Traveloka Menjual Hotel yang Kotor dan Bau

Saya sudah menyampaikan komplain kepada pihak Traveloka, tentang Hotel Grandboutique Inn. Namun pihak Traveloka tidak mau melakukan refund dan lebih memihak kepada pihak hotel yang sangat buruk. Hotel sangat kotor, bau dan tidak sesuai foto dan deskripsi.

Saya sangat kecewa kepada pihak Traveloka. Apakah Traveloka bisa menjadi perusahaan besar karena berpihak kepada pihak hotel??

Semoga pihak Traveloka bisa membaca keluh kesah saya dan kekecewaan saya. Saya rasa teman sekalian harap berhati hati untuk melakukan pemesanan melalui aplikasi Traveloka, karena pihak Traveloka lebih memihak pihak hotel daripada ke customer.

Saya sudah melakukan komplain ke pihak Traveloka tapi percuma dan sia-sia saja. Untuk teman-teman sekalian harap hati-hati untuk pemesanan di aplikasi Traveloka.

Handoko
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Traveloka:
[Total:120    Rata-Rata: 1.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

63 komentar untuk “Traveloka Menjual Hotel yang Kotor dan Bau

  • 16 Januari 2023 - (10:42 WIB)
    Permalink

    Hotel kotor Dan bau kog yg d salahkan travelokasi komplain ke hotel donk..
    Lucu..ntar belanja d market place dpt brg jelek yg d salahkan bukan seller tapi market place..jgn2 penipuan..abis nginap lalu pengen uang kembali

    16
    16
    • 16 Januari 2023 - (10:47 WIB)
      Permalink

      Saya sudah complain ke hotel , pihak hotel sangat tidak sopan lalu saya complain ke pihak TRAVELOKA utk jangan menjual hotel yg tidak sesuai foto yg diberikan malahan dari pihak TRAVELOKA tidak memberikan solusi yang baik dan bener seakan2 saya melihat pihak TRAVELOKA membela pihak hotel.

      29
      7
      • 18 Januari 2023 - (11:54 WIB)
        Permalink

        Apapun itu… Review di baca. Kalau perlu lihat di google map.. Di lihat foto dan ulasan orang. Dan lagi traveloka hanya pihak ke 3. Ga mungkin dia survey semua hotel 1 per 1. Si bos nya aja yg kurang paham dan teliti. Kotor bau itu urusan hotel. Bukan traveloka.. Minta refund juga ke hotel nya bukan traveloka. Mau hotel bintang 1 melati tempat esek esek juga bisa aja join sama traveloka. Saran saya lebih bijak sebelum booking.

        • 18 Januari 2023 - (12:06 WIB)
          Permalink

          Saran om saya terima…. Ini saya Uda baca review ny om , sebelum ny saya jg sudah minta refund dengan pihak hotel ny , pihak hotel menolak refund dan bahasa ny kasar dan gk sopan. Setelah itu saya melaporkan ke pihak TRAVELOKA tetapi pihak TRAVELOKA tidak Mao mengambil keputusan tegas , setelah saya menulis unek2 saya di mediakonsumen barulah pihak TRAVELOKA mengambil tindakan.. memang saya tau traveloka sebagai agen , traveloka ini perusahaan besar alangkah lebih baik hotel nakal seperti ini di blacklist atau dikasi sangsi dari pihak TRAVELOKA ny.
          Om bole liat kamar hotel foto yg dijual kamar ny beda dengan yg saya terima om.

      • 18 Januari 2023 - (13:40 WIB)
        Permalink

        traveloka gak mungkin mencek semua hotel diseluruh dunia, mas. karena sifatnya hanya perantara bukan penjual. kalau komplain ya ke hotelnya, karena menipu jualannya.

        • 18 Januari 2023 - (13:59 WIB)
          Permalink

          Saya setuju dengan bro , justru ini kan pihak TRAVELOKA Uda bole memberikan sanksi kepada pihak hotel ny bro. Daripada customer lain lage mengalami hal serupa bro.
          Gak semua customer online paham dengan sistem pembelian online bro. Kita sama2 sebagai customer melaporkan hotel nakal tersebut kepada pihak platform supaya jangan menjual hotel tersebut.

