Tim Retur Shopee Menolak Pengembalian Produk, Padahal Penjual Sudah Setuju

Tanggal 10 November 2022, saya membeli produk Baseus 65W car charger fast charging / quick charge dari Shopee Mall Baseus, dengan nomor pesanan: 221110N3N2M436. Daya pengisian 65W type C dan USB 30W (spesifikasi produk tertera di gambar).

Setelah produk sampai, ternyata fast charging-nya tidak berfungsi, ketika dicoba untuk mengisi daya handphone Realme Narzo 50 5G, yang membutuhkan daya pengisian 30W untuk mengaktifkan fast charging-nya (dart).

Saya konfirmasi ke seller, seller mengatakan untuk mengaktifkan fast charging-nya harus menggunakan kabel yang sesuai. Saya sampaikan ke seller, bahwa saya telah menggunakan kabel USB ORI hp dan type C to C menggunakan kabel Baseus 60 W.

Lalu seller meminta memberikan video pemakaian, video ketika mengisi daya menggunakan adaptor yang dart-nya nyala dan produk Baseus 65 W yang dart-nya tidak menyala. Saya telah memberikan bukti video yang diminta tersebut. Kemudian tanggal 14 disampaikan ke seller telah mengajukan pengembalian produk, dan seller menjawab baik.

Pada tanggal 15, produk telah diterima Reza (tim retur Shopee). Namun tanggal 19 Shopee mengirim pemberitahuan bahwa pengajuan pengembalian produk ditolak (penolakan tanpa keterangan apa pun).


Saya coba menghubungi Shopee melalui fitur chat, hanya mendapat jawaban untuk menunggu email pemberitahuan.

Produk tidak dapat digunakan sebagaimana fungsinya dan bahkan seller saja telah menjawab “baik” ketika buyer mengatakan mengembalikan produk, kenapa tim Shopee menolak pengembalian?

Jonatan
Kab. Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

34 komentar untuk “Tim Retur Shopee Menolak Pengembalian Produk, Padahal Penjual Sudah Setuju

  • 22 November 2022 - (13:00 WIB)
    Permalink

    Agan informasikan
    “sudah ajukan pengembalian”
    Dan Di jawab
    “baik ka”
    Menurut saya bukan arti nya seller setuju ya, jawaban nya hanya bentuk respon untuk informasi yg agan berikan.

    Kayak nya beli di official store ya? Kalau retur yang ngecek tim shopee langsung. Seller dan pembeli cuma terima nasib aja, kalau dapat admin nya yg pintar dan mengerti kendala nya, ya hoki.

    6
    1
    • 22 November 2022 - (16:59 WIB)
      Permalink

      Terima kasih atas responnya gan.
      Saya beli di toko resmi baseus (shopee mall).
      Betul yang agan sampaikan,, hanya saja menurut saya seharusnya pihak retur shopee memberikan sebuah wadah untuk diskusi antara seller dan buyer (sedangkan admin shopee sebagai pihak netral).
      Yg saya alami ini tim shopee langsung menolak tanpa meminta maupun memberikan penjelasan kepada customer.

      4
      1
  • 22 November 2022 - (14:15 WIB)
    Permalink

    Sebelum membeli apa tidak dikomunikasikan dulu dengan seller apakah charger tipe itu bisa dipakai untuk merk smartphone tertentu?

    Merk Baseus umumnya mengeluarkan produk charger dengan spesifikasi kompatibilitas paten SoC bukan proprietary, misalnya teknologi Quick Charge milik Qualcomm atau Pump Express milik Mediatek. DART adalah teknologi pengisian cepat proprietary yang dikembangkan Realme, persis sama dengan VOOC pada Oppo. Teknologi mereka tidak bergantung pada SoC melainkan pada chipset dan rangkaian khusus, sehingga hanya ekslusif untuk pemegang merk.

    Disini sebetulnya seller tidak salah, cuma karena kedua belah pihak sama-sama gaptek jadinya salah paham dan urusan jadi kapiran. Kalau ponsel TS merk-nya Realme dan ingin beli charger yang mendukung penuh ponselnya, maka ada 3 pilihan yaitu:

    1) Beli charger KW (banyak banget tuh) yang pakai merk Realme dengan fitur DART atau SuperDART. Namanya juga KW, ini bukan charger resmi dan komponennya sulit dipertanggung-jawabkan.

    2) Beli charger bermerk semisal Baseus atau Aukey tapi yang mendukung pengisian DART atau SuperDART. Ini lebih baik tapi tingkat kompatibilitasnya bervariasi.

