Kecewa dengan Hasil Banding Pesanan di Shopee

Selamat pagi untuk semua para pembaca Media Konsumen Yth.

Sedikit ingin mencurahkan isi hati saya, atas kekecewaan melakukan pembelian di salah satu toko di Shopee yang bernama Mediaindo68. Barang yang diterima saat sampai, ternyata warnanya berbeda jauh, padahal di review orang warnanya sekilas sama dengan yang saya inginkan. Namun saat sampai, warnanya berbeda (amat gelap).

Saat pengajuan refund dana dan barang diretur, saya kalah banding, karena pihak Shopee yang membela penjualnya, bukan mendengar keluhan customer-nya.

Atas kejadian ini, saya dapat menyimpulkan bahwa pantas akhir-akhir ini semua pelanggan marketplace berpindah haluan ke bendera hijau atau yang lagi ramai saat ini, bendera hitam. Hanya kasihan sama para pegawainya juga sih, yang jadi kena imbas PHK dadakan, ya mungkin karena sistemnya seperti ini, tidak pernah mau mendengar keluh kesah orang biasa.

Sekian.

Herdia Prieskatiwi
Kota Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

25 komentar untuk “Kecewa dengan Hasil Banding Pesanan di Shopee

  • 17 Desember 2022 - (10:31 WIB)
    Permalink

    Hanya beberapa ulasan pembeli di 2021 sampai sekitar Jan 2022 yang keliatan lebih ke biru navy. Mungkin batch produksi baru memang kehitaman. Patokan tidak bisa sekilas ulasan, terlebih ulasan yang lebih baru terlihat memang hitam/gelap. Sebelum beli mestinya tanyakan dulu atau minta foto ulang stok ready nya. Seller ngga salah krn foto produk nya sudah sesuai warnanya.

    13
    2
    • 20 Desember 2022 - (00:01 WIB)
      Permalink

      pembeli yg rewel …
      kalah banding gitu saja sampek keluh kesah kemari..belanja di toko offlen aja

    • 20 Desember 2022 - (05:05 WIB)
      Permalink

      Heran gw cumn beda warna ajah di ributin ente kadang². Coba beli hp harga 400 ribu yang di kirim sabun mandi wah ancur dunia bahwah ?

      1
      1
  • 17 Desember 2022 - (11:07 WIB)
    Permalink

    Kalau dilihat dari bukti yang kamu lampirkan maaf aja itu juga kurang jelas.
    1. Tidak ada foto paket dan nomor resi saat kamu terima dan kondisi utuh
    2. Yang kamu foto itu backgroundnya kurang terang, mungkin kamu saat foto malam hari, coba lagi di siang hari.
    3. Lebih bagus lagi kamu selalu siap video unboxing untuk lebih melengkapi bukti komplain kamu.

    Jadi bukan sepenuhnya salah Shopee. Karena penjual juga punya hak untuk ajukan banding. Dan mungkin bukti dia lebih valid daripada buktimu.

  • 17 Desember 2022 - (11:41 WIB)
    Permalink

    warna navy bukannya memang gitu?
    keliatan warnanya kalau pas ditempang terang, kalau nggak jadi mirip hitam

    13
  • 17 Desember 2022 - (15:35 WIB)
    Permalink

    kena imbas PHK dadakan

    PHK masall itu bukan hanya di marketplace tersebut saja, tapi beberapa perusahaan startup.

  • 17 Desember 2022 - (18:46 WIB)
    Permalink

    Cuma beda tone warna sangat subyektif, jadi wajar komplain TS ditolak. Mungkin akan diterima jika yang dikirim berbeda warna misalnya biru jadi merah.

    16
  • 17 Desember 2022 - (21:15 WIB)
    Permalink

    Norak lu gitu aja ngambek..warna di beranda iklan memang gak bisa 100 persen mirip..lu mau persis mirip? Beli offline jangan beli online ..dodol

    28
  • 17 Desember 2022 - (22:19 WIB)
    Permalink

    Kalo mau komplain itu, sebaiknya buat foto pembanding, misalnya foto collapse, kiri foto deskripsi kanan foto barang yang diterima. Biar admin bisa lebih menelitinya.