    • 16 Januari 2023 - (17:06 WIB)
      Permalink

      saya pernah sekali kejadian tapi menurut saya bukan dr travelokanya tapi dr pihak owner ny atau pengelola hotelnya untung bisa rufund tapi jadi nggak liburan

      • 16 Januari 2023 - (17:14 WIB)
        Permalink

        Seharusnya pihak TRAVELOKA memberikan sanksi kepada pihak hotel ny tapi seakan2 pihak TRAVELOKA hanya diam saja dan membiarkan ini terjadi pak… Kita rugi waktu dan tenaga pak

        13
      • 17 Januari 2023 - (14:00 WIB)
        Permalink

        Kalimat “seakan2 pihak TRAVELOKA hanya diam saja dan membiarkan ini terjadi” ini kan bersifat dugaan, artinya anda tidak tau pasti apakah Traveloka sdh bertindak atau blm kan? Lagi pula kalaupun Traveloka sudah/akan bertindak sehubungan dg kejadian yg anda alami, perlu anda ketahui bhw Traveloka tidak punya kewajiban apapun untuk memberitahu/permisi terlebih dahulu kpd anda atas tindakan yg telah/akan mrk lakukan. Dan himbauan anda utk “harap hati-hati untuk pemesanan di aplikasi Traveloka” itu baik tp sbnrnya di aplikasi manapun kt hendak pesan kamar hotel mmg hrs “berhati²”, bukan hny di Traveloka saja seolah² hny di Traveloka aja kejadian spt yg anda alami bs terjadi, tidak begitu, di aplikasi manapun kejadian serupa itu bs trjadi! Jd jgn jg krn kejadian yg anda alami terus anda mendiskriminasikan Traveloka, gitu lho bossss…
        Sama spt anda beli tiket pesawat terus pesawatnya delay atau pelayanan pramugarinya buruk, kondisi didalam pesawat jg buruk dan kotor, apakah anda salahkan aplikasi yg mnjual tiket tsb??? Ingat, aplikasi mnjual jualan mrk sesuai dg deskripsi yg diberikan penjual, mrk ga dtg cek 1/1 para pnjual tsb, jd kl apa yg anda beli tidak sesuai deskripsi itu bukan salah aplikasi. Itu yg paling perlu n penting anda pahami dulu sebelum mmbuat keluhan, ok bossss???
        Macam² aja ni warga +62, hadeeehhh….😜😜😜

        4
        9
        • 17 Januari 2023 - (14:17 WIB)
          Permalink

          Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih pak…. Hotel ini saya tidak saya tempati pada malam itu jg dan saya meminta refund ke PT traveloka ny dan traveloka menolak refund saya.. lalu saya menulis surat ke mediakonsumen ini , besok ny pihak TRAVELOKA baru menyetujui refund saya…. Dan utk perihal sanksi ke traveloka ny ke hotel saya rasa tidak ada , permintaan saya sangat sederhana kok . Saya hanya minta pihak hotel mengucapkan kata maaf saja ,secara pribadi tapi sampai sekarang belum ada kata permintaan maaf dari hotel ny…
          Yang anda katakan bener traveloka hanya penjual tiket saja tapi kan harus ikut andil juga donk. Customer juga pny hak donk. Bukti ny sudah saya kasi review tapi gk ada tindakan , traveloka ini kan perusahaan besar alangkah lebih bagus ny melakukan atau menyaring hotel2 nakal seperti itu

          9
          1
    • 18 Januari 2023 - (14:18 WIB)
      Permalink

      Dibaca itu dia liat hotelnya ga sesuai deskripsi foto. Harusnya traveloka juga cek ricek sama pihak hotel. Jngn cuma mau untungnya aja. Tamu mau nginap kan krna nama besar traveloka dan iklan foto hotel yg bagus2 itu kan termuat di traveloka. Beda klo hotel itu punya web sendiri dan tamu pesan langsung tanpa melalui traveloka.

