Penipuan yang Membobol Akun Kredivo Saya

Assalamualaikum,

Perkenalkan nama saya Cahyadi, saya salah satu korban dari penipuan oleh orang yang sangat tidak bertanggung jawab.

Adapun kronologis kejadiannya adalah, pada hari Kamis tanggal 5 Januari 2023 kurang lebih sekitar pukul 16.00, saya membuka Instagram. Lalu di beranda saya melihat iklan Kredivo untuk mendapatkan kartu flexy card warna hitam dengan limit sebesar Rp30 juta.

Setelah saya klik iklan tsb ternyata otomatis diarahkan ke WhatsApp. Setelah itu dia mengirimkan link untuk saya klik dan saya langsung diarahkan untuk men-download aplikasi Samsung Financing. Setelah saya download aplikasi Samsung Financing dan mengisi data ternyata secara tidak saya ketahui nomor telepon di Samsung Financing telah diubah oleh penipu. Dan secara bersamaan itu pula terjadi transaksi yang sangat besar di Tokopedia, serta saya tidak dapat login kembali ke akun Kredivo saya.

Saya sudah beberapa menghubungi pihak Kredivo untuk membatalkan transaksi tsb, tapi jawabannya tidak bisa. Saya juga sudah meminta keringanan ke pihak Kredivo, tapi tetap tidak bisa. Saya sangat menyayangkan pihak Kredivo yang tidak memberi tahu saya untuk menghubungi pihak Tokopedia supaya menggagalkan transaksi yang tidak saya lakukan.

Dengan surat melalui Media Konsumen ini, saya meminta bantuan serta pertolongan kepada pihak yang dapat membantu saya untuk bisa mendapatkan keringanan cicilan atau bahkan menghilangkan cicilan transaksi yang tidak saya lakukan.

Sebagai tambahan ID merchant transaksi di Tokopedia pada tanggal 5 Januari 2023 adalah: TKP2088943893.

Sekali lagi kepada pihak yang bisa membantu saya, saya memohon untuk bisa membantu saya dalam masalah ini, terima kasih.

Wassalamu’alaikum.

Cahyadi
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai pengalaman ini:
[Total:42    Rata-Rata: 3.2/5]
Tanggapan Kredivo atas Surat Bapak Cahyadi

Pada kesempatan kali ini, kami ingin menanggapi surat konsumen yang telah dimuat oleh Bapak Cahyadi di website Mediakonsumen.com tanggal 15...
Baca Selengkapnya

95 komentar untuk “Penipuan yang Membobol Akun Kredivo Saya

      • 15 Januari 2023 - (15:31 WIB)
        Permalink

        mereka di untung kan dengan transaksi tersebut.karena nomimal nya besar besar.
        korban sudah banyak tp tidak ada langkah yg di ambil oleh kredivo. yg ada selalu disuruh bayar,ubah tenor atau bayar pokok saja tidak bisa. padahal flexy card produk mereka seharusnya kalo ada pihak yg memanfaatkan produk mereka harus nya mereka bisa bertindak secara hukum,tp karena mereka secara tidak langsung diuntung kan dengan transaksi tsb.kredivo santai saja sllu bilang kesalahan dari nasabah.

        29
        4
      • 16 Januari 2023 - (13:03 WIB)
        Permalink

        Saya juga sama pak Cahyadi. Kredivo cuma bilang harus tetap dibayar karena kesalahan ada di kita
        Gila kredivo, nyari untung

    • 15 Januari 2023 - (17:15 WIB)
      Permalink

      Terima nasib apayang anda alami sama seperti saya 10 bulan lalu, dan saya harus membayar angsuran saya yang tersisa 2 bulan lagi di Tokopedia, ke kredivo karena kelalaian saya, mengadu kemanapun percuma karena kelalaian sendiri, mau tau kerugian saya

      8
      5
    • 15 Januari 2023 - (18:24 WIB)
      Permalink

      Duh pdhal di aplikasi kredivo nya rajin di ingetin jgn tergiur penawaran flexi card diluar aplikasi. Belum lama juga ada yg ngalamin kyk gini klik link dr instagram ngisi data pribadi akhirnya di bobol. Karna nomor udah di ganti jadi akun kredivo nya udh punya si penipu. Lapor CS minta kredivo nya di tutup aja tapi mau gamau hrus lunasin tagihan dlu. Takutnya klo limit msih tersisa bisa ada transaksi baru lg.

