Kartu ATM BCA Pengganti Diberikan kepada Orang yang Tidak Dikenal, Laporan Tidak Diproses Selama Hampir 1 Tahun

Saya mengajukan penggantian kartu ATM lewat BCA Mobile, dengan cara kirim ke alamat rumah dan saldo rekening BCA saya telah terpotong sebesar Rp 20.000 sebagai biaya antar kartu. Pada tanggal 23-11-2021 pukul 15:57, saya mendapatkan notifikasi email bahwa kartu debit ATM pengganti saya telah berhasil dikirimkan ke alamat tujuan. Namun saya dan anggota keluarga saya belum menerimanya.

Pada tanggal 3-12-2021, saya menelepon HaloBCA untuk memastikan status pengiriman kartu ATM saya dan siapa penerimanya. Setelah dicek ternyata kartu saya telah sampai di alamat tujuan pada tanggal 21-11-2021, dan kartu diterima oleh orang yang bernama MEI (keluarga serumah). Padahal tidak ada orang di keluarga saya yang bernama MEI.

Lalu CS HaloBCA membuat laporan komplain saya, dengan nomor laporan: 2072803108 dan saya disuruh menunggu untuk investigasi kurir. Namun saya tidak kunjung mendapat respons kelanjutan proses laporan saya.

Pada tanggal 7 Mei 2022, saya mencoba melapor dengan mengirim DM ke Instagram BCA dengan menyertakan nomor laporan: 2072803108 dan mendapat respons yang sama, untuk menunggu investigasi kurir. Namun lagi-lagi tidak kunjung mendapat respons lanjutan dari laporan saya selama berbulan-bulan.

Pada tanggal 20 Oktober 2022, saya kembali mengirim DM ke Instagram BCA untuk menanyakan proses laporan saya yang sudah hampir 1 tahun, dan mendapat respons bahwa kartu saya telah ditarik dari alamat salah kirim dan sudah dicoba mengirimkan kembali ke alamat saya, tapi alamat saya tidak ditemukan.

Saya ingin mengajukan komplain, bahwa tidak masuk akal alamat saya tidak bisa ditemukan, karena sudah lebih dari 10 tahun saya terima paket dari kurir dan tidak pernah gagal kirim ke alamat saya. Jika memang kurir kesulitan mencari alamat saya, kenapa kurir tidak melakukan konfirmasi untuk menanyakan alamat ke nomor telepon saya?

Seharusnya ketika kartu diterima orang lain, kurir melakukan pengambilan foto orang yang menerima seperti yang dilakukan kurir marketplace. Pihak BCA juga tidak ada itikad untuk me-refund biaya kirim kartu yang telah mereka potong dari rekening saya.

Mhd. Mizan Selatan
Palembang, Sumatera Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bank BCA:
[Total:55    Rata-Rata: 2.3/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

18 komentar untuk “Kartu ATM BCA Pengganti Diberikan kepada Orang yang Tidak Dikenal, Laporan Tidak Diproses Selama Hampir 1 Tahun

  • 27 Oktober 2022 - (14:22 WIB)
    Permalink

    Masalah utama dalam pengiriman kartu dari bank (baik kartu debit maupun kartu kredit) adalah, tidak bolehnya menyantumkan nomor telepon di amplop pengiriman. Karena ditakutkan nomor itu akan dihubungi oleh orang yang menerima kartu untuk mendapatkan OTP untuk mengaktifkan kartu. Hal itulah yang menjadi penyebab utama sulitnya kurir mencari alamat nasabah.

    Ditambah lagi, kurir pengiriman tersebut bukanlah kurir Tiki maupun JNE yang biasa mengirim paket ke daerah tersebut. Mereka kurir eksternal yang tidak mengirim paket secara reguler, jadi mereka cukup awam dalam mencari alamat.

    Hanya beberapa bank yang mengirimkan kartu menggunakan Tiki/JNE, contohnya ketika kartu kredit bank X saya gagal dikirim 3 kali, akhirnya bank mengirimnya menggunakan JNE YES. Dalam 1 hari, kartunya langsung sampai tanpa masalah.

    Tapi tidak semua bank mau melakukan itu.

    • 28 Oktober 2022 - (00:17 WIB)
      Permalink

      Hadeh tinggal blokir via halo bca atau mobile bangking. bikin baru via cs digital bisa langsung jadi atau kasih nama , sebenarnya simple kalo lagipula bisa blokir via mobile banking juga. Komplain uang 20 rb minta balikin . Astaga .

      6
      5
  • 27 Oktober 2022 - (18:59 WIB)
    Permalink

    langsung ke kantor cabang BCA aja minta dicetakkan kartu baru, gak apa-apa antri dikit, yang penting masalah selesai..