    • 21 Januari 2023 - (10:58 WIB)
      Permalink

      Seharusnya pihak aplikasi traveloka melihat ulasan dan komplain kita di ulasan, atau ratingnya hotel, kalau udah bintang 2 ke bawah ulasannya seharusnya pihak traveloka ngebanned itu hotel, jangan hanya mencari keuntungan semata. Biar buat orang awam yg baru pakai apk traveloka yg nggak liat rincian ulasan, nggak kejebak sama murahnya. Karena aku juga pernah ngalami hal tsb di awal awal menggunakan apk traveloka. Sekarang setiap pesan hotel udah liat ulasan dulu.

  • 16 Januari 2023 - (11:59 WIB)
    Permalink

    Lah kan kamar yg disediakan utk dpake traveloka memang kamar sisa, kotor, bau dan jarang dpake alias kamar ga laku. Hotel berdalih harga nya terlalu murah. Sejak tau proses traveloka sejelek ini saya ga pernah mau lagi pake traveloka dan sejenisnya. Mending tlp ke hotel langsung. Harga wajar fasilitas normal.

    16
    1
    • 16 Januari 2023 - (12:45 WIB)
      Permalink

      Tergantung hotelnya juga kali ya mba, ngga semua. Saya selalu pesan hotel di tiketcom, tapi hotel bintang 3 keatas ngga pernah di bawah itu. So far ngga pernah ada masalah sih. Hotelnya ya sesuai deskripsi dan ekspektasi.

      8
      4
      • 16 Januari 2023 - (14:10 WIB)
        Permalink

        Saya ga pernah pesen hotel d bawah bintang 3. Uda pernah bayar bintang 3 malah dganti sama traveloka ke bintang 1. Begitupun di booking.com saya pesan kamar mandi dalam dkasi kamar mandi luar. Dan kompensasi hanya $100 dimana gegara kejadian itu saya harus pindah hotel deharga 4,5jt/malam. Dulu ya traveloka bagus, kesini mah semua travel online kecuali rakuten hancur semua. Semoga anda tidak ketiban soal kejadian2 kaya saya yah.

        12
        2
        • 18 Januari 2023 - (09:47 WIB)
          Permalink

          Kok aneh ya mvak wid. Anda pesan acorr goup di ganti jadi oyo group. Anda pesan hotel di kaeih home stay. Kok segampang itu traveloka ganti pesanan konsumen? Baru dengar saya ada kasus kaya ini

          • 18 Januari 2023 - (14:14 WIB)
            Permalink

            Hehehe iya, uda mau nangis tp kondisi uda tengah malam, cape dan males cari hotel lain krn besok ada pemakaman. Itupun masi dipaksa menerima 2 malam dengan fasilitas sehancur itu.

            Yang booking.com terdampar d negara org tengah malam juga hehe.

    • 18 Januari 2023 - (13:44 WIB)
      Permalink

      gak juga, saya selalu pesan hotel di traveloka dan dapat kamar yang bagus. bahkan di beberapa kesempatan diupgrade tanpa bayar tambahan.
      intinya tergantung hotel, bukan travelokanya.

    • 16 Januari 2023 - (18:23 WIB)
      Permalink

      Sebelum pesan biasakan liat dlu review hotelny, baik di ageny maupun di google, ibarat beli di MP baca dl reviewny biar tdk ketipu, kita sebagai pemakai MP jg harus smart…

      3
      1
      • 21 Januari 2023 - (11:02 WIB)
        Permalink

        Buat yg udah biasa liat review sih nggak masalah, gimana dengan pengguna baru, karena di awal menggunakan traveloka saya juga dulu begitu, langsung pesan tanpa liat review, dapat hotel busuk, jadi harus belajar dulu dari pengalaman

  • 16 Januari 2023 - (19:43 WIB)
    Permalink

    MESTINYA JIKA ADA KOMPLAIN, APAKAH ITU MEMBANGUN ATAU SEBALIKNYA HARUS CAMBUK UNTUK DIPERBAIKI BUKAN DI DIAMIN ATAU DITANTANG SEOLAH-OLAH KONSUMEN LAH YANG SALAH.
    KALAU BERANI MENJUAL DAGANGAN YA HARUS BERANI BERTANGGUNG JAWAB ATAS DAGANGANNYA ITU. OK SELAMAT BERBENAH TRAVELOKA…

    10
    • 20 Januari 2023 - (07:01 WIB)
      Permalink

      Betul. Malah katanya customer harus smart. Hehe padahal beda dengan marketplace. Travel dan agen itu jualan jasa bukan barang dagangan. Kalau banyak yang mendukung pelayanan buruk berarti mereka gak mau ada peningkatan pelayanan.