      10
      • 16 Januari 2023 - (14:06 WIB)
        Permalink

        Kalau badan lagi nahas, siapapun tdk bisa menghindari nya,y kebetulan saja sy berada di posisi apes

      • 16 Januari 2023 - (09:30 WIB)
        Permalink

        klo g paham jgn asal klik aja, jgn mudah tergiur sesuatu yg bisa membuat kita di untungkan dgn cara yg tidak wajar, zaman skrg bnyak orng” pintar hnya untuk menipu bahkan membunuh satu sama lain.

    • 16 Januari 2023 - (07:23 WIB)
      Permalink

      Yah mau gimana lg pak, anda sdh dgn sadar dan sengaja memberikan data dan informasi anda kepada pelaku kejahatan cyber, semoga bisa diberikan jalan keluar yang baik. pesan saya be smarter than your smart phone.

    • 16 Januari 2023 - (15:12 WIB)
      Permalink

      Apa mungkin ya,kredivo memang sengaja membiarkan ini,karena kan korbannya sudah banyak,kenapa gak ada langkah 2 untuk perbaikan,saya jadi takut juga ni dan harus waspada

  • 15 Januari 2023 - (10:40 WIB)
    Permalink

    Pilihan hanya 2. 1 d bayar saja cicilanny tdk ada yg bisa membantu karna anda memberikan kunci kepada maling atas kesadaran anda
    Ke 2.tdk usah d bayar resiko ga bisa hutang seumur hidup..

    16
    1
  • 15 Januari 2023 - (10:48 WIB)
    Permalink

    Sprtinya iklan di IG sering disalahgunakan oleh penipu untuk membuat iklan penipuan, harusnya pihak pihak yg menjadi korban, ataupun subjek insitusi tertentu sprti bank @bri terkait brimo, @bca,@kredivo terkait flexy card,akulaku, @tokopedia dsb yang merasa mengaku ngaku sbgai subjek tersebut “membuat gugatan kepada instagram” yang telah menyetujui iklan penipuan tersebut tanpa pengecekan/filter atas intitusi resmi tdi.
    Terasa skrng ini smakin massive korban penipuan dri pratfom instagram terkait Iklan nya.

    29
    1
      • 15 Januari 2023 - (23:09 WIB)
        Permalink

        Bukankah akun official sering mengedukasi, tapi kenyataaan nya tetap saja ada yang kena krena ini negeri +62 yg pinter tidak lebih bnyk dri yang tidak tau. Harusnya klu kurg efektip berubah pola dari “Pencegahan menjadi Penumpasan pelaku”
        Jelas pratfomnya, minta analisa pembuat akun iklan-nya. Kalau pratfom tidak bisa ya gugat.

    • 15 Januari 2023 - (21:28 WIB)
      Permalink

      Ruwet, tapi kalau mau usut pasti bisa hanya siapa juga yang mau memulai penyelidikan

    • 16 Januari 2023 - (08:09 WIB)
      Permalink

      Dan terjadi lagi… Tanamkan mindset dalam pikiran kita bahwa wa atau instagram tanpa centang biru adalah penipu… Semua penipu dan lagi lagi semua penipu

    • 16 Januari 2023 - (14:11 WIB)
      Permalink

      Nah itu,masa medsos sebesar IG masih kecolongan dengan iklan² penipuan seperti itu,dengan niat buat nambah modal yg ada malah sial, keberuntungan dan kesialan manusia siapapun tdk bisa menghindari nya,sehati hati apapun kalau sudah waktunya pasti kena juga

  • 15 Januari 2023 - (12:32 WIB)
    Permalink

    “Hati-hati penipuan! Jangan percaya siapa pun yang menawarkan Flexi Card di luar aplikasi Kedivo. Untuk mendapatkan Flexi Card kamu hanya bisa daftar via aplikasi Kredivo.”

    Pemberitahuan tersebut di atas selalu ada di halaman depan aplikasi Kredivo.

    19
    • 16 Januari 2023 - (09:26 WIB)
      Permalink

      KAYA GAK TAU AJA ORANG INDONESIA ITU DARURAT MEMBACA.. ALIAS MALAS UNTUK MEMBACA.. 😂😂🤣🤣

  • 15 Januari 2023 - (15:04 WIB)
    Permalink

    dan terjadi lagiii.kisah lama yg terulang kembali(nyanyi)
    klu dipandang dr sisi lain tipe org seperti itu tergolong serakah.itu kata ustad depan rumah.hahaha
    org2 yg seperti ini jg yg membuat nasabah lain kena imbas, makin banyak entr yg di bekukan akunnnya krn isu penipuan seeprti ini.

