Kartu Kredit Sudah Ditutup 4 Tahun Lalu, Sekarang Tiba-tiba Ditagih Lagi

Saya pengguna kartu kredit Maybank, yang kartunya sudah ditutup sejak tahun 2018 melalui telepon ke CS dan dinyatakan sudah tidak ada tagihan. Namun tiba-tiba pada tanggal 16 November 2022, saya dihubungi oleh pihak Collectius, ditagih tunggakan dari Maybank sebesar Rp1.172.192.

Pihak Collectius juga menyertakan surat pengalihan penagihan dari Maybank kepada Collectius, yang tertulis tahun suratnya tahun 2018. Bagi saya ini saja sudah membingungkan, mengapa surat dari tahun 2018 tapi baru ditagih 4 tahun kemudian? Setahu saya kalau kartu kredit sudah disetujui untuk ditutup, artinya sudah tidak ada kewajiban yang harus dibayar oleh nasabah.

Saya sudah menghubungi pihak Maybank berkali-kali, tapi jawabannya selalu sama, saya disuruh berhubungan dengan pihak Collectius.  Saya juga meminta kepada Maybank untuk menginformasikan saya mengenai tagihan tersebut, apakah berasal dari pembelanjaan atau apa? Namun pihak Maybank tidak mau menginfokan.

Saya meminta Maybank untuk menyelesaikan hal ini, karena saya tidak memakai kartu kredit itu sama sekali. Perlu saya info juga, hal ini pernah terjadi kepada saya beberapa tahun yang lalu. Namun akhirnya Maybank menyatakan sudah selesai dan kartu kredit ditutup tanpa ada kewajiban apa pun. Sekarang kasus ini terjadi lagi.

Saya meminta dengan hormat pihak Maybank dapat menyelesaikan hal ini dengan:

  • Menerbitkan surat penutupan kartu dan mengirimkan ke email saya.
  • Menyatakan tidak ada kewajiban untuk saya membayar apa pun.
  • Menghubungi pihak Collectius untuk berhenti menagih saya.

Terima kasih.

Dwi Kartika
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kartu Kredit Maybank:
[Total:193    Rata-Rata: 1.6/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

16 komentar untuk “Kartu Kredit Sudah Ditutup 4 Tahun Lalu, Sekarang Tiba-tiba Ditagih Lagi

  • 24 November 2022 - (19:02 WIB)
    Permalink

    Kalau dihitung 4th kemungkinan tagihan annual fee CC.
    Biasanya bagian CC tidak dapat notifikasi dari call center yang mengakibatkan tagihan terus berjalan.

    Antara dua kemungkinan:
    1. Bagian call center tidak men-submit penutupan kartu ke bagian CC.
    2. Bagian CC lupa untuk menutup kartu setelah dapat notifikasi dari call center.

    Kelemahan dari nutup kartu via telepon memang begitu. Lebih baik datang ke KCP/KCU, jd digunting disana dan dapat surat penutupannya langsung.

    29
    • 26 November 2022 - (09:07 WIB)
      Permalink

      Yup betul pengalaman jadi CCSR CC. Ada kasus seperti ini. Dari CH bilang CC sudah ditutup lama. Tapi ternyata masih aktif dan annual fee berjalan terus. Lebih baik, kalu mau tutup C datang ke Bank, gunting kartunya di depan mata CS nya. Karena kalau tutup CC dari Call Center dan fisik kartu masih ada, ada probabilitas kecurangan, kartu tidak dilaporkan tutup, atau ada marketing yang telpon untuk mengaktifkan ulang CCnya. Ya supaya ga kehilangan konsumen.

  • 24 November 2022 - (20:03 WIB)
    Permalink

    Ya kartunya belom ditutup itu bu, kalo ngga ada bukti surat lunas/ tutup kartu ya sama aja boong..

