Dana Saya Tertahan di Shopee atau UOB TMRW?

Saya melakukan transaksi pemesanan hotel (yang di keterangannya tertulis gratis pembatalan) melalui Shopee, pada tanggal 21 November 2022, senilai Rp1.097.712. Pembayaran menggunakan kartu kredit UOB TMRW dan dinyatakan berhasil (transaksi masuk ke tagihan saya).

Namun, ternyata saya salah memesan hotel, dan terpaksa melakukan pembatalan pada tanggal 23 November 2022. Proses pembatalan dinyatakan berhasil tanpa dipungut biaya apa pun menurut pihak Shopee.

Saya menunggu selama 14 hari kerja sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan oleh Shopee. Namun, sampai hari ini tanggal 15 Desember 2022 (16 hari kerja), yang mana sudah lewat dari jangka waktu yang dijanjikan Shopee, dana refund saya belum masuk ke limit kartu kredit UOB TMRW saya.

Saya menelepon pihak UOB TMRW terkait hal tersebut dan menurut pihak UOB TMRW bahwa pada tanggal 23 November 2022 memang sempat diberitakan perihal refund oleh merchant (Shopee), tapi tidak dibukukan. Makanya refund tidak ada (dana belum masuk ke pihak UOB TMRW).

Jadi saya berusaha menghubungi Shopee lagi, dengan harapan pihak Shopee bisa membantu saya. Namun, pihak Shopee sungguh mengecewakan, jawaban yang diberikan selalu sama yaitu refund sudah berhasil.

Saya sampai menghubungi pihak Shopee 3x dan akhirnya mendapat bukti refund dana sebagai berikut:

Saya melihat bukti refund dan menemukan kejanggalan, yang mana di situ tertulis:

Bank: Mandiri
Issuer: UOB

Ya jelas saja dana tidak masuk, toh diisi bank yang salah. Apa juga hubungannya Bank Mandiri dengan UOB? Kenapa pihak Shopee sampai melakukan kesalahan seperti ini?

Lalu saya kembali menghubungi pihak Shopee dengan harapan terakhir dapat dibantu refund dana saya. Namun pihak Shopee seperti robot menjawab semua pernyataan dan pertanyaan saya. Apa pun yang saya tanyakan jawabannya selalu sama yaitu dana sudah dikembalikan. Apakah CS Shopee tidak bisa membaca atau tidak mau membaca?? Jadi tinggal di-copy paste saja jawabannya.

Saya belum mendapat titik terang tetap hilangnya dana saya. Saya sama sekali tidak tahu uang saya itu tertahan di UOB TMRW atau Shopee. Tolonglah pihak Shopee ataupun UOB TMRW, ini cuma uang “kecil” untuk kalian, tapi ini uang yang amat sangat besar jumlahnya bagi saya. Tolong kembalikan uang saya!

Tjia Elmy Samer
Makassar, Sulawesi Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Shopee:
[Total:2    Rata-Rata: 1.5/5]
Tanggapan Bank UOB Indonesia terhadap Keluhan Ibu Tjia Elmy Samer

Dengan hormat, Terima kasih atas perhatian mediakonsumen.com kepada PT Bank UOB Indonesia melalui surat pembaca yang disampaikan oleh Ibu Tjia...
Baca Selengkapnya

4 komentar untuk “Dana Saya Tertahan di Shopee atau UOB TMRW?

  • 19 Desember 2022 - (10:16 WIB)
    Permalink

    Jadi nomor kartunya sesuai tapi jenis kartunya Mandiri? Wah kocak nih bagian keuangannya. Semoga sih dengan adanya keluhan ini ditanggapi langsung oleh Sopi dalam bentuk pengembalian dana “yang sesungguhnya”. Jangan sampai ada indikasi mereka sengaja menahan dana konsumen sampai sebulan untuk mendapatkan bunganya.

  • 19 Desember 2022 - (19:44 WIB)
    Permalink

    Memang gitulah Fintech hari ini, gak bisa bayr admin manusia, pake bot, itu pasti salah dri Shopie nya, bank dan issuer hrus nya satu kesatuan , knap mereka bisa milih bank dan issuer berbeda, makin hancur aja fintech, makanya saham gotoo hancur lebur

    • 20 Desember 2022 - (01:35 WIB)
      Permalink

      Shopee lagi shopee lagi, pihak shopee harus bertanggung jawab, itu murni kesalahan shopee

  • 22 Desember 2022 - (07:09 WIB)
    Permalink

    Update terbaru perkembangan kasus ini :

    Pada tanggal 19 Desember 2022, pihak Shopee menelpon saya dan meminta saya menceritakan secara detail permasalahannya dan apa yang diberitahukan oleh pihak UOB.
    Saya memberitahu bahwa pihak UOB meminta saya menunggu hingga tanggal 20 Desember 2022 karena masih melakukan investigasi.
    Jadi singkat cerita, pihak Shopee juga menunggu hasil investigasi dari UOB.

    Pada tanggal 21 Desember 2022, saya menerima email dari pihak UOB yang menyatakan bahwa sampai saat ini mereka belum menerima refund dana dari pihak Shopee, namun pihak UOB akan melakukan pengkreditan sementara untuk limit kartu kredit saya.
    Lalu saya pun memberitahukan kabar tersebut ke pihak Shopee dan pihak Shopee mengabarkan bahwa mereka akan melakukan pengecekan lagi terkait dana refund itu.

    Jadi sampai sekarang sebenarnya masih jadi pertanyaan dimanakah dana refund itu nyangkut?
    Namun, saya sebagai konsumen sudah diberikan penggembalian, sementara pihak Shopee dan UOB masih akan menginvestigasi keberadaan dananya.

    Sedikit pendapat dari saya mengenai customer service awal yang saya hubungi lewat aplikasi kedua belah pihak yang mengapa tidak punya empati sama sekali terhadap konsumennya.
    Saya hanya dipingpong dan masing-masing pihak sangat keras kepala, yang satu bersikeras mengatakan sudah mengirim refund, pihak satunya bersikeras belum menerima refund, tanpa mau melakukan pengecekan lebih mendalan terlebih dahulu. Saya cuma terus dan terus disuruh menunggu, hingga akhirnya surat saya masuk ke mediakonsumen.com barulah kedua pihak mau mengecek dan menginvestigasi kasus saya secara lebih mendalam dan mendetail.
    Mohon untuk ke depannya, tolong berikan rasa empati kepada konsumen yang sedang kebingungan karena adanya kesalahan sistem kalian. Marilah kita menyelesaikan persoalan pribadi ini secara tenang tanpa harus mengekspos ke publik untuk jalan penyelesaiannya.

    Saya juga sangat berterima kasih kepada mediakonsumen.com yang selalu menjadi tempat curhat dan penampungan komplain para konsumen yang sudah putus asa karena tidak mendapat respon dan pertolongan yang layak dari pihak penyedia jasa.

    Semoga kedepannya customer service kedua pihak bisa lebih baik dalam menyelesaikan komplain pelanggan. Terima kasih.

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee?

Ada 4 komentar sampai saat ini..

Dana Saya Tertahan di Shopee atau UOB TMRW?

oleh Elmy Samer dibaca dalam: 1 menit
4