Tagihan BRI Ceria Berhasil Autodebit, tapi Limit Tidak Kembali dan Muncul Tagihan Baru

Perkenalkan, saya Berkat Jul Boyke Waruwu, pengguna BRI CERIA dengan nomor HP terdaftar di 0812620732**. Pada tanggal 29 Oktober 2022, saya sangat terkejut dengan tagihan BRI Ceria yang sangat besar dan nominalnya selalu berbeda di setiap kondisi yang saya temukan. Kronologinya sebagai berikut :

Tanggal 25 Oktober 2022, sekitar pukul 21.00 WIB, saya mengecek aplikasi BRI Ceria saya, melihat tagihan sebesar Rp2.286.500 dan harus saya bayarkan saat itu juga.

Aplikasi BRI Ceria

Lalu, saya mengecek saldo rekening BRI saya, dan saya sangat terkejut karena posisi saldonya minus -Rp2.244.500. Saya mencoba berpikir positif mungkin karena tagihan BRI Ceria saya belum terbayarkan.

Saldo Awal BRI

Setelah itu, pada pukul 21.31 WIB saya langsung berniat melakukan pengisian saldo ke rekening BRI saya sebesar Rp2.300.000 agar proses autodebet terhadap tagihan saya bisa dilakukan oleh pihak BRI Ceria. Lalu proses autodebet pun berhasil dilakukan ke rekening saya.

Tidak berselang lama setelah saya mengisi saldo. SMS notifikasi masuk, notifikasi dari BRI bahwasanya ada transaksi yang berhasil dilakukan untuk proses autodebet sebesar Rp2.286.500 sesuai tagihan BRI Ceria. Saya juga mencoba memastikan saldo rekening BRI saya serta mengecek mutasi transaksi melalui aplikasi BRImo dan saldo saya sudah kembali normal. Saat itu saldo saya menjadi Rp55.500 dan tidak dalam posisi minus lagi. Mutasi juga tercetak sebagaimana tagihan yang berhasil di-autodebet.

Masalah dimulai ketika saya mengecek aplikasi BRI Ceria saya, masih ada tagihan yang tersedia dengan nominal berbeda yakni Rp2.271.970 (dalam hati, loh kok belum terbayar?). Lalu di bawah tagihan ada keterangan tertulis seperti ini “Pembayaran Rp2.286.500 berhasil. Tagihan diperbaharui pada 09 November 2022”.

Foto aplikasi BRI Ceria

Sejenak saya berpikir begini, apakah sistem BRI Ceria lagi ada gangguan? Saya mencoba menunggu 24 jam kemudian, masih berpikir positif, berharap setelah 24 jam tagihan tersebut hilang. Karena semua bukti transaksi sudah ada dan tercetak di mutasi rekening BRI saya

Tanggal 26 Oktober 2022, setelah berulang kali mengecek aplikasi BRI Ceria, dan terus menerus melihat tagihan masih tersedia. Pukul 22.37 WIB saya mencoba menghubungi BRI melalui fitur chat WhatsApp. Namun sayang respons CS sangat lama. CS baru tersedia pukul 04.04 pagi, saat saya sudah terlelap dalam mimpi saya sendiri

Live chat Sabrina

Tanggal 27 Oktober 2022, tagihan masih tersedia juga. Saya memutuskan untuk menghubungi BRI kembali melalui fitur chat WhatsApp, karena kalau melalui nomor telepon saya tidak akan sanggup bayar pulsa untuk menelepon ke 14017, pasti akan memakan pulsa sangat banyak. Oh iya, kenapa BRI tidak punya nomor telepon pengaduan yang berawalan 021 gitu ya? Kan harusnya bisa diakali biar biaya teleponnya murah. Kalau langsung telepon 14017 mahal sekali. Jiwa missquen-ku pasti meronta-ronta.