  • 17 Desember 2022 - (23:04 WIB)
    Permalink

    Ada 2x ketemu buyer kaya gini sih
    Salah 1 buyer bahkan jualan sepatu, dan sepatu nya warna Brown ( tetapi ga bs jelaskan brown nya itu tua apa muda seperti yang dia sedang ajukan komplain )

    Navy biru gelap, bukan biru bla bla bla
    Inti nya adalah BIRU
    Mao itu biru laut, biru sungai, biru empang, biru aqua, biru sebuah partai, biru apalah intinya adalha biru
    Sebenar nya pemakaian nama navy hanya sebatas biar menarik pembeli dengan memakai nama inggris

    Jika di varian produk ada tertulis deskripsi detail tentang warna, ya silahkan anda komplain
    Tp jika produk tiap warna berbeda biru terang jadi biru gelap karena perbedaan supplier/pabrik harus membuat 1judul produk atau varian sendiri atau gonta ganti foto, kapan kita melayani chat anda, kapan kita ngirim pesanan anda?
    Jika anda pesen navy lalu di kirim merah, itu baru salah seller, tapi pesen navy di kirim navy dan anda komplain hanya karena terang / gelap warna nya… Its really

    Fyi admin shopee lebih pro ke buyer drpd seller lho

    11
  • 18 Desember 2022 - (01:21 WIB)
    Permalink

    Ribet ketemu pembeli kaya gini, hanya beda warna dikit aja jd panjang urusan. Yg penting barang tdk cacat dan masih berfungsi 100%. Its oke.

    11
    1
  • 18 Desember 2022 - (06:23 WIB)
    Permalink

    beda warna aja komplein .beli aja offline jangan online konsunem seperti ini yg banyak dihindari banyak bacot . beli salah komplen makanya tanya tanya dulu ke penjualnya . dasar primitif

  • 18 Desember 2022 - (07:32 WIB)
    Permalink

    Ribet pembeli kayak gini. Hanya masalah beda warna gelap/terangnya. Kan tulisannya juga navy. Dan barang ngga cacat, masih bisa dipake. Kecuali kalo anda pesen lanyard dikirimnya mobil pajero baru anda komplen.

  • 18 Desember 2022 - (11:32 WIB)
    Permalink

    Maaf nih kak, shopee tidak selalu membela penjual kok, kemarin saya pernah retur pembelian handphone karena warna gak sesuai dengan deskripsi walau beda tipis sih, tpi bisa di retur ke penjual karena bukti unboxing dan foto nya memang jelas,. Proses juga gak lama kurang dari 4 hari sudah selesai prosesnya, uang kembali juga.

  • 18 Desember 2022 - (12:30 WIB)
    Permalink

    Serius komplain hal beginian? Ribet banget, perlu di ingat Foto itu tidak menjamin kemiripan 100% sama dengan asli nya. Kalo minta biru di kirim merah nah itu baru bisa komplain.

  • 18 Desember 2022 - (19:00 WIB)
    Permalink

    Bagus… banyak yg kena phk di “oyen”. Apalagi CS nya gak profesional dlm menangani setiap masalah. Otomatis “oyen” lebih nge bela si seller..kan dapat cuan dr mereka. ??

    • 19 Desember 2022 - (11:01 WIB)
      Permalink

      Seringnya belain buyer. Misal dikomplain seperti itu, lalu pengajuan diterima shopee. Itu masuk order tidak terselesaikan. Meski kedua belah pihak setuju. Bisa kena pinalty juga penjualnya. Masalahnya beda shade warna dan bisa subyektif untuk warna. Kalau memang warnanya ingin sama seperti yg diinginkan beli langsung agar dapat membandingkan. Kalau hanya berdasarkan banyak yg dphk, sekarang banyak kena phk. Hijau juga ada phk. Jgn lupa video unboxing. Itu penting. Kalau mau pengajuan banding menang, persiapkan barang bukti yg cukup kuat

 Apa Komentar Anda mengenai Pusat Resolusi Shopee?

Ada 25 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan Hasil Banding Pesanan di Shopee

oleh Gina dibaca dalam: 1 menit
25