Uang Saya Tidak Kunjung Di-refund oleh Flip

Bismillah.

Disclaimer: Saya bukan mau menjatuhkan nama baik Flip (PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi), saya hanya ingin uang saya kembali.

Saya sudah menghubungi lewat email dan sudah berkali-kali telepon sampai pulsa saya banyak habis (kontak Flip +622130002424). Uang saya belum direfund juga sampai sekarang (tertanggal 9 Desember 2022).

Kronologisnya:

Saya melakukan 2 transaksi di Flip dengan waktu berdekatan pada tanggal 26 November 2022 yaitu mentransfer uang dari BNI ke BCA melalui rek Flip biasa yang menggunakan kode unik Rp 345.000 (pukul 21:22 WIB) dan virtual account sejumlah Rp 346.500 (pukul 21:37 WIB).

Tapi karena saya lupa masukan kode uniknya saya ajukan pembatalan. Transaksi yang menggunakan rekening Flip sudah CLEAR. Transaksi yang kedua ini saya juga batalkan karena setelah cek mutasi BCA, uang yang ditransfer tidak masuk ke rekening BCA (rekening tujuan) dengan menggunakan VA BNI dan belum direfund sampai sekarang oleh pihak Flip.

Langkah yang sudah saya tempuh antara lain:

1. Saya coba refund melalui aplikasi akan tetapi ditolak dengan alasan bukti transfer telah digunakan untuk transaksi lain padahal saya kirimnya sudah sesuai dengan Flip minta unggah foto bukti transfer. Saya sudah kirim juga screen shoot mutasi saya dari bank BNI yang masuk ke Flip melalui “Gudang vocer”.

2. Lalu, saya coba email ke pihak Flip, mereka menjawab telah mengembalikan uang saya pada tanggal 28 November 2022. Ini kutipan yang mereka katakan, “berdasarkan mutasi rekening yang Kakak lampirkan dananya sudah sukses masuk ke rekening penerima pada tanggal 28 November 2022 ya, Kak karena transaksi yang Kakak lakukan pada tanggal 26 November 2022 adalah hari Sabtu sehingga pencatatan pada mutasi penerima masuk pada hari Senin tanggal 28 November 2022 (hari kerja) dengan remark KR Otomatis”.

Tetapi setelah saya pergi ke bank BNI dan cek mutasi tidak ada uang direfund oleh pihak Flip. Hanya ada saldo saya yang telah terpotong sebesar Rp 346.500. Lalu, saya kirim unggahan bukti mutasi pada tanggal tersebut dari rekening BNI yang tertera tidak ada saldo yang masuk ke rekening saya dari Flip dan saya juga sudah kirim mutasi rekening tujuan (rekening BCA yang akan saya transfer uangnya).

Responnya seperti ini terus, “saat ini sedang dilakukan konfirmasi oleh tim ke pihak terkait untuk dilakukan pengecekan lebih lanjut dengan penanganan pada nomor tiket 806***. Mohon kesediaannya untuk menunggu ya, Kak”.

3. Melalui telepon jawaban pun sudah masuk ke pelaporan dan telah ditangani pihak terkait.

Sudah berlarut-larut masalah ini tidak kunjung selesai. Tolong kembalikan uang saya.

Terima kasih.

Mila Oktavia
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

23 komentar untuk “Uang Saya Tidak Kunjung Di-refund oleh Flip

  • 11 Desember 2022 - (19:41 WIB)
    Permalink

    Selanjutnya kalau mau transfer langsung saja antar bank tidak usah lewat pihak ke 3, lebih aman biaya hanya 2500.

  • 12 Desember 2022 - (06:35 WIB)
    Permalink

    hari gini udah mau tahun 2023 ngapain masih pakai perantara pihak ke.3 gak jelas gitu

    padahal banyak bank kasih transfer gratis, misal bayarpun jg sangat murah bifast cuma 2500.

    masalah kyk gini justru menimbulkan kerugian jauh lebih besar dibanding penghematan yg diinginkan

    jangan hanya karena biar kelihatan bisnis besar, terus transfer transfer berulang ke rekening sendiri berkali kali, biar apa.. …..

    8
    3
    • 12 Desember 2022 - (22:31 WIB)
      Permalink

      Yaela.. mas, jgn maksain pemikiran mas sama kondisi saya dong.. dan darimana coba buat bisnis? Emang mas tau kehidupannya saya? Dan gak semua bank ada layanan transfer gratis.. saya hanya ibu rumah tangga yg mana uang 2500 itu kalo saya transfer ke beberapa orang ya lumayan bisa buat belanja kebutuhan sehari2..

