Masalah Stiker “Made in” di Kemasan, Bagaimana Memastikan Keaslian Produk?

Sebelum masuk isi, bisakah pemalsuan buatan produk di kemasan, yang harusnya tertulis “Made in China” pada kemasan, ternyata ditempelin dan ditutupi stiker “Made in Malaysia” di kemasannya?

Pada tanggal 5 Desember 2022, saya membeli microSD Sandisk 64 GB High Endurance di Tokopedia seharga Rp163.000, nomor invoice: INV/20221205/MPL/2874967217.

Ketika sampai, saya unboxing. Saya perhatikan keterangan pembuatan tempat produk tersebut. Ternyata “Made in Malaysia”. Oke tak masalah. Namun pas saya gunting, saya baru sadar, ternyata di converter microSD tersebut ditulis “Made in China”. Seharusnya di kemasan juga tertulis “Made in China”. Kemudian saya perhatikan secara seksama, ternyata ada tulisan Made in China pada kemasan yang ditempelin stiker “Made in Malaysia”.

Lantas saya tak mau dicurangi dong. Ya saya komplain jika itu perbuatan curang atau penipuan. Lah, tiba-tiba Tokopedia pro dengan penjual dengan melepaskan dana pembeli ke penjual. Akhirnya penjual menang. Kenapa saya komplain? Karena saya merasakan dicurangi, karena itu buatan China malah ditempelin stiker “Made in Malaysia”.

Nah, saya keroklah itu stiker dan jelas ada tulisan “Made in China”. Yang saya komplain tak terima adalah ditipu penjual. Apa beratnya sih mencantumkan “Made in China” pada kemasan tanpa ditempelin stiker? Akhirnya dana saya diteruskan ke penjual.

Jakob Situmeang
Kota Medan, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

31 komentar untuk “Masalah Stiker “Made in” di Kemasan, Bagaimana Memastikan Keaslian Produk?

    • 20 Desember 2022 - (06:16 WIB)
      Permalink

      Mudahnya begini bos, kalo ada hologram data scrip / astrindo berarti asli kalo ga ada ya palsu. Udah gitu aja mudah kan?

  • 19 Desember 2022 - (17:36 WIB)
    Permalink

    Kalau tidak salah, sandisk asli yang masuk indonesia selalu ada garansi dan stiker distributor datascript atau astrindo. Kalau saya biasa beli di sandisk official biar aman karena sandisk banyak sekali yang palsu.

    15
  • 19 Desember 2022 - (17:38 WIB)
    Permalink

    Dikemasan kan biasanya ada sticker hologram dr distributornya, kl itu ada ya aman. Mau aman lagi beli di official store, marketplace manapun ada sepertinya.

    • 19 Desember 2022 - (18:38 WIB)
      Permalink

      Di kemasan sandisk yang saya beli tidak ada hologram distributor yang ada hologram toko

        • 19 Desember 2022 - (19:49 WIB)
          Permalink

          Nah itu, harusnya. Nah pas saya komplain, auto langsung menang penjual. Padahal di tokopedia menjunjung tinggi penjualan barang Asli bukan KW atau Blackmarket atau Aspal. Apalagi bebas pajak bea cukai.

      • 20 Desember 2022 - (07:56 WIB)
        Permalink

        Selain tertulis garansi , Setahu saya barcode garis atau barcode persegi bisa di scanner menggunakan apk scaner yang ada di handphone

      • 21 Desember 2022 - (05:33 WIB)
        Permalink

        Dalam deskripsi produk ditulis ga garansi resmi? Kalau berani menulis garansi resmi namun ternyata tidak resmi baru bisa dinyatakan penipuan.

        Mengenai soal Made In China dan Made in Malaysia, yang dicek pada pokoknya adalah produk utamanya. Dalam hal ini membeli MicroSD + Adapter SD Card. Produk utama adalah MicroSD dan Adapter adalah support product-nya atau produk pendukung. Dan yang saya tahu, Adapter SD Card hampir smuanya Made in China, namun kalau MicroSD rata2 buatan Malaysia atau Taiwan. Jika beruntung bisa dapat Korea atau Japan. Namun bukan berarti ga ada yg Made In China juga.

