Cicilan di Kartu Kredit BRI Bermasalah

Saya memiliki kartu kredit BRI dan memiliki cicilan dari transaksi belanja saya. Saya melakukan konversi cicilan melalui aplikasi BRI Credit Card (bukan BRImo). Cicilan per bulannya (termasuk bunga) adalah Rp 1.359.683, untuk tenor 24 bulan (bunga 0.79%).

Permasalahan muncul pada saat cicilan ke-24 tertagih. Yang mana nominal yang ditagihkan kepada saya adalah Rp3.905.617, atau lebih tinggi Rp2.545.934. Saya langsung menghubungi call center BRI pada tanggal 10 November 2022 dan mengajukan keluhan tersebut di atas. Lalu dijanjikan akan dilakukan reversal maksimum 6 hari kerja (nomor laporan: 42972326).

Pada hari Kamis tanggal 17 November 2022, saya telepon kembali call center, dan disampaikan sedang masih dalam proses dan akan di-notes ke back office untuk urgent. Lalu esok harinya saya telepon kembali, dan jawaban yang sama saya terima.

Hari ini, saya menghubungi via WA dan dijawab oleh mesin, dengan jawaban yang sama (masih dalam proses). Lalu saya coba ke Twitter BRI, dan dapat jawaban yang sama masih dalam proses dan sudah di-notes untuk urgent, estimasi penyelesaian 14 hari kerja.

Saya sungguh kecewa dengan pelayanan dari tim kartu kredit BRI. Sudah jelas kesalahan ada pada system mereka, tapi kenapa malah customer disuruh menunggu untuk investigasi dulu baru dilakukan reversal? Tolong untuk tim kartu kredit BRI, tidak begini caranya memperlakukan loyal customer yang tidak pernah sama sekali terlambat membayar, apalagi menunggak.

Yuza Mahyandra
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kartu Kredit Bank BRI:
[Total:39    Rata-Rata: 2.7/5]
Tanggapan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atas Pengaduan Bapak Yuza Mahyandra

Sebelumnya kami menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada Bank BRI dan mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Bapak...
Baca Selengkapnya

19 komentar untuk “Cicilan di Kartu Kredit BRI Bermasalah

  • 24 November 2022 - (14:22 WIB)
    Permalink

    Mungkin itu tagihannya semua kalo dijumlah dari cicilan plus bunga, kalo sudah lapor ke Call center BRI aman, tunggu laporan selesai saja mas sampe estimasi waktu prosesnya dari tanggal laporan.

    1
    1
    • 24 November 2022 - (14:35 WIB)
      Permalink

      Ngga Mas…. emang tagihan ke 24 total-nya beda sendiri (lebih besar)…. total cicilan per bulan 1,3 an tapi ini ditagih 3,9an
      ini juga udah lebih dari janji SLA awal, yaitu 6 hari kerja

      • 24 November 2022 - (17:18 WIB)
        Permalink

        BRI emang gtu Pak.Karna klu cicilan terakhir emang bunga gede drpd bunga2 bulan2 yg sebelumnya.Coba Bpk Hitung.bunga perbln kali tenor cicilan.Total bunga di bagi tenor.Perbln nya bpk harus byr bunga berapa.Itu tiap mau mendekati habis masa tenor semalin kecil.klu di jumlah2 jumlah bunga nya sama yg tenor terakhir sama pak.Bpk bisa cek billing awal cicilan sampe akhir tenor cicilan.Pasti bung nya sm yg bpk byarkan.Klu beda baru bpk bisa komplain.Saya juga pernah kaget akhir cicilan bunga sampe 900ribu.Kemudian di Hitung2 bener kok pak.