Okay balik ke masalah. Saya berhasil terhubung dengan CS BRI bernama Aika. Saya menjelaskan masalah saya. Lalu CS menyuruh untuk menunggu 7 hari setelah proses autodebet berhasil.

 

Sejauh ini saya sudah tenang. CS BRI pun mengerti masalah yang saya hadapi dan menyarankan untuk menunggu 7 hari maksimal setelah proses autodebet berhasil dilakukan.

Tanggal 29 Oktober 2022, masalah baru muncul, saya mendapat pesan WhatsApp dari BRI-Info yang menginfokan bahwa saya mempunyai tunggakan tagihan yang belum dibayarkan sebesar Rp3.583.775. Ini apalagi? Kok malah jauh berbeda dari nominal yang sebelumnya

Pesan penagihan

Saya mencoba menghubungi CS BRI lagi melalui fitur pesan WhatsApp dan disuruh melengkapi data untuk proses pelaporan. Lalu saya diberikan nomor pengaduan untuk segera mengirimkan email dan melampirkan beberapa dokumen pendukung agar masalah saya bisa di proses. Nomor laporan saya:

  1. TTB000042710939
  2. TTB000042754509 (proses 20 hari kerja)

Saya berharap dengan surat keluhan saya ini, pihak BRI bisa segera memproses keluhan saya karena saya sangat bingung dengan proses autodebet yang berlangsung dan tagihan dengan nominal yang berbeda juga membuat saya tambah bingung.

Untuk informasi, limit saya di BRI Ceria adalah Rp3.700.000. Sedangkan tagihan yang dibebankan kepada saya periode 10 September – 9 Oktober 2022:

  1. Rp2.286.500 (sudah saya terbayarkan, sesuai tagihan pada periode tersebut).
  2. Rp2.271.970 (tagihan baru di aplikasi, yang membuat saya bingung).
  3. Rp3.583.775 (tagihan baru, melalui pesan WhatsApp BRI-Info)

Kalau ditotalin, tagihan saya menjadi Rp8.142.245, sedangkan limit saya hanya Rp3.700.000. Saya selalu bayar tepat waktu dan masa tagihannya membengkak lebih 200% dari limit saya sendiri.

Akhir kata, terima kasih kepada Media Konsumen sudah menjadi wadah bagi pelanggan menuliskan surat keluhan terhadap masalah yang kita hadapi bersama.

Berkat Jul Boyke Waruwu
Medan, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai BRI Ceria:
[Total:14    Rata-Rata: 1.4/5]
Tanggapan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atas Pengaduan Bapak Berkat Jul Boyke Waruwu

Sebelumnya kami menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada Bank BRI dan mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Bapak...
Baca Selengkapnya

39 komentar untuk “Tagihan BRI Ceria Berhasil Autodebit, tapi Limit Tidak Kembali dan Muncul Tagihan Baru

  • 2 November 2022 - (08:27 WIB)
    Permalink

    Sorry, tapi perasaan gwe aja apa ini terlalu cepat ke MK ya? Masalah awal terjadi tanggal 25 oktober 2022 malam berarti sekarang masih 8 hari atau 6 hari kerja jalan lah ya dari kejadian

    Kenapa gak nunggu CS nya dulu, misal 14 hari kerja gitu baru ke MK. MK soalnya setau gwe langkah terakhir kalau gak didengar/stuck.

    Plus agak cringe gak sih baca kalimat, “jiwa misqueen ku meronta”. Ini kan pengaduan, bukan twitter.

    5
    5
    • 2 November 2022 - (13:21 WIB)
      Permalink

      Maunya juga begitu. Tetapi ini masalahnya tagihan. Bunga tagihan bisa membengkak setiap hitungan harinya. Kalau memang harus nunggu 14 hari, berapa bunga yang akan kita bayarkan? Sehari saja terasa banget bunga tagihan kalau ada keterlambatan pembayaran. Dan posisinya saya seolah-olah terlambat melakukan pembayaran di aplikasi. Sehingga harus di follow up secepatnya sebelum bunga membengkak

      • 2 November 2022 - (13:32 WIB)
        Permalink

        Kalau memang itu kesalahan BRI dimana elu punya bukti yang sangat kuat maka biasanya tidak akan dicharge, banyak kok yang kasus kek gini dan bisa disampaikan di sini juga dimana elu keberatan atas denda dari BRI karena kesalahan BRI yang menyebabkan kerugial terhadap pelanggan.