  • 16 Januari 2023 - (19:57 WIB)
    Permalink

    komplain ke hotelnya donk traveloka hanya agen , makanya lihat review dulu sebelum pilih hotel.

    1
    3
    • 18 Januari 2023 - (10:00 WIB)
      Permalink

      Setuju. Mas bro arif. Tiap hotel punya ratting sendiri dan ulasan dari tamu. Apa tidak di perhatikan waktu pesan? Kalau menyalahkan traveloka dalam hal ini saya kira kurang wajar. Traveloka hanya perantara. Kejadian seperti ini bukan tanggung jawab traveloka pastinya. Semua foto, deskripsi dan lain2 nya di upload oleh pihak hotel sendiri. Jadi traveloka mana mungkin tinjau tempat 1 per 1 apa yg di dijual di traveloka. Apa lg meninjau kamar Hotelnya 1 per 1. Namanya orang jualan ga mungkin mereka memajang barang dagangan yg rusak atau yg jelek. Pasti mereka memajang barang yg terbaik mereka lah. saya pernah juga alami kejadian kaya diatas kok pesan hotel bintang 4 di daerah jawa barat dan denpasar hotel bintang 5. Lihat kamar nya bagus di traveloka. Pas sampai tidak sesuai dengan yg di tawarkan. Ya namanya sudah di pesan mau gimana. Ya di nikmati saja dan ambil hikmahnya. Jangan asal lihat bintang hotel. Tapi perhatikan juga ulasan tamu yg pernah datang. Biasanya sangat membantu.

    • 20 Januari 2023 - (20:35 WIB)
      Permalink

      Sekarang yang jadi pertanyaan dana sudah di balikin . apakah hotel yang anda pesen di gunakan atau tidak?

      • 20 Januari 2023 - (20:55 WIB)
        Permalink

        Saya check in jam 8 malam , saya lapor ke traveloka jam 10.30 malam… Saya tidak menggunakan hotel ny , saya check in di hotel lain.

      • 18 Januari 2023 - (13:49 WIB)
        Permalink

        saya baca2 review hotelnya di aplikasi traveloka ternyata memang banyak yg komplain. kalau mas meluangkan waktu 2-3 menit baca review gak akan terjadi masalah sprt ini.

        • 18 Januari 2023 - (14:06 WIB)
          Permalink

          Saya mengakui kesalahan saya karena tidak membaca dengan jelas dan teliti review ny , saya hanya liat rating 7,5/10 . Tapi dari sini seharus ny pihak TRAVELOKA juga harus memperhatikan hotel tersebut. Daripada kejadian seperti saya ini , yg rusak kan nama traveloka juga bro. Yang buat sayavpaling kesal dengan hotel ini adalah pegawai yg sangat tidak ramah. Saya merasa tidak dihargai oleh pihak hotel ny.

    • 17 Januari 2023 - (09:10 WIB)
      Permalink

      Tarif ny 335 rb per malam per kamar pak.. pelayananan hotel dan hotel ny lebih bagus hotel oyo yg harga 100 rb an daripada hotel ini pak….

  • 16 Januari 2023 - (22:27 WIB)
    Permalink

    Bukan salah traveloka lah,salah hotelnya.Tinggal kasih bintang 1 tulis review apa adanya di aplikasi,tripadvisor,gugel.
    Saya pengguna setia traveloka dengan level tertinggi,selama ini sangat membantu.Kalau masalah nginep semisal kondisi kamar tidak sesuai dengan aplikasi saya selalu komplain langsung ke pihak hotel.Karena saya tau itu bukan kesalahan traveloka.Kalau pas check in dirasa tidak sesuai dan mau minta refund langsung saja ke pihak hotel.Kalau pihak hotel tidak mau yaudah terima nasib.Blacklist hotel tsb dari list kita.Mending cari hotel yg udah punya nama.

