meloloskan ya robot nya, biasanya penjual nakal kasih judul aneh2 biar ga kelacak bot, admin shopee bertindak klo ada laporan/report dari user, kalo barangnya masih terjual bebas artinya ga ada yg nge report. Fungsinya kaya auto blokir postingan di di grup FB, banyak yg salah paham jadi salahin admin grup krn postingan terhapus padahal yg ngehapus sistem bot FB nya sendiri

  • 20 Oktober 2022 - (20:05 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami hal yg sama dengan penulis. Hanya mengetik baju tidur malah banyak yg muncul bikini. Saya paham maksud penulis, gambar sprt itu kok bisa lolos ? Marketolace lain ga ada gambar bikini

    1
    3
    • 20 Oktober 2022 - (21:29 WIB)
      Permalink

      setelah baca keluhan penulis dan membaca semua komentar, fokus saya di sini malah bukan di shopee nya, tapi karena barang yg muncul di shopee mampu menyebabkan orang bercerai. pak, bagi orang yg sudah menikah apalagi sampai punya anak, perceraian itu bukan sesuatu yg di inginkan. perceraian adalah keputusan sulit, jadi agak aneh rasa nya bila rumah tangga anda sampai bercerai hanya gara² ada barang (cabul) lewat di beranda shopee.

      silakan bercerai jika (misalnya) salah satu dari kalian selingkuh dan perbuatan nya selalu berulang. tapi kalo anda sampai bercerai gara² benda cabul yg hanya lewat layar hp, anda bisa di ketawain hakim pengadilan agama. atau mungkin anda dan istri walau sudah sah tapi masih jaim, gak mau terbuka soal hal² tabu, mesum, atau cabul? jadi istri anda marah mengetahui di hp suami nya kok lewat dagangan dewasa. saran saya, luwes dan terbuka lah sesama suami istri, jangan tabu soal seksual karena itu kebutuhan suami istri juga. jangan malah kita repot² komplain sama shopee, karena hal itu gak mudah di wujudkan. bicara dengan bahasa yg nakal dan menggoda sah² aja kok pak kalo sama istri sendiri, hehe..

      14
      1
      • 22 Oktober 2022 - (10:08 WIB)
        Permalink

        Maaf nih pak, tapi poin yg harus dijalankan itu adalah menjalankan peraturan yg sudah di buat sendiri, karena itu adalah tanggung jawab.
        Tanpa mendengar alasan penulis, seremeh apapun alasan penulis, tapi kalau sudah melanggar ya harus di tindak.

  • 20 Oktober 2022 - (20:50 WIB)
    Permalink

    Duhh mau komen tapi ketawa dulu boleh ya 🤣🤣🤣🤣🤣🤣
    Iklan Apa yg ditampilkan diweb itu sesuai dengan kebiasaan apa yg dilihat.
    Gitu algoritmanya
    Dah gitu aja🤣🤣🤣

  • 20 Oktober 2022 - (20:57 WIB)
    Permalink

    Sejujurnya bingung kenapa banyak yang nyalahin si penulis, secara yg dilaporkan memang benar adanya. Kalau di s&k gak boleh, kenapa masih banyak produk dewasa bertebaran di Shopee? Toh ini kritikan dan saran untuk Shopee biar mereka bisa lebih tegas dengan S&K yang mereka tetapkan sendiri. Saya juga pernah tiba2 muncul produk dewasa di iklan beranda saya, padahal yg saya cari mentok2 ya pakaian dalam sehari2, tp sungguh membagongkan melihat iklannya. Ya saya tidak terlalu ambil pusing karena hp saya sendiri yang pakai, tapi kalau hal seperti ini bisa sampai memicu pertengkaran pasangan, kan berabe😂

    1
    9
    • 20 Oktober 2022 - (22:18 WIB)
      Permalink

      hhaaha, kalo takut begituan/sensitif dengan hal pornografi gimana bisa nikah ya apalagi punya anak, kan aneh juga, ya beda orang beda pikiran.