      5
      7
  • 12 Desember 2022 - (07:00 WIB)
    Permalink

    saya pakai aplikasi Flip selama ini Alhamdulillah gak ada masalah dan aplikasi tersebut jelas koq…semoga masalah TS segera dapat teratasi

    • 12 Juni 2023 - (11:15 WIB)
      Permalink

      Kasus ibu sama seperti saya melakukan refund selalu di tolak dan Alhamdulillah uang saya kembali ,saya melakukan transaksi 2x lalu saya refund alasan pertama lupa masukan kode lalu alasan kedua salah no rek flip ternyata berbeda no rek flip sama yg pertama , saya melakukan refund berulang2 sampai akhirnya berhasil caranya buka bantuan – chat tim flip ,ketika suruh masukkan Jumlah harus sesuai dengan transfer saya yg pertama 300.000 dan saya cocok kn sama Jumlah di bukti rek 300.064 baru berhasil ,,semoga membantu

    • 12 Desember 2022 - (22:34 WIB)
      Permalink

      Kdg manusia suka khilaf mas, lupa ada kode uniknya, klo ni udah clear.. tp ini ada layanan yg pke VA tau2 gak masuk ke rek tujuan, yauda saya minta refund.. tp uangnya gak direfund juga..

  • 12 Desember 2022 - (20:44 WIB)
    Permalink

    Setau saya flip akan kembali ke rekening pengirim, dan tidak akan kembali ke rekening penerima.

    Saya juga pernah melakukan refund flip karena ternyata sudah melebihi batas waktu transfer. Dan tidak membutuhkan waktu lama padahal saya complain di jam 06.20 di jam 06.36 uang kembali ke rekening pengirim

    Asal nomer rekening sama dan nama penerima sama setau saya bakal balik sih

  • 12 Desember 2022 - (21:13 WIB)
    Permalink

    Saya pernah beberapa kali refund di Flip karena gagal transfer, karena kesalahan saya sendiri. Dan alhamdulillah uang selalu dikembalikan. Pelayanan lewat email dan telpon juga bagus..

    • 12 Desember 2022 - (22:19 WIB)
      Permalink

      Maaf mbak.. keknya mbaknya salah fokus.. saya gak bilang dibalikan ke rekening tujuan.. saya jelaskan bahwasanya uangnya gak masuk ke rek tujuan (dicek mutasi apa udah masuk uangnya ternyata gak ada).. yg jadi masalahnya uangnya gak masuk ke rek saya (saya yg jadi pengirim uang tsb).

      • 12 Desember 2022 - (22:22 WIB)
        Permalink

        yg jadi masalahnya uangnya gak masuk ke rek saya (saya yg jadi pengirim uang tsb) pas refund..

  • 13 Desember 2022 - (01:56 WIB)
    Permalink

    Selama sy menggunakan Flip lancar lancar saja. Sy jg pernah salah transfer. Waktu itu saya transfer dari rekening Mandiri ke BCA. Lewat Livin by Mandiri. Tanpa sy sadari justru saya salah transfer yaitu ke rekening fliptech lentera pertiwi. Padahal sama sekali sy tidak sedang menggunakan allikasii Flip untuk transfer gratis antar bank tapi murni transfer biasa.lewat mobile banking. Lantas saya menghubungi CS Flip dan mengatakan salah transfee dan meminta uang saya dikembalikan. Oleh CS saya hanya di suruh masuk ke aplikasi Flip dan mengklik tandà titik 4 kainnya pada menu tampilan awal flip dan mengklik refund serta melampirkan bukti transfer. Hanya dalam hitungan beberaoa menit uang saya kembali. Flip itu menurut saya aman kalau salah transfer

  • 13 Desember 2022 - (05:06 WIB)
    Permalink

    Halo saya juga pengguna flip selama ini ngga pernah berkendala. Semoga masalah kakak ada titik terang.

  • 13 Desember 2022 - (07:49 WIB)
    Permalink

    Saat ajukan Refund.. disuruh upload bukti Transfer nya.. karena nominal sama persis dan jam sama persis.. mungkin bukti Transfer nya bisa di buktikan dengan waktu menit / detik yang berbeda ? Jadi sistem akan melihat bahwa benar ada nya Ibu melakukan 2x Transfer.