  • 19 Desember 2022 - (17:41 WIB)
    Permalink

    Mungkin saja yang nempel stiker justru bukan si seller tetapi pedagang besar (grosir, dst) tempat si seller kulakan. Kalau seller rasanya kok niat banget cetak stiker yang berarti ada ongkos lagi dan gabut nempel stiker segitu rapinya.

    11
    1
  • 19 Desember 2022 - (18:05 WIB)
    Permalink

    Yg jd pertanyaan sandisk ori apa gak ?
    Kalo ori gak masalah mau made in mana juga kecuali memang deskripsi made in malaysia

    • 19 Desember 2022 - (18:40 WIB)
      Permalink

      Saya bingung mana asli. Ada ASPAL asli tapi palsu. Yang dalam dunia bisnis tidak boleh Made in nya ditempelin stiker menutup made in pada kemasan.

      • 19 Desember 2022 - (19:26 WIB)
        Permalink

        TS tampaknya newbie, sampe ga tahu yang palsu atau asli. Kan bisa di google no serinya sebab tanpa ada nomor serie (atau nomor pun apa itu namanya – saya lupa) kita ga bisa claim garansinya.

        Anyway, kalau dulu yang dipermalahkan adalah nomor nya tidak terdaftar di SanDisk, dijamin itu barang bisa dibalikin. Karena keaslian bukan dari “made in negara mana” tapi berdasarkan nomor yang saya maksud tadi.

        Google lebih mudah solosui dari pada nulis di MK.

        10
        1
        • 19 Desember 2022 - (19:33 WIB)
          Permalink

          Nomor seri bisa dicetak pabrik lain bambang. Ada aja pabrik yang berani mencuri. Apalagi nomor seri terbuka begitu.

          Jangankan nomor seri, semua bisa di manupulasi bambang. Yang ditekankan materai tempel kagak ada. Segel pabrik/distributor asli kagak ada.

          Ini toko online bukan offline bambang.

          2
          16
          • 19 Desember 2022 - (19:56 WIB)
            Permalink

            Asli newbie, ga pake KW.
            Sudah lah, good luck yah.

            12
            2
  • 19 Desember 2022 - (19:24 WIB)
    Permalink

    Saya baru beli flash drive sandisk resmi datascript. Sama saja belakangnya ditimpa sticker made in Malaysia. Ga masalah dan tidak mempermasalahkan asal kapasitas sesuai. Kalau palsu kapasitas pasti tidak sesuai

    14
    1
    • 19 Desember 2022 - (19:27 WIB)
      Permalink

      Selalu muncul folder folder baru dan kosong, dimana folder auto buat sendiri. Pas di hapus folder itu, tetap ada. Folder kosong meniru isi folder hp.

      • 19 Desember 2022 - (22:01 WIB)
        Permalink

        Apapun Sdcardnya klo udh anda koneksikan ke hp otomatis muncul folder. Anda format jg akan kembali spt itu tiap koneksi ke hp.

        13
        2
        • 20 Desember 2022 - (01:15 WIB)
          Permalink

          Makannya beli ditoko official jangan beli micro USB aneh2, toko official lebih terjamin

          6
          1
    • 21 Desember 2022 - (17:58 WIB)
      Permalink

      Pertama, alangkah baiknya kak penulis melakukan pengecekan via SN dahulu.
      Tidak ada ruginya kan daripada berasumsi SN bisa dicopy dsb.
      Bagaimanapun itu bisa dijadikan salah satu bukti apabila memang tidak sesuai.
      Sangat disayangkan kak penulis disini sudah berasumsi negatif.

      Kedua, apakah produknya berfungsi dengan baik? Sesuai dengan deskripsi yang dituliskan penjual? Karena pengembalian produk dan dana tentunya perlu berkaitan dengan hal hal tersebut.

      Ketiga, permasalahan stiker hanyalah sebuah stiker saja.
      Stiker hanya menjamin barangnya pasti asli, dan tidak ada stiker bukan berarti pasti palsu.
      Kalau mau menggunakan logika penulis sebelum nya mengenai SN, stiker jg bisa dipalsukan lho, apalagi terpampang jelas bukan?

      Terakhir apabila kak penulis memang masih ragu dengan produknya. Kak penulis bisa mencari tahu lebih lanjut mengenai produk yang dibelinya sebelum membuat kesimpulan akhir.