        Bisa juga datang langsung ke BRI nya untuk menanyakan kasus kek gini beserta bawa bukti-buktinya.

        Kalau masalah denda terus langsung ngadu ke MK supaya gak lama, maka bisa dong semua hari pertama belum nerima jawaban investigasi CS langsung ke MK dengan alasan supaya cepat?.

        Lagi, koreksi kalo gwe salah, MK itu upaya terakhir dimana kalo semua udah stuck kek CSnya kekeh kalo elu yang salah padahal bukti kuat banknya yang salah, dan sebagainya, nah baru tulis di sini, bukan CS masih investigasi, belum ada 7 hari kerja malah, udah langsung ngadu.

        • 2 November 2022 - (13:40 WIB)
          Permalink

          Benar. Kita juga maunya gitu kalau ada kejelasan dari pihak BRI. Dan btw, ketika artiket saya ini di naikkan pihak MK sudah terhitung kurang lebih 7 hari sejak masalah muncul.

          Untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan, saya berniat membuat artikel ini bukan untuk menjelekkan BRI. Tetapi agar penyelesaiannya cepat. Saya mencintai produk BRI, apalagi BRImo merupakan salah satu aplikasi paling bisa di andalkan untuk masalah apapun.

          Coba deh, baca artikel ini https://mediakonsumen.com/2022/11/02/surat-pembaca/pembayaran-cicilan-bri-ceria-bermasalah

          Sudah bayar, malah disuruh bayar lagi.

          Dan alasan kuat kenapa saya mengangkat artikel ini ke MK, adanya nominal tagihan baru yang tidak sesuai dan malah kalau dihitung-hitung melebihi 200% dari limit saya. Kan membuat saya tambah bingung

          • 2 November 2022 - (13:43 WIB)
            Permalink

            Iya 8 hari, tapi baru 6 hari kerja.

            Ya sudah deh, next saran aja biar lebih cepat, H+1 masalah belum kelar semua atau CS belum response langsung ke MK aja, tanggung cuy 8 hari baru ke MK.

            1
            4
        • 3 November 2022 - (08:27 WIB)
          Permalink

          Nggak usah nunggu 7 ato 14 hari…
          Lebih 1×24 jam gak kelar masalah langsung ke MK jg gak masalah.
          Itu system yg harusnya auto update stelah melakukan pembayaran maksimal 1×24 jam.

          • 3 November 2022 - (08:30 WIB)
            Permalink

            Ke CS dulu pak, gunanya CS kan membantu mengatasi masalah beginian. Kalau CS nya lepas tangan/jawabannya gak memuaskan baru ke MK. Tapi kalau CS aja masih investigasi sudah ke MK itu namanya kecepetan.

          • 3 November 2022 - (10:08 WIB)
            Permalink

            Bukan, gwe cuma gak suka karena tidak memanfaatkan fasilitas CS yang ada dan langsung lari ke MK. Seakan MK itu jalan pintas karena males nunggu proses investigasi perusahaan terkait.

            Beda cerita kalau CS nya di hari pertama udah bales terus jawabannya merugikan pelanggan padahal pelanggan punya bukti yang kuat. Kalau itu gak apa-apa. Sedangkan ini CS belum bales apa-apa.

            Yang gwe takutin, nanti ada beberapa orang yang ada masalah dengan suatu perusahaan, bukannya kontak CS dulu malah langsung ke MK dengan dalih supaya cepat atau takut CS gak ngebela mereka dan lama-lama MK penuh dengan orang-orang kek gini.