    2
    2
    • 17 Januari 2023 - (09:14 WIB)
      Permalink

      Saya setuju dengan bapak , hanya saya minta pihak TRAVELOKA juga mengambil tindakan atau sanksi terhadap hotel tersebut jg… Kalo masalah refund dan review itu sudah saya lakukan…tapi kita kan rugi waktu dan tenaga.

  • 17 Januari 2023 - (07:24 WIB)
    Permalink

    emang ga ada kurasi dari traveloka, jadi kayak semacam shopee aja buat hotel, nah klo ketmu barang yg jelek ga bisa refund.
    sekarang emang banyak yang ga sesuai dengan deskripsi, mending hotel yang jelas aja (punya group dan nama besar) klo komplain pasti diladenin

    • 18 Januari 2023 - (08:28 WIB)
      Permalink

      Oyo yg 100 rb an lebih bagus hotel ny pak…. Ini hotel grandboutique inn ini lebih parah dari hotel oyo . Pelayanan hotel ny sangat buruk dan kurang ajar sekali . Kondisi foto kamar tidak sesuai sama sekali dan banyak anak kecoa dan bau sekali. Saya sewa hotel ini utk supervisor saya , terakhir saya check in hotel yg lain dengan harga lebih murah sedikit dengan fasilitas yg jauh lebih baik dari hotel tersebut.

        • 18 Januari 2023 - (10:17 WIB)
          Permalink

          Iya bos apartemen di green bay bos… Awal sebelum saya pesan hotel ny saya telepon dulu ke pihak hotel untuk memastikan ini bentuk hotel atau apartemen , pihak hotel menjawab ini hotel dan saya memesan 2 kamar utk bersebelahan . Pihak hotel menyetujui ny , salah ny saya tidak langsung on the spot ke hotel tersebut. Saya mengetahui ny setelah antar pegawai saya utk check in ternyata apartemen bukan hotel.

  • 17 Januari 2023 - (21:36 WIB)
    Permalink

    Traveloka salahnya dimana ya? Yang pilih hotel anda sendiri. Jadilah manusia cerdas dan teliti….lihat review hotel kok malah lihat foto hotel pas masih baru ya pasti bagus. Mempertontonkan kebodohan sendiri aja

    2
    1
    • 17 Januari 2023 - (21:49 WIB)
      Permalink

      Sebelumnya maaf pak … Berarti traveloka gk perlu tanggung jawab y pak?? Kalo begitu traveloka ngapain refund dana saya y pak??? Berarti bapak menilai perusahaan traveloka bodoh y pak?? Atau yg bodoh siapa ya???

        • 17 Januari 2023 - (22:29 WIB)
          Permalink

          Justru awal ny gk diberikan pak…. Saya sangat berterima kasih dengan mediakonsumen ini , setelah koar2 baru dikasih oleh pihak TRAVELOKA ny…. Kalo saya ada tujuan memeras , ngapain pulak saya memeras 670rb pak … Toh apa yg bisa diperas pak?? Refund ny sesuai dengan yg saya bayar kok….. Mao peras gimana y pak?? Refund nya bukan 2x lipat kok , hanya refund sesuai yg saya bayarkan . Apakah itu nama ny memeras?? Mungkin saya orang bodoh x , memeras sesuai yg saya bayar. Atau siapa yg bodoh y? Saya aja lah yg bodoh…makasih

          • 18 Januari 2023 - (15:41 WIB)
            Permalink

            Izin brtnya yg ini,

            Klau refund bkn ny pengembalian dana hanya beberapa persen dri hrga kamar ya iti pun biasa ny klau mau refund H-2 dan H-1 aja beda biaya pengembalian ny, ini kok bisa smpai 100%.

            Sory hnya brtnya 🙏🏻

          • 20 Januari 2023 - (07:03 WIB)
            Permalink

            Maklum lah komentator disini terkadang suka menyudutkan. Miris aja padahal maksud penulis baik agar ada peningkatan pelayanan.