    3) Beli charger asli. Yang ini tidak dijual sembarangan hanya bisa didapatkan di Service Center Realme atau Oppo. Beli charger yang khusus untuk peruntukan ponsel tipe tertentu supaya kalau sampai rumah nggak zonk dan ujung-ujungnya ngeluh lagi di Media Konsumen. ?

    Untuk TS, supaya kejadian yang sama tidak terulang lagi, sebaiknya tanya dulu ke seller sebelum tersesat di kamar pengantin. Atau riset di internet misalnya tanya-tanya di forum pengguna Realme. Karena sotoy berujung diamuk pengantin yang sedang ngamar. ?

    11
    2
    • 22 November 2022 - (17:07 WIB)
      Permalink

      Sebenarnya ini produk sudah lama masuk dalam list pembelian, sudah cek sana sini tentang spesifikasi produknya..
      Yg saya dapatkan hanya info produk ini tidak bisa untuk VOOC (sehingga saya berasumsi hanya VOOC saja yg tidak bisa).
      Yg jadi pertimbangan saya membeli produk ini karena daya pengisian yg saya lihat sesuai dengan hp yg saya gunakan yaitu pengisian 30W untuk USBnya.
      Terima kasih atas saran dan penjelasan ?

      3
      2
      • 25 November 2022 - (08:25 WIB)
        Permalink

        mungkin cba pinjem / klau ada watt meter… meski tertera 30W, kompatibilas memang bervariasi, untuk supportnya ke hp aapa aja, cukup sulit klau blm ada review baik dri seller maupun reviewer / test utk memastikan.

        cba hubungkan ke watt meter, meski 30W/65 wat blum tentu watt yg kepake segitu, kalau memng tdk kompatibel

        betul kata seller, “pakai kabel yg ssuai”.

        utk masalah ini, tdk ada yg perlu disalahkan . kurangnya informasi mnyebabkan ksalahfahaman

        • 25 November 2022 - (08:27 WIB)
          Permalink

          kalau tim returnya si anggep aja lagi apea ketemu CS admin sopi kurang objektif, mungkin baru masuk, kurang pengalaman

    • 14 Desember 2022 - (06:27 WIB)
      Permalink

      Akhirnya pakai charger 40ribu rupiah bisa ngisi DART 30w bahkan Superdart 65w di realme 9pro plus juga bisa.
      Barusan kemaren coba charger Geepact 66W dari China (beli di lazmall Geepact).

  • 23 November 2022 - (14:18 WIB)
    Permalink

    CS Shopee! Aku juga pernah beli barang tidak sesuai, penjual bersedia mengembalikan 50% dan menyerahkan pengembalian dana ke CS Shopee. Hasil? Shopee bersikeras karena sudah diselesaikan dana sudah diberikan ke penjual dan tidak bisa dikembalikan. Pingpong penjual ke Shopee dan Shopee ke penjual. Akhirnya aku angkat tangan. Jadi pelajaran meski pembeli dan penjual setuju menyelesaikan masalah kalo Shopee tidak berkenan masalah tidak akan selesai!

    • 14 Desember 2022 - (05:39 WIB)
      Permalink

      Ketika mengalami hal itu, apakah kakak member diatas gold (platinum/diamon)?
      Karena pengalaman saya ketika masih di silver/gold, setiap ada masalah transaksi selalu diselesaikan secara netral oleh cs shopee dengan cara menerima informasi dari buyer dan seller kemudian cs shopee memberikan opsi bagi seller dan buyer sebelum memutuskan solusinya.
      Namun, ketika saya berada di member platinum langsung seperti pelanggan yg tidak dianggap.
      Pendapat saya, shopee menganggap jika sudah member platinum pasti akan selalu memakai aplikasi shopee jadi tidak perlu diberikan pelayanan lagi.

  • 23 November 2022 - (15:05 WIB)
    Permalink

    Heran, ku di Lazadut gak pernah bermasalah rumit pakai sejak 2016, pengembalian mudah, LazMall 15 dong, toko biasa 7 Hari, bahkan pembelian dari luar negeri (Cina) aman2 aja, pengembalian juga sama ongkir2nya(kalo gak gratong), oren sama ijo kalo gak masalah kurirnya ya masalah refund ditolak atau CSnya wkwkwk
    Gak nyesel sih sedari awal pake Lazadut, tapi entah nanti kedepan bakal gimana, sampai saat ini sih puas, CS juga memuaskan, ijo kalo gak salah pelayanan CS bergantung kamu member apa, semakin tinggi semakin diberi pelayanan bagus, gak suka sih saya kek gitu, maksa bgt