          • 3 November 2022 - (10:14 WIB)
            Permalink

            Contoh nyata aja, itu si Original Poster ada yang nanya, “kenapa tidak langsung ke kantor BRI?” Dijawab karena as per MK akan sia-sia yang artinya dia belum nyoba dan langsung ke sini.

            Jangan kaget kalo kek gini dibiarkan, suatu saat bakal ada orang masalah dengan sistem pembayaran shopee misalnya, belum bikin laporan ke CS udah langsung lari ke MK dengan dalih “Saya baca di MK, ngadu ke CS shopee juga kebanyakan CS lepas tanggung jawab jadi saya ngadu ke sini saja karena panik dan supaya cepat kelar”, dsb.

      • 2 November 2022 - (19:46 WIB)
        Permalink

        Bukan salah, tapi kecepetan. Sekalian aja lu ada masalah sama bank langsung ke MK daripada ke CS.

        Sekali lagi, koreksi gwe kalo salah, MK itu salah satu alternatif untuk protes kalau misalnya lu stuck atau tetap disalahin sama CS walau lu udah benar. Jadi kalau belum stuck/belum disalahin sama CS ya coba dulu kontak sama CSnya.

        Original poster di sini masih dalam tahap investigasi, belum ada tanggapan dari CS bahkan belum ada 7 hari kerja. Jadi terlalu cepat buat mengadu ke MK.

          • 2 November 2022 - (19:59 WIB)
            Permalink

            Ya udah kalo gitu next kalo lu ada masalah sama BRI/bank lainnya jangan ke CSnya, langsung aja ke sini.

        • 4 November 2022 - (08:12 WIB)
          Permalink

          Gw paham maksud si “Der” ini… Jangan kecepatan,usaha dl dengan CS nya, kalo bertele tele baru deh ke MK.. atau mgkn harusnya kasus mandek yg masuk MK..
          Hanya saja, coba kita lihatnya begini..
          1.siapa yg bosen laporan ke CS dibales jawab template robot?
          Eg: hai kak maaf udah bikin km ga nyaman. Kita cek dl ya 1x24jam maksimal atau Eg: hai kak, kita masih perlu waktu 3x24jam nih buat cek masalahnya.. atau Eg: hai kak kita perlu data nih buat cek masalahnya.. silahkan isi formulir ini, abis isi hai kak data udah diterima silahkan tunggu maksimal 7hari kerja wkwkwkek
          Jawaban robot kayak begini sebenernya ingin kayak perusahaan yg peduli banget ama konsumennya.. terkesan sangat sopan, tp tidak menyelesaikan masalah. Hanya sopan dan sangat bertele tele..
          Yg bosen laporan ke CS dapet jawaban2 kayak begini ngacung!! Haha

          • 4 November 2022 - (08:33 WIB)
            Permalink

            Betul, ato kalo jawabannya merugikan konsumen kek kemarin ada juga kasus kek gini tapi terus dalam 1 hari CSnya bilang memang si konsumen yang salah padahal konsumen punya bukti kuat kalau dia sudah bayar itu gpp ke MK walau baru berjalan 1 hari.

            Ini CS as per info Original Poster belum ada tanggapan dan masih diselidiki jadi benar-benar terlalu cepat.

            Kesannya kek, “ah males nunggu CS, lama, ke MK aja deh biar cepet” seakan MK dijadikan jalan pintas karena konsumen malas menunggu jawaban dan hasil investigasi CS.