    • 18 Januari 2023 - (07:01 WIB)
      Permalink

      Lho kok lucu, terus cara check kondisi hotel yang terbaru nya bagaimana cara ya pak? Ya kita mau beli di traveloka ya kita lihat foto yg ada di aplikasi travelokanya dong?

        • 18 Januari 2023 - (22:43 WIB)
          Permalink

          Saya liat kok byk yg salahin penulis dgn mengatakan traveloka hanyalah pihak ke 3 atau perantara. Lucu sekali. Mau dia pihak ke 10 pun, yg jelas dia jualan dan mendapatkan profit. Ketika dia jualan barang yg tdk sesuai deskripsi atau foto2 produk yg ditampilkan tdk sesuai jelas lah dia hrs bertanggung jwb.

          • 18 Januari 2023 - (22:45 WIB)
            Permalink

            Gak papa pak…. Nama nya juga opini orang kan beda2 pak… Saya sangat menghargai opini teman2 sekalian…

          • 20 Januari 2023 - (07:04 WIB)
            Permalink

            Memang komentator MK ini kenanga asbun. Kadang tidak paham asal komentar aja biar kelihatan pinter.

    • 19 Januari 2023 - (21:29 WIB)
      Permalink

      Anda jualin barang orang, terus barang yang anda jual rusak, yang tanggungjawab yang punya barang atau anda?

      • 23 Januari 2023 - (20:25 WIB)
        Permalink

        Saya bertanggung jawab pada konsumen saya, kemudian setelah itu saya minta pertanggung jawaban pada supplier saya.

  • 19 Januari 2023 - (00:06 WIB)
    Permalink

    Halo mas Handoko, kalau dari kronologi ini sih jelas kesalahan berada di pihak hotel. Seperti yang sudah disampaikan teman-teman lainnya, Traveloka hanya pihak ketiga yang menyalurkan hotel yang didaftarkan penjual (disini pihak hotel). Mau mas Handoko pakai aplikasi apapun, kalau kasusnya seperti ini sudah diluar tanggung jawab pihak penyalur (kecuali memang misalnya ada garansi uang kembali jika tidak sesuai dengan deskripsi dari aplikasi). Untuk “tindakan menghukum” yang mas handoko ingin traveloka lakukan juga saya rasa traveloka tidak bisa melakukan. Karena bagaimanapun juga pihak hotel DAN mas handoko sama sama sebagai pengguna layanan Traveloka, jadi mereka(traveloka) harus fair juga dalam menghadapi masalah ini. Menurut saya dari sisi rating dan review sudah sangat menjadi “hukum sosial” bagi penyedia layanan. Tinggal konsumen bagaimana pintar pinter mencari produk yang sesuai dengan budget dan review nya.

    • 19 Januari 2023 - (08:11 WIB)
      Permalink

      Saya menerima pendapat bro Freddy , saya setuju pihak hotel yang paling bertanggung jawab dan yg paling salah . Memang betul pihak TRAVELOKA pihak ketiga , pihak ketiga juga memiliki tanggung jawab juga bro. Contoh ny saya belanja di platform online yg lain ,saya misal ny belanja soft drink tapi barang yang dikirim adalah nasi . Apakah saya tidak dapat membatalkan pesanan? . Kalo hanya hukuman review dan rating saja sanksi untuk pihak hotel ny seharusnya tidak fair donk. Kalo ada pendapat saya yang salah mohon dikoreksi bro.

      • 19 Januari 2023 - (11:03 WIB)
        Permalink

        Disini pihak traveloka bukannya sudah mengembalikan 100% uang mas nya ya? Jadi mau minta tindakan apa lagi mas dari Traveloka? Kalau mau minta traveloka menghapus hotel ini dari sistemnya juga saya rasa aga sulit karena sekali lagi pihak hotel dan pembeli sama sama pengguna layanan traveloka. Untuk perumpamaan nya juga sepertinya kurang pas mas, untuk marketplace online biasanya uang akan ditahan oleh pihak marketplace sampai 2×24 jam sebelum diteruskan ke penjual, kalau uang sudah diteruskan ke penjual juga pihak marketplace sudah pasti tidak bisa melakukan apapun karena kuasa sudah ada di penjual. Untuk kasus mas kali ini juga traveloka sudah membayarkan uang jasa 100% kepada penjual, jadi seharusnya disini masalah tinggal mas handoko dan penjual (pihak hotel), traveloka mau mengganti uang 100% saja itu hitungannya sudah sangat baik dan kalau dilihat dari sisi teknik traveloka disini juga rugi 670rb.