      6
      1
  • 21 Oktober 2022 - (00:39 WIB)
    Permalink

    Bagi saya itu ga masalah, barang yang tidak merusak bangsa dan negara. Lagian itu barang membuat hubungan rumah tangga semakin harmonis, kecuali narkoba bisa merusak bangsa dan negara

  • 21 Oktober 2022 - (04:05 WIB)
    Permalink

    😂😂😂 Ini konsultasi rumah tangga bukan keluhan bisnis nih😂😂😂. Bapak bisa menerangkan pada istri yang salah penjual yang mengaitkan produk dewasa dengan alat kesehatan dsb sehingga bisa muncul tak terduga 😂😂😂. Bukan bapak yang cari tapi penjual yang iklan tidak pada tempatnya. Atau salahkan algoritma (mekanisme) iklan shopee.😂😂😂

  • 21 Oktober 2022 - (07:01 WIB)
    Permalink

    Ini mah ranah dapur, coba term of service di baca sekali lagi, alat bantu pasutri itu bukan termasuk unsur pornografi , hadeh

    • 21 Oktober 2022 - (07:05 WIB)
      Permalink

      Anda sellernya mungkin,,anda ga tau barang apa yg tampil karna di sensor sama MK. kalo bukan pornografi ngapain sama MK ga ditampilkan gambarnya…

      • 22 Oktober 2022 - (13:04 WIB)
        Permalink

        saya tau barang nya pak, walau di sensor sama MK. barang nya bisa berupa boneka, bisa berupa tytyd mainan (tapi yg ini buat cewek). tapi yg jelas adalah, hal² seperti itu gak akan membuat setiap rumah tangga orang berujung ke perceraian pak. mungkin istri anda terlalu berlebihan jika hanya melihat hal seperti itu di hp anda lalu minta cerai. kecuali anda selingkuh depan mata istri, nah boleh lah istri minta cerai. teriakan 1 orang gak akan merubah sistem di aplikasi, kecuali memang menuntut nya lewat jalur hukum di sertai sederet bukti yg akan membuat pihak aplikasi terpojok. kalo bpk mau lihat yg lebih heboh lagi, install twitter pak, nanti coba lihat apa respon istri bpk..
        🤣🤣🤣🤣

  • 21 Oktober 2022 - (07:18 WIB)
    Permalink

    Sebelumnya saya minta maaf kepada para seller barang² tersebut yg bermunculan disini dan membully saya, maaf jika tulisan ini mengganggu bisnis kalian..
    Sebenarnya kalian ga tau seperti apa barang yg saya maksud karena disini gambar yg saya upload dibatasi sama MK dan tidak ditampilkan. Makanya kalian bilangnya saya mengada².
    Dan yg memfitnah saya suka mencari-cari barang spt itu di browser atau di shopee tentu itu adalah fitnah yg tidak mendasar (logikanya kalo sudah beristri ngapain sih pake alat bantu s*x sgala, kalo mau tinggal bilang sama istri).
    *
    *
    *
    Dan semoga apa yg menimpa saya tidak menimpa kalian juga, dan yg sudah bersuami/beristri semoga hubungan kalian akan samawa selamanya dijauhkan dari segala penyimpangan dan kelaian s*x sehingga lebih memilih boneka.

    Silahakan bully saya sepuas kalian, silahkan bully saya sesuka kalian.

    1
    6
    • 21 Oktober 2022 - (11:25 WIB)
      Permalink

      Saya memahami apa yang bapak maksud, memang seharusnya pihak shopee bisa lebih memperhatikan postingan2 yg dijual di marketplace,, di FB pun sama kita buka marketplace banyak gambar2 yg tidak senonoh tampil,,

      Robot masih kalah dengan kelicikan manusia,, jd memang selain robot masih perlu difilter lagi oleh manusia agar sistem jadi lebih sempurna,

      • 21 Oktober 2022 - (19:14 WIB)
        Permalink

        Kebayang kalo dia beraktifitas sehari2 lewati jalan tiap hari yang ada penjual toko seperti itu , dia pasti akan kirim surat ke walikota atau bupati supaya minta dipindahkan tokonya jangan disitu

        • 22 Oktober 2022 - (10:52 WIB)
          Permalink

          Tapi kan tidak dipajang juga di depan toko mas,, banyak yg bakal lapor juga kalo dilihat orang2,

          makanya jualnya di dalam toko..

          Kalo di shopee siapapun yang pas buka aplikasi shopee bisa melihat, waktu postingan produk dewasa itu sedang di atas,,

  • 21 Oktober 2022 - (08:21 WIB)
    Permalink

    Nama nya aja market place, ada peminat yah pasti ada penjual. Yg saya gak habis pikir kog di Indonesia gampang sekali meminta melakukan blokir terhadap sesuatu yg gak disukai yah? Ibarat kalau takit kaki kotor, alih² menyapu jalan, alangkah lbh bijak jika memakai alas kaki, beres…

    • 21 Oktober 2022 - (08:31 WIB)
      Permalink

      Baca baik² tulisan saya pak jangan asal bunyi,,,jika seandainya S&K shopee membolehkan jangankan barang² tersebut, seandainya di shopee yg jual Pe Es Ka scr online saya ga masalah pak jika memang itu dilegalkan di shopee, ..tapi yg saya bahas ini menyangkut S&K shopee yg melarang (liat lagi gambar tulisan saya diatas pak).