  • 2 November 2022 - (08:32 WIB)
    Permalink

    Kenapa ga langsung ke kantor bri saja…harusnya ga boleh di tunda tunda untuk masalah gagal debit angsuran di applikasi harus segera cepat di selesaikan karna bunga pasti berjalan terus…semoga ada jalan keluarnya….karna memang sistem yg error…

    • 2 November 2022 - (13:24 WIB)
      Permalink

      Membaca surat keluhan teman-teman di MK sebelumnya, mendatangi kantor BRI tidak akan bisa menyelesaikan masalah seperti ini. Banyak artikel dengan kejadian seperti ini sebelumnya. Datangi CS BRI, malah disuruh hubungi BRI Pusat

  • 2 November 2022 - (08:57 WIB)
    Permalink

    sorry nimbrung pak, aku juga user ceria. Setahu aku rekening akan di hold 4 hari sblm tgl jatuh tempo olah karena itu saldo kita jadi minus. Kalau sudah nelpon call center nunggu call center aja pak pasti bakal di FU sama BRI. Semoga laporan Bapak cpt selesai dan tagihan di aplikasi ceria bisa disesuaikan dgn limit yg ada.

    • 2 November 2022 - (13:27 WIB)
      Permalink

      Iyaa benar, bulan-bulan sebelumnya juga saya pernah konsultasi dengan CS BRI. Karena 2 bulan sebelumnya saldo saya tiba-tiba di hold di tanggal 11, yang dimana itu jauh dari tanggal 25 pendebetan akun dan menyebabkan kerugian finansial menurut saya, saya masih bisa mempergunakan saldo tersebut sebelum tanggal 25 utk keperluan lain. SERTA akan berkomitmen akan mengisi saldo setiap tanggal 25 untuk pembayaran tagihan.

      Setelah konsultasi, CS BRI menyarankan untuk isi saldo di tanggal 25 saja. Karena itu tidak akan menjadi masalah.

      Dan ternyata saya mengikuti saran yang salah

    • 2 November 2022 - (13:28 WIB)
      Permalink

      Hehehe,
      BRI tetap di hari dong, yang penting masalah bisa di selesaikan dengan baik-baik

      • 2 November 2022 - (13:55 WIB)
        Permalink

        Hehehe,
        BRI tetap di hati dong, yang penting masalah bisa di selesaikan dengan baik-baik

  • 2 November 2022 - (09:10 WIB)
    Permalink

    Saran aja kalau udah ada saldo sebelum tanggal jatuh tempo yaitu tanggal 25 langsung dibayarkan saja manual ke direct debit atau BRIVA

    Karena aplikasi ceria ini emang agak2 gimana gitu

    kadang mau login aplikasi aja error kalau mereka error pas tanggal 25? pusing lah kita kejadian kaya gini

    • 2 November 2022 - (09:26 WIB)
      Permalink

      Sama sy kaya gtu juga tagihan sdh bayar namun belum terupdate ,semoga masalah2 kaya gini cepet selesai ..

      • 2 November 2022 - (15:07 WIB)
        Permalink

        Masalah saya sudah selesai kak, 24 jam setelah di muat di MK. Pihak BRI menelepon untuk mengkonfirmasi bahwa ada keselahan sistem, dan telah meng-update sehingga sudah normal kembali

    • 2 November 2022 - (13:32 WIB)
      Permalink

      Terimakasih BRI, saya berharap masalah ini segera bisa diselesaikan. Karena ini sedikit mengganggu dan menyebakan kerugian finansial bagi saya dan beberapa teman-teman pengguna BRI Ceria. Sudah seminggu saya melaporkan masalah saya melalui Sabrina dan belum ada satupun komunikasi yang dilakukan pihak BRI kepada saya untuk niatan kejelasan atas masalah ini. Nomor dan alamat email saya aktif, mohon dihubungi. Terimakasih

    • 2 November 2022 - (15:04 WIB)
      Permalink

      Terimakasih kepada BRI telah merespon masalah saya dengan sangat cepat. Masalah yang saya tuliskan dalam artikel ini https://mediakonsumen.com/2022/11/02/surat-pembaca/tagihan-bri-ceria-berhasil-autodebit-tapi-limit-tidak-kembali-dan-muncul-tagihan-baru , TELAH SELESAI DAN LIMIT SAYA di BRI CERIA SUDAH NORMAL KEMBALI sebagaimana seharusnya.