        • 19 Januari 2023 - (11:13 WIB)
          Permalink

          Saya setuju dengan pendapat bro , ini pihak TRAVELOKA menyetujui refund setelah saya mengirim screenshoot surat saya di mediakonsumen. Saya sangat berterima kasih kepada mediakonsumen telah memberikan wadah surat postingan ini.. kalo dari awal pihak TRAVELOKA menyetujui refund saya , kan gk mungkin saya post surat ke mediakonsumen. Kalo untuk masalah rugi bukan traveloka aja bro , saya di rugikan waktu dan tenaga. Belum lage di rendahkan oleh sikap pihak hotel yg gk sopan sekali. Saya jg berterima kasih kepada bro Uda Mao comment postingan saya , berkat comment bro2 sekalian pihak TRAVELOKA baru bisa menanggapi ny dengan serius.

        • 20 Januari 2023 - (07:06 WIB)
          Permalink

          Udah viral boss baru ada tindakan. Kalau gak viral ya gak ada tindakan. Inilah pentingnya sebuah wadah media buat konsumen.

  • 19 Januari 2023 - (16:17 WIB)
    Permalink

    Ini hotel atau apartemen yang disewakan ya? Kalau apartemen, harusnya bisa tukar karna stoknya ngga cuma satu, kecuali memang dikerjain

    • 19 Januari 2023 - (16:26 WIB)
      Permalink

      Awal ny saya telepon utk memastikan ini hotel atau apartemen , pihak hotel mengatakan ini hotel . Setelah saya mau melakukan check in ternyata apartemen . Saya dibawa keliling 2x karena saya complain ruangan terlalu kotor , bau dan ada beberapa ekor anak kecoa/lipat . Yang saya foto kamar ny itu adalah kamar terakhir yg dibawa berkeliling. Dari awal pihak hotel sudah berbohong sewaktu saya menelepon . Awal ny saya masih berpikiran positif mungkin ini mirip dengan hotel Aston Pluit yg tower bagian bagian samping dihuni oleh penghuni apartemen. Ternyata ini apartemen ny seperti apartemen pada umum ny…

  • 20 Januari 2023 - (06:56 WIB)
    Permalink

    Walaupun kesalahan dari pihak hotel tapi pihak traveloka selaku jasa penyedia layanan ya harus bertanggung jawab juga. Saya belakangan ini udah jarang pake traveloka. Lebih enak ke tiketcom. Yang mana cs nya lebih responsif. Ketimbang cs traveloka yang cenderung membalas dengan pesan template alias robot.

    Saya lihat di MK ini keluhan mengenai traveloka bukan gak sedikit. Penulis hanya ingin agar layanan traveloka ditingkatkan lagi dan jangan asal mencomot hotel atau penginapan yang tidak sesuai standar. Karena agen atau travel itu jualan jasa/pelayanan. Jika hal ini dibenarkan, berarti mereka tidak ada keinginan untuk peningkatan pelayanan. Miris aja lihat komentar yang pro traveloka tanpa melihat sudut pandang customer.

  • 21 Januari 2023 - (11:37 WIB)
    Permalink

    Percayalah Media Konsumen Ini wadah terbaik untuk Menyampaikan unek2 segala Hal menyangkut pelayanan dll…pro kontra itu biasa,justru akan Makin banyak yg baca…jd sangat strategis.Pihak yang dikomplain pun pasti ketar ketir supaya cepat memberi solusi.

 Apa Komentar Anda mengenai Traveloka?

Ada 63 komentar sampai saat ini..

Traveloka Menjual Hotel yang Kotor dan Bau

oleh Handoko dibaca dalam: <1 menit
63