Status Transaksi “Dalam Proses” Sampai 10 Hari, Menggantung Tanpa Kejelasan

Pada tanggal 11 Oktober 2022 sekitar pukul 07.50 WIB, saya melakukan pembayaran angsuran kredit motor saya di Adira melalui LinkAja. Saya lihat status pada waktu itu masuk pada kolom Pending. Namun biasanya beberapa menit setelahnya status akan berubah menjadi ‘Selesai’. Kebiasaan saya selalu uninstall aplikasi setelah digunakan, karena keterbatasan memori ponsel saya. Hari itu juga saya copot pemasangan LinkAja, karena tugasnya waktu itu sudah saya anggap selesai.

Singkat cerita, tadi pagi 21 Oktober 2022 pukul 10.36 WIB, ada telepon dari Adira memberitahukan bahwa angsuran untuk bulan ini belum masuk dan saya disuruh menyelesaikan pembayaran ke kantor cabang segera sebelum denda bertambah banyak. Agak bingung juga mengetahui perihal tersebut, karena saya merasa sudah membayarkannya satu hari sebelum jatuh tempo.

Lalu saya unduh LinkAja dan mengistalnya. Ternyata benar, transaksi yang dari tanggal 11 Oktober 2022 masih dalam keadaan “Dalam Proses”. Aneh saja sih, kenapa sebuah transaksi bisa pending hingga begitu lamanya. Kenapa tidak batal otomatis setelah 24 jam?? Juga tidak ada tombol untuk membatalkan supaya dana bisa kembali ke saldo utama.

Status Dalam Proses
Screenshot halaman pending LinkAja

Saya mencoba menghubungi CS lewat Live Chat fiturnya sudah gak bisa digunakan, DM IG-nya gak dijawab. Terpaksa mengadu lewat email. Namun yang saya dapat hanya jawaban template pesan otomatis yang selalu sama.

Karena merasa tidak ada tanggapan yang serius dari pihak LinkAja, akhirnya saya putuskan untuk membagikannya ke Media Konsumen. Bukan bermaksud menjelek-jelekkan performa LinkAja, saya hanya ingin pelayanan LinkAja lebih ditingkatkan agar menjadi lebih baik dan semakin baik lagi.

Jadi, intinya tolong LinkAja segera proses transaksi saya yang tertunda dan menggantung entah sampai kapan. Apabila tidak bisa dilanjutkan, karena sekarang sudah ada denda berjalan di Adira, setidaknya kembalikan dana ke saldo utama, biar bisa saya tarik ke rekening untuk saya transaksi lewat darat saja.

Terima kasih.

Subekhi
Batang, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan LinkAja atas surat pembaca Bapak Subekhi

Yth. Redaksi Surat Pembaca Media Konsumen, Sehubungan dengan surat keluhan yang ditujukan kepada kami oleh Bapak Subekhi pada 23 Oktober...
Baca Selengkapnya

2 komentar untuk “Status Transaksi “Dalam Proses” Sampai 10 Hari, Menggantung Tanpa Kejelasan

  • 23 Oktober 2022 - (22:20 WIB)
    Permalink

    Lah anda yg salah kalo gitu… Transaksi belum selesai maen uninstall aja… Coba klo ga di uninstall anda bisa komplain lebih cepat…
    Hati-hati klo masalah keuangan mah, fix ini anda yg ceroboh…

    1
    1
    • 24 Oktober 2022 - (02:13 WIB)
      Permalink

      Iya juga sih, karena sudah percaya kalau transaksi akan berjalan otomatis, ternyata kejadian seperti ini

 Apa Komentar Anda mengenai LinkAja?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Status Transaksi “Dalam Proses” Sampai 10 Hari, Menggantun…

oleh Subekhi Bin Taklal dibaca dalam: 1 menit
2