      Terimakasih Media Konsumen, sudah menjadi wadah untuk perantara konsumen untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi.

      Dan terimakasih juga buat teman-teman yang telah peduli dengan membantu merespon masalah ini. Sehingga Media konsumen menjadi tempat yang tepat untuk saling berbagi pengalaman, memberikan saran, dan tentunya membantu menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi. Saya sangat berterimakasih dengan semua dukungan moril yang telah diberikan.

  • 2 November 2022 - (15:04 WIB)
    Permalink

    Terimakasih kepada BRI telah merespon masalah saya dengan sangat cepat. Masalah yang saya tuliskan dalam artikel ini https://mediakonsumen.com/2022/11/02/surat-pembaca/tagihan-bri-ceria-berhasil-autodebit-tapi-limit-tidak-kembali-dan-muncul-tagihan-baru , TELAH SELESAI DAN LIMIT SAYA di BRI CERIA SUDAH NORMAL KEMBALI sebagaimana seharusnya.

    Terimakasih Media Konsumen, sudah menjadi wadah untuk perantara konsumen untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi.

    Dan terimakasih juga buat teman-teman yang telah peduli dengan membantu merespon masalah ini. Sehingga Media konsumen menjadi tempat yang tepat untuk saling berbagi pengalaman, memberikan saran, dan tentunya membantu menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi. Saya sangat berterimakasih dengan semua dukungan moril yang telah diberikan.

  • 3 November 2022 - (06:26 WIB)
    Permalink

    Kalau punya angsuran autodebet tiap tanggal 25, pastikan sudah ada saldo cukup untuk di-debet di tanggal 24. Pasti semuanya akan baik2 saja. Tidak akan ada kejadian saldo minus, dll. Itu aja sih saran saya.

  • 3 November 2022 - (07:32 WIB)
    Permalink

    Ceria ini KK kah? Bukankah ada billing statement per bulan.. Lagian emang bs transaksi lebih dr limit kalo emang belum 1 bulan jatuh temponya kan gk mungkin juga limit 3.7 total tagihan 8 jt-an.. Kecuali emang udah nunggak berbulan bertahun.. Kalo sistemnya dan penagihannya kayak gitu udah gk ceria tuh..

  • 8 November 2022 - (07:48 WIB)
    Permalink

    Saya pernah menulis artikel yang sama di MK terkait auto debet tagihan BRI Ceria yang membuat saldo di BRIMO minus (padahal sudah menyediakan saldo yang cukup untuk didebet tagihan Ceria). Pasti saja membingungkan mendapati saldo minus di rekening. Apalagi sudah merasa melaksanakan kewajiban membayar tagihannya. Perlu diketahui oleh pembaca semuanya bahwa BRI Ceria adalah salah satu produk yang dimiliki BRI. Namun belum ada tempat mengadu resmi di kantor-kantor BRI (customer service di kantor cabang Bank BRI tidak bisa melayani dan memberikan solusi) jika nasabah BRI Ceria mempunyai masalah terkait tagihannya. menghubungi call center membutuhkan pulsa telepon yang lumayan mahal. Pengaduan via WhatsApp lama sekali membalasnya dan tidak solutif
    . Itu yang sudah saya alami selama ini saat memakai BRI Ceria. Jadi solusi baru bisa diperoleh ketika menuliskan permasalahan ke Media Konsumen. Terlepas masalah baru sehari, dua hari, atau dua Minggu lamanya permasalahan itu muncul, yang jelas kita butuh kepastian penyelesaian masalah yang kita alami. Jadi kita memanfaatkan sarana MK ini.

 Apa Komentar Anda mengenai BRI Ceria?

Ada 39 komentar sampai saat ini..

Tagihan BRI Ceria Berhasil Autodebit, tapi Limit Tidak Kembali dan Mun…

oleh berkat dibaca dalam: 3 menit
39