    3
    1
    • 23 November 2022 - (16:05 WIB)
      Permalink

      Paket yg ditolak baru saya unboxing, dus produk yg dikembalikan dalam keadaan hancur lebur.
      Ternyata tim shopee sangat tidak profesional

    • 14 Desember 2022 - (06:13 WIB)
      Permalink

      Pengalaman saya ketika menjadi pelanggan setia Tokopedia, layanan cs sama saja setiap ada komplenan.
      Yang berbeda dari tingkatan member hanya dalam promo voucher saja.
      Ketika jarang transaksi (member rendah/silver) maka akan dapat voucher dengan persentase tinggi misalnya 50%.
      Semakin sering transaksi (tinggi status member) maka akan dikasih voucher dengan nilai semakin tinggi namun persentase rendah (1-5%) ditambah masalah-masalah cashback tidak diberikan karena ada indikasi pelanggaran ?
      Saya meninggalkan Tokopedia karena malas dengan tuduhan (fitnah) dari Tokopedia yg sangat sering memvonis customer melakukan pelanggaran s&k voucher.
      Akhirnya beralih ke shopee, untuk pemakaian voucher di shopee tidak pernah ada masalah mulai dari member rendah sampai member tinggi.
      Yg berbeda terletak pada layanan cs nya, ketika member rendah mengalami masalah dalam transaksi selalu diselesaikan dengan solusi yg adil.
      Tapi seakan-akan diabaikan ketika member sudah tinggi.
      Akhirnya sekarang mulai beralih ke lazada.
      Kesan awal sebagai pelanggan baru di lazada sangat memuaskan, ternyata promo di lazada lebih menggiurkan apalagi promo bonus kaget yg dapat potongan harga Dan berlaku kelipatan tanpa batas.
      Cuma kekurangannya kurang lengkap, produk yg disediakan seller tidak selengkap dua aplikasi diatas

    • 14 Desember 2022 - (06:12 WIB)
      Permalink

      Sekarang sudah bisa isi daya DART 30W setelah Minggu lalu beli charger Geepact 66W di lazada (produk dikirim dari China) seharga 40ribu rupiah sudah termasuk ongkir dan bea masuk.
      Bahkan coba di hp realme 9 Pro plus yg 65w saja berhasil isi daya Superdart.
      Jadi kesimpulannya, tidak ada masalah di mobil.
      Masalahnya hanya pada produk tersebut.
      Charger yg seharga 200ribu tidak sebagus charger seharga 40ribu meskipun kemasannya seperti produk kaki lima.
      Kemaren saya baru memberikan ulasan produknya di lazmall Gepact (produknya Geepact charger mobil 66W), silahkan dilihat jika ingin melihat bukti video/foto pemakaiannya.

    • 14 Desember 2022 - (06:17 WIB)
      Permalink

      Diskusi pengembalian produknya tidak aktif om.
      Tidak ada diskusi apapun, tidak ada permintaan bukti video dan lain-lainnya.
      Saya mikirnya sudah cukup dengan ngasih bukti foto di form pengembalian.
      Ternyata setelah seminggu produknya sampai ke shopee langsung ditolak shopee tanpa keterangan apapun.

  • 25 November 2022 - (12:15 WIB)
    Permalink

    Sopi itu milik Singapura, mending pake yg punya Indonesia lebih aman.
    Cintailah produk2 dlm negeri.

  • 26 November 2022 - (17:30 WIB)
    Permalink

    klo menurut saya itu memang ditolak sama seller kak… karna walaupun shopeemall, jika memang kita mau retur barang atau pengembalian dana. pasti diterima sama mereka asal kita sudah chat sellernya dan punya bukti2 pendukung yang kuat.

    tim shopee juga akan cross check ke 3 pihak. ke seller(termasuk shopeemall), buyer dan jasa kirim. biasanya memakan waktu paling lama seminggu.

    kebetulan saya 2x komplain ke toko shopee mall ya sukses terus… asal bukti kita kuat…

    • 14 Desember 2022 - (06:23 WIB)
      Permalink

      Ini prosesnya ada di mediasi (diskusi) antara shopee dan kakak sebagai buyer ga?
      Biasanya kan shopee minta bukti penguat ke customer jika seller menolak.
      Nah dalam kasus saya, setelah produk diterima shopee sekitar seminggu langsung ditolak tanpa penjelasan apapun

 Apa Komentar Anda mengenai Tim Retur Shopee?

Ada 34 komentar sampai saat ini..

Tim Retur Shopee Menolak Pengembalian Produk, Padahal Penjual Sudah Se…

oleh Dominicojonatan dibaca dalam: 1 menit
34