    5
    1
  • 15 Januari 2023 - (15:25 WIB)
    Permalink

    Main sosmed,liat utangan gede2,di arahkan ke whatsapp,di kasih link,dan link di klik….,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,AMBYAR🤪

  • 15 Januari 2023 - (15:56 WIB)
    Permalink

    Dan terjadi lagi. Seminggu sdh 4-5 kali baca akun kredivo dibobol. Dan modusnya sm klik link yg dikirim. Lwt wa. Entah pr korban g prnh baca atau pr penipu yg trlalu lihai. Sy harap cyber polri g prlu nunggu laporan2 lagilah buat nangkap.mereka. penjara yg lama dan buat miskin biar g punya modal lg buat nipu.

    11
    • 15 Januari 2023 - (21:25 WIB)
      Permalink

      Ya udah terima aja pelajaran yang mahal ini!agar bapak iklas ini ada mantra keiklasan:yang menipuku adalah makluk hidup kalau tidak bisa mengembalikan lagi berarti dia mati.

    • 15 Januari 2023 - (17:12 WIB)
      Permalink

      polisi punya power utk menangkap penjahat Online, tunjukan bahwa polisi indonesia hebat ,kalau ae ada pak polisi yg ikutan mbaca.

  • 15 Januari 2023 - (16:16 WIB)
    Permalink

    Kredivo lagi, lagi lagi kredivo.. Untung waktu itu saya tolak tawaran dari Samsung Centre Tangcity untuk cicil hp lewat Kredivo..
    Kualitas keamanan di kredivo belum bisa dipercaya sehingga gampang disusupi tindakan scam dan fraud..
    Come on kredivo lakukan pembenahan jangan cuma cari keuntungan dari orang tertindas karna merasa dirugikan..

    8
    6
    • 15 Januari 2023 - (17:19 WIB)
      Permalink

      Mau gembokny sebagus apapun klo penghuniny sukarela kasi kunciny ke maling y sma sja boss…

      11
      • 17 Januari 2023 - (11:38 WIB)
        Permalink

        Heran pada apa2 dari iklan instagram aj. Ga pada liat kejadian sebelumnya apa ya. Trs kalian punya kredivo apa ga ada aplikasi nya? Dr aplikasi bisa bkin flexi card, infinite card jg bisa

    • 15 Januari 2023 - (19:10 WIB)
      Permalink

      Bukan kualitas keamanan yg meragukan, kualitas SDM pengguna nya yg meragukan, OTP kok diserahkan ke orang lain, kan b3go 😂

      • 15 Januari 2023 - (19:48 WIB)
        Permalink

        Anda sepertinya jarang baca dan buka Media Konsumen. Sehingga anda kurang tau kalo kejadian Pembobolan akun Kredivo ini bukan baru ini terjadi.. Seminggu ini saja seingat saya sudah 3 atau 4 kali muncul postingan keluhan yg sama terhadap kredivo dgn modus yg sama..
        Saya tidak paham? Saya paham kok mas.. Saya tau korban salah, tapi setelah banyak yg menjadi korban scam ini saya pikir sudah saatnya Kredivo berbenah supaya jangan ada lagi kasus seperti ini terjadi.
        Disatu sisi masyarakat harus diberi edukasi buat ga sembarangan klik link yang tidak jelas, disisi lain pihak Kredivo atau aplikasi serupa lainnya bisa melakukan upaya supaya tidak ada celah yg memudahkan buat pihak tidak bertanggung jawab melakukan tindakan kejahatan berupa scam dan fraud..

        5
        6
        • 15 Januari 2023 - (20:08 WIB)
          Permalink

          Berbenah? Di aplikasi kredivo sudah ada peringatan jangan percaya siapapun SIAPAPUN yang menawan Flexi Card di luar aplikasi kredivo. Kenapa masih saja percaya? Kecuali yang dibobol langsung di aplikasi kredivo itu baru kesalahan Kredivo. Tapi ini jelas-jelas udah klik link di luar aplikasinya kredivo. Ibaratnya anda punya rumah biar maling gak masuk ya jangan lupa kunci pintu dan digembok.

        • 16 Januari 2023 - (04:12 WIB)
          Permalink

          terus yang anda pahami itu apa?? kan sudah jelas kalo penipunya dikasih akses,,, bukan membobol secara random atau membobol tanpa adanya kontak dg pemilik akun. ya mau aplikasi apapun klo si pemilik memberikan akses.pasti akan bisa digunakan.cb pemikiranya dibalik,,,klo pemilik akun tidak memberikan data ke penipu apakah bisa akun nya dibobol?? kl bisa,,itu baru sistem aplikasi nya perlu diperbaiki.