    13
    • 28 Oktober 2022 - (10:35 WIB)
      Permalink

      Nah ini cara simpel, lagian skr di BCA ada cs digital, kl cm ganti atm mah mudah cukup scan ktp… yg mudah dibikin susah sm penulis gara2 MALAS ke kantor cabang bca

      4
      1
  • 28 Oktober 2022 - (01:40 WIB)
    Permalink

    Saran saya sih pak kalau kartu debit mending ke kcp terdekat. Penanganannya tidak lebih satu jam.

  • 28 Oktober 2022 - (02:37 WIB)
    Permalink

    Langsung ke customer service cabang BCA terdekat untuk ganti kartu atm lebih cepat prosesnya sekalian komplain masalah ongkir 20rb.

    • 28 Oktober 2022 - (14:51 WIB)
      Permalink

      Laporan hampir satu tahun buat ganti kartu ATM saja 😂😂😂😂😂 ini orang sekolah apa tidak ya gua ganti kartu ga ada 10 menit pakai mesin Sonic di share di media kosumen malah terlihat bodohnya

  • 28 Oktober 2022 - (11:54 WIB)
    Permalink

    Sebenarnya sih untuk masalah kartu bisa bikin kartu baru di kantor cabang/KCP terdekat dan kartu lama diblokir biasanya setelah ini.

    Nah, saran saya masnya ke situ aja, ntar sekalian komplain mengenai ongkirnya di sana.

    Namun, mau bagaimana pun, semoga masalahnya lekas diselesaikan 🙂

  • 28 Oktober 2022 - (13:52 WIB)
    Permalink

    Ini kelemahan BCA sih, pengiriman amburadul. Gw daftar 2X, 40.000 hangus. Begitu pun punya istri hangus 40.000. Tp egk pernah gw urus males, sibuk kerja. Yg ngomong oon ada CS DIGITAL bagi gw adalah orang² peninggalan purba. Hari gini masih sibuk ngurus kecabang, mending kerja cari duit.
    Skrg gw & istri uda berhenti pakai BCA, beralih ke Bank Digital. Blu BCA buat setor tunai lalu gw pindah ke JAGO yg bisa transaksi dimanapun. Mau blokir di App, mau buka blokir di App. Mau bikin kartu jg di App & pasti terkirim & tentunya sama² aman layaknya ke cabang krn verifikasi dgn wajah. Klo Bank konvensional ttp egk ngikuti, suatu saat akan diganti yg mudah krn yg tua² meninggalkan di ganti anak² generasi Z. Gw tua tp pemikiran gen Z, egk mau ribet.

    • 28 Oktober 2022 - (14:25 WIB)
      Permalink

      emang sih era Digital,
      tp klo masalahnya udah 1 thn, ya mending datang ke KCP atau cari CS Digital buat cetak ulang…
      klo alesan karena jam kerja, Cari CS digital di mall mereka ada yg buka pas weekend, jangn jd pemalas, sesekali otak dipake …

      • 29 Oktober 2022 - (12:12 WIB)
        Permalink

        Pemalas sih tergantung. Buat urusan kerja bisa dibilang sibuk, tp utk hal ginian jadi bemalas akut. Jika ada yg mudah buat apa cari yg susah. Hari libur buat full jln² bkn dateng ke mall buat ke CS DIGITAL.
        Sekeluarga uda berhenti make BCA, beralih ke anaknya BCA DIGITAL 🤭. Urusan transaksi ada JAGO yg kenyamanan transaksi dlm & luar negri nyalahin BCA😁

    • 28 Oktober 2022 - (15:08 WIB)
      Permalink

      Trus si bapak mizan ini kau panggil apa? Yg bilang oon aja kau sebut peninggalan jaman purba 😁

    • 29 Oktober 2022 - (00:31 WIB)
      Permalink

      Sama gw ganti debit card di kcp cma lima menit dan alhamdulillahnya antrinya hapir 2 jam, mantap kan!

  • 29 Oktober 2022 - (00:27 WIB)
    Permalink

    Preseden buruk buat BCA
    Penanganan lama, buta solve hak nasabah terima kartu.
    Jelek banget kalau mengerut saya

  • 29 Oktober 2022 - (06:55 WIB)
    Permalink

    LU SEMUA YANG KOMENT YANG **** ORANG YANG POST INI MALAS KE KANTOR KALO MAU KE KANTOR GAK MUNGKIN DIA BIKIN ONLINE…

  • 29 Oktober 2022 - (08:42 WIB)
    Permalink

    Ini mah nasabahnya aja yang mager, untuk kurir kan biasanya menggunakan pihak ke 3, kalau dirasa lama ga datang2 mending langsung ke KCP. Sipaling Mager

 Apa Komentar Anda mengenai Bank BCA?

Ada 18 komentar sampai saat ini..

Kartu ATM BCA Pengganti Diberikan kepada Orang yang Tidak Dikenal, Lap…

oleh Mizan dibaca dalam: 1 menit
18