      Semoga komentarnya dapat menjadi masukan buat kak penulis.

  • 20 Desember 2022 - (06:34 WIB)
    Permalink

    Kalau niru folder hp… Itu memang sistem dari hp nya…
    Coba masukkan memory card (semua merk) di hp xiaomi pasti akan bentuk folder baru mirip dengan hp nya… Hp samsung juga…

    Coba di cek dengan aplikasi, kecepatan baca tulis dari memory cardnya… Kalau beda jauh dengan yg di klaim di kemasan biasanya palsu kalau mendekati tulisan dikemasan biasanya asli

  • 20 Desember 2022 - (06:34 WIB)
    Permalink

    saya beli sanddisk di toko oren, official store, micro SDXC 64 Gb class-10, 96.000, belum ongkir ..
    sanddisk itu, ada “stiker hologram”, dari distributor ..
    sanddisk ini, setelah ditest dengan apo. “SD card test, sangat memenuhi syarat dalam hal “read and write” ..

  • 20 Desember 2022 - (06:36 WIB)
    Permalink

    Menurut saya tidak peduli pembuatannya dimana, selama barangnya asli sih it’s okay. Intinya sering” belanja di tempat” official store, kalau mau dapet barang” asli. Biasanya ada seperti kingstone official store atau Sandisk official store yang menurut saya 99% kejamin keasliannya. Karena kalau toko ecek” kebanyakan KW dan barang KWnya itu kebanyakan dari China dan kalau KW biasanya banyak masalah”a. Seperti tidak sesuai kapasitas, tiba” banyak shortcut folder tidak jelas dan sebagainya.

    • 21 Desember 2022 - (07:23 WIB)
      Permalink

      Kalo saya pribadi sih biasa beli di official store. Kl di toko biasa..biasanya saya buat perjanjian dengan sellernya kasih info kalo saya ada software buat deteksi real capacity setiap memori kl asli pastinya terbaca sempurna kl ga asli pasti hasilnya tdk terbaca sempurna.nah kalo terbukti palsu saya pasti refund ke sellernya. Dan biasanya untuk scandisk ada 2 distributor besar yaitu Astrindo sama Datascrip kalo ga salah. Jadi andai dapat produk bermasalah asal ada stiker antara kedua distributor tersebut tenang tinggal klaim yg penting covernya jgn hilang saat klaim.

  • 20 Desember 2022 - (10:37 WIB)
    Permalink

    Kapok dulu pernah beli yg bukan official. Dipake dua hari rusak. Pas beli di official. Memang agak mahal dikit tapi awet sampe sekarang. Udah 6 tahunan

  • 20 Desember 2022 - (17:12 WIB)
    Permalink

    beli sandisk ini memang harus di official store. banyak sekali sd card yg beredar di pasaran yg palsu. ciri2 palsu: coba transfer data ke sd card yg baru dibeli, lambat kecepatannya. kalopun udah sukses kepindah semua, pas dibuka filenya corrupt, ga bs dibuka. hanya bs buka 1-2, itupun kepotong.
    tp kalo diliat dr harga yg penulis upload, lumayan mahal, berharap aja original. Kalo pemakaian tidak ada kendala, seharusnya gausah dipermasalahkan made in mana.

  • 21 Desember 2022 - (10:32 WIB)
    Permalink

    Kenapa ga beli di official store?
    Saya 3x beli SD card di official store sandisk toko ijo cz saya mengedepankan keamanan file saya… Harga mahal dikit yg penting file aman n ga rusak SD card nya, memori juga sesuai dengan deskripsi penjualan…
    Klo saya beli barang2 online pasti yg di cari official store merk barang itu, klo barangnya udah habis atau ga produksi baru cari di toko lainnya dengan liat review n deskripsi barang…

  • 21 Desember 2022 - (11:16 WIB)
    Permalink

    Barusan ane cek disandisk official tokped harganya 173rb. Mending ke official store aja bos cuma selisih gasampe 20rb tapi lu bisa hemat waktu, ongkos, kuota dan emosi karna keluguan ente

 Apa Komentar Anda?

Ada 31 komentar sampai saat ini..

Masalah Stiker “Made in” di Kemasan, Bagaimana Memastikan …

oleh Jack dibaca dalam: 1 menit
31