    • 16 Januari 2023 - (17:24 WIB)
      Permalink

      Nah masalahnya para korban adalah orang yg seperti anda yg kurang paham dg sistem keamanan seperti itu. Jika tidak bisa memahami dasar incaran para pelaku kejahatannya ya sudah bakal mudah ketipu.
      Anda saja gagal paham dg istilah scam, scam itu bukan kasus seperi ini mas’e.
      Beruntungnya saya adalah orang yg sudah familiar dg internet sejak jaman warnet booming dan gamenet masih rame. Cara kerja website, apliaski pun dasarnya sudah tau.
      Nah utk orang yg awam ya kalau saya lihat bagusnya tanya langsung ke orang yg paham, karena saya pun punya beberapa teman yg awam soal begituan dan bagusnya emang pakai penjelasan langsung.

      Sebenarnya di youtube pun ada kalau mau benar-benar mau memanfaatkan smartphone dg smart karena ada channel yg memberi edukasi ke orang awam soal internet.

  • 15 Januari 2023 - (16:52 WIB)
    Permalink

    Saya kadang heran, di MK udh byk kasus, apa orang2 spt TS gk pernah baca MK? Atau ke MK hny pas mau laporan keluhan aja? Dan MK hny 1 platform, di sosmed byk berita2 spt ini loh.

    Saya gk pernah laporan di MK, tp sering pantengin MK, byk pelajaran yg bisa dipetik, bahkan modus2 yg awalnya sy gk paham akhirnya sy bs mencegah krn pengalaman2 org yg komentar di MK.

    15
    • 15 Januari 2023 - (19:09 WIB)
      Permalink

      Kadang mau bersimpati tapi kasusnya udah puluhan kali, mereka memang orang yg malas baca, padahal di kredivo atau yg lainnya jelas ada kalimat “jangan memberikan kode OTP kepada siapapun” orang b3go kok gak abis-abis ya 😅

  • 15 Januari 2023 - (17:43 WIB)
    Permalink

    Udah banyak yang kena kaya gini,
    Sebelumnya modus kurir paket.

    Intinya suru instal aplikasi phising, dari aplikasi tsb mereka bisa langsung tau semua isi yang ada di hp.

  • 15 Januari 2023 - (18:06 WIB)
    Permalink

    Sudah banyak korban file berformat .apk
    Apakah TS tdk tau bahwa file installer android yang didownload dan di install di hpnya itu juga berformat .apk ?!

    Secara tdk sengaja atau tdk sadar, setelah aplikasi dinstal, maka aplikasi itu bisa meminta akses dan mengambil semua data privat owner hpnya

  • 15 Januari 2023 - (19:06 WIB)
    Permalink

    Banyak penipuan dari Instagram, (medsos lain seperti FB juga bisa sih) adikku ketipu beli sepeda harga 500rb minta pajak buat Nebus 1jt untung aja bisa di stop, biarlah ilang 500rb. Bisa bisa nya ketipu lewat Instagram yang sesi komen nya nonaktif.

  • 15 Januari 2023 - (20:04 WIB)
    Permalink

    Terjadi lagi….. punya smartphone tp yg pake gak SMART… padahal banyak kabar di sosmed bahkan sharing berita di WA kl yg namanya urusan soal duit jgn pernah mau disuruh klik link macem²…. menang banyak malingnya ketemu orang kaya gini, mayan buat modal bikin website phishing yg canggihan 😂😂😂

    • 16 Januari 2023 - (14:20 WIB)
      Permalink

      Seharusnya nyak kredivo bisa cek kebenaran dan mengusut tuntas karena penipu itu tahu tentang server kredivo….

  • 15 Januari 2023 - (20:05 WIB)
    Permalink

    Padahal di aplikasi kredivo sering dan selalu muncul keterangan hati-hati penipuan. Jangan percaya SIAPAPUN yang menawarkan Flexi Card di luar aplikasi Kredivo. Sudah sangat jelas. Dan setiap buka aplikasi pasti muncul peringatan itu. Kenapa tidak dibaca? Ini sama seperti rumah kemalingan tapi kuncinya diberikan ke maling.

 Apa Komentar Anda mengenai pengalaman ini?

Ada 95 komentar sampai saat ini..

Penipuan yang Membobol Akun Kredivo Saya

oleh didi dibaca dalam: 1 menit
95