  • 13 Desember 2022 - (09:28 WIB)
    Permalink

    Sy sdh bbrp tahun menggunakan flip sejauh ini aman terkendali, jika ada kesalahan dan minta refund jg diproses sesuai SOP. Sdh sekian juta uang sy terselamatkan dan batal menjadi milik para bankir. Kekeliruan bs dilakukan oleh siapa sj dan di instansi mana pun. Ayo dukung, pakai dan bangga dg karya anak bangsa. KALAU BISA GRATIS KENAPA HARUS BAYAR ???

  • 14 Desember 2022 - (00:16 WIB)
    Permalink

    Assalamualaikum pak Mita, saya Annisa Jannatul Firdaus, Mahasiswi Universitas Maulana Malik Ibrahim Malang, Jurusan Hukum Ekonomi Syariah. Selaras dengan informasi yang saya dapatkan dari website https://www.mediakonsumen.com perihal keluhan yang anda publish mengenai permasalahan yang anda alami ketika menggunakan aplikasi Flip, saya tertarik untuk mengangangkat problem anda menjadi penelitian dalam tugas Akhir saya (Skripsi). Hal ini saya gagas berdasarkan pertimbangan bahwa problem atau kasus anda dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran bagi konsumen lainnya agar tidak terjadi hal yang merugikan konsumen dengan kasus yang sama dikemudian hari.

    Apabila anda berkenan, mohon respon pesan saya dengan membalas komentar ini sebagai bentuk persetujuan anda sebagai narasumber utama, atas waktu dan perhatiannya saya ucapkan Terima kasih

    Annisa Jannatul Firdaus

  • 14 Desember 2022 - (00:18 WIB)
    Permalink

    Assalamualaikum mbak Mila, saya Annisa Jannatul Firdaus, Mahasiswi Universitas Maulana Malik Ibrahim Malang, Jurusan Hukum Ekonomi Syariah. Selaras dengan informasi yang saya dapatkan dari website https://www.mediakonsumen.com perihal keluhan yang anda publish mengenai permasalahan yang anda alami ketika menggunakan aplikasi Flip, saya tertarik untuk mengangangkat problem anda menjadi penelitian dalam tugas Akhir saya (Skripsi). Hal ini saya gagas berdasarkan pertimbangan bahwa problem atau kasus anda dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran bagi konsumen lainnya agar tidak terjadi hal yang merugikan konsumen dengan kasus yang sama dikemudian hari.

    Apabila anda berkenan, mohon respon pesan saya dengan membalas komentar ini sebagai bentuk persetujuan anda sebagai narasumber utama, atas waktu dan perhatiannya saya ucapkan Terima kasih

    Annisa Jannatul Firdaus

  • 14 Desember 2022 - (13:13 WIB)
    Permalink

    sudah dibahas berulang ulang di media konsumen tranfer menggunakan flip jangan sampai lupa memasukkan kode unik di belakang, maju mundur uang susah kembali.

    • 20 Desember 2022 - (20:47 WIB)
      Permalink

      Sy juga mengalami kendala yg sama, uang sy blm kembali sampek sekarang. Dijadikan mediasi 30 hari namun tidak ada hasil,. Sy udh bingung mau gimana lagi.. Semoga flip segera mengembalikan uang sy

    • 27 Desember 2022 - (11:18 WIB)
      Permalink

      Wah ternyata ada beberapa ya, saya transaksi tgl 16 Desember 2022 menggunakan Flip.

      Awal2 memang refund tidak pernah berlarut, tapi disaat transaksi di tgl 16 Desember sampai dengan saat ini transaksi saya tidak sampai ke tujuan, saya menggunakan chat bantuan infonya sudah sukses ke Bank B padahal rekening saya Bank A…

      Mohon kepada Flip agar dapat memberikan klarifikasi kepada customer yang dananya masih menggantung.

  • 20 Desember 2022 - (20:45 WIB)
    Permalink

    Sy juga mengalami kendala yg sama, uang sy blm kembali sampek sekarang. Dijadikan mediasi 30 hari namun tidak ada hasil,. Sy udh bingung mau gimana lagi.. Semoga flip segera mengembalikan uang sy

  • 25 Januari 2023 - (23:14 WIB)
    Permalink

    Bu mila kembali gak ya duitnya? saya sdg mengalami kendala yg sama. mohon infonya duitnya balik atau ga? kalo balik kira2 kmren nunggu brp hr?

 Apa Komentar Anda?

Ada 23 komentar sampai saat ini..

Uang Saya Tidak Kunjung Di-refund oleh Flip

oleh Mila dibaca dalam: 2 menit
23