        • 24 November 2022 - (17:27 WIB)
          Permalink

          Kalau itu namanya perhitungan Effective Interest Rate, hampir semua Bank untuk cicilan menggunakan metode tsb.
          Di metode ini besaran bunga yang ditagihkan pada saat awal cicilan lebih besar, lalu semakin kecil diakhir cicilan; namun jumlah cicilan-nya tetap, tidak berubah2.
          Kalau yang saya ini, total cicilan ke- 1 s/d ke-23 jumlah nya sama terus, tapi di cicilan ke 24 jumlah nya berbeda hingga 2,5 juta

          Karena berbeda ini lah saya komplain dan akhir nya mampir ke Media Konsumen. Semoga ada tanggapan dari BRI.

          • 25 November 2022 - (11:42 WIB)
            Permalink

            Tapi Kartu BRI ini emang Rada Aneh kok pak.Klu cc lain pasti flat cicil annya.Bpk coba cek Billing tagihan awal yg cicilan pertama sama ciilan akhir.Tiap bulan bunga nya pasti beda2 dan klu di hitung emang bunga nya Sesuai.

        • 25 November 2022 - (11:33 WIB)
          Permalink

          Cicilan CC itu bunga flat, g da perubahan dr awal sampai slesai. Utk kasus ts tinggal nunggu proses koreksi aja itu, sbar aja. Nasabah bank g cuma 1 org, bisa jd yg kejadian g cuma 1, 2 nasabah, klau bnyak kan smuanya btuh proses. Tinggal tunggu aja

          1
          1
          • 25 November 2022 - (12:03 WIB)
            Permalink

            kalau yg kejadian lebih dari 1 orang, artinya system nya musti dibenerin mas… bukannya customer disuruh legowo nunggu sabar….

      • 24 November 2022 - (21:47 WIB)
        Permalink

        Mas coba chek di transaksi berikut nya ada nominal tanda plus, yg sy juga ngalamin tagihan 7.5 seharusnya 2.4 gede kan, tp aku chek bbrp hari ada nominal sekian tanda plus

        • 24 November 2022 - (22:16 WIB)
          Permalink

          Belum ada Mas… tiap hari saya check total outstanding balance nya. Ga berubah2 😁

          Juga ampir tiap hari WA-in Sabrina 😃

  • 24 November 2022 - (19:41 WIB)
    Permalink

    Kalau bunga flat berarti besar cicilan jumlah tetap tiap bln tdk berubah.
    Sabar saja menunggu proses. Orang sabar pasti dpt kabar

  • 24 November 2022 - (20:05 WIB)
    Permalink

    Aduh bank ini emang langganan surat pembaca, tiap hari ada aja ya atm ya cc, muahahaha..

    • 25 November 2022 - (11:35 WIB)
      Permalink

      Sya dr 2015 aman² aja, bank mana yg pernah mengalami masalah, smuanya pasti ngalamin masalah yg sama, cuma nasabah aja yg g tau dapurnya bank.

      • 25 November 2022 - (12:10 WIB)
        Permalink

        Saya pengguna KK dari bank lain, sejak tahun 2000-an, baru sekali ini kejadian begini Mas.

        Pernah juga KK saya kena fraud, selama investigasi Bank, diberikan kredit limit sementara; ini tujuan-nya untuk menghindari kerugian dari customer dan Bank.

        Kalau emang ngerti dapur-nya Bank, pasti hal ini yg dilakukan… supaya spending customer tetap jalan dan Bank juga tetap dapat income dari interchange fee dan bunga (jika customer tidak membayar lunas)

        • 25 November 2022 - (21:32 WIB)
          Permalink

          Hallo Pak Udah ada jawaban dari BRI itu.Gimn Pak Solusinya ? Mungkin bisa di bantu dan Share ke kita2.Terima kasih.

          • 25 November 2022 - (23:20 WIB)
            Permalink

            Sudah dihubungi Mas… katanya akan dilakukan reversal paling cepat 7 hari kerja kedepan atau paling lambat sebelum cetak tagihan mendatang.

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit Bank BRI?

Ada 19 komentar sampai saat ini..

Cicilan di Kartu Kredit BRI Bermasalah

oleh YM M dibaca dalam: 1 menit
19