    15
    2
  • 24 November 2022 - (21:00 WIB)
    Permalink

    kenapa baru sekarang minta surat keterangan lunas? mestinya dari dulu…
    semoga bisa selesai permasalahannya

  • 25 November 2022 - (07:23 WIB)
    Permalink

    Nutup kartu kredit jangan dari call center, bakalan kena fee kartu walaupun gak digunakan, jadi kalau udah jutaan maka otomatis akan diserahkan kepada pihak ketiga, dan anda sudah kena bi cheking dan buruk untuk melakukan pinjaman apapun, makanya orang yg punya cc, paylater dan lain nya suatu saat akan kena dampak nya dan gak sanggup bayar, hiduplah sesuai gaji, dan anda akan hidup tenang dan tentram

    18
    20
  • 25 November 2022 - (08:06 WIB)
    Permalink

    Konfirmasi penutupan kartu melalui call center berupa apa?
    Contohnya saya dulu menutup kartu kredit Citibank melalui call center. Selang 5 hari kerja kemudian memperoleh email konfirmasi penutupan kartu tersebut. Artinya proses penutupan tuntas/selesai dan tidak ada outstanding kewajiban lagi.
    Selama anda tidak menerima konfirmasi penutupan tsb, anda wajib mengecek secara berkala.

    13
  • 25 November 2022 - (08:14 WIB)
    Permalink

    Dah bu gampil itu. Paling tagihan annual fee kuliat, sudah masuk MK beres lah itu, diwaive biasanya. Langsung tutup minta suratnya, biar ngga apalah itu bu

    7
    2
  • 25 November 2022 - (08:32 WIB)
    Permalink

    Saya pernah pakai 4 CC, dan sudah saya tutup semua dan saya juga sudah dapat email penutupan kartunya.
    Tiba-tiba setelah 1 – 2 tahun ada telepon masuk menawari asuransi kartu, saya sudah info kalau sudah saya tutup CC nya, eh malah ngeyel dianya, yang nelpon laki tapi suaranya lemes melambai, dia nya nyrocos terus gak mau dengerin penjelasanku, akhirnya karena dia gak berhenti bicara aku kata2in kasar, baru dia berhenti.
    Sumpah kadang gedeg sama orang2 seperti itu, maunya didengerin dan kita di jebak ketika sudah jawab IYA.

    12
    4
    • 26 November 2022 - (05:55 WIB)
      Permalink

      Ane ngalamin juga CS nyerocos nawarin … ane blokir aja nomor nomornya ampe belasan nomor… tamat akhirnya🤣🤣

      5
      2
  • 25 November 2022 - (08:53 WIB)
    Permalink

    Saran saya pertama cek SLIK dulu, bisa lewat online. DIsana ada tertera tunggakan atau tidak dari Maybank. Lalu waktu penutupan kartu kredit ada suratnya atau tidak?

  • 25 November 2022 - (13:25 WIB)
    Permalink

    Jangan kan dgn bank selevel Maybank..bank BNI saja sama kalo penutupan kartu kredit tidak langsung ke kantor cabang tempat anda membuka rekening, tidak akan ditutup rekening a..saran saya anda langsung datang ke kantor cabang tempat anda dulu membuka rekening. Urus segala hal tentang penutupan rekeningnya dan minta bukti penutupan a..kalo kartu kredit a masih ada..gunting bagi dia dan berikan ke cs a..pasti beres

  • 25 November 2022 - (14:10 WIB)
    Permalink

    Buat pelajaran bagi semuanya. Jika menutup kartu kredit alangkah baiknya dipastikan kembali. Dengan minta Surat Keterangan Pelunasan. Dan biasanya jika ada aplikasi nya. Akan otomatis gak aktif/ gak bisa login.
    CMIMW. Mohon koreksi jika salah.

  • 26 November 2022 - (09:23 WIB)
    Permalink

    Mungkin bisa aja antara anual fee, bunga berjalan, ataupun biaya materai. Saya juga pernah pas tutup, bulan depannya ditagih lagi karena ada bunga berjalan. Langsung aja telpon k bank bersangkutan dan minta dihapuskan/pemutihan

  • 29 November 2022 - (08:24 WIB)
    Permalink

    Kurang pro anda, harusnya punya CC itu d liat terus. Kan di aplikasi m banking selalu terhubung k CC. Makannya jangan banyak gaya punya cc tp g tau cara pakai dan tutup. Di baca itu panduannya. 😂

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit Maybank?

Ada 16 komentar sampai saat ini..

Kartu Kredit Sudah Ditutup 4 Tahun Lalu, Sekarang Tiba-tiba Ditagih La…

oleh Dwi Kartika dibaca dalam: 1 menit
16