      • 23 Oktober 2022 - (00:30 WIB)
        Permalink

        Yg bikin elo di bully krn bawa kata perceraian….kalo emang komplain soal s/k ya gak usah curhat soal keluarga🤦

  • 21 Oktober 2022 - (09:00 WIB)
    Permalink

    Bocah tua nakal kamu ya, hayoo puber ke dua nih ya?

    Kamu yg search barang2 begituan, sekarang ketahuan istri, diomelin, malu sendiri, malah marah – marah salahkan Marketplace karena ulahmu sendiri. Haha, kocak kocak …

    Dikasih pendapat orang yg berbeda pandangan langsung add hominem menuduh orang si penjual lah, apalah

    haha, ini surat pembaca paling kocak sih

    • 21 Oktober 2022 - (18:50 WIB)
      Permalink

      Anda penjualnya ya pak??? Maaff jika tulisan saya menyinggung anda, disini yg saya keluhkan adalah S&K shopee dan bagaimana sekiranya pihak shopee dan pengguna shopee (penjual dan pembeli) sama2 mematuhi syarat dan ketentuan tersebut.

      • 22 Oktober 2022 - (12:18 WIB)
        Permalink

        Nah kan, bener aja…gelar saya banyak lho pak disini:
        Debt collector, antek-antek bank, orang leasing, orang Gr*p*ri, dll

        Nahhh Nambah lagi gelar saya Media kosumen disini: Penjual alat bantu seks di Shopee, hahaha
        Btw makasih lho pak, sudah menambah koleksi gelar saya.

        Lain kali banyak2 komunikasi yg bagus dengan istri, sayangi istri…biar kl ketahuan istri searching alat bantu seks, istri gk langsung ngamuk, uring uringan dan sampai minta cerai…hahaha..kocak kocak

        • 22 Oktober 2022 - (12:37 WIB)
          Permalink

          Mohon bijak dalam memberikan komentar. Mari berdiskusi dengan saling menghargai.



          Urusan komunikasi sama istri itu masalah pribadi saya pak.
          Yang saya keluhkan disini adalah syarat dan ketentuan shopee.

          Saya tidak peduli jika dishopee ada ”pe es ka online, jual istri online, jual anak online, dan jual apapun yg dilarang agama dan bangsa saya tidak peduli pak, selama dikebijakan shopee itu dibolehkan karena kalo sudah bergabung dengan shopee itu menjadi resiko bagi saya untuk mematuhi syarat dan kebijakan tersebut dan terlepas dari hukum negara atau agama itu menjadi tanggung jawab saya. Tapi masalahnya disini adalah kebijakan shopee yang melarang barang² yg tidak pantas tersebut, tapi barang tersebut masih bebas di shopee, jika begitu apa dong namanya pak..???

          Mohon pahami tulisan saya pak ..!!
          Terkait produk yg dimaksud mohon maaf pihak MK tidak bisa menampilkan katanya…

          • 22 Oktober 2022 - (15:09 WIB)
            Permalink

            Is is, anda add hominem namanya …udah nuduh saya, kok saya yg malah disuruh BIjak..hahaha
            Kan anda yg menuduh saya penjual alat bantu seks..kok yg dituduh malah disuruh bijak.. gak kebalik…serius ..?

            Nah, anda dan istri sampai ribut mau cerai gara2 urusan diatas, pertanyaannya, saya yg harus bijak…atau anda berdua yg harus bijak?plzzz…come on…

            Problemnya kan anda meradang ke marketplace, complain ke marketplace..gara2 istri meradang mnt cerai karena ketahuan…kalau istri gk minta cerai, apa anda complain ke marketplace?

            dah lah…kesian juga saya…ya udah lah, boleh gak usah anda jawab.. karena saya gk ada kepentingan pribadi..tp minimal yg baca bisa tau siapa yg harus bijak…saya atau anda dan istri?Okeh…?

            hahaha..kocak, ketahuan istri search alat bantu seks, lalu komplain posting di MK dengan dalih gk sesuai S&K

  • 21 Oktober 2022 - (09:59 WIB)
    Permalink

    Ini sudah melanggar UU pornografi dan pornoaksi, pihak penjual jangan hanya memikirkan keuntungan tapi merusak generasi muda yang akan datang

    1
    1

 Apa Komentar Anda?

Ada 109 komentar sampai saat ini..

Banyaknya “Produk Dewasa” yang Dijual di Shopee, Melanggar…

oleh iwanx314 dibaca dalam: 2 menit
109